22 Tips Bagaimana Meningkatkan Pengunjung Website Anda

Meningkatkan Pengunjung Website Anda

Bagi seorang blogger atau webmaster kualitas pengunjung website-nya adalah prioritas utama. Karena dengan meningkatkan pengunjung website mereka adalah salah satu kegiatan penting yang akan berdampak sukses tidaknya website yang dimiliki, semakin banyak pengunjung yang datang maka semakin sukses blog atau website yang dimiliki. Bahkan apapun bisnis atau usaha yang telah memiliki situs mereka sendiri semata-mata tujuannya adalah untuk meningkatkan pendapatan atau keuntungan dari bisnis dan usahanya.

Oleh karena itu untuk mewujudkan keberhasilan atau kesuksesan bisnis yang dimiliki maka meningkatkan jumlah pelanggan atau konsemen untuk membeli produk atau jasa yang mereka tawarkan melalui website yang mereka miliki. Dengan website inilah mereka dapat memiliki jangakuan yang lebih luas terhadap pelanggan atau konsumen yang ingin membeli produk atau jasanya.

Meningkatkan Pengunjung Website

Namun perlu diketahui untuk mendapatkan pengunjung yang banyak bukanlah perkara yang mudah alasanya cukup banyak dan ini memang cukup sulit dilakukan bagi sebagian orang yang belum mengetahui cara kerja mesin pencari seperti Google. Coba perhatikan berapa ribu konten segar tiap hari diterbitkan oleh webmaster atau blogger yang pastinya akan membuat persaingan semakin ketat jika salah atau tidak bisa memaksimalkan dengan strategi dan teknik pemasaran yang efektif  seperti SEO dan lain-lain bukan tidak mungkin konten yang kita buat malah berada di urutan bawah bahkan tidak tampil di halaman pencarian. Hal ini pasti sangat melelahkan buat kita setelah membuat konten semaksimal mungkin malah tidam bisa menembus halaman pertama mesin pencarian.

Artikel terkait: Daftar Cara Meningkatkan Trafik Blog Yang Sederhana

Nah dari sini kita harus memaksimalkan dengan berbagaicara untuk meningkatkan pengunjung website kita tentunya dengan kaidah yang baik dan benar juga tidak melanggar ketentuan mesin pencari Google, untuk itu lebih jelasnya sebagai berikut:

1). Manfaatkan Jasa Periklanan

Bagi seorang marketer tentu sudah tahu tentang pentingnya iklan untuk menarik konsumen untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan oleh produsen atau perusahaan. Sama halnya dengan sebuah situs ini jugab perlu untuk menggunakan jasa iklan sebagai upaya untuk meningkatkan pengunjung. Untuk itu gunakanlah jasa iklan untuk Meningkatkan pengunjung website Anda. Saat ini banyak penyedia layanan periklanan digital yang tersedia dan tentunya bisa disesuaikan dengan budget atau uang Anda yang pasti semkin besar uang yang dikeluarkan maka semakin luas dan besar juga jangkauan yang akan didapatkan.

Sebenarnya pada media periklanan sudah banyak jenisnya yang dapat Anda gunakan untuk mrningkatkan traffic atau pengunjung website Anda misalnya, dengan menyewa slot iklan di website yang telah memiliki pengunjung banyak untuk cara ini biasanya dengan metode kesepakatan antara pemilik situs dan Anda sebagai pengguna, Ada juga iklan dengan menggunakan media sosial, dan penyedia jasa layanan periklanan lainnya seperti Google, Facebook dan masih banyak lagi penyedia layanan periklanan yang lain.

Jika Anda hendak ingin menggunakan dan memasang iklan sebaiknya Anda menentukan target visitor yang Akan di bidik. Biasanya penyedia layanan periklanan ini telah menyediakan pengaturan tentang target pemirsa jadi ketika menggunakan harus diatus sesuai dengan bidang Anda. Misalnya saja perusahaan Anda bergerak dibidang kosmetik wanita tapi memasang iklan di website tentang elektronik tentu ini tidak akan efektif jadi harus sesuai dengan yang ditargetkan. Selain jasa iklan pada sebuah website, Anda juga bisa menggunakan iklan berdasarkan kata kunci seperti Adwords.

2). Manfaatkan dan Terus Bersosialisasi Di Sosial Media

Sosial media memiliki pengguna yang sangat besar saat ini. Dengan berbagai manfaat yang dimiliki maka media sosial ini juga cocok sebagai sarana untuk mendaatkan dan meningkatkan pengunjung website Anda. Karena dengan media sosial ini Anda bisa bersosialisasi dengan banyak orang, yang terutama mereka yang tertarik dengan jenis produk Anda. Anda bisa membagikan tautan yang Anda miliki disana sehingga akan banyak orang yang melihat dan tertarik untuk mengunjungi website yang Anda miliki. Saat ini telah banyak berbagai media sosial yang bisa Anda gunakan misalya Twitter, Facebook, Instagram ataupun Pinterest dan masih banyak lagi tentunya bisa Anda manfaatkan sexara gratis.

3). Buat Konten yang berkualitas Secara Teratur dan Analisa Visitor-nya

Sebuah website komponen yang paling utama adalah  konten yang dimiliki. Website yang sukses akan terlihat dari sebagaimana kualitas konten yang dimiliki. Jadi untuk mendapatkan yang terbaik maka tidak ada cara lain selain membuat konten berkualitas secara rutin inilah faktor yang akan meningkatkan pengunjung website Anda.

Kemudian setelah membuat konten yang berkualitas tadi maka perlu melakukan analisa data secara teratur ada berapa dan darimana visitor yang datang ke website. Karena dengan melakukan cara ini Anda kan mengetahui bagaimana perkembangan dari bisnis yang Anda bangun. Ada alat yang bisa digunakan secara gratis yaitu Google Analytics yaitu salah satu tool yang cukup membantu untuk memberikan informasi tentang website kepada Anda.

4). Analisislah pesaing Anda

Segala bentuk bisnis pasti akan ada yang namanya persaingan. Maka hal yang perlu Anda perhatikan adalah dengan menganalisis persaingan Anda seberapa ketatkah mereka dan seberapa berpengaruhnya terhadap bisnis yang Anda miliki. Hal ini penting dilakukan untuk menghasilkan konten yang bisa bersaing di halaman pertama search engine. Ada banyak cara yang bisa dilakukan salahsatunya dengan menggunakan tool untuk mengecek SEO, kecepatan akses dan lain sebagainya Anda bisa menggunakannya secara gratis. Tak lupa untuk membuat konten atau artikel yang berkualitas yang lebih kaya dibangingkan dengan pesaing Anda hal inilah yang akan memberikan nilai tambah pada website Anda untuk lebih meningkatkan pengunjung website.

5). Mengadakan Webinar Produk

Apa itu Webinar? Sebenarnya ini merupakan singkatan dari dua kata yakni Web dan Seminar atau dapat diartikan sebuah kegiatan pertemuan antar sekelompok orang yang dijalankan dengan bantuan koneksi internet. Webinar berjalan seperti online streaming yang membutuhkan kecepatan akses yang tinggi. Anda bisa melakukan webinar dengan mengenalkan produk yang akan dijual. Saat ini sudah banyak platform sebagai media webinar, salah satunya adalah Google Hangout, kemudian jangan lupa untuk mengarahkan peserta ke website Anda agar mampu meningkatkan pengunjung website.

6). Mendatangi Konferensi

Kenalkan bisnis Anda paa khalayak publik sehingga merka akan tahu apa yang Anda tawarkan. Misalnya saja saat Anda sedang mengikuti sebuah konferensi disana Anda bisa memberitahukannya pada orang-orang di sekitar Anda. Dalam hal ini sebaiknya menghadiri konferensi yang sesuai dengan bisnis atau usaha yang dijalankan karena akan lebih mudah dalam menyampaikannya. Apalagi jika Anda menjadi pembicara disana hal ini pasti akan memberikan marketing yang powerful pada bisnis yang Anda miliki. Cara ini juga dapat meningkatkan visitor ke website.

7). Membuat Video Marketing Yang Menarik

Saat ini video marketing sering kita jumpai di berbagai media dari yaoutube, instagram dan lain sebagainya.  Memang beanr orang lebih tertarik untuk menonton sebuah video yang mereka anggap menarik dan viral mereka sering mencari informasi melalui video ini. Dengan demikian jika kita melihat peluang yang ada maka membuat sebuah video untuk mempromosikan website akan lebih menarik pengunjung. Oleh karena itu jangan sia-siakan peluang yang satu ini, Anda bisa membuat sebuah video yang menarik dan sertakan link website Anda pada video tersebut yang jika pemirsa yang tertarik akan mengeklik tautan yang Anda berikan.

8). Memanfaatkan Situs Agregator

Apa itu Situs Agregator dikenal juga dengan nama feed reader atau news reader atau dengan istilah aggregator saja). Kita ketahui bahwa hampir setiap situs sekarang ini dilengkapi dengan RSS. Aggregator adalah aplikasi (bisa berupa aplikasi desktop atau web-based) yang memanfaatkan RSS sehingga pengguna bisa mengumpulkan (dan meng-customize) berbagai macam berita dari berbagai website di dalam satu lokasi/halaman. Anda dapat mengirim konten website ke sebuah situs agregator seperti Reddit, meskipun situs tersebut saat ini di Indonesia sudah di blokir. Tapi pengguna internet yang haus akan informasi memiliki cara tersendiri untuk bisa mengaksesnya.

9). Selalu Aktif Menggunakan Sosmed

Seperti yang saya sebutkan diatas menggunakan media sosial sangat membantu untuk meningkatkan pengjunjung website Anda. Oleh karena itu selalu bagikan konten yang Anda miliki di berbagai media sosial tersebtu. Terutama jika artikel Anda unik dan viral akan sangat berdampak pada meningkatnya pengunjung website yang Anda milki.

10). Pahami Google Analytics

Google Analytics layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Google Analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan juga tautan yang terkandung dalam dokumen PDF. Disini untuk memaksimalkanya Anda harus memastikan bahwa situs Anda telah terhubung dengan Google Analytics tersebut kemudian manfaatkan apa yang ada di dalamnya. Data dan informasi yang ada bisa Anda gunakan untuk membuat konten yang berkualitas, menganalisis perkembangan situs dan masih banyak lagi manfaatnya.

11). Berkomentar di Situs Lain

Berkomentar di situs lain memang terlihat sepele namun siapa sangka jika manfaatnya sangat besar pada situ yang Anda miliki. Berkomentar di blog atau website orang lain juga bisa digunakan untuk membangun backlink jadi dengan meninggalkan tautan Anda maka inilah yang disebut backlink juga namun perlu di perhatikan dalam hal ini usahakan di situs-situs yang memiliki peringkat baik.

Selain itu Anda akan mendapatkan perubahan yang signifikan dengan kenaikan visitor. Hal ini penting untuk membangun personal branding Anda supaya dikenal orang banyak.

12). Membuat Komunitas Online

Walaupun terkadang banyak yang mengabaikan namun komunitas ini juga diperlukan untuk meningkatkan pengunjung website. Hal ini cukup efektif dan strategi untuk membuat orang berkunjung ke situs yang Anda miliki. Komunitas ini bisa berupa group facebook misalnya dan lain sebagainya yang tujuannya adalah untuk membangun kepercayaan dari konsumen. Untuk melakukannya Anda perlu memperhatikan group tersebut apakah sesuai dengan niche yang Anda bahas jangan sampai niche otomotif ternyata bisnis Anda di niche busana ini akan tidak efektif untuk menarik pemirsa walaupun mungkin ada yang tertarik tapi kemunkinan itu tidak besar. Nah setelah banyaknya yang bergabung, tentu saja jumlah visitor website akan terus bertambah.

13). Perhatikan Kecepatan Akses Situs Anda

Mesin pencari seperti Google lebih suka dengan situs yang memiliki kecepatan akses yang baik. Untuk memaksimalkan perlu melakukan optimasi dari website Anda seperti ukuran gambar, struktur halaman dan plugin sudah di optimasi, tujuanya adalah agar waktu akses bisa lebih cepat.

Kenapa kecapatan akses ini penting ? Coba Anda perhatikan pernahkah Anda mengunjungi sebuah situs kemudian setelah membuka halaman tersebut ternyata loading terus dan tidak mau tampil indormasi yang Anda cari, kemudian apa yang akan Anda lakukan jika terjadi demikian, pasti Anda akan segera keluar dari situs tersebut dan mencari situs yang lainnya. Hal ini berdampak buruk juga dimata search engine, karena termasuk salah satu faktor penentu peringkat di hasil pencarian. Semakin baik akses situs Anda maka semakin baik kualitas website yang Anda miliki.

14). Memastikan Bahwa Website Anda Responsive

Dengan perkembangan zaman yang semakin canggih saat ini smartphone dan koneksi internet adalah sudah menjadi kebutuhan kebanyakan orang. Dilihat dari pengguna smartphone semakin ini terus meningkat dari tahun ke tahun jika pengguna komputer karena dengan smartphone ini lebih praktis dan mudah digunakan banyak hal. Dengan demikian pastinya banyak orang yang akan mengakses internet cenderung menggunakan smartphone mereka. Untuk itu memastikan bahwa website Anda sudah responsive adalah hal yang peerlu diperhatikan untuk meningkatkan pengunjung website yang Anda miliki. Bnayak hal yang akan mempengaruhi kecepatan akses ini dari penyedia hosting dan domain, tamplate website dan lain-lain.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Judul Postingan Berkualitas SEO

15). Berfokus Pada Email Marketing

Banyak yang melupakan dan mengabaikan tentang Email Marketing. Namun tahukah Anda jika email marketing ini cukup ampuh untuk mendapatkan konsumen atau pelanggan. Tentunya jika dimanfaatkan denganbaik dan benar maka Ini adalah salah satu alat para internet marketing yang powerfull bagi para marketer. Biasanya dengan cara ini pelanggan akan mendapatkan update terbaru dari website yang Anda miliki yang tentunya akan berpengaruh juga pada peningkatan pengunjung.

Coba Anda perhatikan jika menjumpai penyedia layanan hosting gratis misalnya mereka menyediakan hosting dan domain gratis pasti ada tujuannya salah satunya dalam hal marketing. Mereka menawarkan secara gratis dengan tujuan menjaring data data konsumen sebesar-besarnya dengan memanfaatkan email dari konsumen. Kemudian setelah data konsumen dirasa sudah banyak maka mereka akan menawarkan layanan yang berbayar dengan berbagai promosi menarik. Dengancara ini ternyata terbukti pengguna nya saat ini semakin meningkat dari tahun ke tahun.

16). Membangun Internal Links

Dalam dunia SEO pasti tidak lah asing dengan pentingnya membangun Internal link yang memang masih menjadi bagian penting dari teknik SEO yang tujuan utamanya untuk mendapatkan peringkat pertama mesin pencari yang sangat berguna untuk meningkatkan pengunjung website. Untuk membangun Internal link ini Anda bisa menggunakan cara dengan menambahkan link artikel lain sehingga akan saling terhubung satu sama yang lainnya.

17). Berbagi Konten di LinkedIn

Membagikan tautan adalah kegiatan yang cukup efektif untuk mendapatkan pengunjung dan meningkatkan pengunjung ke website yang dimiliki salah satunya dengan membagikan konten ke salah satu layanan yaitu LinkedIn. Disana terdapat berbagai pengguna dari kalangan profesional, sehingga akan cukup berpengaruh terhadap produk Anda.

18). Menjadi Penulis Tamu

Guest blogger atau penulis tamu yang tujuannya untuk mengenalkan diri Anda supaya banyak yang akan mengenl Anda. Selain jaringan persahabatan dan kuatnya branding, Anda yang memiliki blog juga kemungkinan besar akan mendapatkan trafik yang tinggi dari pengunjug blog dari hasil kerjasama dengan para pemilik blog lain. Ada banyak sekali situs yang menyedikan fasilitas supaya orang lain bisa menulis di situsnya. Guest Blogger atau Penulis Tamu adalah orang yang mengirim sebuah artikel untuk diterbitkan ke blog orang lain. Untuk membuatnya usahakan dengan kata-kata sendiri agar lebih profesional.

19). Menyediakan Form Register Sebagai Penulis

Tidak hanya menjadi seorang Guest Blogger atau Penulis Tamu saja namun ada baiknya Anda juga menyediakan di website Anda supaya banyak orang yang akan tertarik jga untuk menjadi Guest Blogger atau Penulis Tamu tersebut. Namun demikian perlu adanya penyaringa artikel terlebih dahulu untuk menentukan mana yang berkualitas dan mana yang kurang berkualitas dari artikel yang masuk, karena tak jarang banyak orang yang menggunakan tool untuk mengubah kata-katanya sehingga tidak enak dibaca. Buat Anda yang menggunakan CMS seperti WordPress, bisa membuat fasilitas register login facebook di wordpress sebagai penulis.

20). Membuat Long Tail Keyword

Salah satu komponen penting yang menentukan trafik website di google adalah long tail keyword yang berkualitas. Membuat membuat judul posting dengan menerapkan Long Tail Keyword akan membantu blog muncul pada posisi page one hal ini karena semakin meningkatnya persaingan kata kunci di mesin pencari. Karena persaingan di keyword yang menggunakan 2-3 kata sangat padat maka kita bisa menggunakan yang lebih panjang untuk menghindari persaingan tersebtu. Dengan Long Tail Keyword maka akan lebih spesifik, lengkap dan mudah dipahami oleh pengunjung dengan membaca judul tersebut. Untuk mencari long tail keyword sudah banyak tool gratis, silahkan mengetikkan kata kunci long tail keyword generator.

Baca juga: Menggunakan Long Tail Keywords Pada Judul Posting Blog

21). Membangn On Page SEO

SEO ( Search Engine Optimization) adalah bagian dari SEM atau Search Engine Marketing. Search engine optimization (SEO) mengacu pada teknik yang membantu peringkat website Anda lebih tinggi dalam hasil pencarian organik (atau “alami”), sehingga membuat website Anda lebih dahulu terlihat salah satunya dengan cara membangun On Page SEO. On page ini bisa diartikan adalah mengoptimasi bagian dalam konten yang artinya kita fokus pada kualitas konten tersebut. Karena dengan adanya on page seo berarti perayap situs akan memahami konten apa yang dibahas. Tentu saja hal ini akan menentukan cocok atau tidaknya web tersebut dengan kata kunci yang dicari. Untuk memudahkan hal tersebut, Anda dapat menggunakan plugin Yoast SEO jika flatform blog memakai Wordpress.

22). Perbarui Konten Yang Tidak ada Pengunjungnya

Kemudian ketika Anda sudah memiliki konten yang kaya misalnya 100 lebih artikel yang sudah Anda miliki maka cobalah periksa kembali konten-konten yang Anda miliki disana pasti ada artikel yang mati atau tidak ada pengunjungnya. Nah dalam hal ini mungkin saja dalam membuatnya kurang maksial sehingga kalah dalam persainga, untuk itu Anda bisa mengedit dan memperbarui konten tersebut yang memang pengunjungnya sepi jadi mungkin dengan lebih mengoptimalkan SEO, kualitas konten, dan menambahi dari isi konten tersebut, sehingga suatu hari akan lebih segar.

Sekian pembahasan kali ini tentang Cara Meningkatkan Pengunjung Website. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "22 Tips Bagaimana Meningkatkan Pengunjung Website Anda"

Post a Comment

Jika Bermanfaat Ayo Bagikan pengalaman Anda Juga di Sini. Terimakasih Salam Sukses :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

IBX5B3511E25E8EF