TOP-LEFT ADS

Daftar Cara Meningkatkan Trafik Blog Yang Sederhana

Meningkatkan Trafik Blog Sederhana

Sebagai blogger kita tentunya ingin memiliki pengunjung yang terus meningkat. Berbagai cara bisa kita lakukan tentunya yang tidak menyalahi aturan mesin pencari. Sebaik-baik teknik dan cara yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkan Blog adalah dengan teknik SEO yang baik. Sya sendiri lebih ke konten yang berkualitas untuk bisa meningkatkan trafik atau pengunjung. Sementara yang lain hanyalah faktor pendukung untuk mengoptimalkannya misal dengan SEO on-page maupun SEO off-page semua dengan keduanya inilah yang nantinya akan membuat blog kita akan memiliki peningkatan trafik seiring berjalannya waktu. Sebenarnya ada cara yang bisa kita lakukan untuk itu bahkan dengan cara yang sederhana bahkan tanpa kita sadari ternyata cukup berpengaruh pada kualitas trafik yang dihasilkan.

Cara Meningkatkan Trafik Blog Sederhana
Mengelola blog tentu saja membutuhkan konsistensi dan waktu, karena memang ketika kita membuat sebuah artikel maka butuh penyesuaian dahulu di mesin pencari tidak bisa langung mendapatkan trafik begitu saja. Bahkan terkadang membutuhkan waktu berbulan-bulan hingga sampai artikel yang kita buat adi bisa menghasilkan pengunjung tetap. Tentu saja banyak proses yang perlu kita lakukan dalam hal ini juga tahapan-tahapan seiring dengan berkembangnya blog yang dikelola.

Sebagai blogger kita menyadari bahwa visitor itu penting namun tidak ada yang lebih penting dari pengunjung yang unik (unique visitor) apa itu pengunjung unik? Yaitu pengunjung yang berasal dari mesin pencari (Google, Bing, yahoo, dll) yang mengunjungi situs setidaknya satu kali dalam periode pelaporan. Setiap pengunjung ke situs hanya dihitung sekali selama periode pelaporan, jadi jika alamat IP yang sama mengakses situs situs berkali-kali, itu tetap hanya dihitung sebagai satu pengunjung.

Memang banyak blogger kesulitan untuk mendapatkan pengunjung ini karena memang persaingan yang ketat dengan ribuan konten segar tiap hari bermunculan pasti sangat sengit kompetisi di dunia blogging ini. Namun demikian bukan tidak mungkin blogger pemula bisa bersaing dengan blogger yang sudah profesional selagi bisa memaksimalkan dengan beberapa teknik SEO yang sudah di pelajari. Bayangkan saja setiap hari pengunggah artikel dengan niche blog yang rata-rata hampir sama di posting denga berbagai teknik SEO yang mereka terapkan di konten yang mereka miliki tentu kita akan sedikit minder. Namun tenang saja asal kita konsisten mengelola blog dengan niche dan topik yang kita sukai maka saya yakin bukan tidak mungkin blog tersebut mendapatkan tempat tersendiri di psearch engine.

Artikel terkait: 10 Cara Mendatangkan Trafik Blog atau Website Anda

Ada beberapa faktor yang mungkin tidak kita sadari malah justu bisa meningkatkan pengunjung. Selain penerapan  SEO (Search Engine Optimation), cara sederhana ini cukup membantu untuk mendatangkan pengunjung blog bahkan bisa dibilang sangat sederhana yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Apa itu? Yuk simak beberapa contoh dibawah ini.

1). Kecepatan akses dan loading blog

Memang benar Google lebih menyukai blog yang ketika di akses memiliki kecepatan yang baik. Biasanya orang akan megeclose jika terlalu lama di buka hal ini tentu akan memberikan menurunya trafik yang akan kita peroleh. Unutk itu cobalah mengecek apakah kecepatan loading blog Anda sudah sesuai, ada beberapa tool gratis yang bisa digunakan misal Gtmatrix dan lain sebagianya. Setelah di cek usahakan memiliki kecepatan minimal grade B. Kecepatan akses ini biasanya dipengaruho oleh beberapa hal dari gambar, template yang kurang berkualitas, terlalu banyak plugin yang tidak penting dan lain sebagainya.

Jika Anda menggunakan domain TLD ini juga bisa berpengaruh pada kecepatan akses blog Anda jika menggunakan jasa hosting yang lambat, untuk itu sebelum Anda membeli hosting cobalah pertimbangakan terlebih dahulu namun jika memang sudah terpasang sebaiknya mencari hosting yang baik dan berpindah ke hosting tersebut, biasanya untuk membeli gunakan yang domain luar karena rata-rata memang berkualitas. Hosting dan domain yang berkualitas inilah yang juga berpengaruh pada kecepatan blog Anda dan memang juga akan berpengaruh pada peringkat blog anda di mesin pencari dalam hasil pencarian.

2). Membuat artikel yang berkualitas

Apa bagian terpenting dari sebuah blog? Konten. Ya benar konten merupakan bagian terpenting dari blog yang dikelola. Tugas utama sebagai blogger adalah membuat konten yang berkualitas karena memang dengan konten yang berkualitas ini Goolge lebih suka dan akan menempatkanya di halaman pertama bahkan peringkat satu di halaman pencarian. Syaratnya adalah dengan memberikan kelangkapan atau bisa dibilang konten yang kaya, yang di maksud konten yang kaya adalah dengan memberikan gambar, video, diagram dan lain sebagainya, tujuannya adalah mempermudah pembaca memahami maksud dan isi dari artikel terebut.

Selain itu dalam membuat artikel tentu harus memperhatikan batasan-batasanya biasanya dalam penggunaan kata kunci jangan sampai berlebihan hal ini bisa di anggap spam oleh mesin pencari.  Pihak google sendiri menyarankan membuat artikel yang relevan dengan penjelasan dan keterangan yang memadai. Banyak blogger yang sudah lama terjun di bidang blog ini menyarankan bahwa untuk jumlah (panjang) standar artikel yang baik minimal adalah 300 kata lebih banyak lebih baik. Ynag terpenting artikel tersebut relevan dengan topik atau judul posting dan menunjukkan bahwa Anda membuat artikel untuk manusaia bukan untuk mesin jadi usahakan untuk bisa lebih di pahami oleh pemirsa.

3). Membuat judul postingan dengan SEO dan menarik

Ketika orang mencari informasi di pencarian maka apa yang akan mereka dapatkan pertama, pasti tulisan dengan huruf tebal dan berwarna biru yang akan tampil, nah itulah judul. Memang benar ketika kita membuat artikel kita juga fokus utnuk memaksimalkan judul artikel karena ini bisa menjadi penentu keberhasilan artikel yang di buat tersebut. Biasanya semakin menarik judu; yang di buat maka ketika seseorang melihat judul yang tampil dan mereka tertarik atau penasaran maka mereka akan mengeklik judul tersebut. Selain itu dengan optimasi kata kunci (keyword) yang tepat pada judul juga akan memaksimalkan hasil pencarian.

Baca juga: Menggunakan Long Tail Keywords Pada Judul Posting Blog

4). Membidik dan Gunakan long tail keyword

Telah saya jelaskan pentingnya menggunakan long tail keyword di artikel sebelumnya maka memang penting untuk kita lebih memilihnya. Sebelum menerapkannya cobalah terlebih dahulu untuk meriset keywords yang akan Anda bidik terlebih dahulu. Untuk meriset kita bisa menggunakan tool gratis, banyak yang menyediakan riset keywords ini salah satunya dengan menggunakan Google Keyword Planner utnuk menguji kata kunci yang banyak di cari dan seberapa besar persaingannya. Menggunakan long tail keyword (kata kunci yang terdiri dari 4-7 suku kata) dengan jumlah pesaing yang sedikit. Hal ini sangat membantu dimana persaingan yang sangat ketat pada keywords yang pendek.

5). Promosikan blog anda

Dalam dunia marketing Promosi adalah tindakan atau upaya pemasar untuk menawarkan produk atau jasa yang dimiliki kepada pelanggan potensial. Begitu juga pada blog ini marketing juga termasuk bagian penting untuk kelangsungan blog Anda. Setelah Anda membuat sebuah artikel dan mempublikasikan jangan lupa untuk mempromosikannya. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan salah satunya dengan membagikan di media sosial ini tergolong cara yang cukup ampuh untuk mendapatkan pengunjung, syukur-syukur orang lain mau sharing atau mebagikan kembali ke temannya otomatis trafik pengunjung yang melimpah juga bisa kita peroleh dengan cara ini.

6). Blog walking atau berkomentar di blog orang lain

Blog walking ini salah satu teknik dari SEO off-page yaitu dengan cara kita berkunjung ke blog orang lain yang relevan atau sejenis dengan blog kita, kemudian ikut berkomentar di blog tersebut dengan pendapat atau saran yang baik kemudian menyarankan untuk berkunjung balik ke blog kita, inipun tergolong cukuo efektif untuk menarik pengunjung. Kenapa demikian? Coba perhatikan saat Anda berkunjung ke blog orang lain untuk mencari solusi terkadang kita lebih fokus pada komentar-komentar orang lain disana banyak pendapat yang menarik, nah dari sini kita bisa menangkap peluang yang ada untuk menyarankan blog Anda di perbincangan tersebut. Tidak hanya itu blog walking ini juga memiliki peran tersendiri untuk SEO selain itu kita juga memperoleh jumlah backlink (baik dofollow dan nofollow) yang memperkuat posisi SERP (Search Engine Result Page) di mesin pencari.

Tapi ingat dalam hal ini juga memiliki batasannya yaitu jangan membuat spam komentar jika komentar yang Anda tinggalkan sama semua, karena Google memilikirobot yang bisa mengatasi bagian ini. Kemudian utnkuk membangun backlink denga komentar cobalah untuk mencari blog atau website dengan peringkat yang tinggi karena ini berdampak pada blog Anda juga.

Jika hal tersebut di atas kita lakukan secara teratur, sedikit demi sedikit kita akan memperoleh trafik  pengunjung. Semua hanya membutuhkan kesabaran saja.

Baca juga: Banyak Tantangan Sebagai Blogger Masih Mau Mencobanya?

Yang terpenting untuk mengelola blog itu adalah konsistensi mengurusnya dan terus update artikel semampu kita jangan memaksakan. Buat sehari 3 artikel jika mampu, jika tidak sehari 3 kali, masih tidak bisa sehari 1 kali, masih tidak kuat seminggu 3 kali yang terpenting blog tetap tersisi dalam satu bulan terakhir. Updatelah artikel secara teratur dengan artikel yang berkualitas karena inilah faktor kunci keberhasilan blog itu sendiri dan tentu akan lebih berpeluang untuk mendapatkan pengunjung.

Sekian pembahasan kali ini tentang Cara Meningkatkan Trafik Blog. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Daftar Cara Meningkatkan Trafik Blog Yang Sederhana"

Post a Comment

Jika Bermanfaat Ayo Bagikan pengalaman Anda Juga di Sini. Terimakasih Salam Sukses :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

IBX5B3511E25E8EF