Menggunakan Long Tail Keywords Pada Judul Posting Blog

Long Tail Keywords Untuk Judul Posting Blog

Untuk memaksimalkan mesin pencari banyak cara yang bisa kita gunakan, selain konten yang berkualitas adalah bagian terpenting dari sebuah blog maka mengoptimalkan pada bagian judul artikel juga salah satu bagian penting ketika kita membuat sebuah artikel. Apa yang orang lihat pada saat mereka mencari informasi pada pencarian?. Judul. Ya benar judul adalah faktor keberhasilan dari blog yang kita miliki. Ketika seseorang mencari dengan kata kunci tertentu maka yang tampil dengan ukuran huruf tebal dan biru itulah judul yang akan tampil. Mengoptimalkan Judul artikel adalah salah satu strategi dan teknik SEO yang harus di terapkan oleh webmaster jika ingin kontennya mendapatkan peringkat satu halaman pencarian.

Long Tail Keywords di Judul Posting Blog

Persaingan di dunia internet memang sangat ketat dan para blogger atau webmaster berlomba-lomba untuk mendapatkan peringkat pertama di halaman pencarian seperti Google. Coba bayangkan ada ribuan konten segar setiap hari yang mengisi database search engine dari berbagai macam niche masing-masing. Memang sangat ketat persaingannya karena mereka yang sudah bertahun-tahun terjun di dunia blog tentu memiliki pengalaman yang jauh lebih baik di bandingkan kita yang baru memulai. Selain itu website yang sudah memiliki umur satu tahun lebih biasanya akan lebih dominan juga.

Lalu apa kita bisa bersaing dengan blogger profesional? Tentu saja bisa namun perlu upaya yang lebih maksimal juga dari segi optimasi konten, SEO-onpage, SEO- offpage, Judul artikel dan lain sebagainya. Nah di artikel ini saya akan membahas tentang memaksimalkan dan menentukan judul posting pada artikel Blog dengan Long Tail Keywords.

Mengapa kita perlu menggunakan judul artikel blog panjang? Saat ini persaingan kata kunci (keywords) sudah sangat padat jika kita hanya menggunakan satu dua kata pada judul ini, maka sangat berat untuk bisa menembus peringkat satu di halaman pencarian, oleh karena itu kita perlu menggunakan Strategi dan tehnik SEO yang sedikit berbeda yaitu dengan judul yang panjang. Biasanya kita bisa menggunakan 4-7 kata pada judul tesebut, long tail keywords atau kata kunci berekor panjang tidak hanya menghindari persaingan namun juga memiliki nilai tambah pada artikel yang relevan dan lebih spesifik dengan isi artikel, juga banyak ahli yang mengatakan bahwa ini salah satu teknik SEO pada pencarian di search engine.
Belajar Menggunakan Long Tail Keywords

Coba perhatikan gambar di atas ketika saya mengetikkan kata kunci belajar seo banyak Suggestion yang di tampilkan. Nah jika Anda adahal seorang pemula maka yang man yang akan Anda pilih?. Pasti akan condong memilih yang lebih spesifik ke belajar seo bagi pemula. Nah disini Long tail keywords memberikan dampak yang lebih spesifikasi ketika orang mencari sesuatu berdasarkan kata kunci tertentu. Google Search Auto Suggestion akan secara otomatis menampilkan dan menambahkan kata di belakangnya sebagai saran untuk si pencari tersebut, jadi pencarian akan lebih spesifik.

Long tail keywords adalah kata kunci atau frase kunci yang lebih spesifik yang akan mendapatkan lebih sedikit lalu lintas penelusuran, namun biasanya akan memiliki nilai konversi yang lebih tinggi, karena lebih spesifik.

Artikel terkait: Cara Menulis Judul Artikel Blog Yang Akan Memotivasi Orang Untuk Membaca

Google Search Auto Suggestion

Apa sih manfaat dan kegunaan long tail keywords ini? Yaitu untuk memberikan penjelasan kepada pengunjung bahwa isi artikel tersebut seperti judul yang ditampilkan, dalam artian menjelaskan kata kunci utama agar lebih detail, sehingga pengunjung akan menagkap isi dari artikel mealui judul tersebut.

Seperti yang telah saya sebutkan di atas karena memang short keyword memang sudah padat kita bisa bersaing dan memenangkan persaingan kata kunci yang lebih spesifik, namun dengan jumlah pencarian yang sangat tinggi. Selain itu kata kunci yang pendek ini sudah banyak yang mendudukinya terutama yang memiliki blog yang sudah besar atau dengan blog yang sudah memiliki umur tahunan.

Kelebihan menggunakan long tail keyword pada judul posting

1). Memiliki Target yang lebih spesifik 

Dibandingkan dengan kata kunci pendek maka Long Tail Keywords akan memiliki spesifikasi lebih jelas sehingga pengunjung akan lebih tertarik untuk memilih judul yang sesuai. Untuk penerapannya bisa untuk jenis niche blog yang dominan mengarah kepada kata kunci yang di targetkan.

Misalnya  kita ingin menargetkan kata kunci dengan " Belajar SEO" dari short keywords tersebit kita bisa mengembangkan ke kata kunci panjang sehingga menjadi " Belajar SEO pemula" atau " Belajar SEO panduan untuk pemula lengkap"

2). Peluang di pencarian di search engine lebih besar

Biasanya dengan menggunakan kata kunci yang pendek hasil pencarian akan menampilkan berbagai judul yang lebih luas jadi pengunjung akan lebih memilih yang sesuai dengan yang di inginkannya dengan mencari yang lebih spesifik dan mendetail yang cocok dari apa yang mereka cari.

Jika menggunakan kata kunci pendek maka hasil pencarian akan menampilakan garis besarnya hal ini banyak digunakan situs-situs besar seperti wikipedia. Nmun jika kita menggunakan long tail keywords ini maka kita akan memfokuskan pada target tertentu misal :Belajar SEO pemula" maka target kita adalah orang yang ingin belajar SEO dengan target pemula.

3). Kualitas lalu lintas pencarian yang lebih baik dan tinggi

Dalam meningkatkan SERP (search engine result page), biasanya mesin pencari akan menampilkan artikel yang sering di baca pemirsa sebagai rujukan utama, Dalam artian ketika artikel tersebut sering dikunjungi maka artikel tersebut akan bertahan di halaman pertama peringkat 1 ini mendandakan bahwa artikel tersebut memang berkualitas.

Perlu di ingat bahwa berbicara tentang SEO, page view tinggi dapat mengurangai bounce rate, dan jika bounce rate rendah SERP akan meningkat.

Bagaiman menerapkan long tail keyword untuk judul posting kita

Saat pertama kita membuat kobten atau artikel yang perlu kita lakuakan pertama kali yaitu meriset kata kunci tersebut seberapa besar peluang pengunjung untuk mengekliknya. Tidak cukup di situ kita harus menilai seperapa kuat kata kunci yang di pakai dari segi kompetitor yang ada di search engine.

Untuk itu terlebih dahulu gunakanlah alat meriset seperti Google Adwordsuntuk meninjau seberapa besar kompetisinya. jika terlalu besar mungkin ini sulit meski ada pleluang juga disana. Untuk itu jangan memaksa dengan kata kunci dengan tingkat pencarian tinggi dan persaingan tinggi pula. Bisa jadi jika memang kualitas artikel Anda standar maka akan sia-sia, dan bahkan mungkin artikel Anda bisa tampil di halaman pencarian 2,3,4 atau sekian-sekian-sekian. Manfaatkan tool dari Google Adwords tersebut untuk menganalisa kata kunci utama.

Riset Keywords Menggunakan Google Keyword Planner

Setelah kita meriset dan mengetahui persaingan yang ada maka ambilah kata kunci pencarian dengan pesaing yang rendah (low) maksimal (medium) dan tingkat pencarian yang tinggi dari Long tail keyword.

Dari kata kunci tersebut maka kita bisa mengembangkan dan mengkombinasikan dengan variasi tambahan, selain itu dari judul terseubut kita bisa menambahkan pada bagian artikel untuk memberikan kepadatan kata kunci yang dimiliki. Sebenarnya mesin pencari seperti Google akan menampilkan hasil pencarian exact (menyeluruh), sesuai dengan yang diketikan oleh para searching di halaman pencarian.
 
Meletakkan kata kunci pada judul dan artikel

Optimasi Keywords Pada Judul Posting Blog, bisa kita lakukan dengan cara memberikan varian tertentu yang akan menarik perhatian si pembaca dengan menyusun kata kunci utama dengan kata variatif lainnya.

Sebagai contoh: "Trend bisnis online"

Kita lihat dari contoh diatas maka kita bisa mengembangkannya denga varian yang lebih menarik seperti menambahakan kata terkini tahun "2018", modal kecil, menguntungkan, terbaik dan lain sebagainya. Hal ini juga bisa di terapkan pada bagian artikel untuk memastikan bahwa judul dan isi artikel relevan.

Baca juga: 10 Faktor Penting SEO On-Page Blog Sudahkah Anda Menerapkannya

Untuk meriset kata kunci kita bisa menggunakan berbagai tool yang memang disediakan secara gratis selain dari google adwords (keyword planner tool) seperti ubbersuggest, keywordshitter, keywordtool serta banyak lagi. Untuk penggunaanya juga sama yaitu memasukkan kata kunci yang ingin di riset tentang kata kunci yang sering di cari atau di tuliskan orang melalui pencarian di search engine.

Nah bagaimana menarik bukan, dengan menggunakan Long Tail Keywords kita bisa menghindari persaingan yang padat dan ketat di hasil pencaria, selain itu kita bisa berkesempatan mendapatkan pengunjung dari hasil pencarian yang lebih spesifik dan tertarget.

Sekian pembahasan kali ini tentang Long Tail Keywords untuk judul postingan. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Menggunakan Long Tail Keywords Pada Judul Posting Blog"

Post a Comment

Jika Bermanfaat Ayo Bagikan pengalaman Anda Juga di Sini. Terimakasih Salam Sukses :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

IBX5B3511E25E8EF