TOP-LEFT ADS

TRENDING POST

Pasang Iklan Murah di Zoteromedia.com

Rahasia Mengelola Bisnis Toko Online Sukses Untuk Pemula

Rahasia Mengelola Bisnis Toko Online Sukses

Selamat datang rekan-rekan berjumpa kembali bersama saya salam sukses untuk kita semua. Kali ini saya akan membahas topik yang berkaitan tentang apa saja sih Rahasia Mengelola Bisnis Toko Online Sukses. Saya berharap artikel ini memberikan manfaat untuk pembaca setia gomarketingstrategic. Langsung saja yuk kita mulai ualasanya lebih jealasnya simak yang berikut ini.

Saat ini dengan teknologi yang terus berkembang di era digital dan dukungan internet memungkinkan semua orang bisa memanfaatkan dalam banyak hal salah satunya adalah berbisnis. Dari internet inilah banyak pekerjaan yang bisa di tekuni dan memiliki peluang yang sangat menjanjikan. Bisnis yang saat ini terus menjadi trend dan populer yaitu berhubungan dengan dunia online. Tak sedikit kebanyakan freelancer misalnya yang lebih memilih pekerjaan dibidang online ini alasanya karena memang mudah juga bisa dikerjakan kapan dan dimana saja asal ada koneksi internet.

Rahasia Mengelola Bisnis Toko Online Sukses

Dengan terus berkembangnya fitur dan layanan yang diberikan pengembang dalam hal iini toko online maka kita bisa memanfaatkanya secara gratis dan mudah. Misalnya Tokopedia, OLX, Bukalapak, Lazada, Shopee, Elevania dan lain sebagainya yang bisa di gunakan sesuka hati dan tanpa biaya namun kamu tetap harus memiliki rencana pengelolaan yang matang agar bisnis bisa bersaingan dengan toko online lainnya.

Manjelankan toko online disini cukup mudah tinggal daftar-buat toko-upload gambar-berikan diskripsi lengkap dan lain sebagainya memang mudah tidak berbeda jauh dengan memasukan gambar di facebook, kasi keterangan dikit barang pasti laku yang penting gambar menarik. Namun demikian ada yang perlu diperhatikan dalam banyak hal walaupun sangat mudah tapi jika ingin memiliki penghasilan dan keuntungan pelu adanya pengelolaan yang baik.

Artikel terkait: Strategi Membuka Toko Online Sukses Untuk Pemula

Nah berikut ini adalah tips yang bisa Anda gunakan sebagai referensi yang bermanfaat. Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti ulasanya:

1). Selalu update produk atau barang Anda

Jika Anda sudah memiliki toko online ini sebaiknya melakukan update berkala misalnya dari segi tampilan, diskripsi, bahkan harga jika mungkin. Selalu meng-update barang atau katalog yang ditampilkan di toko online meiliki peran tersendiri. Alasanya adalah ketika Anda selalu memperbarui item di toko Anda baik itu tampilan produk, dan lainsebagainya maka besar kemungkina pelanggan potensial Anda akan tertarik dan membelinya. Di lain sisi calon pembeli akan mengetahui bahwa toko online Anda adalah toko yang masih aktif dan siap menerima orderan kapan saja. Penambahan produk baru juga perlu karena dengan demikian barang-barang yang ditampilkan di toko online akan terlihat lebih lengkap dan variatif.

Ketika pengunjung melihat toko Anda yang lengkap maka mereka akan tertarik karena Anda menyediakan barang-barang yang cukup lengkap. Mengupdate di media sosial juga tak kalah penting karena penggunanya yang besar memiliki potensi yang besar juga.

2). Susun etalase toko dengan rapi dan menarik

Tiap toko online pasti memiliki etalase, sama halnya dengan toko konvensional agar terlihat lebih profesional, etalase toko online ini juga harus di tata dan perlu disusundengan baik sehingga terlihat rapi. Saat etalase Anda rapi maka akan membuat nyaman pelanggan untuk memilih barang yang mereka cari. Untuk menyusun agar lebih rapi Anda bisa menggunakan fitur yang telah disediakan oleh tiap market place yang Anda gunakan misalnya dengan menyimpan gambar-gambar barang sesuai dengan kategori produk.

Sebagai contoh Anda memiliki toko online dalam bidang olah raga dan menjual produk-produk dan perlengkapan olah raga maka Anda bisa membaginya dalam beberapa kategori, yaitu kategori sepakbola, renang, sepeda dan lain sebagainya. Juga bisa Anda bagi menjadi sub-kategori misalnya pakaian olahraga, sepatu, topi dan lainnya. Dengan demikian maka toko Anda akan terlihat lebih mudah di jelajahi pembeli juga katalog yang ada dalam beberapa kategori tersebut akan terlihat bagus dan rapi yang akan membuat pengunjung toko online merasa betah dan nyaman.

3). Lakukan promosi yang baik

Setiap marketing pasti memiliki promosi untuk meningkatkan penjualan mereka. Promosi adalah salah satu yang selalu ditunggu-tunggu oleh pembeli karena tidak hanya mendapatkan barang yang mereka cari namun mendapatkan keuntungan tersendiri untuk mereka. Maka dari itu baik itu jualan konvensional maupun online ini  perlu untuk memberikan promosi. Promosi disini tidak harus setiap hari namun bisa dilakukan saat ada event atau hari-hari besar misal tahun baru, kemerdekaan, idul fitri dan lainsebagainya yang akan menarik pembeli.

Program promosi ini bisa berupa potongan harga, beli 5 bonus 1, pemberian sovenir, dan lain sebagainya untuk itum tertentu. Contoh lain yaitu dengan memberikan bonus untuk setiap pembelian dengan jumlah yang telah ditentukan. Namun perlu di ingat harus disesuaikan dari pendapatan dan keuntungan yang diperoleh jangan sampai malah merugi.

4). Aktif dan sering mengecek notifikasi

Biasanya notivikasi ini akan muncul ketika Anda sedang aktif. Ada juga pemberitahuan dari email atau dari aplikasi secara langsung jika ada pesan maupun order yang masuk. Untuk itu aktif membuka aplikasi sangat dibutuhkan selain toko akan terlihat terurus Anda juka bisa memanfaatkan fitur iklan/promosi perjam jika di Tokopedia, Shopee per tiga jam dan lain sebagainya. Fitur ini untuk meningkatkan agar produk Anda akan lebih terlihat oleh konsumen.

5). Fast response tanggapi semua pertanyaan konsumen

Jawaban Anda adalah penting untuk pembeli karena biasanya pembeli akan menanyakan langsung terlebih dahulu mengenai produk yang Anda tawarkan. Jika pelanggan bertanya dan konsultasi dengan Anda kemudian respon dan antusias menjawab pelanggan besar kemungkina pelanggan akan merasa puas dan memilih produk yang Anda tawarkan dan sebaliknya jika respon yang diberikan tidak sesuai maka konsumen bisa-bisa mengurungkan niatnya untuk membeli atau justru membeli dan mencari produk dari kompetitor toko Anda. Jika hal ini terjadi, apalagi dalam frekuensi yang tinggi, maka akan mengancam kelangsungan hidup toko online kamu  hal ini bisa merugikan.

Jadi pelayanan prima terhadap konsumen lebih di utamakan karena satu konsumen merupakan aset Anda. Jika tidak bisa menghandle sendiri maka sebaiknya carilah orang atau karyawan yang bisa menanggapi setiap orderan atau pertanyaan dari konsumen Anda. Dengan pelayanan yang baik maka peluang pembeli menjadi pelanggan setia sangat besar. Bangun kepuasan dan kepercayaan konumen Anda.

6). Paking atau pengemasan barang yang baik

Kemudain setelah ada orderan dan pembeli telah melakukan pembayaran maka pemilik toko akan mengirimkan barang pesanan. Maka dari itu pengemasan barang orderan harus di perhatikan untuk memastikan barang aman tidak rusak dan sampai tujuan dengan baik. Kemasan yang baik biasanya membutuhkan biaya yang ekstra atau tambag oleh sebab itu silahkan dimaksimalkan dengan sebaik mungkin yang terpenting adalah barang aman sampai tujuan.

Biasanya pembeli setelah menerima orderan akan memberikan pendapat dan ualasan pada aplikasi mereka akan meberikan bintang atau rating layanan Anda jika baik mereka akan membela "Kualita barang bagus, kemasan rapi, harga murah" dan lain sebagainya, ini akan memberikan dampak positif terhadap reputasi toko Anda. Kemudian jangan lupa untuk menampilkan logo beserta akun media sosial dan nomor kontak yang bisa dihubungi. Hal ini merupakan strategi branding untuk kemudian pelanggan jika ingin membeli produk mereka ingat toko Anda.

Baca juga :  Strategi Membuka Toko Online Sukses Untuk Pemula 

7). Tentukan jasa pengiriman yang tepat

Setelah poin diatas tentang kemasan yang bai, rapi dan aman berikutnya adalah mengenai jasa pengiriman ekspedisi yang akan mengirim barang Anda sampai ke tujuan dengan aman. Nah pertanyaanya adalah bagaimana barang Anda bisa sampai di alamat tujuan dengan selamat dan terhindar dari kerusakan? Untuk itu menggunakan jasa pengiriman barang atau ekspedisi terpercaya adalah penting. Sebenarnya sudah banyak jasa ekspedisi yang sering dipakai dan terpercaya misalnya J&T, JNE, Tiki, Pos Indonesia,Fedex atau Si Cepat. Pilihlah yang sesuai dan Anda rasa memiliki performa yang terbaik.

Perlu di ingat bahwa setiap jasa ekspedisi memiliki tarif yang berbeda-beda satu sama yang lain maka pastikan Anda mengecek tarif pengiriman barang di setiap kota yang ditetapkan oleh jasa ekspedisi. Jika perlu setelah Anda mengetahui tarif setiap ekspedisi maka konsultasikan kepada pembeli agar mereka lebih puas.

8). Layani pelanggan dengan setulus hati agar puas

Kepuasan pelanggan adalah prioritas kami. Itulah biasanya slogan perusahaan untuk meyakinkan pelanggan bahwa perusahaan itu mengutamakan kepuasan pelanggan. Biasanya pelanggan akan lebih sering bertanya detil dengan produk Anda hal ini membutuhkan kesabaran terutama di saat konsumen bertanya tentang informasi produk tersebut. Sering kali pertanyaan yang sering diajukan sengat sepele namun memiliki dampak yang cukup besar misalnya harga, kualitas dan lainsebagainya. Untuk itu, tetap layani sepenuh hati.

Bangun citra toko Anda dengan menjawab dan merespon pertanyaan yang ada, hal in penting untuk membagun kedekatan dengan pelanggan potensial. Walaupun pertanyaannya sangat sepele namun jika Anda memberikan jawaban yang sesuai maka pelanggan akan meliha toko Anda lebih profesional. Intinya adalah kesabaran dalam melayani setiap konsumen yang ada. Jangan sampai bosan untuk menjawab, karena banyak penjual yang mengacuhkan hal ini karena mereka bosan hal ini tidak akan meberikan nilai tambah pada toko online Anda. Jika perlu berikan penawaran dan solusi terbaik, maka si calon pembeli kemungkinan besar akan membeli produk Anda. Namu jangan heran dan kecewa dengan pembeli yang sudah tanya banyak malah tidak jadi mebeli hal ini wajar dan pasti pernah di jumpai di setiap jualan baik itu online maupun konvensional.

Selamat mencoba semoga Sukses, Lancar, Laris daganganya.

Cukup sekian ulasan kali ini tentang Sukses Mengelola Bisnis Toko Online. Semoga artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengujung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rahasia Mengelola Bisnis Toko Online Sukses Untuk Pemula"

Post a Comment

Jika Bermanfaat Ayo Bagikan pengalaman Anda Juga di Sini. Terimakasih Salam Sukses :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

IBX5B3511E25E8EF