TOP-LEFT ADS

Seberapa Pentingkah Asuransi Anak?

Pentingnya Asuransi Anak

Tak hanya untuk orang dewasa, asuransi kini melebarkan sayapnya untuk melindungi dan memberikan keuntungan bagi anak. Terbukti dengan adanya berbagai macam asuransi yang tersedia bagi si kecil. Memang asuransi patut untuk diperhitungkan sebagai salah satu bagian perencaan hidup untuk sang buah hati. Tapi seberapa petingkah asuransi anak itu?

Asuransi Anak

Perencaan hidup yang matang dan lebih awal tentu akan memberikan perlindungan dan memudahkan keluarga dan si kecil untuk jangka panjang nantinya dalam kehidupan. Memang banyak asuransi yang sudah tersedia bagi anak sejak usia dini dari umur 6 bulan sampai dengan 17 tahun. Namun, dengan seiringnya perkembangan zaman, anak pun sudah bisa mendapatkan asuransi jika didaftarkan orangtuanya saat ia berusia 20 minggu dalam kandungan.

Artikel terkait: Penting untuk Diketahui, Inilah 6 Kriteria Asuransi Pendidikan Anak Terbaik

Jenis Asuransi untuk Anak

  • Asuransi Perlindungan Kelahiran

Anak merupakan anugerah, amanah dan titipan dari Sang Maha Pecipta yang harus dijaga oleh orangtua. Oleh karena itu, tak bisa kebutuhan dan keselamatan si kecil diabaikan begitu saja. Bahkan harus dijaga dan dilindungi sejak sebelum ia menampakkan rupanya ke alam dunia. Dari berbagai macam cara perlindungan itu, asuransi anak-lah salah satunya.

Asuransi untuk perlindungan kelahiran, misalnya. Jenis asuransi yang satu ini diklaim bisa meng-cover buah hati jauh hari bahkan sebelum ia lahir ke dunia. Manfaatnya memang bukan untuk si bayi secara langsung, namun fokusnya kepada kehamilan ibu. Salah satu perusahaan asuransi yang menyediakan produk asuransi semacam ini adalah Prudential Indonesia dengan produknya yaitu PRUmy Child.

Memang tak bisa dihindarkan kebutuhan manusia dari segi finansial untuk mendukung dan merawat ibu hamil. Baik untuk dirinya maupun untuk sang bayi yang dikandung. Manfaat yang bisa didapatkan dengan mengikuti asuransi perlindungan kelahiran adalah pertanggungan jiwa atas ibu dan bayi semasa hamil, biaya perawatan jika terjadi komplikasi kehamilan, kelainan bawaan anak, cacat tetap, meninggal dunia dan hal-hal yang tak diharapkan lainnya.

Untuk itu cukup penting rasanya asuransi anak di tahap ini. Apalagi setelah bayi lahir, asuransi yang awalnya berfokus untuk ibu, akan otomatis berali ke buah hati yang berupa asuransi jiwa dan investasi. Anak pun otomasi menjadi pemegang polis sampai ia berusia 99 tahun. Biaya yang bisa dibayarkan mulai Rp400.000 per bulannya.
  • Asuransi Perlindungan Kesehatan

Tak ada yang bisa menjamin kesehatan seorang bayi dan ibu hamil akan baik-baik saja selama masa kehamilan dan/atau setelah melahirkan. Oleh karena itu perlu adanya tindakan pencegahan, persiapan akan hal yang tak diinginkan dengan mempersiapkan dan membuat tindakan nyata, misalnya dengan mendaftarkan diri ke asuransi perlindungan kesehatan.

Asuransi perlindungan kesehatan untuk anak seperti PRUhospital and surgical cover, PRUjuvenile crisis over, dan Hospital Income and Surgical Rider dari Sun Life, bisa digunakan untuk membantu dan membiayai rawat inap, rawat jalan, melindungi bayi dari 32 macam penyakit kritis, ICU, pembedahan dan lain sebagainya. Sama dengan asuransi perlindungan kelahiran, asuransi perlindungan kesehatan juga biayanya mulai dari Rp 400.000 per bulan.
  • Asuransi Persiapan Pendidikan

Pendidikan merupakan kunci bagi kemajuan peradaban umat manusia. Tentu bukan dengan pendidikan yang asal-asalan saja. Namun harus berupa pendidikan yang berkualitas. Pendidikan yang berkualitas biasanya memiliki biaya yang tak sedikit jumlahnya. Oleh karena itu persiapan harus dilakukan sejak dini agar jika waktunya sudah tiba tidak mengalami kesulitan dan telah siap sepenuhnya.

Salah satu cara untuk memperoleh dan mempersiapkan pendidikan yang berkualitas bagi anak adalah dengan menggunakan asuransi pendidikan. Anda bisa mendaftarkan asuransi sejak si kecil berusia 0 tahun. Namun cermati terlebih dahulu target asuransi yang ada. Karena ada beberapa pihak asuransi yang hanya mengkhususkan target asuransi pada masa perkuliahan atau pendidikan wajib 9 tahun saja.

Baca juga: 6 Poin Penting yang Harus Diketahui Sebelum Mengambil Polis Asuransi Jiwa

Ada beberapa jenis asuransi pendidikan. Misalnya yang berupa asuransi saja atau dengan digabungkan investasi. Itu tergantung dari perusahaan asuransi yang Anda pilih. Misalnya seperti asuransi Mandiri Sejahtera Cerdas, PRU Edu Protection, Asuransi Invest Link dan lain sebagainya.

Ketiga asuransi di atas memang difokuskan untuk anak dan memang posisinya cukup krusial dan penting bagi tumbuh kembang serta pendidikan mereka. Untuk itu, apa pun asuransi yang akan Anda gunakan pastikan untuk memahaminya dan sesuaikan dengan kebutuhan anak serta rencana masa depannya. Nah, dari beberapa penjelasan mengenai asuransi anak di atas, menurut Anda seberapa pentingkah asuransi anak itu?

Jika Anda memiliki pertanyaan atau masukkan terkait Asuransi Anak dan yang lainnya, jika bermanfaat jangan ragu untuk meninggalkan komentar melalui form yang tersedia. Dapatkan juga artikel terbaru kami langsung di inbox email Anda dengan cara Subscribe pada form yang sudah disediakan. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Seberapa Pentingkah Asuransi Anak?"

Post a Comment

Jika Bermanfaat Ayo Bagikan pengalaman Anda Juga di Sini. Terimakasih Salam Sukses :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

IBX5B3511E25E8EF