TOP-LEFT ADS

TRENDING POST

Pasang Iklan Murah di Zoteromedia.com

Cara Sukses Memasarkan Bisnis Menggunakan Blog

Memasarkan Bisnis Menggunakan Blog

Dengan kemajuan teknologi dan informasi saat ini dan dengan dukungan internet memungkinkan berbagai hal bisa dilakukan dengan mudah salah satunya yaitu dalam hal kegiatan bisnis. Saat ini telah banyak bisnis yang juga menggunakan media sosial, termasuk blog, untuk mempromosikan aktivitas bisnis yang mereka miliki, berbagi berita dengan pelanggan, menjangkau pemirsa atau konsumen baru, menciptakan penjualan, dan memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan dan konsumen dengan cepat dan mudah.

Memasarkan Bisnis Menggunakan Blog

Media sosial sendiri adalah layanan yang memungkinkan orang berinteraksi dan berbagi, serta membuat konten melalui komunitas online dengan jangkauan yang luas.

Blog adalah situs internet yang terdiri dari serangkaian entri atau 'posting' tentang topik yang menarik bagi penulis.

Nilai blog sebagai alat pemasaran dan promosi untuk bisnis adalah kecepatan dan kemudahan pembuatan pos blog baru, dan kemampuan untuk terlibat dengan pembaca atau pelanggan dan memulai percakapan online.

Seperti halnya aktivitas bisnis apa pun, mengelola blog memerlukan perencanaan, sumber daya, dan pemantauan secara berkala.

Dari panduan ini memberikan informasi dasar tentang cara kerja blog, manfaat potensial dari blog bisnis, ide untuk blogging yang lebih baik, dan detail tentang bagaimana mengelola percakapan online.

Artikel terkait: Cara Memaksimalkan Bisnis UKM Anda Menggunakan Blog

Manfaat blogging untuk bisnis

Ada berbagai macam manfaat untuk bisnis yang menggunakan blog untuk promosi dan pemasaran. Blog adalah alat tambahan yang tidak hanya mampu menjangkau pelanggan baru, tetapi juga dapat membangun komunitas dinamis yang bertukar informasi, solusi, ulasan, dan pendapat tentang bisnis dan produk, layanan, dan reputasinya.

1). Menjangkau pelanggan baru

Menggunakan blog sebagai elemen kunci dari pemasaran online dan inisiatif promosi memberi Anda kesempatan untuk menjangkau pelanggan baru, dan untuk menyajikan wajah bisnis baru kepada pelanggan Anda yang ada.

Sifat media sosial yang saling berhubungan, di mana satu pelanggan dapat berbagi pengalaman dengan jaringan mereka sendiri, memberikan peluang untuk menjangkau lebih banyak orang. Juga, sifat dinamis dari sebuah blog, yang selalu update, segar dan diperbarui, membantu mencapai peringkat hasil pencarian internet yang lebih tinggi, yang pada gilirannya menarik pelanggan baru.

2). Mengembangkan merek atau 'kepribadian'

Sifat pribadi dari blogging, dan kemampuan untuk menghasilkan percakapan dan interaksi online, memungkinkan bisnis untuk mengembangkan dan memproyeksikan kepribadian, atau sifat-sifat tertentu, seperti menjadi inovatif, atau berfokus pada layanan pelanggan.

Karakteristik seperti itu, bagaimanapun, perlu didefinisikan dan dikelola melalui perencanaan yang jelas untuk memastikan konsistensi dari waktu ke waktu.

3). Mengumpulkan umpan balik, ulasan, dan testimonial

Blog dan komentar pembaca adalah sumber informasi utama untuk bisnis Anda dan untuk pembaca dan pelanggan lainnya.

Komentar pembaca, dan terutama komentar pelanggan, memberikan umpan balik terperinci dan segera mengenai aktivitas bisnis, produk, dan layanan Anda.

Umpan balik positif memberikan kepercayaan kepada pelanggan potensial lainnya, sementara umpan balik negatif memberi Anda kesempatan untuk menanggapi masalah, mempertahankan produk / layanan Anda atau meningkatkan proses bisnis Anda.

4). Menanggapi dan mengelola keluhan

Bersiaplah untuk keluhan dan komentar negatif, dan jangan bereaksi negatif terhadap umpan balik yang tulus. Cara Anda menanggapi kritik, terutama dalam percakapan yang diprakarsai oleh blog Anda, akan memiliki dampak yang signifikan terhadap cara Anda dirasakan oleh pengikut dan komunitas online Anda.

Keluhan dan umpan balik negatif dapat menghadirkan peluang berharga untuk meningkatkan layanan dan produk dengan cara yang memenangkan pendukung baru dan loyalitas pelanggan.

Kiat untuk blog bisnis

Sebelum Anda mulai menulis blog, pertimbangkan realitas serius bahwa sebagian besar blog ditinggalkan karena kurangnya minat dari pembaca atau dari blogger itu sendiri.

Pertimbangkan apakah blog adalah alat yang berguna untuk bisnis Anda, apakah Anda memiliki sumber daya untuk memposting secara rutin dan apakah Anda dapat menarik pengikut. Jika Anda masih ingin melanjutkan, ada sejumlah langkah dasar yang harus Anda ambil untuk mendapatkan hasil maksimal dari blog bisnis Anda.

1). Kembangkan rencana aksi

Mengembangkan rencana aksi sederhana adalah langkah penting untuk memastikan bahwa posting blog Anda terfokus, tepat waktu, dan relevan dengan tujuan bisnis yang lebih luas, seperti rilis produk baru atau pengembangan layanan baru.

Rencana aksi blog juga memungkinkan Anda untuk menentukan topik yang sesuai sebelum waktunya, dan mengalokasikan waktu atau sumber daya untuk mengembangkan materi (yang dapat mencakup grafik, video atau audio serta teks).

2). Integrasikan blog dengan pemasaran lainnya

Blog bisnis berfungsi paling baik ketika digunakan bersama dengan alat pemasaran lainnya, termasuk media sosial lainnya. Pelajari tentang strategi media sosial lainnya termasuk Facebook, Twitter, YouTube, pemasaran berbasis lokasi, dan pemasaran kupon.

3). Perbarui konten Anda

Menjaga pembaca Anda tetap tertarik dan antusias adalah hal yang perlu diperhatikan, maka dari itu blog harus selalu update konten secara teratur. Dengan demikian maka pembaca Anda tertarik bergantung pada posting baru yang Anda miliki tentu saja dengan konten yang menarik dan relevan. Pengguna media sosial telah mengatakan kepada peneliti bahwa mereka ingin diskon, hadiah, undangan untuk acara dan informasi produk dari bisnis.

Pada saat yang sama, berhati-hatilah untuk tidak menulis posting blog yang tidak lebih dari mempromosikan produk dan layanan bisnis Anda - blog yang paling efektif memberi informasi dan menghibur.

Selain itu, pantau berita dan perkembangan industri Anda yang lebih luas, dan pertimbangkan wawancara dengan pakar industri sebagai 'titik awal' untuk entri blog yang menunjukkan bagaimana bisnis Anda tetap up to date.

4). Promosikan blog Anda

Setelah menyelesaikan dan mengunggah posting blog baru, promosikan menggunakan media sosial lainnya. Sertakan tautan di spanduk 'berita' Anda di situs web Anda. Kirim email ke basis pelanggan Anda. Bagikan di Twitter, Tumblr, LinkedIn, dan Facebook.

5). Tarik pelanggan

Blog secara otomatis memungkinkan pembaca untuk berlangganan melalui RSS (umpan yang memberi tahu mereka ketika ada sesuatu yang telah diperbarui di blog). Pembaca juga dapat memilih untuk menerima pemberitahuan melalui email setiap kali Anda memperbarui blog dengan posting baru.

6). Tetapkan tanggung jawab

Pastikan seseorang dalam bisnis Anda bertanggung jawab untuk menjaga blog Anda dan memoderasi komentar apa pun.

Dalam bisnis kecil, ini mungkin pemilik bisnis. Dalam bisnis yang lebih besar, ini bisa menjadi manajer komunikasi atau seluruh departemen pemasaran.

Dalam semua kasus, Anda perlu memberikan pelatihan, sumber daya, dan bentuk dukungan lainnya untuk memastikan blog bisnis Anda mencapai hasil yang diinginkan.

7). Mengelola komentar dan umpan balik blog

Meskipun blog bisnis memberikan banyak manfaat dan peluang untuk bisnis, ada juga batasan dan risiko.

Fitur utama dari blogging yang sukses adalah kemampuan untuk menghasilkan percakapan online di mana pembaca dan pelanggan dapat meninggalkan komentar di posting Anda, dan untuk menanggapi komentar lain.

Meskipun umpan balik yang tulus mungkin tidak selalu positif, ada juga kemungkinan perilaku yang tidak pantas, yang dapat meliputi:
  • serangan pribadi terhadap komentator lain (kadang-kadang dikenal sebagai flaming)
  • komentar otomatis atau bertarget yang tidak asli dan berusaha mempromosikan situs web atau layanan yang tidak terkait, curang, atau jahat (dikenal sebagai spam)
  • komentator yang dengan sengaja mencari untuk menciptakan kontroversi atau membajak percakapan dengan membuat pernyataan antagonis (sering disebut troll)
  • komentar atau ancaman rasis, seksis, kekerasan.
Perilaku semacam itu dapat menciptakan reaksi negatif di antara pembaca asli dan pelanggan potensial dan membutuhkan tindakan cepat untuk melindungi profil dan reputasi bisnis Anda.

8). Menetapkan kebijakan untuk perilaku yang dapat diterima

Mengelola percakapan online, komentar, dan interaksi dimulai dengan menetapkan kebijakan yang jelas untuk memoderasi konten, termasuk definisi yang jelas tentang perilaku yang dapat diterima dan apa yang tidak dapat diterima.

Tautan ke kebijakan dan definisi ini harus disorot di halaman blog dan / atau bagian komentar, dan bentuk dasar tindakan untuk mengelola perilaku online yang tidak pantas.

9). Menggunakan moderator

Moderator adalah orang yang memonitor dan mengelola pertukaran online, dan merupakan tanggapan pertama jika perilaku yang tidak pantas terjadi dalam percakapan online.

Dalam bisnis kecil, moderator sering menjadi penulis blog, tetapi bisnis yang lebih besar mungkin memiliki orang-orang tertentu yang bertanggung jawab untuk tugas ini.

10). Mengelola komentar

Anda hanya boleh menggunakan hak Anda untuk memoderasi komentar dalam kasus perilaku yang jelas tidak pantas, seperti yang didefinisikan oleh kebijakan moderasi Anda, atau perilaku yang melanggar hukum. Ketika Anda menerima umpan balik atau komentar yang tulus tentang bisnis Anda atau posting blog Anda, Anda harus merespons dengan tepat - misalnya, dengan meminta maaf atas suatu masalah dan memberi tahu bagaimana Anda akan mencegahnya terjadi lagi.

Program blog menawarkan berbagai cara untuk mengelola komentar, dengan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.
  • Meninjau dan menyetujui setiap komentar. Situs blog dapat memberi tahu Anda tentang setiap komentar baru dan mengharuskan Anda untuk menyetujui publikasi. Ini efektif tetapi bisa memakan waktu jika Anda menerima banyak komentar.
  • Meminta orang untuk mendaftar. Hal ini memungkinkan orang-orang asli berkomentar, dan membantu menghilangkan spam, tetapi dapat menghalangi komentar spontan.
  • Gunakan alat 'CAPTCHA', yang mengharuskan orang mengetikkan kata kode untuk mengakses halaman komentar. Hal ini memungkinkan orang asli berkomentar, dan membantu menghilangkan spam.
Baca juga: Keterampilan yang Diperlukan Agar Pemasaran Sukses
Memulai dengan blog bisnis

Jika Anda telah memutuskan bahwa blog adalah bagian penting dari kegiatan pemasaran dan promosi bisnis Anda, ada banyak pilihan untuk dipilih.

Bisnis yang lebih besar mungkin lebih suka mengembangkan halaman blog dalam struktur situs web yang ada, yang akan memperluas kemampuan teknologi informasi internal yang ada.

Bisnis yang lebih kecil, atau bisnis yang lebih memilih untuk 'menguji air', mungkin menemukan berbagai platform blog yang tersedia lebih tepat.
Platform blog

Keuntungan besar dari blogging adalah pengembangan platform blog yang memungkinkan blogger untuk menyesuaikan tampilan blog mereka dengan cepat tanpa harus tahu tentang pemrograman situs web.

Platform blog ini menggunakan templat yang dapat memungkinkan blogger untuk memulai dengan cepat dan berkonsentrasi pada konten, daripada mengelola aspek teknis pengembangan situs web. Mereka ideal untuk usaha kecil.

Contoh platform blog populer termasuk:
  • WordPress - platform blog open source dengan opsi gratis dan bayar-untuk-layanan yang dapat dihosting oleh WordPress atau di server Anda sendiri
  • Blogger - platform gratis yang dimiliki oleh Google
  • Tumblr - platform microblogging multi-media.
Tanyakan kepada penyedia layanan internet Anda atau pengembang web tentang alat yang dapat memenuhi kebutuhan Anda.

Sekian pembahasan kali ini tentang Sukses Memasarkan Bisnis Menggunakan Blog. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Cara Sukses Memasarkan Bisnis Menggunakan Blog"

Jika Bermanfaat Ayo Bagikan pengalaman Anda Juga di Sini. Terimakasih Salam Sukses :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

IBX5B3511E25E8EF