TOP-LEFT ADS

TRENDING POST

Pasang Iklan Murah di Zoteromedia.com

Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerja Cloud Computing

Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerja Cloud Computing

Hallo apakabar sobat blogger dimanapun Anda berada salam sejahtera untuk kita semua. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang topik yang cukup menarik yaitu Cloud Computing yang memang teknologi di era digital masa kini. Nah untuk lebih jelasnya yuk simak dan ikuti terus pembahasan ini saya mulai dari pengertian terlebih dahulu, berikut ulasanya semoga bermanfaat.

Cloud Computing

Definisi atau pengertian Cloud Computing.

Bagi kebanyakan orang awam Cloud computing mungkin saja masih banyak yang belum menyadari bahkan masih samar-samar ketika mendengar teknologi ini. Namun sebenarnya sadar tidak sadar ternyata keberadaan teknologi yang satu ini telah ada dan kita pun sering membawanya kemana-mana melalui smartphone, laptop dll. Teknologi digital ini pada dasarnya memang telah kita rasakan bahkan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari pun telah menggunakanya misalnya dengan penggunaan email maupun media sosial ini pun contoh kecil masih banyak lagi dalam penggunaan Cloud computing ini.

Artikel terkait: Mengenal lebih dekat Perbedaan VPS dan Shared Hosting Server

Apa itu cloud computing? jika kita artikan terdapat 2 Kata "cloud" yang artinya awan dan "Computing" yang artinya komputasi yang dapat dijelaskan sebagai satu set berbagai jenis perangkat keras dan perangkat lunak yang bekerja secara kolektif untuk menyampaikan berbagai aspek komputasi ke pengguna akhir sebagai layanan online. Teknologi ini adalah gabungan yang memanfaatkan teknologi komputer dalam suatu jaringan yang berkembang dengan berbasis internet yang bisa digunakan untuk menjalankan software atau apalikasi yang terkoneksi pada waktu bersamaan namun walaupun menggunakan internet akan tetapi tidak semua yang terkoneksi internet menggunakan teknologi cloud computing.

Cloud Computing adalah teknologi komputasi terbaru, di mana sumber daya komputasi dibagikan alih-alih memiliki perangkat atau server pribadi mereka sendiri untuk menjalankan aplikasi atau perangkat lunak. Selain itu cloud computing ini juga sering disebut juga sebagai "jenis komputasi berbasis internet". Salah satu contoh komputasi awan adalah Gmail; Anda dapat mengakses akun Gmail Anda di perangkat online apa saja, seperti yang telah saya sebutkan di atas.

Dengan adanya teknologi komputer yang berbasis sistem Cloud computing ini merupakan terobosan dan perkembangan teknologi storage atau penyimpanan yang didukung dengan sebuah teknologi internet yang artinya menjadikan internet sebagai pusat server dalam hal pengelolaan data, informasi, dan juga aplikasi yang digunakan user. Dengan teknologi ini pengguna bisa mengakses dan menjalankan sebuah program tanpa perlu repot-repot instalasi terlebih dahaulu, juga mereka bisa dengan mudah mengakses data-data pribadi mereka yang telah tersimpan dengan akses internet.

Lalu apa saja Manfaat Cloud Computing?

Manfaat Cloud Computing

Mengapa begitu banyak pengusaha memutuskan untuk memilih teknologi Cloud saat ini? Jelas, komputasi awan memiliki banyak hal yang ditawarkan dibandingkan dengan web hosting tradisional. Setelah kita mengetahui apa saja pengertian teknologi cloud ini yang telah saya jabarkan singkat diatas maka kita dapat menyimpulkan bahwa teknologi ini memang sangat dibutuhkan dan bermanfaat dalam berbagai hal. Selain itu sistem cloud ini akan sangat memudahkan penggunanya mungkin dalam hal efektifitas, efisiensi data maupun informasi dan juga tentunya akan menghemat biaya nantinya. Nah untuk lebih jelasnya berikut beberapa manfaat-manfaat yang dapat kita dapatkan ketika menggunakan teknologi berbasis sistem cloud ini:

1). Dapatkan pembaruan perangkat lunak terbaru

Vendor perangkat lunak dapat memperbarui perangkat lunak atau aplikasi melalui cloud, bahkan mereka memiliki beberapa pembaruan dalam setahun tanpa membebani pelanggan mereka.

2). Peningkatan keamanan data dan informasi

Menurut penelitian, komputasi awan lebih aman karena solusi keamanan dari cloud didasarkan pada standar keamanan ISO. Setiap penyedia cloud harus mengikuti standar ISO di samping audit keamanan reguler dan melindungi keamanan data pelanggan mereka. Jaminan keamanan data ini akan aman ketika di simpan melalui server yang disediakan oleh vendor atau penyedia layanan Cloud Computing ini, misalnya saja dengan adanya jaminan platform teknologi, jaminan ISO, data pribadi, dan lain sebagainya.

3). Semua Data Tersimpan di Server Secara Terpusat

Karena disimpan pada server yang aman juga memiliki kelebihan dan keunggulan yaitu memungkinkan para penggunanya untuk menyimpan data yang dimiliki dengan terpusat di satu server berdasarkan layanan yang telah disediakan oleh vendor atau penyedia layanan Cloud Computing itu sendiri. Data yang disimpan ini bersifat virtual jadi pengguna tidak perlu lagi repot memikirkan ifrastruktur misalnya data center, storage atau media penyimpan dan lain sebagainya karena memang semua telah disediakan oleh mereka.

4).  Fleksibilitas dan Skalabilitas Tinggi

Dengan adanya teknologi Cloud ini biasanya penyedia layanan ini akan menawarkan kemudahan dan
fleksibelitas akses data, dimana saja dan kapan saja bisa di akses dengan mudah tentunya asalkan dengan dukungan koneksi internet. Selain itu biasanya akan disediakan berbagai pilihan kapasitas penyimpanan data tanpa perlu membeli media penyimpanan sendiri misalnya hardisk, flasdisk karena akan percuma saja hal ini karena telah tersimpan secara virtual. Lalu bagaimana cara mengambil ataupun menyimpan? pastinya dengan koneksi internet.

5). Hemat Biaya

Komputasi awan adalah jenis pembayaran saat Anda melakukan layanan. Anda tidak perlu membeli server dan memilikinya. Yang perlu Anda bayar hanyalah sejumlah uang yang terbilang relatif kecil untuk penyedia layanan tersebut.

6). Untuk investasi Jangka Panjang

Media penyimpanan tradisional biasanya menggunakan infrastruktur, hardisk dan lain sebagainya yang memang rentan terhadap kerusakan. Bagi perusahaan tentu ingin datanya aman dari kemungkinan-kemungkinan kerusakan dan lain-lain, maka dari itu dengan adanya penyedia layanan Cloud Computing maka Anda cukup membayar kompensasi perbulan yang bisa Anda sesuaikan sesuai kebutuhan dan seberapa besar storage yang Anda butuhkan.

7). Kolaborasi yang lebih mudah

Karena komputasi awan berbasis online, mudah untuk berkolaborasi dengan staf Anda yang ditempatkan di berbagai lokasi bahkan jika mereka berasal dari beberapa negara yang berbeda.

Sebelum kita menggali lebih jauh bagaimana cara kerja komputasi awan, pertama mari kita pahami apa arti istilah "klaster". Konsep cloud telah ada sejak lama dalam berbagai inkarnasi di dunia bisnis. Ini kebanyakan berarti jaringan komputer yang berfungsi sebagai arsitektur berorientasi layanan untuk mengirimkan perangkat lunak dan data.

Sebagian besar situs web dan aplikasi berbasis server dijalankan pada komputer atau server tertentu. Apa yang membedakan cloud dari cara pengaturannya adalah bahwa cloud menggunakan sumber daya dari komputer sebagai komputer virtual kolektif, di mana aplikasi dapat berjalan secara independen dari konfigurasi komputer atau server tertentu. Mereka pada dasarnya melayang di dalam "awan sumber daya", membuat perangkat keras kurang penting untuk bagaimana aplikasi bekerja.

Dengan internet broadband, kebutuhan untuk menjalankan perangkat lunak di komputer Anda atau di situs perusahaan menjadi semakin tidak penting. Banyak perangkat lunak yang digunakan orang saat ini sudah berbasis web. Teknologi cloud mengambil keuntungan dari itu untuk membawanya ke tingkat berikutnya.

Misalnya, jika Anda menghosting situs web Anda di server lokal atau dari PC Anda, Anda biasanya harus memilih sistem operasi tertentu (Windows / Linux / Mac), untuk menentukan perangkat lunak apa yang dapat Anda jalankan pada server tertentu. Jika situs Anda dihosting di cloud, Anda tidak perlu melakukannya. Anda dapat menjalankan program Windows dan Linux secara berdampingan.

Baca juga: 3 Tren Digital Marketing Saat ini yang Perlu Anda Ketahui

Cara Kerja Sistem Cloud Computing

Dengan memanfaatkan internet sebagai server sistem cloud computing mengolah datanya. Dalam hal penggunaannya pun user bisa login terlebih dahulu untuk bisa mengakses ke program yang telah disediakan oleh vendor atau penyedia layanan tersebut unutk bisa menjalankan program tersebut, hal ini dilakukan tanpa melakukan instalasi terlebih dahulu jadi akan lebih mudah untuk digunakan. Kemudian seperti yang telah saya sebutkan di atas bahwa teknologi ini bekerja secara virtual dengan memanfaatkan jaringan internet server.

Untuk contoh sederhananya ketika kita menggunakan email seperti yahoo, gmail dan lain sebagainya maka data dapat di integrasikan di server secara global tanpa kita harus mendoenload dan meng-instal software tertentu untuk menggunakannya. Dalam hal ini pengguna cukup dengan menggunakan internet dan kemudian data akan dikelola oleh sistem yang dimiliki Google maupun Yahoo. Software, data maupun memaori penyimpanan pengguna tidak perlu lagi memikirkan karena sudah langsung ter integrasi secara langsung dengan sistem dari penyedia layanan tersebut melalui sistem Cloud menggunakan komputer yang terhubung ke internet.

Berikut adalah penjelasan singkat tentang Cloud Computing, sistem yang telah mendunia yang dapat membantu perusahaan atau organisasi dalam efisiensi penyimpanan data. Beberapa faktor seperti ketersediaan internet yang dibutuhkan sebagai jalur utama dalam distribusi data, kualitas vendor akan layanan sistem Cloud maupun masalah keamanan dan privasi seperti serangan peretas/hacker dalam meretas internet patut menjadi pertimbangan tersendiri sebelum anda beralih ke sistem Cloud. Selain vendor yang harus meningkatkan kualitas pelayanan mereka, pengguna juga diharapkan dapat lebih bijak dalam memilih kualitas vendor yang akan mereka gunakan untuk mengelola data berbasis Cloud Computing.

Jadi pilihlah dengan bijak ketika memilih layanan untuk digunakan dengan data penting Anda dan pastikan itu dapat diunduh jika diperlukan, tetapi juga nikmati fleksibilitas yang disediakan oleh layanan tersebut.

Sekian pembahasan kali ini tentang Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerja Cloud Computing. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerja Cloud Computing"

Post a Comment

Jika Bermanfaat Ayo Bagikan pengalaman Anda Juga di Sini. Terimakasih Salam Sukses :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

IBX5B3511E25E8EF