Cara Mendaftar dan Submit URL Blog ke Yandex Webmaster Tools Panduan Lengkap

Yandex Webmaster Tools Dan Submit URL Website

Sebagai blogger atau webmaster tentunya kita sudah kenal yang namanya Google Webmaster Tools karena kita setelah membuat konten yang berkualitas tentu akan menggunakan layanan ini untuk membantu artikle yang kita buat bisa dengan cepat dan mudah ter-index di mesin pencari Google. Sebenarnya tidak hanya itu saja, dengan menggunakan tool yang desediakan di wbmaster ini juga masih ada banyak manfaat yang disediakan didalamnya yang tentu akan membantu kita dalam memberikan performa terhadap situs atau website yang kita miliki. Di dunia internet sendiri kita ketika mencari informasi di internet tentu sering menggunakan mesin pencari Google namun tahu kah Anda jika sebenarnya ada banyak mesin pencari seperti Bing, Yahoo!, Ask, DuckDuckGo, AOL dan masih banyak lagi dan salah satunya yaitu Yandex.

Cara Mendaftar dan Submit URL Blog ke Yandex Webmaster Tools Panduan Lengkap

Tidak hanya Google, mesin pencari yang lain juga memiliki Webmaster Tools-nya sendiri-sendiri yang tujuanya adalah untuk mempermudah para pemilik website men-submit artikel atau konten yang dimiliki agar bisa dengan mudah ter-index di mesin pencarinya. Yandex Webmaster Tools adalah mesin pencari yang berasal dari negara Rusia, mesin pencarian ini sama seperti Google, Bing, dan Yahoo. Walaupun yandex webmaster tools ini tidak terlalu di kenal oleh banyak kalangan dan memang sedikit asing dengan namanya, akan tetapi banyak juga pemilik blog ataupun website yang menggunakan webmaster tool ini tujuan mereka yaitu untuk menunjuang performa dan kualitas website mereka. Karena dengan menggunakannya harapan mereka adalah untuk mendapatkan pengunjung yang sebesar-besarnya yang akan datang ke website mereka.

Saya sendiri sebelumnya hanya mengandalkan Google dan Bing untuk masalah Submit URL Blog ke Webmaster Tools, namun setelah mengetahui ternyata masih banyak mesin pencari alternatif yang bisa digunakan maka saya tertarik untuk menggunakan tool dari Yandex ini. Sebelumnya Yandex ini karena berasal dari Rusia jadi bahasanya Rusia namun seiring perkembangannya saat ini sudah menggunakan bahasa Inggris yang mudah untuk kita pahami. Harapan saya dengan menggunakan Yandex website yang saya kelola akan mendapatkan visitor yang meningkat. Nah dengan cara ini pengunjung dari luar sana dan yang menggunakan pencarian yandex, maka artikel kita akan ada di pencarian itu, kan lumayan bisa nambah - nambahin pengunjung.

Bgaimana menarik bukan? Oleh karenanya kali ini saya akan mambagikan tutorialnya bagaimana daftar dan submit URL blog di yandex webmaster tool, bagi kalian yang belum mendaftarkan segera saja menggunakan tool yang satu ini cara kerjanya sih gampang kok malah mirip sama seperti Google webmaster tool dan bing webmaster.

Artikel terkait: Pengertian Google Webmaster Tool dan Manfaatnya Bagi Blog

Nah, bagi yang belum mengetahui cara mendaftarkan serta submit URL website atau blog kalian
ke yandex webmaster tools, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:.

1). Cara Daftar Yandex Webmaster Tools dengan Mudah

Karena pemilik blog atau website di Indonesia sendiri masih jarang yang memakainya dan tentu saja mereka lebih memilih menggunakan Bing webmaster atau Google webmaster karena penggunanya yang besar dan lebih familiar dimata masyarakat. Nah jika Anda ingin meningkatkan pengunjung situs Anda maka tidak ada salahnya bukan untuk mencoba memasukannya ke dalam webmaster yang lain seperti yandex ini agar artikel kita bisa terindex juga di mesin pencari yandex tersebut. Untuk itu saya akan membahasanya dalam 4 pembahasan yaitu cara mendaftar yandex webmaster tools, cara submit url blog, cara submit url artikel, cara submit sitemap blog dan yang lainnya bisa Anda gunakan dan pelajari sendiri nantiya. Baiklah untuk lebih jelasnya yuk simak caranya dan langkah - langkahnya sebagai berikut:

1. Yang pertama tentu kita harus mengunungi terlebih dahulu situs yandex webmaster yaitu langsung dengan link webmaster.yandex.com.
2. Kemdian setelah Anda berada di halaman awal webmaster.yandex coba lihat di pojok kanan atas ada menu Login disitu selain untuk Login juga nantiya ada pilihan untuk Registrasi,  untuk lebih jelasnya seperti gambar di bawah ini:

Mendaftar dan Submit URL Blog ke Yandex Webmaster Tools
Pada bagian ini silahkan lengkapi data diri Anda:
  • Isikan nama depan anda.
  • Isikan nama belakang anda.
  • Isikan nama untuk login masuk setelah terdaftar.
  • Isikan password.
  • Ulangi kembali isikan password.
  • Kemudian masukkanlah nomor handphone Anda yang masih aktif, karena kita Negara Indonesia jadi di awali dengan menggunakan kode +62, nah setelah Anda selesai maka akan diminta mengisikannya kode verifikasi yang dikirim ke no handphone Anda dan masukkan saja kodenya.
  • Setelah selesai dan sukses semua maka tingga klik "Register".

2). Cara Submit URL Blog ke Yandex Webmaster Tools dengan Mudah

Jika sudah mendaftar dan telah berhasil silahkan login terlebih dahulu untuk nantinya Anda bisa menyelesaikan beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk pengaturan dasar Yandex Webmaster Tools di dashboard.
  • Pertama kali Anda Login maka akan diminta untuk menambahkan situs Anda Pilih tanda (+).  Kemudian silahkan untuk mengisikan nama url blog Anda dan tinggal pilih "Add" dan selesai.

Cara Submit URL Blog ke Yandex Webmaster Tool

  • Nah setelah selesai maka Anda akan diminta untuk virifikasi ke blog atau website Anda degan cara mengcopy Script Meta Tag dengan contoh : <meta name="yandex-verification" content="d179b32684d3e2d1" />.
Cara Mendaftar dan Submit URL Blog ke Yandex Webmaster Tools Panduan Lengkap
  • Setelah menyalin code diatas selanjutnya masuklah ke akun Blogger kalian - klik menu Tema - Edit HTML carilah kode <head> kemudian letakkan atau paste-kan kode tersebut yang sudah di copy tadi tepat dibawahnya. Biasanya untuk mempermudah silahkan menggunakan Ctrl+F setelah selesai paste tinggal simpan saja.
  • Langkah diatas sudah selesai maka kembali lagi ke dashboard untuk memverifikasi silahkan klik tombol "Check", Anda akan di minta untuk memasukkan Captcha terlebih dahulu, silahkan isikan dengan benar. Jika berhasil otomatis akan langsung bisa menggunakan menu yang disediakan oleh yandex Webmaster Tools.
  • Sampai sini sudah berhasil mekukan submit URL, langkah berikutnya yaitu submit sitemap blog atau website kita.
3). Cara Submit sitemap di yandex Webmaster Tools dengan Mudah

Sitemap sendiri adalah daftar isi dari situs kita jadi akan berguna untuk mempermudah mesin pencari untuk meng-index website kita nantinya. Dengan langkah men-submit sitemap yang kita miliki maka kita akan menginformasikan bahwa URL yang kita submit adalah seluruh link artikel yang telah kita publikasikan, dalam artian telah berada dalam 1 sitemap tersebut. Lalu bagaimana cara kita submit URL ke yandex Webmaster Tools caranya bisa lihat di bawah ini.
  • Langkah pertama yaitu pilihlah menu "Indexing"
  • Lalu pilih " Sitemap file" maka akan tampil form pengisian sitemap Anda.
  • Disini silahkan memasukkan sitemap Anda terlebih dahulu di form yang disediakan tersebut, cukup mudah untuk menerapkannya tinggal buat saja "sitemap.xml" contohnya sebagai berikut: http://www.gomarketingstrategic.com/sitemap.xml
  • Jika sudah silahkan klik tombol "Add" dan selesai. Langkah berikutnya yaitu submit URL artikel blog atau website kita.

4). Cara Submit URL Artikel Blog di yandex Webmaster Tools dengan Mudah

Bagaimana sobat blogger sudah selesai untuk langkah 1-3 dan sudah sukses bukan? Jika sudah mari kita bahas yang terakhir yaitu cara submit url artikel blog kita yang telah dipublikasikan. Seperti halnya dengan Google webmaster dan bing webmaster setelah kita membuat artikel maka yang perlu kita lakukan adalah submit url artikel tersebut ke mesin pencari nah begitu juga di yandex webmaster ini coba ikuti langkah berikut ini:


  • Langkah pertama yaitu pilihlah menu "Indexing".
  • Kemudian pilihlah menu " Reindex pages".
  • Jika sudah maka disitu ada kolom kosong yang nantinya untuk mengisi URL artikel Anda, coba perhatikan gambar diatas, kolom tersebut berfungsi untuk mengisikan URL artikel yang Anda miliki setelah memposting artikel.
  • Copy-lah link artikel yang Anda miliki contohnya: http://www.gomarketingstrategic.com/2018/03/cara-mendaftar-dan-submit-url-blog-ke.html
  • Link tersebut Anda taruh saja di kolom yang disediakan dan pilih "Send" dan selesai, jika Anda belum sempat submit url sebelumnya maka Anda bisa menambahkan beberapa URL langsung seperti diatas selamat mencobanya.
Catatan: Maksimal submit di Yandex Webmaster tool dalam sehari dibatasi 20 artikel/hari tidak bisa lebih.
Bagaimana sobat blogger menarik bukan?. Dengan menggunakan beberapa webmaster tool ini maka saya rasa akan lebih membatu untuk meningkatkan pengunjung blog Anda. Untuk itu cobalah alternatif-alternatif yang lain yang sekiranya mudah dan bisa digunakan untuk mendukung blog atau website Anda sehingga bisa di akses oleh masyarakat luas salah satunya dengan menggunakan Yandex Webmaster Tools ini.

Sekian pembahasan kali ini tentang Cara Mendaftar dan Submit URL Blog ke Yandex Webmaster Tools Panduan Lengkap. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Cara Mendaftar dan Submit URL Blog ke Yandex Webmaster Tools Panduan Lengkap"

  1. Wah.. tambah keren ya blognya gan, udah lama saya gak berkunjung di blog ini.. Tambah sukses terus ya gan, sebenarnya saya sangat suka dengan isi kontennya yang sangat bermanfaat..

    ReplyDelete
  2. Terimakasih sodara cahyo prasetyo atas pertisipasinya semoga artikelnya memberikan nilai tambah dan bermanfaat untuk sodara.

    ReplyDelete

Jika Bermanfaat Ayo Bagikan pengalaman Anda Juga di Sini. Terimakasih Salam Sukses :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

IBX5B3511E25E8EF