TOP-LEFT ADS

TRENDING POST

Pasang Iklan Murah di Zoteromedia.com

Cara Mengidentifikasi Target Pasar (Target Market) Anda

Mengidentifikasi Target Pasar

Pada dasarnya dalam penentuan target pasar perusahaan perlu mengetahui dan menetapkan terlebih dahulu segmentasi pasar yang kemudian dilanjutkan dengan target pasar (sasaran pasar). Dalam proses pemasaran target pasar adalah sekelompok konsumen potensial (pembeli) yang dikelompokan berdasarkan ciri atau sifat yang memang hampir sama. Dalam hal ini perusahaan perlu untuk menentukan target pasar mereka karena memang sulit untuk melayani seluruh permintaan konsumen atau pembeli yang ada pada pasar. Dengan mengetahui target pasar mana yang di tuju maka akan lebih fokus pada pelayanan dan memenuhi kebutuhan konsumen dengan lebih tepat sasaran. Selain itu faktor yang mempengaruhi target pasar adalah karena memang konsumen yang ada di pasar memiliki kebutuhan dan keinginan yang beragam atau bervariasi, sehingga perusahaan harus mengidentifikasi bagian pasar mana yang akan dilayaninya sebagai target pasar.

Cara Mengidentifikasi Target Pasar

Jika berbicara tentang pasar maka tentu kita tahu tentang segmentasi pasar, ini memang berkaitan dengan target pasar. Jika segmentasi pasar adalah membagi kelompok konsumen potensial menjadi heterogen atau bermacam-macam yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Sedangkan target pasar adalah akan lebih fokus pada kelompok konsumen yang akan dilayani. Sekilas jika diperhatikan memang mirip segmentasi dan target pasar ini, namun yang paling menekankan pada target pasar adalah tentang lebih fokus dan tertuju pada kelompok tertentu.

Lalu Apa Saja Manfaat Target Pasar?

Target pasar ini sangat bermanfaat pada perusahaan yang telah menerapkannya sehingga perusahaan akan lebih mudah menentukan dan mengembangkan strategi pemasaran (marketing mix) dan memfokuskan setiap target pasar yang akan dituju. Dalam hal ini target pasar sangat berguna terutama dalam hal berikut:
  • Perusahaan akan lebih mudah dalam penyesuaian produk dan strategi marketing mix (bauran pemasaran) yang akan dijalan kan pada target pasar..
  • Perusahaan dengan mudah dalam pengembangan posisi produk dan strategi marketing mix (bauran pemasaran).
  • Perusahaan akan lebuh fokus dan tepat sasaran yang akan dalam menentukan konsumen sehingga dengan melakukan identifikasi bagian pasar yang bisa dilayani secara efektif, perusahaan akan mendapatkan posisi pasar yang baik..
  • Karena setiap bisnis dan usaha pasti ada persaingan maka dengan adanya target pasar yang tepat maka dapat mengantisipasi adanya persaingan yang ada.
  • Perusahaan akan bisa memanfaatkan sumber daya perusahaan meskipun dalam keadaan yang terbatas dan memaksimalkannya secara efisien dan efektif.
  • Dengan fokus pada target tertentu maka perusahaan akan lebih mudah dalam membidik peluang pasar yang lebih luas.

Artikel terkait:Menentukan Target Pasar Untuk Menjangkau Pelanggan Potensial

Beikut Contoh Sebuah Target Pasar

Misalnya Anda telah mempunyai bisnis di penjualan produk bidang pertanian maka  berikut adalah contoh target pasarnya:

Produk yang Dijual: Peralatan pertanian, pupuk, benih dan lain sebagainya dijual melalui toko online.

Target Lokasi: Kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan kota lain di pulau jawa yang bisa dijangkau oleh kurir pengiriman barang maksimal dalam 4 hari.

Target Demografi Pelanggan: Pada segmentasi ini, pasar dibagi menjadi kelompok-kelompok dengan dasar pembagian usia, jenis kelamin, tingkat ekonomi, dan tingkat pendidikan. ( Para petani usaia 25 - 35 Tahun Memiliki penghasilan keluarga di atas 1-2 Juta per bulan).

Karakteristik Psikologis Pelanggan: Psikografis memberikan pengukuran secara kuantitatif maupun kualitatif. Bila demografis menjelaskan siapa yang membeli suatu produk, psikografis menekankan pada penjelasan mengapa produk tersebut dibeli. Terbiasa menggunakan komputer, email, internet, dan media sosial. Hobi membaca buku pertanian.

Apapun produk yang akan Anda jual, Anda perlu memahami target pelanggan Anda untuk meluncurkan peroduk tersebut dengan sukses. Kepada siapa anda menjual produk tersebut? Mengapa mereka ingin membeli produk Anda? Apa untungnya bagi mereka?. Nah berikut langkah-langkah yang terlibat dalam mengidentifikasi target pasar:

Seberapa besar peluang produk Anda?

Langkah yang terbaik adalah mencari tahu seberapa minat pasar yang ada. Kemudian gunakan buatlah kesimpulan untuk menentukan jenis orang yang mau membayarnya. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan alat yang gratis untuk melihat seputar ide bisnis Anda apakah memiliki ceruk pasar yang baik atau tidak. Oleh karena itu menggunakan Google Keywords tool tepat untuk menganalisis tren dan melihat berapa banyak orang yang menelusuri di seputar produk Anda.

Tentukan Gambaran Pasar Sasaran Anda

Setelah Anda mencari tahu peluang produk kemudian mengidentifikasi jenis orang yang membutuhkan produk Anda, Anda bisa mulai mengembangkan gagasan yang lebih baik tentang siapa orang-orang ini. Kemudian tentukan beberapa demografi dan psikografis. Dalam istilah demografis, pertimbangkan hal berikut:
  • Usia
  • Jenis kelamin
  • Lokasi
  • pendidikan
  • Pendapatan
  • Status pernikahan
  • Pendudukan
  • Latar belakang etnis
Untuk kriteria psikografis, pertimbangkan hal berikut:
  • Hobi
  • Minat
  • Nilai
  • Preferensi Gaya Hidup
  • Sikap
Semakin banyak informasi yang bisa Anda kumpulkan di pasar sasaran Anda, semakin baik Anda bisa menjualnya kepada konsumen atau pelanggan potensial.

Amati Kompetisi

Dalma dunia usaha tentu akan menemui yang namanya kompetisi atau persaingan. Jangan menghindari persaingan juga jangan takut untuk melihat dengan seksama apa yang sedang dilakukan pesaing Anda. Kenali siapa mereka apa saja kekurangan dan kelebihan mereka untuk menjadikan keunggulan dan keunikan dari produk yang Anda tawarkan dengan memberikan nilai tambah pada produk atau layanan tersebut.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Segmentasi Pasar

Mengapa Pelanggan Harus Membeli Produk Dari Anda?

Sekarang setelah Anda mengidentifikasi orang-orang yang akan menjadi pelanggan Anda dan pesaing apa yang ada, Selanjutnya Anda perlu mempertimbangkan proposisi nilai Anda. Sebuah produk adalah jawaban dari permasalahan konsumen jadi perusahaan perlu memberikan jawaban tersebut melalui produk atau jasa yang ditawarkan. 

Sekian pembahasan kali ini tentang Mengidentifikasi Target Pasar. Dari artikel ini saya berharap pembaca dapat mengetahui tentang target pasar ini yang telah menyertakan manfaat target pasar dalam artikel ini juga telah memberikan gambaran bagaimana cara menentukan target pasar dan juga contoh targeting pasar. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengidentifikasi Target Pasar (Target Market) Anda"

Post a Comment

Jika Bermanfaat Ayo Bagikan pengalaman Anda Juga di Sini. Terimakasih Salam Sukses :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

IBX5B3511E25E8EF