TOP-LEFT ADS

Catat! Ini 5 Penyedia Asuransi Kredit Terbaik di Indonesia

Inilah Asuransi Kredit Terbaik di Indonesia

Berbeda dengan asuransi jiwa yang menjaminkan diri dan harta benda, asuransi kredit merupakan perlindungan atau penjaminan dari pihak asuransi kepada pihak bank ataupun lembaga pembiayaan/pemberi kredit atas risiko gagalnya debitur untuk melunasi pinjamannya.

Asuransi Kredit Terbaik

Berikut ini kami akan ulas di sini 5 perusahaan terbaik yang ada di Indonesia.

Asuransi kredit sendiri secara pengertian merupakan gabungan dua kata; asuransi dan kredit. Kredit adalah pinjaman uang/hutang dari pemberi kepada nasabah. Jadi asuransi kredit secara gampangnya dikatakan sebagai jaminan dari pihak asuransi kepada pemberi hutang/kredit atas risiko yang mungkin timbul.

Artikel terkait: Tips Memilih Asuransi Kendaraan Bermotor Terbaik

Siapa saja pengguna asuransi jenis ini? Karena sifatnya yang menjaga pihak kreditur dari risiko kerugian kredit yang macet atau debitur yang tidak bisa melunasi, maka pengguna asuransi jenis ini/tertanggung adalah bank umum ataupun lembaga pembiayaan keuangan. Mereka ini mengajukan permintaan asuransi kepada pihak penyedia layanan penjaminan kredit.

Daftar Penyedia Asuransi Kredit Terbaik

Perusahaan asuransi masih jarang yang menyediakan layanan asuransi kredit ini. Selain mekanismenya lebih rumit, juga mungkin dianggap besar risikonya. Namun berikut penyedia asuransi untuk kredit terbaik di Indonesia.

1. Sinarmas

Perusahaan yang berkantor pusat di Plaza Simas, Jl. KH Fachrudin No. 18 Tanah Abang, Jakarta ini merupakan salah satu dari sekian perusahaan Sinarmas Group. Asuransi Sinarmas menyediakan penjaminan untuk kredit Usaha Mikro, kredit usaha kecil, dan kredit usaha menengah. Juga melayanai untuk kredit massal, sektor pertanian dengan 100 debitur lebih, dan bidang non pertanian dengan debitur lebih dari 50 orang.

Nilai yang ditanggung oleh asuransi Sinarmas adalah mulai dari nominal Rp50 juta untuk usaha mikro hingga Rp1 M untuk bidang non pertanian. Di Sinarmas, proses pengajuan klaim oleh pihak tertanggung bisa dilakukan setelah 3 bulan sejak tanggal jatuh tempo kredit. Selain itu 3 bulan sebelum jatuh tempo, debitur telah dilaporkan menunggak kredit.

2. Askrindo

Askrindo (Asuransi Kredit Indonesia) merupakan perusahaan asuransi yang didirikan pemerintah dan menjadi BUMN. Perusahaan ini berdiri pada 22 Agustus 1994. Sebagai BUMN, dana yang dijalankan perusahaan ini tentu lebih stabil.

Seperti halnya Sinarmas, Askrindo menyediakan layanan ini untuk perbankan dan non perbankan yang menjalankan kredit kepada UMKM. Yang dilayani adalah asuransi untuk kredit menengah dan kredit kecil. Yang bisa menggunakan layanan ini menurut pihak Askrindo adalah Bank Pemerintah maupun Swasta, Bank Pembangunan Daerah, dan Bank Syariah maupun lembaga keuangan non bank.

Dengan layanannya, Askrindo berharap agar UMKM bisa lebih banyak memiliki akses ke sumber pembiayaan. Hal ini karena pihak pemberi kredit akan merasa lebih aman dengan adanya pihak penanggung.

3. ACA (Asuransi Central Asia)

PT Asuransi Central Asia merupakan salah satu perusahaan asuransi yang terbesar. Perusahaan ini baru mendalami lini asuransi untuk kredit beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2017, ACA menggandung mitra Bank Banten untuk memperkuat pelayanannya. Hanya saja hingga tulisan ini dibuat, belum ada informasi tertulis di website ACA terkait asuransi ini.

Menurut Kontan.co.id (18/9/2017) Direktur Utama ACA Teddy Hailamsah mengungkapkan bahwa 5 tahun terakhir ACA intens mengembangkan bisnis ke asuransi kredit. Menurutnya prospek ini akan cerah ke depannya.

4. Asei

Penyedia asuransi terbaik selanjutnya adalah dari ASEI (Asuransi Ekspor Indonesia). PT Reasuransi Indonesia (persero) atau PT Re, dulunya bernama PT Asuransi Ekspor Indonesia dan berdiri sejak 1985. Dengan usia yang lumayan matang ini, tentu penjaminan yang disediakan juga sangat bisa dipercaya.

Asuransi yang disediakan oleh Asei adalah asuransi kredit perdagangan. Dengan asuransi ini, maka Asei menjamin ganti rugi kepada penjual apabila ada kerugian akibat pelunasan pembayaran yang tidak selesai dari pembeli. Obyek yang menjadi Ditanggung adalah piutang atau tagihan terkait barang, jasa, maupun komoditi yang dipasarkan di dalam negeri.

Baca juga:  Berikut Prosedur Umum untuk Pengajuan Klaim Asuransi

5. Adira

Adira juga tak ketinggalan meluncurkan layanan ini. Perusahaan Adira Insurance pun sangat layak diperhitungkan. Karena meskipun baru berdiri tahun 2002, namun Adira Insurance merupakan bagian dari Danamon Group.

Asuransi kredit perdagangan yang ditawarkan oleh Adira merupakan salah satu dari sekian banyak produk asuransi yang ditawarkan. Sasaran produk ini adalah pelaku transaksi perdagangan ekspor impor. Keunggulan yang disuguhkan adalah luasnya jaringan globalnya yang menjangkau 67 negara.

Itulah 5 penyedia asuransi kredit terbaik di Indonesia. Semoga bisa menjadi referensi Anda dalam mencari dukungan usaha dan bisnis. Jika Anda memiliki pertanyaan atau masukkan jangan ragu untuk meninggalkan komentar melalui form yang tersedia. Dapatkan juga artikel terbaru kami langsung di inbox email Anda dengan cara Subscribe pada form yang sudah disediakan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Catat! Ini 5 Penyedia Asuransi Kredit Terbaik di Indonesia"

Post a Comment

Jika Bermanfaat Ayo Bagikan pengalaman Anda Juga di Sini. Terimakasih Salam Sukses :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

IBX5B3511E25E8EF