TOP-LEFT ADS

Apa itu Asuransi Mobil BCA? Simak Ulasan Berikut!

Apa itu Asuransi Mobil BCA?

Setelah kebutuhan sandang, pangan dan papan terpenuhi, ada keinginan lain yang biasanya menuntut untuk dipenuhi, yakni kendaraan.  Bagi yang keadaan ekonominya sudah terbilang mapan, mobil menjadi kendaraan yang wajib dimiliki.  Serupa dengan kesehatan yang patut dijaga salah satunya dengan asuransi, mobil juga demikian. Salah satu asuransi mobil yang ada di Indonesia adalah asuransi mobil BCA. Ingin tahu lebih jauh? Berikut ulasannya.

Asuransi Mobil BCA

Namun sebelum itu, kami akan mengulas asuransi mobil secara umum terlebih dahulu. Asuransi mobil merupakan upaya pengalihan resiko kepada perusahaan yang bersedia untuk menanggung resiko tersebut. Dalam pengalihan resiko tersebut terdapat perjanjian yang memuat berbagai ketentuan yang harus disetujui semua pihak yang terlibat. Perjanjian tersebut juga harus memenuhi persyaratan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dalam asuransi mobil ini terdapat istilah tertanggung dan penanggung. Tertanggung merupakan individu yang yang membayar sejumlah dana (premi) kepada penanggung. Sedangkan penanggung merupakan badan, lembaga, atau perusahaan asuransi yang tentunya bertugas untuk menanggung resiko.

Artikel terkait:  Apa Saja Keuntungan Asuransi Kesehatan BCA?

Resiko yang ditanggung pun beragam. Berbagai kerusakan dari yang ringan seperti lecet atau tergores, hingga yang berat seperti "ringsek" ditanggung oleh perusahaan. Selain itu, asuransi mobil juga dapat menanggung resiko kehilangan mobil, baik disebabkan penipuan maupun pencurian. Semua ini diatur dalam polis pada surat perjanjian.

Untuk setiap jenis asuransi, tentu ada premi yang harus dibayarkan. Dalam menentukan besaran premi, berikut beberapa hal yang menjadi pertimbangannya.

1). Jenis jaminan yang dipilih

Semakin banyak resiko yang Anda minta untuk ditanggung perusahaan asuransi, tentu semakin banyak juga premi yang harus Anda bayarkan.

2). Jenis kendaraan

Berkebalikan dengan jenis premi, jenis kendaraan dengan harga yang semakin mahal akan membuat nilai premi yang dibayar semakin rendah. Biasanya, harga kendaraan yang semakin mahal seiring dengan semakin baik tingkat pengamanannya, sehingga tingkat resiko semakin rendah.

3). Usia pengemudi

Jika Anda pengendara yang berusia kurang dari 30 tahun atau lebih dari 60 tahun, maka Anda kemungkinan dikenai premi lebih tinggi. Sebab data statistik menunjukkan bahwa kecelakaan paling sering terjadi pada rentang usia tersebut.

4). Lokasi
Jika Anda tinggal di lokasi yang rawan terhadap tindak kriminal, seperti pencurian, harga premi asuransi yang dikenakan juga tinggi. Biasanya, pihak perusahaan asuransi juga melakukan survei di rumah Anda, adakah garansinya atau tidak.

5). Rekam jejak kredit

Jika Anda tidak pernah memiliki permasalahan terkait rekam jejak kredit kendaraan, Anda berpeluang untuk mendapat keringanan premi.

6). Rata-rata jarak tempuh

Jika jarak tempuh kendaraan sudah jauh, premi yang dikenakan bisa cukup tinggi karena dianggap resiko yang membahayakan keselamatan juga tinggi. Namun pada kendaraan baru, faktor ini tidak berlaku.

7). Riwayat mengemudi

Bagi Anda dengan riwayat mengemudi yang baik, maka Anda berpeluang untuk mendapat besaran premi yang ringan.

Asuransi mobil BCA sudah memiliki cukup banyak nasabah di Indonesia. Jika Anda ingin menggunakan asuransi ini, Anda harus mengetahui dulu jenis asuransi mobil yang disediakan.

Baca juga: Inilah yang Perlu Anda Ketahui Tentang Asuransi Mobil Sinarmas

Berikut jenis asuransi mobil BCA yang dapat Anda pilih.

1). Total Lost Only (TLO)

Total Lost Only (TLO) memiliki arti jika hanya kehilangan seluruhnya. Prosedur klaim asuransi hanya bisa dilakukan ketika  sudah terjadi ‘kehilangan total’. Kehilangan total yang dimaksud adalah kerusakan yang dialami mencapai lebih dari 75%. Selain itu, klaim asuransi juga bisa dilakukan jika mobil hilang karena dicuri maupun dirampok dan sejenisnya.

Apabila kerusakan mobil Anda tidak mencapai 75%, maka tidak ada ganti rugi yang bisa Anda dapatkan. Kerusakan mobil yang mencapai 75% membuat mobil tidak bisa digunakan lagi. Karena hanya menanggung resiko kerusakan atau kehilangan mobil, maka premi asuransi mobil jenis ini terbilang paling murah.

Asuransi mobil BCA ini biasanya disarankan saat Anda membeli mobil baru dengan kredit. Preminya langsung dibayarkan dengan pembayaran DP mobil yang Anda beli. Jika masa pelunasan semakin cepat, maka harga preminya pun bisa semakin rendah.

2) All Risk/Comprehensive

Jika Anda sudah merasa puas dengan layanan asuransi TLO, Anda bisa beralih pada jenis asuransi mobil All Risk. Bedanya dengan asuransi TLO, asuransi mobil BCA All Risk memberikan penawaran kepada nasabah berupa perluasan jaminan perlindungan yang meliputi:
  • Tanggung jawab hukum bila ada pihak ketiga yang menyebabkan kerugian bagi mobil Anda
  • Perlindungan terhadap sabotase, bahkan terorisme
  • Penanggungan resiko kerusakan mobil karena bencana alam
Jadi dari kedua jenis asuransi mobil BCA tersebut, mana yang hendak Anda pilih? Jangan lupa mempertimbangkan faktor-faktor yang diperhitungkan bagi besaran premi dengan kemampuan finansial Anda ya.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau masukkan terkait Asuransi Mobil BCA lainnya, jangan ragu untuk meninggalkan komentar melalui form yang tersedia. Dapatkan juga artikel terbaru kami langsung di inbox email Anda dengan cara Subscribe pada form yang sudah disediakan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa itu Asuransi Mobil BCA? Simak Ulasan Berikut!"

Post a Comment

Jika Bermanfaat Ayo Bagikan pengalaman Anda Juga di Sini. Terimakasih Salam Sukses :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

IBX5B3511E25E8EF