3 Faktor Penting Dalam SEO Sebuah Website Yang Harus Ada

Faktor Penting Dalam SEO Sebuah Website

Sebagai blogger atau webmaster tentu keinginan utamanya adalah memiliki peringkat pertama dalam mesin pencarian. Karena memang saat mendapat peringkat pertama di pencarian seperti Google pasti akan banyak pengunjung yang akan datang pada blog atau situs kita. Dalam hal ini bukan lah perkara mudah karena memang persaingan sangat ketat dan kompetitor yang juga menerapkan berbagai teknik untuk mendukung konten mereka. Coba bayangkan berapa pengguna blog yang datang dan memiliki ribuan konten setiap hari yang selalu update mereka juga memiliki cara masing-masing untuk meningkatkan trafik dan pengunjung blog atau website mereka.

Faktor Penting Dalam Search engine optimization (SEO) Friendly

Pada dasarnya untuk mencari ranking di mesin pencari itu (terutama Google) gampang-gampang susah dan bisa dibilang bukanlah perkara yang sangat sulit apabila kita mengetahui cara mengoptimasi sebuah halaman website yang dimiliki. Lalu bagaimana untuk mengoptimalkan website kita? Nah ini memang pertanyaan yang selalu menarik di kalangan blogger karena memang mereka ingin mengoptimalkan website yang dimiliki. Dalam hal ini teknik dan metode yang digunakan adalah Search engine optimization (SEO) yang hingga saat ini memang selalu digunakan oleh para webmaster untuk memaksimalkan konten mereka.

Sebenarnya pembahasan dan materi tentang SEO ini sudah banyak dan mudah kita temui di internet dan bahkan dibagikan secara gratis tutorialnya mungkin dalam bentuk ebook ataupun dalam bentuk artikel-artikel website yang telah ditulis oleh mereka yang sudah berpengalaman. Anda pun bisa mempelajari dengan mudah karena memang panduannya sang sudah lengkap tinggal Anda memilih dan menyesuaikan yang bisa di terapkan untuk website yang Anda kelola. Mungkin dari berbagai teknik SEO yang ada di berbagi sumber dan artikle disini saya ingin berbagi rangkuman apa-apa yang telah saya pahami tentang Search engine optimization (SEO) dan saya rangkum supaya Anda juga memahami lebih dalam tentang optimasi website.

Untuk lebih mengenal tentang SEO ini maka saya akan membaginya menjadi 3 faktor utama dan penting untuk mengopimalkan website yang harus dimiliki terlebih dahulu jika ingin mengoptimasi website di mesin pencari. Dari ketiga faktor ini antara lain;

  1. Riset Keywords
  2. SEO Friendly Website (On Page Factor)
  3. Baclinks (Off Page Factor) 

Dari ketiga elemen inilah yang nantinya sangat berpengaruh dalam mesin pencari untuk menentukan peringkat Anda, Dengan mengetahui elemen penting dalam SEO ini maka kita akan lebih mudah melakukan optimasi website di mesin pencari untuk jangka panjang.

Untuk lebih jelasnya yuk kita bahas ketiga faktor penting dalam SEO tersebut:

1. Kata Kunci (Keywords) Website

Pengertian Kata kunci atau Keywords ini merupakan adalah frase atau rangkaian kata yang biasanya diketikan oleh seseorang untuk mencari informasi tertentu pada mesin pencari pada kolom pencarian misalnya saja Google. Nah dari kata kunci (keywords) yang di ketikan pengguna inilah yang nantinya akan mengarahkan ke artikel atau informasi yang sesuai. pengunjung bisa mencari dengan kata kunci satu suku kata, dua suku kata, tiga suku kata, atau bahkan bisa juga dalam bentuk kalimat pendek, tergantung masing-masing pengguna dalam mencarinya. Sebenarnya mesin pencari seperti Google telah memiliki database yang sangat besar untuk menyimpan kata kunci yang sering di cari oleh seseorang. Dari sinilah sebagai webmaster perlu untuk mencari niche yang banyak di cari oleh orang dengan melakukan riset riset keywords terlebih dahulu untuk menemukan list kata kunci yang sering muncul dan berapa banyak pencarian setiap harinya.

Untuk mendapatkan hasil yang maskimal Riset keywords (keywords research) ini merupakan langkah awal yang harus dilakukan untuk mencari kata kuci yang memang paling relevan dengan niche website yang di kelola misalnya website kita membahas tentang dunia blogging maka katakunci yang akan di cari adalah juga seputar dunia bloging agar lebih tertarget sesuai niche website kita, baik itu keywords untuk halaman utama ataupun untuk halaman artikel. Oleh karena itu dengan menerapkan dan meriset keywords ini maka kita bisa menentukan seberapa besar potensi yang dimiliki untuk mendapatkan lebih besar pengunjung juga kita bisa mengetahuhi bagaimana tingkat persaingan pada kata kunci tersebut.

Tentu saja ketika kita telah menggunakan katakunci yang sesuai dan tepat bukan tidak mungkin mendapatkan peringkat satu di mesin pencari akan bisa dengan mudah. Oleh karenanya ketika kita menerapkannya dengan baik maka peluang untuk mendapatkan ranking yang baik juga di SERP (Search Engine Result Page) tentu akan mendapatkan baik juga, inilah yang nantinya akan berpengaruh pada trafik dan meningkatkan pengunjung potensial. Mencari kata kunci yang tepat dalam artianbahwa kata kunci (keywords) tersebut meamng memiliki relevansi yang baik dan sesuai dengan website yang kita miliki, disinilah pentingnya untuk mengetahui seberapa besar persaingan yang ada.

Nah untuk mencari kata kuci ini mudah sekali karena memang banyak penyedia layanan bahkan gratis untuk menemukan  keywords tersebut sebagai contoh dengan menggunakan tool gratis yang disediakan oleh Google, yaitu Google Keyword Planner. Tentu yang lain juga banyak yang menyediakan tool semacam ini silahkan mencari yang sekiranya cocok untuk Anda, pada dasarnya sama cara kerjanya. Pada artikel ini saya tidak membahas apa saja kata kunci tersebut silahkan mencarinya sendiri sesuai denga blog atau situs Anda hehehehe.

Intinya, Langkah awal yang perlu dilakukan dan memang terpenting untuk mendapatkan peringkat adalah riset keywords ini dalam membangun website yang SEO friendly. Menurut saya dalam penggunaannya jangan terlalu banyak karena memang akan berakibat negative nantinya karenan akan di anggap spam oleh mesin pencari. Gunakanlah secukupnya dan seperlunya atau menggunakan dengan cara membuat kata kunci turunan gunakan misal porsi sebesar 40% dalam kampanye SEO sebuah website. Perlu di ingat bahwa jika Anda menggunakan dan memilih keywords yang tepat akan sangat berpengaruh dalam optimasi mesin pencari yang akan berdampak pada meningkatkan trafik blog atau website Anda.

Artikel terkait: Cara Memanfaatkan Google AdWords Keyword Planner Untuk Blog

2. Membangun Web yang SEO Friendly (On Page Factor)

Apa itu web yang SEO friendly? Disini pengertian SEO friendly website merupakan standar dari sebuah website yang berkualitas baik itu dari segi navigasi, konten, dan lain sebaginya untuk mempermudah dijelajahi dan dikenali baik itu dari mesin pencari maupun pengguna. Pada dasarnya Web yang SEO Friendly (On Page Factor) ada beberapa hal yang perlu di perhatikan namun yang paling penting diantaranya:

A. Bagaimana Penempatan Keywords Yang Tepat

Ketika Anda ingin mengoptimalkan website Anda dan ingin menggunakan keywords tertentu yang sesuai dengan niche Anda pastikan terlebih dahulu pastikan kata kunci tersebut sudah diletakan pada komponen halaman website Anda sehingga akan mempermudah Google merayapi dengan fokus seluruh konten website Anda. Untuk itu coba perhatikann beberapa bagian di dalam website Anda yang perlu ditambahkan kata kunci tersebut:

  • Title Tag/ Judul halaman web
  • H1, H2, H3 tags
  • Awal paragraf artikel
  • Meta Description
  • Internal links
  • File gambar (Alt)
  • Sistem Navigasi
  • Semantic URLs

B. Membangun Konten yang Berkualitas dan Relevan di Situs Anda

Coba perhatikan dengan adanya ratusan bagkan ribuan konten segar setiap harinya yang memiliki kualitas SEO yang sangat memumpuni tentu akan memiliki peluang mendapatkan peringkat di mesin pencarian. Kemudian perhatikanlah situs-situs yang sudah mapan mereka meiliki tempat yang konsisten di rangking hasil pencarian tersebut dan pasti merajai SERP Google. Namun demikian bukan tidak mungkin Anda mampu bersaing dengan mereka, karena jam terbang mereka sudah cukup lama di dunia internet ini jadi uasahakan memiliki konten yang berkualita dan relevan dengan topik yang Anda bahas tersebut.Untuk itu cobalah membuat konten yang memiliki kelengkapan dan detail yang panjang karena memang dengan ini kemungkina masuk di halaman utama Google akan semakin besar peluangnya selain itu biasanya memiliki ketahanan di peringkat pencarian yang akan lebih lama di SERP Google. Untuk mengoptimalkan artikel yang berkualitas ini usahakan dari kata kunci yang Anda dapatkan terapkan pada 100-150 kata paragraf awal artikel yang Anda buat. Hal ini cukup berdampak masive karena kepadatan kata kuci yang sesuai.

C. Meningkatkan Interaksi User Website Anda

Kita membuat artikel atau konten di junjukan kepada siapa sih? pembaca/orang nah dengan memiliki  Interaksi user di website/ blog inilah yang memiliki pengaruh pada kesuksesan artikel yang Anda buat dan ini merupakan bagian dari penerapan SEO yang baik. Dalam hal ini kelengkapan sangat di butuhkan dengan menambahkan beberapa multimedia ke dalam postingan artikel di blog, sebagai contoh gambar, statistik, diagram, video dan lain sebaginya yang akan memberikan penjelasan dan konten terlihat profesional dengan demikian pembaca atau user betah berlama-lama dan interest dengan artikel Anda. Kemudia memberikan kesempatan pembaca untuk menjadi bagian dari website Anda juga penting untuk keterlibatan mereka untuk memberikan opini pada kolom komentar blog Anda.

Baca: Banyak Tantangan Sebagai Blogger Masih Mau Mencobanya?

D. Menambahkan Outbound Links

Outbound link atau Link keluar dapat berupa membuka tab baru. Jika Inbound Link itu adalah link yang mengarah dari postingan kita ke postingan kita yang lain maupun homepage kita. Nah dalam sudut pandang SEO, outbound link atau eksternal link bisa memberikan gagasan mesin pencari (google) dan memperjelas tentang blog Anda karena link yang relevan. Merupakan cara terbaik untuk membangun hubungan dengan blogger yang memiliki niche yang sama. Akan tetapi perlu di perhatikan juga dalam penerapannya, Anda harus memastikan bahwa website yang diberikan link adalah website yang punya Authority pada topik yang Anda bahas.

E. Kecepatan Load Website

Saat ini kecepatan akses atau loading adalah faktor yang penting pasalnya pihak Google juga pernah menyinggung tentang hal ini karena memang merupakan salah satu faktor yang sangat penting di dalam SEO. Pernahkan Anda ketika mencari artikel dan menjumpai sebauh situs dengan loading yang sangat lambat untuk dibuka? Lalu apa yang Anda lakukua pasti akan segera menutup dan beralih ke situs yang lain. Sehingga inilah yag akan berpengaruh pada pencarian di Googel karena memang kebanyakan user tidak sabar untuk menunggunya. Untuk memasatikan seberapa kecepatan akses loading situs Anda silahkan gunakan GTMetrix.com dan perbaiki apa saja yang menjadi penyebab lambatnya loading website Anda jika ada.

Artikel terkait: 15 Daftar Situs Social Bookmarking Gratis Dengan PR Tinggi

3. Membangun Backlinks (Off Page Factor)

Backlinks adalah tautan yang akan mengarahkan situs Anda terjalin atau saling keterkaitan situs satu dengan situs yang lain. Dengan ini maka website akan memberikan rekomendasi situs yang meberikan backlink bahwa situs tersebut memiliki populeritas yang sama baiknya. Oleh karenanya jika Anda telah menerapkannya peluang Anda untuk mendapatkan posisi yang lebih baik SERP (Search Engine Result Page) Google. Akan tetapi dalam menerapkanya perlu hati-hati juga karena pengaruhnya cukup besar jika salah maka bisa jadi website Anda terkena dampak negatif dari website yang Anda beri Backlink ini.

Ada nayak cara yang bisa digunakan dalam membangun backlink ini diantaranya adalah:

  • Situs Artikel seperti Blogspot, WordPress dan lain sebagainya.
  • Situs Direktori
  • Situs Social Bookmarking
  • Situs Forum

Search engine friendly backlinks artinya membuat backlink yang akan memiliki nilai bagus bagi Google yang bukan di anggap sebagai spam. Dalam kaitan ini Anda harus mencari situs otoritas dengan rank tinggi, yang akan memiliki PA dan DA yang baik.

Untuk membangun backlink yang baik coba perhatikan faktor-faktor berikut ini:

  • Page Rank harus di atas 4-6
  • PA dan DA di atas 50
  • Indeks Halaman harus di atas 50K
  • Cobalah untuk melakukan “Dofollow” Backlinks
  • A. Links dari media sosial

Untuk menghindari spaming backlink usahakan untuk mempertimbangkannya terlebih dahulu, misal ada banyak layanan penjual backlink ini dengan tawaran 1000-10000 backlink, namun biasanya jika Anda membelinya akan langsung disebarkan semua jadi buatlah perjanjian terlebih dahulu jika membeli misal sehari 10 backlink, karena jika kebanyakan akan berakibat buruk di mata Google.

Nah jika Anda ingin melakukannya sendiri bisa Anda lakukan dengan mudah seperti contoh diatas, namun sekali lagi perhatikan faktor-faktor diatas.

Bagaimana menarik bukan pembahasanya, harapan saya dengan memperhatikan poin-poin di atasa Anda bisa menerapakannya kampanye SEO website lebih berhasil dan maksimal dan Anda akan teroptimasi dengan baik di search engine.

Cukup sekian pembahasan kali ini tentang Faktor Penting Dalam Search engine optimization (SEO) Friendly. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jasa Penulis Artikel SEO Human Friendly Murah Terpercaya
SEO
Jasa Penulis Artikel SEO Human Friendly Murah Terpercaya

Jasa Penulis Artikel SEO Friendly Murah Berkualitas Terpercaya Daftar isi Jasa Penulis Artikel SEO Friendly Murah Berkualitas TerpercayaFasilitas Apa yang Anda dapatkan dari jasa artikel saya?Kenapa harus menggunakan Jasa artikel SEO dari saya?Berapa harga paket atau satuan artikel disini?Harga Artikel Satuan jasa penulis artikel seoHarga Artikel Paket diskon jasa penulis …

Strategi Memenangkan Kontes SEO Dengan Mudah Dan Aman
SEO
9 Strategi Memenangkan Kontes SEO Dengan Mudah Dan Aman

Ketahui,┬áCara Aman dan Gampang Memenangkan Kontes SEO Daftar isi Ketahui,┬áCara Aman dan Gampang Memenangkan Kontes SEOMengapa Anda Harus Ikut Kontes SEO?Kemampuan diriBelajar banyak teknikMencari hadiahBagaimana Strategi Memenangkan Kontes SEO?Pemilihan level kontes SEOWaktu pengerjaanOptimasi SEO blogMenyesuaikan tema blog dengan kontes SEOSubmit artikel ke Google Webmaster via Fetch as GoogleSebaiknya tidak menyebar …

Macam-macam Kontes SEO yang Sering Diadakan di Indonesia
SEO
Macam-macam Kontes SEO yang Sering Diadakan di Indonesia

Kontes SEO yang Sering Diadakan di Indonesia Daftar isi Kontes SEO yang Sering Diadakan di IndonesiaMengenal Macam-macam Kontes SEOKontes SEO Menengah ke BawahKontes SEO Menengah ke AtasKontes SEO untuk Unjuk KeterampilanKontes SEO untuk PromosiManfaat Mengikuti Kontes SEO Kontes SEO adalah ajang perlombaan optimasi dengan blog atau website masing-masing peserta. Dalam …