TOP-LEFT ADS

13 Sikap Pelaku Wirausaha Sukses Yang Harus Dimiliki

Sikap Wirausaha yang Sukses

Banyaknya wirausaha adalah salah satu indikator kemajuan suatu bangsa. Indonesia sendiri dengan lebih dari 260 juta penduduk saat ini yang merupakan Negara besar dan berkembang tentunya akan terus membutuhkan penggerak perekonomian salah satunya wirausaha ini. Saat ini pelajar lulusan diploma maupun sarjana terus bertambah setiap tahunnya tentu akan membutuhkan lapangan pekerjaan yang besar juga. Selain itu minat lulusan perguruan tinggi ini masih besar untuk menjadi karyawan swasta maupun mencari peruntungan menjadi PNS. Namun banyak pula yang tidak bisa bersaing dengan lulusan-lulusan yang lainnya. Alhasil mereka banyak yang nganggur dan beralih menjadi driver ojek yang saat ini penghasilannya cukup lumayan.

Sikap Pelaku Wirausaha Sukses

Untuk menjadi wirausaha itu dibilang susah-susah gampang dibilang susah karena tidak ada minat atau banyak faktor yang menghambat dibilang gampang yang pasti akan banyak resiko yang akan datang namun saat sudah terjun menjadi pengusaha saya yakin akan menjadi orang yang sukses kedepannya. Tahukah Anda saat ini semakin banyak pengusaha sukses yang berasal dari Indonesia. Malah mereka mayoritasnya adalah pengusaha sukses di usia muda usia 20 an sudah berani membuka usaha mereka. Bahkan mereka bisa dibilang pengusaha muda sukses dari nol karena memang mereka memiliki komitmen, kerja keras, keuletan dan tekad yang kuat untuk memulai usahanya,

Memulai usaha sebenarnya tidak membutuhkan modal yang besar, pengalaman khusus, keahlian khusus yang terpenting adalah mereka yang mau mencobanya dan tindakan. Banyak juga contoh usahawan muda sukses saat ini mereka bahkan hanya modal nekad malah bisa memiliki bisnis yang sukses saat ini. Modal biasanya akan menjadi alasan utama bagi pemula namun hal ini bukan menjadi halangan bagi mereka yang mau menjadi pengusaha muda yang sukses.

Bagaiman tertarik untuk menjadi wirausaha muda yang sukses? Yuk ikuti terus ulasannya.

Untuk menjadi pengusaha yang berhasil kita perlu memiliki mindset pola pikir orang kaya terlebih dahulu kenapa, karena pola pikir inilah yang sangat berpengaruh besar dalam kehidupan sehari-hari kita. Tanpa kita sadari banyak kebiasaan yang kurang baik yang dapat menghambat kita menjadi sukses, menurunkan produktivitas kerja, dan malas untuk menjadi orang sukses dalam banyak hal. Maka dari itu penting untuk terus menjaga kebiasaan baik dan di tanamkan dalam kehidupan sehari-hari kita untuk menjadi seorang wirausaha sukses. Inilah yang akan menjadi kunci sukses pengusaha muda.

Artikel terkait: Apa bedanya Mindset Mental Orang Kaya dan Miskin

Kemudian setelah kita memiliki mindset orang kaya maka arah hidup menjadi jelas. Hal ini berlaku pada setiap aktivitas manusia tidak hanya bisnis, baik dalam olahraga, seni, dan politik. Yang membedakan orang sukses dan gagal adalah sikap yang dimiliki masing-masing dan juga bagaimana menempatkan menempatkan Anda dalam pola pikir yang benar untuk mencapai keberhasilan berwirausaha. Berikut sikap wirausaha sukses yang perlu dimiliki:

1).  Memiliki semangat dan gairah pada bisnis.

Semangat dan gairah dalam memulai usaha hal ini penting untuk terus bekerja dengan rasa nyaman dan menyenangkan. Karena dunia usaha itu banyak tantangan, reiko-resiko, persaingan maka untuk mengatasi hal-hal sulit yang mungkin saja akan didapatkan setiap saat maka sikap inilah yang nantinya akan sangat membantu dalam meringankan masalah yang ada. Selain itu gairah dalam berbisnis ini yang nentinya akan tersalurkan pada karyawan, mitra bisnis, relasi bisnis, atau  mempengaruhi orang untuk bekerja pada Anda dan ingin berbisnis dengan Anda.

Semangat dan gairah dalam bisnis ini tentunya tidak akan selalu ada setiap saat pasti akan ada namanya penurunan hal ini dikarenakan banyaknya tekanan, masa-masa sulit, kegagalan dan lain sebagainya. Untuk mengatasi dan menghindari hal tersebut maka usahakan untuk menyisihkan waktu untuk menenangkan diri. Dalam masa menenangkan diri pikirkan alasan apa sehigga Anda memulai menjadi wirausaha, mengapa Anda menjadi wirausaha, alasan kuat apa yang membuat Anda menjadi pengusaha dan masih banyak lagi coba pikirkan hal-hal positif yang akan meningkatkan semngat dan gairah Anda dalam berbisnis.

2).  Jadikan Anda contoh untuk orang lain.

Dalam dunia bisnsi tentunya Anda akan berinteraksi dengan banyak orang misal karyawan, relasi bisnis, konsumen atau pelanggan dan lain sebagainya. Anda adalah sosok yang dapat dipercaya yang memberikan nilai tambah pada orang lain maka Anda adalah panutan bagi mereka dengan integritas yang tinggi. Akan banyak orang yang ingin berinteraksi dengan Anda jika Anda dapat dipercaya. Hal ini juga berlaku untuk konsumen atau pelanggan Anda semakin mereka percaya dengan Anda maka mereka tidak akan segan akan menjadi pelanggan yang loya pada bisnis yang Anda miliki.

3).  Jadilah fleksibel, kecuali dengan nilai-nilai inti

Pemimpin yang baik adalah mereka yang dapat menyesuaikan dengan lingkungan yang ada. Ingat bahwa rencana, strategi, persaingan akan bisa berubah setiap saat seiring berjalannya waktu, maka dari itu menjadi pemimpin yang Fleksibel ini sangat penting dalam pengambilan keputusan yang baik. Saat Anda memiliki usaha kecil menengah UKM  Fleksibilitas untuk perubahan akan membantu bisnis tetap unggul meski harus bersaing dengan bisnis yang lebih besar. Hal ini berlaku untuk perencanaan keuntungan dan biaya operasional, namun tidak ada kompromi terhadap nilai-nilai inti yang Anda miliki.

4).  Jangan takut akan kegagalan


Pada dasarnya konsep kegagalan itu tidaklah ada yang ada belajar atau sukses. Dari kegagalan inilah kesemapat untuk belajar yang akan menjadikan lebih kuat dan tangguh dalam menjalankan bisnis nantinya. Setiap orang pasti pernah mengalaminya namun yang membedakan adalah bagaimana mereka menyikapi hal tersebut. Banyak pengusaha-pengusaha yang sukses awalnya mereka gagal besar namun mereka mampu bangkit dan menjadi sukses luar biasa. Bahkan pemilik modal mereka berani menginvestasikan uangnya untuk orang yang pernah gagal namun mau terus mencoba dibandingkan orang yang sama sekali tidak mau mencoba kembali.

5).  Membuat keputusan tepat waktu

Menuda  adalah hal yang tidak akan merubah menjadi lebih baik. Anda telah memiliki rencana bisnis yang baik naun akan menjadi sia-sia jika tidak dilakukan dengan baik dan tepat waktu. Menunda ini malah akan menyebabkan kehilangan kesempatan-kesempatan yang ada.

6).  Aset terbesar perusahaan adalah Anda

Anda adalah peran utama dalam bisnis Anda. Ketika sehat secara jamani dan rohani tentu perusahaan atau bisnis yang Anda miliki akan juga ikut sehat karena keputusan dan segala aktifitas perusahaan membutuhkan keberadaan Anda. Untuk itu sebaiknya Anda menjaga kesehatan tidak perlu memaksakan aktifitas yang berlebihan. Menjaga kesehatan Anda untuk keseimbangan dan energi, yang pada waktunya akan meningkatkan performa mental anda.

7). Kendalikan ego

Biasanya pengusaha yang baru mulai dan mendapatkan untung mereka cenderung merasa ingin beli ini it bahkan tak segan menggunakan uang perusahaan utnuk memenuhi keinginannya. Hal ini tentu saja akan merugikan. Ketika perusahaa mendapatkan laba yang besar jangan pernah menghabiskan hanya untuk membeli barang mahal yang tujuannya tidak lain untuk mengesankan orang lain. Lebih baik gunakan keuntungan perusahaan untuk investasi atau membangun pasih income pendapatan sampingan misalnya membangun kost dan lain sebagainya ini justru akan lebih bernilai dari pada hanya untuk kesenangan semata. Atau mempersiapkan kebutuhan yang takterduga dan memngembangkan peluang bisinis baru hal ini justru akan memberikan manfaat yang jau lebih besar untuk diri Anda. Untuk itu jauhilah ego diri sendiri yang hanya sementara.

8).  Percaya diri

Sbagai pengusaha ada baiknya untuk percaya pada diri sendiri, perusahaan yang Anda bangun, karyawan yang loyal bahwa Anda adalah wirausaha yang sukses. Optimis bahwa Anda akan membawa perusahaan yang Anda miliki kearah yang benar, bangun keyakinan pada karyawan Anda untuk mencapai tujuan bersama, selain itu penting juga membangun kepercayaan pada pelanggan, pemegang saham, pemasok dan setiap orang yang berurusan dengan Anda karena memang sebuah bisnis akan berhubungan dengan banyak pihak.

9). Mendukung dan menerima kritik dengan senang. Akui kesalahan Anda.

Kritik dan saran adalah hal yang perlu Anda perhatikan karena inilah yang akan membuat perusahaan semakin baik kedepanya. Tidak peduli bahwa Anda adalah atasan menerima masukan dari karyawan juga penting karena bisa membangun kepercayaan karyawan Anda dan mereka merasa terlibat dalam kemajuan bisnis yang Anda jalankan. Adakalanya pendapat orang lain bersebrangan dengan Anda oleh sebab itu tampung dan mempertimbangkan adalah hal yang harus Anda lakukan jika menurut Anda baik maka terapkan jika tidak maka cari masukan yang lainnya. Menyatakan sebuah opini atau memberi masukkan pada pernyataan misi perusahaan tidak akan jadi masalah. Sampaikan kepada karyawan yang ada dengan antusias sehingga mereka dapat memahami maksud dan tujuan Anda.

10).  Menjaga etos kerja yang kuat

Etos kerja adalah gairah-semangat yang kuat untuk mengerjakan sesuatu secara optimal, lebih baik, dan bahkan berupaya untuk mencapai kualitas kerja yang sesempurna mungkin. Oleh sebab itu, etos kerja harus dilandasi dengan niat yang baik.

Karyawan Anda akan mengikuti langkah Anda sehingga dalam budaya perusahaan yang kuat menciptakan roh kerja untuk mengasilkan kinerja yang luar biasa. Bekerja dengan sepenuh hati adalah kunci sukses untuk membangun dan menjalankan etos kerja yang produktif dan efektif

11).  Segera bangkit dari rintangan

Rintangan dari seorang wirausaha itu pasti akan ada setiap saat dan sewaktu-waktu bahka pasang surut usaha yang dijalankan akan hadir dalam bisnisnya. Oleh karana itu belajarlah dalam situasi-situasi tersebut, catat apa saja yang menjadi kelamahan, kekurangan, jika perlu gunakan perencanaan yang matang (analisis SWOT) yang baik untuk melewati masa itu. Kemudian jadikan pengalaman tersebut untuk lebih maju dan lebih sukses dam bisnis Anda.

12).  Segera keluar dari zona nyaman untuk mengejar sesuatu yang penting

Keluar dari zona nyaman adalah sebuah keharusan jika Anda mau meraih sukses. Jika Anda terus berada pada zona nyaman, maka Anda tidak akan pernah beranjak dari kondisi Anda saat ini dan tidak akan ada perubahan menuju kesuksesan. Berani keluar dari zona nyaman memang pilihan yang sangat sulit. Perlu berpikir dua kali untuk meninggalkannya dan beralih ke zona yang lebih menantang. Anda pasti tidak akan merasa nyaman begitu saja dengan perubahan pada teknologi, orang-orang, misi, persaingan, dll. Begitu juga dalam dunia bisnis keluar dari zona nyaman juga sangat penting bagi perusahaan dan Anda untuk keluar dari zona nyaman demi meraih hal yang lebih baik. Ini akan membuat bisnis Anda lebih berkembang.

13). Memberi manfaat untuk orang lain

"Barang siapa yang memudah kesulitan seorang mu’min dari berbagai kesulitan-kesulitan dunia, Allah akan memudahkan kesulitan-kesulitannya pada hari kiamat. Dan siapa yang memudahkan orang yang sedang dalam kesulitan niscaya akan Allah memudahkan baginya di dunia dan akhirat"(HR. Muslim).

Baca juga: 6+ Kunci Bagaimana Menjadi Entrepreneur Yang Sukses

Sebagai pengusaha perlu menanamkan sikap positif dalam dirinya hal ini penting untuk mencapai kesuksesa. Setiap orang bisa menjadi sukses tergantung bagaimana mereka menyikapinya. Ketekunan, keuletan, tangguh, tidak mudah putus asa hal inilah yang akan membawa orang tersebut menuju arah yang lebih baik. Konsep kegagalan itu tidaklah ada yang ada hanyalah belajar atau sukses. Satu hal yang perlu diperhatikan juga, perluaslah jaringan Anda, buatlah kartu nama dan bagikan pada kolega-kolega yang baru Anda kenal tadi. itu penting untuk membangun merek.

Sekian pembahasan kali ini tentang Permasalahan Usaha Kecil Dan Menengah yang mungkin di jumpai oleh pengusaha. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua. Apakah Anda memiliki tips sikap lain untuk menjadi pengusaha? Jangan sungkan untuk berbagi. Silahkan tulis pendapat Anda pada kolom di bawah ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "13 Sikap Pelaku Wirausaha Sukses Yang Harus Dimiliki"

Post a Comment

Jika Bermanfaat Ayo Bagikan pengalaman Anda Juga di Sini. Terimakasih Salam Sukses :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

IBX5B3511E25E8EF