TOP-LEFT ADS

Apa Yang Perlu Dilakukan Setelah Membuat Blog Baru

Langkah Setelah Membuat Blog Baru

Halo sobat blogger dimanapun kalian berada berjumpa kembali bersama saya salam sukses untuk kita semua. Tak lupa terlebih dahulu saya akan menyapa blogger pemula yang baru memulai dan membuat blog mereka salam dahsyat sukses untuk kalian. Pembahasan kali ini saya akan memberikan tips dan langkah-langkah bagi kalian yang baru saja membuat blog pertama kali agar bisa menjadi blogger sukses. Untuk lebih jelasnya baiklah kita mulai saja pembahasannya.

Menjadi seorang Blogger memang sangat menyenangkan selain untuk hobi, mengisi waktu luang, akan memiliki pengetahuan dan wawasan luas, juga blog ini bisa menjadi bisnis yang luar bisa loh. Banyak blogger yang telah sukeses dengan penghasilan jutaan rupiah tiap bulannya. Tentu siapa saja bisa menjadi blogger sukses. Namun terkadang kita tidak tahu bahkan bingung apa saja sih yang perlu kita lakukan setelah membuat blog ini. Memang benar membuat blog itu sangat mudah bahkan gratis namun tak jarang banyak pemula yang belum tahu cara dan apa yang perlu dilakukan setelah membuat blog baru mereka. Biasanya mereka akan bertanya " Apa yang harus dilakukan setelah punya blog baru ini?". Jika Anda seorang blogger pemula memang wajar karena belum memiliki pengalaman di dunia blogging ini biasanya hanya tahu saja tapi belum sampai menyeluruh. Nah ketika bingung inilah tak jarang juga mereka malah justru berhenti dan meninggalkan apa yang telah mereka mulai yaitu blogging, karena memang tidak tahu apa saja yang harus mereka lakukan dan cenderung merasa tidak berguna dan sia-sia. Padahal jika sudah tahu saya yakin pasti akan kecanduan dengan dunia blogging ini.

Langkah Setelah Membuat Blog Baru

Sebenarnya inti dari membuat blog itu ya membuat artikel atau konten yang berkualitas dan mendatangkan pengunjung yang sebanyak-banyaknya semakin banyak itulah cerminan kesuksesan dari blog yang mereka miliki. Alhasil Anda akan sukses dan mendapatkan jutaan rupiah tiap bulannya. Bagi kalian yang ingin sukses di dunia blogging jangan ragu terus saja membuat blog kalian semakin populer. Nah jika kalian sangat antusias dengan blog dan ingin sukses maka kalian harus melakukan beberapa hal yang perlu dilakukan setelah membuat blog tersebut. Kenapa demikian karena tujuan kita adalah bagaimana mendatangkan pengunjung yang sebanyak-banyaknya sehingga akan membuat blog kita terkenal dan akhirnya sukses.

Artikel terkait: Banyak Tantangan Sebagai Blogger Masih Mau Mencobanya?

Bagaimana menarik bukan menjadi blogger sukses itu?. Tentu saja, Nah oleh karena itu yuk simak tips dan langkah yang perlu kalian lakukan setelah membuat blog baru, Berikut ulasannya:

1). Mendesain tampilan atau template blog Anda sesuai niche blog

Ketika seseorang melihat monitor atau layar smartphone atau desktop apa yang pertama mereka lihat? Tampilan, ya benar tampilan yang bagus pasti akan enak dilihat dan betah untuk lama-lama memandangnya. Begitu juga dengan blog atau website jika terlihat bersih, rapi, dan nyaman untuk dilihat maka para pembaca atau pemirsa pasti akan betah nimbrung di situs tersebut. Jika Anda baru membuat blog pasti akan disuguhi beberapa pilihan default bawaan dari blogger yang telah disediakan. Memang benar tamplate bawaan yang disediakan blogger itu simple dan ringan untuk digunakan karena pastinya sudah di uji oleh pihak Goolge. Namun bagi kebanyakan blogger yang profesional tentu tampilan itu masih terlalu sederhana untuk digunakan dan dirasa kurang menarik.

Maka dari itu yang perlu Anda lakukan adalah mencari tamplate yang sesuai dengan nice dan selera Anda mau di buat apa nantinya blog yang Anda miliki. Tamplate sendiri ada yang gratis dan juga premium yang berbayar, tentunya keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bagi kalian yang ingin memilih tamplate sebaiknya memiliki kriteria seperti:
  • Responsive
  • Clean & User Friendly
  • Fast loading
Dari ketiga-nya yang tentunya akan mengacu kepada template yang SEO friendly.

2). Memasang dan menambahkan widget blog

Widget ini akan memberikan kemudahan bagi pengunjung blog kalian dan tentunya akan memberikan daya tarik tersendiri. Widget adalah sebuah elemen yang bermanfaat dan easy to use baik yang disediakan oleh penyedia layanan blog gratis yang kita gunakan (wordpress/blogspot) ataupun yang berasal dari third party atau pihak ketiga.

Saya sarankan jangan terlalu berlebihan memasang widget karena selain bisa mengakibatkan blog jadi terkesan kumuh dan membebani loading halaman blog Anda. Karena jika blog kita yang proses loadingnya berat/lama akan sangat berpengaruh pada pengunjung. Misalnya jika pengunjung membuka situs kita nah karena proses membukanya sangat lama maka mereka akan menutup situs tersebut dan pindah ke situs yang lain. Untuk idealnya sih cukup pasang seperlunya saja sebagai contoh: artikel populer, arsip, label, related post, daftar isi, dll yang memang dilihat dari fungsinya saja yaitu mempermudah pengunjung untuk menelusuri blog atau website Anda.

3). Memasukkan blog ke mesin pencari (Google, Bing, Yahoo!, Ask, DuckDuckGo, AOL, dll)

Ketika kita sedang mencari data atau informasi di mesin pencari pasti akan tampil berbagai judul dan situs yang bermacam-macam. Nah disinilah fingsinya kita memasukan blog kita ke mesin pencari agar blog yang kita miliki dikenali oleh mesin pencari tersebut. Dalam hal ini tentu terlebih dahulu harus ter-index di mesin pencari agar pengunjung bisa menemukan blog kita. Karena jika tidak ter-index maka yang akan terjadi blog kita tidak akan ditemukan oleh banyak pengunjung dan akhirnya blog yang kita miliki tidak akan ada yang mengunjungi.

Untuk itu terlebih dahulu perlu mendaftarkannya ke webmaster tool agar bisa lebih cepat ter-index oleh mesin pencari. Sebenarnya ada banyak mesin pencari di dunia internet ada Google, Bing, Yahoo!, Ask, DuckDuckGo, AOL, Yandex dan masih banyak lagi. Mereka pun memililik webmaster tool nya sendiri-seindiri jadi gunakanlah sebaik mungkin. Untuk pemula sih menggunakan Google webmaster tool dan Bing Webmaster saya rasa sudah sangat baik.

4). Membuat artikel atau konten blog yang berkualitas

Apa yang paling utama dari blog itu? Artikel, ya benar artikel itu adalah hal yang paling penting untuk blog Anda jadi membuat artikel memang kegiatan yang harus dilakukan. Namun untuk membuat artikel ini harus berkualitas, bayangkan saja berapa ribu artkel segar setiap hari di terbitkan oleh blogger yang lain pasti akan sangat banyak dan yang berkualitas inilah yang akan bisa bertengger di halaman pertama mesin pencari Google. Maka dari itu usahakan membuat artikel yang berkualitas walaupun tidak banyak kita membuat artikel, namun jika kita membuat satu/dua artikel yang berkualitas setiap hari secara konsisten itu sudah sangat bagus untuk kelangsungan blog Anda. Yang terpenting adalah bisa tetep konsisten dalam membuat artikel blog.

Untuk membuat artikel yang baik itu harus unik, menarik, mudah dipahami, dicari banyak orang yang memberikan manfaat dan nilai tambah pada pengunjung blog Anda. Dengan membuat artikel yang berkualitas dan konsisten saya yakin blog Anda akan sukses nantinya.

5). Meningkatkan dan mengoptimalkan SEO Blog

SEO sendiri adalah upaya untuk memaksimalkan dan mengoptimalkan blog atau website kita supaya bisa menempati peringkat pertama mesin pencari Google. Bagi seorang blogger atau webmaster tentu tidak akan bisa lepas dari yang namanya SEO (Search Engine Optimization). Karena memang dengan cara dan teknik inilah Blog mereka bisa mendapatkan peringkat di mesin pencari. Untuk itu mempelajari tentang ilmu, teknik, cara, strategi SEO (Search Engine Optimization) ini sangat penting untuk menjadi blogger yang sukses.

Tujuan utama dari menggunakan SEO pada blog atau artikel tidak lain adalah untuk mendapatkan peringkat pertama Goolge karena memang jika blog kita berada di halaman pertama maka otomatis pengunjung akan banyak yang datang berduyun-duyun datang ke blog Anda dan membuat blog semakin populer.

6). Mempromosikan Blog dan Artikel Blog

Dikalangan para marketer tentu promosi ini tidaklah asing, dengan adanya promosi inilah yang nantinya akan menarik konsumen atau pelanggan mau membeli produk atau jasa yang ditawarkan produsen atau perusahaan. Begitu juga dengan blog perlu untuk di promosikan untuk menarik para pengunjung. Dalam mempromosikan blog kita bisa melalui cara yang konvensional maupun dengan cara online. Sebagai contoh promosi dengan media konvensional: brosur, stiker, souvenir, sablon dikaos dan masih banyak lagi yang bisa Anda kreasikan. Atau bisa juga di promosikan ke keluarga, temen dekat, rekan kerja, tetangga dan lain sebagainya. Nah jika menggunakan media online tentu sangat banyak yang bisa kita gunakan seperti: Media sosial (Facebook, Twitter, Google + , dll) atau juga bisa promosikan ke Sosial Bookmark (lintas.me) dan masih banyak lagi yang bisa di manfaatkan untuk promosi blog.

Teknik dalam promosi Anda haruslah berbeda dan unik dari yang lain. Hal ini bertujuan agar promosi yang Anda lakukan dapat membuahkan hasil yang maksimal, dan tujuan dari promosi tersebutpun dapat dengan cepat anda rasakan. Tapi perlu diperhatikan jangan sampai asal-asalan.

Baca juga: Ingin Menjadi Blogger Sukses Ikuti 6 Langkah Berikut

7). Melakukan Blogwalking ke situs orang lain

Apa itu Blogwalking?

Backlink adalah salah satu cara yang sering dilakukan oleh blogger untuk meningkatkan trafik atau pengunjung blog mereka dan meningkatkan nilai SEO dari blog terkait. Tujuan dari Blogwalking ini adalah untuk membangun backlink yaitu tautan balik atau link yang menghubungan blog anda dengan blog/ halaman lainnya. Nah untuk membangun backlink ini sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan salah satunya dengan blogwalking tersebut. Blogwalking ini jika diartikan sama halnya dengan jalan-jalan atau berkunjung ke blog/situs orang lain dan meninggalkan jejak (komentar, tautan, link dll). Hal ini juga akan membantu mengenalkan blog yang Anda miliki ke orang lain.

Kenapa harus berkomentar di blog/situs orang lain? coba perhatikan ketika Anda berkunjung ke situs/website orang lain disitu ada bagian yang juga menarik perhatian yaitu pada komentar pengunjung lain maka dari itu ini bisa Anda manfaatakan juga untuk mempromosikan dan membangun backlink dengan meninggalkan komentar dan link tadi. Dengan begitu jika ada yang tertarik dengan komentar Anda dan klik link yang Anda berikan maka ini akan meningkatkan pengunjung blog juga.
Pertu di ingat bahwa berkomentar harus sesuai dengan isi artikel tersebut jangan sampai berkomentar diluar topik dan jangan spaming ini akan sangat merugikan dan memberikan negative pada blog Anda. Kemudian jika ingin membangun backlink perhatikan peringkat blog/situs yang akan Anda buat backlink usahakan memiliki peringkat yang baik.
Biasanya untuk situs yang berperingkat akan susah untuk Anda meninggalkan link aktif karena admin akan menghapusnya setiap ada yang meninggalkan link aktif.

8). Mendaftar ke Google AdSense

Yang terakhir adalah mendaftarkan ke Google AdSense. Setelah Anda membangun blog dengan baik dan pengunjung yang sudah cukup banyak saatnya Anda mendaftarkan ke Google AdSense agar Anda bisa mendapatkan penghasilan dari periklanan dan menjadi mitra publisher Google dan mulailah untuk menghasilkan pundi-pundi uang darinya. Namun untuk menjadi mitra Google AdSense ini memang gampang-gampang susah tergantung Anda menyikapinya.

Banyak yang berhenti menjadi blogger karena sering di tolak menjadi publisher. Namun jika Anda konsisten untuk terus membangun blog Anda saya yakin blog Anda akan sukses kedepannya.

Sekian pembahasan kali ini tentang Apa Yang Perlu Dilakukan Setelah Membuat Blog Baru. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda khususnya bagi blogger pemula yang masih bingung mengawali blog baru yang telah dibuat. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa Yang Perlu Dilakukan Setelah Membuat Blog Baru"

Post a Comment

Jika Bermanfaat Ayo Bagikan pengalaman Anda Juga di Sini. Terimakasih Salam Sukses :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

IBX5B3511E25E8EF