TOP-LEFT ADS

TRENDING POST

Pasang Iklan Murah di Zoteromedia.com

Transformasi Bisnis Tradisional Menuju e-Business

Bisnis Tradisional Menuju e-Business

Apa itu pengertian e-Business?

E-business dapat diterjemahkan sebagai kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dengan menggunakan sistem informasi komputer. Wikipedia. Dalam artian kegiatan bisnis yang dilakukan secara elektronik yang juga melibatkan seperti komputer dan internet. Karena memang saat ini dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat maka segala aktifitas-aktifitas tealh banyak yng menggunakan jaringan internet. Bagi perusahaan e-Business ini mencangkup tidak hanya kegiatan transaksi penjualan dan pembelian saja. Namun e-Business ini merupakan keseluruhan proses bisnis. E business adalah kegiatan bisnis yang memiliki fungsi utama bisnis dengan memanfaatkan sistem elektronik (e-marketing, e-finance, e-management, e-HRM, e-procurement, e-manufacturing, dll).

Transformasi Bisnis Tradisional Menuju e-Business

e-Business vs e-Commerce
  • e-Business di era Internet dimengerti sebagai pemanfaatan internet untuk operasi bisnis secara on-line.
  • e-Commerce adalah istilah yang pertama kali muncul dan banyak digunakan untuk pemberian gelar pada pascasarjana "Master of Commerce". 
Keduanya memiliki perbedaan yaitu jika e-Business memiliki cangkupan yang lebih luas dibandingkan e-Commerce dan hampir semua jenis e-commerce adalah bagian dari e-business. 

Fenomena Pergeseran Pasar

Fenomena Pergeseran Pasar
Saat ini kita berada di generasi menunduk semua kegiatan sehari-hari tidak lepas dari yang namanya gadget dan koneksi internet. Internet sendiri bahkan sudah menjadi kebutuhan pokok bagi kebanyakan orang, tak jarang yang rela tidak makan hanya untuk membeli kuota internet. Hal ini membuktikan bahwa di era saekarang internet memiliki peranan yang sangat berpengaruh bagi kehidpan manusia. 


Pada zaman dahulu ketika orang melakukan transaksi jual beli mereka menggunakan sitem barter yang kadang jika dilihat dari segi nilai memang terkadang tidak seimbang. Kumudian munculah yang namanya uang baik itu kertas dan koin sebagai pembayaran yang sah dan hingga saat ini kita pun masih menggunakannya. Hingga munculah uang dengan bentuk serba digital dan dengan cepat bisa digunakan untuk transaksi tanpa batas bahkan bisa mencangkup sampai seluruh dunia dengan bantuan internet.

Bisnis Secara Elektronik

Karena memang segala kegiatan bisnis dilakukan secara elektronik maka banyak manfaat yang didapatkan dari perusahaan yang telah menerapkan bisnisnya dengan menggunakan sistem e-Business ini. Berbisnis secara elektronik tidak perlu membutuhkan banyak tempat secara fisik. 

Contoh situs-situs e-Business 

Bidang Perbankan:
  • BCA
  • BII
  • Wells Fargo
Bidang Peralatan Listrik
  • General Electric
Bidang Kosmetik
  • AVON
Tentu saja selain itu masih banyak lagi perusahaan yang telah menerapakan e-Business sebagai alat untuk menunjang kegiatan bisnis mereka. 

Komponen–Komponen e-Business
  • Kartu kredit
  • Virtual shop
Perbedaan individual dengan perusahaan internet banking

Perbedaan individual dengan perusahaan internet banking

Perubahan-Perubahan Dalam Perusahaan Bisnis
  • Pemasaran dapat dilakukan secara luas dengan tingkat kompetisi yang lebih tinggi
  • Pertumbuhan dan perkembangan industri dan perusahaan sangat bergantung pada informasi dan pengetahuan
  • Produktifitas lebih ditekankan dari pada formalitas kehadiran di tempat kerja
  • Produk-produk dan layanan baru dapat dijumpai dalam komunitas e-Business, 
  • Struktur organisasi menjadi flat, terdistribusi dan pemberdayaan yang dilakukan dalam organisasi era internet tersebut akan meningkatkan fleksibilitas dan penekanan atau biaya; kerja tim lebih ditekankan untuk dapatmemberi respon atau melahirkan inovasi-inovasi baru

Karakteristik e-Market

E-market atau bisa juga disebut pemasaran internet merupakan segala upaya yang dilakukan produsen atau perusahaan untuk malakukan pemasaran produk atau jasanya melalui atau menggunakan media internet.

Pada dasarnya dalam kegiatan e-marketing ini memiliki karakteristik Susah ditebak…..tapi bisa dipelajari

e-Product

Pengertian e-Product adalah Produk yang bisa dikodekan secara digital kemudian ditransmisikan dengan cepat, akurat dan murah.

Produk yang sering disebut e-product:
  • Prduk berupa informasi
  • Produk eintertainment
  • Produk simbol
  • Produk jasa
  • Produk barang
  • Produk keuangan
Penentuan merek berpengaruh signifikan terhadap pemasaran produk.

Banyak orang yang menggunakan istilah "e-business" dan "e-commerce" secara bergantian. Bagaimanapun juga keduanya melibatkan proses bisnis yang dilakukan secara elektronik yang memang saat ini sangat mungkin dengan melibatkan Internet. Lainnya melihat e-commerce menjadi subset dari bisnis elektronik.

Sekian pembahasan kali ini tentang Transformasi Bisnis Tradisional Menuju e-Business. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Transformasi Bisnis Tradisional Menuju e-Business"

Post a Comment

Jika Bermanfaat Ayo Bagikan pengalaman Anda Juga di Sini. Terimakasih Salam Sukses :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

IBX5B3511E25E8EF