TOP-LEFT ADS

6 Poin Penting yang Harus Diketahui Sebelum Mengambil Polis Asuransi Jiwa

Perhatikan Poin Penting ini Saat Mengambil Polis Asuransi Jiwa

Banyak orang yang menganggap bahwa isi polis asuransi jiwa rumit dan sulit dipahami sehingga mereka tidak membaca dengan benar ketika mengambilnya. Padahal dalam polis asuransi terdapat beberapa hal penting terkait layanan yang diberikan oleh perusahaan asuransi.

Ketika Anda membeli asuransi jiwa, sebenarnya seperti membeli uang pertanggungan yang akan digunakan sebagai pengganti pemasukan. Kebutuhan uang pertanggungan dapat Anda perhitungkan sebelumnya agar pembayaran premi tidak terlalu mahal.

Polis Asuransi Jiwa

Menurut anggapan sebagian orang, asuransi jiwa dapat diharapkan menjadi warisan bagi keluarga atau ahli waris. Namun Anda perlu memperhatikan beberapa kondisi yang dapat diterima oleh perusahaan asuransi untuk pembayaran klaim dalam polis.

Artikel terkait: Kenali 7 Jenis Asuransi Utama untuk Perlindungan Diri dan Aset Anda

Pemahaman terhadap polis asuransi sangat penting, masalah dapat timbul karena adanya salah paham terhadap polis asuransi yang dipilih. Bisa jadi Anda akan mengalami kerugian dalam penggunaan produk asuransi. Hal ini sebenarnya bisa dihindari jika Anda betul-betul memahami isi polis. Setidaknya 6 poin penting ini harus Anda ketahui sebelum mengambil polis asuransi jiwa.

1. Memahami Isi Polis Asuransi

Perusahaan asuransi sebenarnya memberikan waktu bagi Anda mempelajari isi polis hingga paham. Agar Anda dapat memahami detail polis asuransi perusahaan memberikan waktu sekitar 14 hari. Selanjutnya, jika Anda merasa keberatan dengan isinya, pembatalan pembelian polis asuransi dapat dilakukan.

Sebaiknya, Anda tidak terburu-buru mengambil polis tanpa membaca dan memahami isinya. Hal tersebut bisa berakibat kerugian bagi diri Anda sendiri. Gunakan kesempatan yang diberikan untuk mempelajari isi polis dengan baik agar Anda bisa memperoleh manfaat maksimal.

2. Pengisian Data pada Polis Asuransi

Polis merupakan dokumen resmi yang sangat penting dalam layanan asuransi yang Anda pilih. Pastikan data awal diisi dengan benar dan teliti. Pasalnya, data tersebut akan digunakan untuk berbagai urusan di kemudian hari. Kegunaan nomor polis asuransi sangat penting untuk pengajuan klaim kepada perusahaan.

Data-data tersebut meliputi nama tertanggung, jumlah premi yang harus dibayarkan, nama penerima manfaat atau ahli waris, dan jumlah uang pertanggungan yang akan diterima.

Kesalahan dalam mengisi data awal, akan menyulitkan Anda mengurus berbagai hal terkait asuransi nantinya. Oleh karena itu isi dengan benar dan teliti. Pastikan data yang diisi sudah lengkap dan benar. Setelah itu, lakukan pemeriksaan ulang setelah pengisian data yang diperlukan.

3. Memastikan Manfaat Perlindungan Asuransi

Pastikan manfaat dalam asuransi yang Anda beli sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Cermati beberapa hal berikut terkait manfaat asuransi tersebut:
  • Jumlah pertanggungan yang akan diperoleh ahli waris jika tertanggung mengalami hal yang tak terduga.
  • Jangka waktu pertanggungan yang akan diberikan oleh asuransi kepada tertanggung.
  • Fasilitas tambahan dan manfaat yang akan diperoleh dari layanan tambahan tersebut.
  • Prosedur mengajukan klaim.
4. Premi dan Ketentuan yang Terkait

Perusahaan asuransi menetapkan sejumlah aturan terkait premi. Untuk memahaminya, perhatikan beberapa poin penting seperti berikut:
  • Jumlah premi yang harus dibayar, cara pembayaran, dan jangka waktu pembayaran.
  • Ketentuan terkait keterlambatan pembayaran.
  • Pemulihan polis yang sudah tidak aktif karena tunggakan pembayaran premi.
5. Ketentuan Pengecualian

Ketentuan pengecualian meliputi poin-poin yang dapat menimbulkan penolakan klaim dari perusahaan asuransi bagi pemegang polis asuransi jiwa, antara lain:
  • Meninggal dunia karena bunuh diri yang terjadi dalam waktu 2 tahun setelah polis diterbitkan.
  • Tertanggung meninggal dunia saat menjalankan aksi kejahatan.
  • Tertanggung dieksekusi mati oleh pengadilan.
  • Meninggal karena pembunuhan atau tindak kejahatan oleh pihak yang berkepentingan dalam pertanggungan tersebut.
Baca juga:  Peluang Mencetak Keuntungan dari Menekuni Bisnis Asuransi

6. Ketentuan Pemotongan Biaya

Biaya yang diterapkan dalam layanan asuransi harus dipahami sejak awal. Sebab manfaat yang akan Anda dapatkan dipengaruhi oleh pemotongan biaya.

Beberapa biaya yang mungkin akan dikenakan di antaranya:
  • Biaya pemeliharaan
  • Biaya pertanggungan dasar
  • Biaya perubahan alokasi dana investasi atau switching
  • Biaya administrasi bulanan
  • Biaya pengelolaan dana per tahun
Ada aturan yang berlaku antara Anda sebagai tertanggung dengan perusahaan asuransi. Sehingga Anda mesti menjadi konsumen yang cerdas, dengan memperhatikan dan memahami aturan yang tertulis dalam polis asuransi jiwa. Sebab hal itu akan berpengaruh pada manfaat yang akan Anda dapatkan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6 Poin Penting yang Harus Diketahui Sebelum Mengambil Polis Asuransi Jiwa"

Post a Comment

Jika Bermanfaat Ayo Bagikan pengalaman Anda Juga di Sini. Terimakasih Salam Sukses :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

IBX5B3511E25E8EF