3 Buku Copywriting Klasik Untuk Belajar Menjadi Ahli Copywriter

Buku Copywriting Klasik Untuk Freelance

Saat ini perkembangan dunia periklanan semakin berkembang dan maju dengan pesat di dukungan internet yang memang memiliki jangkauan yang sangat luas. Seoraang pemasar tentu mereka tahu benar pentingnya mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan agar pelanggan atau konsumen tertarik untuk membelinya. Dalam industi periklanan, saat ini Copywriting memiliki peranan yang cukup besar bagi perusahaan-perusahaan yang menggunakan jasa ini. Alasanya dengan adanya seorang copywriter mereka memiliki kemampuan untuk mengolah kata-kata yang melibatkan, menginformasikan, membujuk, menginspirasi, menantang, dan menghibur para pembaca agar mereka tertarik untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut.

Buku Copywriting Klasik Untuk Freelance Creatives
Mengapa copywriter ini penting? karena memang perusahaan-perusahaan yang bergerak di industri digital akan selalu membutuhkan tenaga ahli baik itu dalam pembuatan konten, artikel, atau pun yang berkaitan dengan kegiatan promosi produk atau jasa dari perusahaan tersebut. Nah untuk menjadi copywriter ini bisa dipelajari dan di kembangkan walaupun orang yang awan bahkan yang ahli di bidang ini karena memang akan terus berkembang. Untuk mempelajari Copywriting ini memang bisa dilakukan oleh siapa saja namun bagaimana dengan pengembangannya dan cara mengasah skil dari Copywriting ini?.

Artikel terkait: Pengertian Copywriting dan Ciri-Ciri Copywriting yang Profesional

Sebenarnya banyak referensi yang bisa dijadikan acuan atau bahan pembelajaran untuk memahami dan bahkan menjadi ahli dalam dunia Copywriting profesional. Untuk menjadi Copywriting memang tidak membutuhkan jenjang pendidikan resmi untuk copywriter, jadi kesempatan ini akan terbuka lebar untuk siapa saja. Untuk mempelajari Copywriting memang bisa didapatkan dari berbagai sumber, meskipun ada banyak cara yang berbeda untuk belajar tentang copywriting, Nah jika dari media buku maka saya memiliki referensi buku Copywriting yang klasik yang hingga saaat ini memiliki dasar-dasar yang masih bertahan bahkan sapai hari ini.

Buku # 1. The Robert Collier Letter Book (Robert Collier)

  • Robert Collier Letter Book

Buku ini memang pertama kali diterbitkan pada tahun 1931. Dunia Copywriting memang sudah adah sejak zaman itu bahkan masih digunakan hingga saaat ini. Walaupun kenyataannya bahwa dalam industri Copywriting ini telah mengalami perkembangan dan perubahan yang sangat pesat sejak diperkenalkan buku ini. Dari buku ini memiliki prinsip yang tercantum dalam buku copywriting klasik ini bahkan masih terbukti mampu bertahan dalam ujian waktu hingga hari ini.

Dari segi tujuan buku ini yang utama adalah untuk mengajarkan pembacanya bagaimana membuat dan menulis surat penjualan yang efektif. Meskipun ‘surat’ penjualan tradisional mungkin tidak umum seperti dulu, namun bisa kita lihat semangatnya tetap ada dalam berbagai bentuk yang berbeda. Poin penting dari buku ini adalah bagaimana pentingnya mengetahui cara berkomunikasi secara efektif kepada audiens khususnya para pemasar. 87 tahun yang lalu, Robert Collier mengakui fungsi penting yang dimainkan para pemasar dan apa pun perubahan yang terjadi, tampaknya fungsi ini akan tetap bertahan 87 tahun di masa depan.

Buku # 2. Breakthrough Advertising (Eugene M. Schwartz)

Eugene M. Schwartz secara luas diakui sebagai salah satu pemikir paling cemerlang dalam pemasaran. Breakthrough Advertising adalah konsep dan strategi periklanan yang pertama kali dikembangkan oleh copywriter Eugene Schwartz pada tahun 1966. Sebuah buku yang menggunakan pendekatan mendalam secara ilmiah untuk setiap komponen untuk menjangkau khalayak luas.

Alasan mengapa buku ini yang layak untuk dibaca oleh copywriter pemula adalah dari segi penerapan prinsip-prinsip psikologisnya yang revolusioner yang telah dipelajari oleh Eugene M. Schwartz.

Banyak pengiklan akan mencoba untuk membombardir orang dengan pesan yang mereka ingin mereka dengar. Maksudnya biasanya untuk membujuk dan meyakinkan. Breakthrough Advertising mengubah konsep ini secara terbalik dan dimulai dengan apa yang diinginkan konsumen. Schwartz memahami bahwa jika dia bisa merasakan denyut jantung atau denyutan massa, dia bisa berbicara dengan lebih baik melalui upaya copywriting-nya.

Buku # 3. Ogilvy on Advertising (David Ogilvy)

David Ogilvy dianggap oleh banyak orang sebagai ‘bapak iklan modern’. Karyanya sebagian besar memperkuat gagasan bahwa tujuan iklan adalah untuk menjual dan juga menekankan pentingnya melakukan penelitian terperinci saat membuat kampanye iklan. Selain itu, ia berusaha menemukan kembali nada periklanan yang merendahkan di pertengahan abad ke-20 dan secara terkenal dikutip mengatakan “Pelanggan tidak tolol, dia adalah istri Anda.” Pada tahun 1962, majalah Time bahkan menyebut David Ogilvy “penyihir paling dicari dalam industri periklanan.”

Pertama kali dirilis pada tahun 1983, Ogilvy on Advertising berusaha menjelaskan dengan jelas segala sesuatu yang Ogilvy pelajari dalam kariernya yang panjang dan sukses (ia sering dikutip sebagai basis untuk karakter Don Draper dalam acara TV Mad Men). Ogilvy berbicara tentang perbedaan antara iklan yang baik dan buruk, pentingnya membangun posisi merek yang kuat, dan bagaimana memikirkan dampak pada masyarakat suatu produk yang dapat diberikan. Buku ini mencakup topik yang sangat luas dan memotivasi para pembacanya untuk secara bersamaan berpikir kritis dan bertindak dengan sengaja.

Baca juga: Pengertian, Contoh, Jenis-Jenis Iklan dan cara strategi Komunikasi Pemasaran

Jika Anda ingin belajar tentang apa yang berhasil dalam industri copywriting, buku-buku ini adalah langkah yang tepat untuk memulai menjadi ahli copywriter.

Sekian pembahasan kali ini tentang Buku Copywriting Klasik Untuk Freelance Creatives. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Buku ini memang cukup melegenda dan hingga saat ini masih di jual di situs jualan online seperti amazon dan lain sebagainya , jika tertarik silahkan mencarinya disana. Terimakasih atas kunjungan dan partisipasinya

4 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Coba SOSIAGO Influencer Marketing
Internet Marketing
60 Detik Promosi Bisnis Coba SOSIAGO Influencer Marketing

Coba SOSIAGO Influencer Marketing Daftar isi Coba SOSIAGO Influencer MarketingApa Itu Sosiago Influencer Marketing?Sebagai pemasang iklan (ADVERTISER) SOSIAGOMengapa Anda pertlu Coba SOSIAGO Influencer Marketing?Sebagai Penerbit (INFLUENCER) di SOSIAGOMenghasilkan uang dari SOSIAGO bagi Blogger PemulaCara Daftar Menjadi influencer di SOSIAGOBerikut Fitur-fitur dari SosiaGo :Dari situs resmi SOSIAGO terdapat tutorial Bagaimana memulai …

Mengapa Internet Marketing Tidak Bekerja Tanpa SEO
Internet Marketing
Mengapa Internet Marketing Tidak Bekerja Tanpa SEO

Pentingnya Internet Marketing dan SEO Daftar isi Pentingnya Internet Marketing dan SEOPada dasarnya, pemasaran internet mengacu pada strategi yang digunakan untuk memasarkan produk atau layanan online, termasuk:Beberapa teknik dasar dan strategi SEO yang optimal untuk hasil pencarian:Seberapa pentingkah SEO dalam Internet Marketing? Internet marketing (pemasaran internet) yang bisa juga disebut …

Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerja Cloud Computing
Internet Marketing
Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerja Cloud Computing

Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerja Cloud Computing Daftar isi Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerja Cloud ComputingDefinisi atau pengertian Cloud Computing.Apa itu cloud computing?Lalu apa saja Manfaat Cloud Computing? Manfaat Cloud Computing1). Dapatkan pembaruan perangkat lunak terbaru2). Peningkatan keamanan data dan informasi3). Semua Data Tersimpan di Server Secara Terpusat4).  Fleksibilitas dan …