5 Hal Yang Perlu di Lakukan Untuk Memperbaiki Konten Anda

Hal Yang Perlu di Lakukan Untuk Memperbaiki Konten

Sebagai blogger atau webmaster tentu kita telah tahu pentingnya artikel yang berkualitas pada situ yang kita kelola. Pada dasarnya menulis konten yang bagus dan baik untuk pengunjung situs maupun search engine tidaklah sulit apabila kita telah mengikuti cara dan aturan sederhana. Saat kita memiliki konten yang berkualitas tentu mesin pencari akan menyukainya tidak hanya itu pengunjungpun akan merasa puas dengn konten yang kita berikan. Dalam membuat konten ini pasti memiliki kriteria dan aturan yang mesti kitga ikuti baik itu dari segi bahasa maupun dari segi SEO.

Hal Yang Perlu di Lakukan Untuk Memperbaiki Konten Anda

Nah dari sinilah Anda dapat memastikan bahwa halaman web yang dikelola akan mendapatkan rangking yang tinggi di search engine, dan yang pasti pengunjung situs web menyukai halaman atau situs yang dimiliki. Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa kita lakukan ketika sudah menulis konten dan mempublikasikan kita juga bisa memperbaiki atau memperbarui konten tersebut agar menjadi lebih maksimal.

Berikut adalah lima hal yang dapat Anda lakukan:

Sebelum memulai pada pembahasan yang lebih lengkap mari kita perhatikan tentang sebuah konten: sebuah konten itu tentang topik, bukan tentang satu kata kunci. Maksudnya mesin pencari modern  saat ini lebih mengutamakan topik dan konten yang berkualitas dibandingkan kata kunci tunggal yang terlalu banyak. Misalnya jika Anda ingin mendapatkan peringkat tinggi untuk kata kunci tertentu, Anda harus memastikan bahwa keseluruhan situs Anda relevan dengan topik dari kata kunci tersebut.

Kata kunci disini sebenarnya memiliki peran tersendiri namun ketika salah perhitungan dan terlalu banyak maka bisa jadi malah mesin pencari melakukan deindex atau penurunan peringkat. Oleh karena itu Anda tidak perlu menggunakan bermacam variasi kata kunci tunggal di halaman web Anda sebagai contoh ( ‘Cara menghilangkan jerawat’, ‘Cara menghilangkan jerawa mudah ‘, ‘Cara menghilangkan jerawa murah’, dll.). Dari contoh tersebut kita bisa melihat satu kata kuci memiliki variasa yang mirip, dengan demikian terlalu sering menggunakannya akan bisa memiliki pengaruh negatif pada rangking halaman Anda

Sebenarnya semakin banyak halaman yang dimiliki situs web yang relevan dengan topik tertentu (kata kunci yang terkait dengan topik itu), maka akan semakin besar kemungkinan halaman web Anda mendapatkan peringkat tinggi karena dari konten yang kaya ini lah kata kuci akan saling terkait satu sama yang lain dari topik tersebut. Dengan kata lain, jika ingin mempermudah mesin pencari merayapi situs Anda maka mengoptimalkan berbagai halaman situs yang Anda miliki sangat di perlukan karena semuanya terkait dengan topik utama situs Anda.

Artikel terkait: Kriteria Menulis Artikel Blog Berkualitas yang Disukai Pengunjung

1). Sertakan kata kunci dalam judul dan di tag header

Bagian terpenting dari sebuah konten adalah terletak pada bagian Judul halaman web dan tag header yang merupakan indikator kuat dari topik halaman web tersebut. Orang saat mencari sebuah informasi di mesin pencari yang dilihat pertama kali tentu judulnya. Untuk itu dalam pembuatannya harus sesuai relevan dengan isi artikel.

Selain itu, judul di halaman web dapat membantu untuk menyusun halaman web Anda. Jika menyertakan kata kunci Anda dalam tag H1, tag H2, atau tag judul lainnya, Anda mengonfirmasi bahwa halaman tersebut relevan dengan istilah itu. Selain itu, pengunjung halaman web dapat dengan mudah melihat apa isi halaman webnya.

Oleh karenanya hal ini sangat penting bahwa Anda harus memperhatikan kata kuci agar tidak berlebihan! Google menyukai halaman web dengan struktur yang jelas yang mudah diurai. Jika Anda menggunakan kata kunci dalam lima tag header yang berbeda di halaman web Anda, kemungkinan besar ini akan dianggap sebagai upaya spamming yang akan memberikan kesan negatif dan bahkan tidak akan di index oleh Google. Jika Anda ingin menggunakan lebih dari satu tag heading maka gunakan dengan urutan yang benar (yaitu H1, H2, H3, bukan H3, H1, H2).

Menambahkan kata kunci ke judul dan tag bukan berarti bahwa Google bisa langsung akan menemukan halaman web yang relevan dengan kata kunci tersebut. Namun ini adalah langkah awal  yang baik dan perlu, juga harus melakukan beberapa hal lain untuk meyakinkan Google bahwa halaman itu relevan dengan topik yang dibuat.

2). Gunakan kata kunci dan istilah terkait Anda di konten utama

Dalam penggunaan kata kunci yang baik adalah dengan memecah menjadi kata kuci yang lain namun masih terkait dan familiar. Perlu di perhatikan dalam penggunaan kata kunci yang berlebih sangat memberikan dampak negatif pada konten. Jangan ulangi kata kunci berulang-ulang yang akan dianggap spam. Jika kita menggunakan secara benar maka keuntungan yang kita dapat akan tetapi jika salah dalam penggunaan bukan tidak mungkin konten tidak akan mendapatkan tempat di mesin pencari dan itu akan memiliki pengaruh negatif pada rangking Anda.

Saya sendiri tidak pernah menggunakan tool pencari keyword, cukup menulis artikel secar natural tentang topik dan fokus pada pembaca. Saya berfikir untuk menyampaikan informasi untuk pengunjung bukan untuk mesin.

3. Gunakan struktur halaman web yang jelas

Seperti dikatakan di atas, Google menyukai halaman web dengan struktur yang jelas. Pengunjung situs web juga menyukai halaman web yang memiliki struktur yang jelas.

Semakin mudah mengurai konten Anda, semakin baik kualitas situs Anda.

Gunakan judul, angka, daftar bullet dan elemen lainnya yang mempermudah penguraian halaman web Anda. Pesan utama halaman web Anda harus jelas pada pandangan pertama pembaca.

4. Jangan lupa alt tag dan meta data

Alt tag juga bagian yang bisa memberikan nilai tambah pada konten ketika kita menulis artikel tentu sebagai pelengkap adalah menyertakan gambar dalam konten Anda. Untuk itu pastikan memaukkan atribut img alt dari gambar-gambar ini dengan jelas yang bisa menggambarkan apa yang ada pada gambar tersebut. Idealnya, dalam memasukkan alt tag yang memiliki deskripsi berisi kata kunci yang ditargetkan. Sebenarnya Google bisa membaca teks yang ada pada gambar dan menafsirkan isi gambar tersebut.

Tulis deskripsi meta yang menarik yang menunjukkan kepada pencari bahwa halaman web Anda berisi apa yang dicari oleh pencari. Halaman web dengan deskripsi yang baik mendapatkan lebih banyak klik pada halaman hasil, daripada halaman yang tidak berisi deskripsi yang terkait dengan kueri pencarian.

5. Structured data yang baik juga sangat membantu

Pada pembahasan di atas saya telah menyebutkan bahwa Google menyukai halaman web yang terstruktur dengan jelas kan? Nah selain halaman web yang terstruktur dengan jelas, kode markup data terstruktur dapat membantu Google memahami dan memberi peringkat pada halaman web Anda dengan lebih baik. Untuk itu selalu cek pada webmaster tool google untuk memastikan kesalahan dan error yang ada dan di perbaiki semaksimal mungkin. Semakin baik Structured data maka semakim mudah Google bot merayapi situs Anda.

Baca juga: Banyak Tantangan Sebagai Blogger Masih Mau Mencobanya?

Sekian pembahasan kali ini tentang dalam Memperbaiki Konten blog atau situs Anda. Semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengujung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tips Sukses Blogger untuk Pemula Agar Website Ramai Pengunjung
Blogging
Tips Sukses Blogger untuk Pemula Agar Website Ramai Pengunjung

Tips Sukses Blogger Agar Website Ramai Pengunjung Mengawali blogging mungkin cukup membingungkan kalau Anda masih pemula. Anda pun ingin menerapkan tips sukses blogger agar blog Anda menarik pengunjung. Sehingga dapat menghasillkan uang untuk Anda. Namun jika tidak cermat bisa jadi Anda justru melakukan kesalahan yang tidak membawa dampak positif. Mengelola …

6 Tips Membuat Blog Bule atau blog Luar Negeri Untuk Pemula
Blogging
6 Tips Membuat Blog Bule/Luar Negeri Untuk Pemula

Membuat Blog Bule/Luar Negeri itu Mudah Membuat blog bule/luar negeri dinilai mampu menghasilkan uang lebih banyak daripada blog berbahasa Indonesia atau bahasa selain Inggris yang lainnya. Pasalnya, bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan oleh banyak orang di dunia. Sehingga jangkauan blog Anda lebih luas dan potensi mendapatkan pengunjung juga …

Tips Mendapatkan Pengunjung Blog Luar Negeri Untuk Pemula
Blogging
Tips Mendapatkan Pengunjung Blog Luar Negeri Untuk Pemula

Cara Mendapatkan Visitor Blog Luar Negeri Pengunjung atau visitor pada sebuah blog merupakan indikator utama untuk menentukan keberhasilan blog tersebut. Tak jarang, para Blogger Indonesia sering menempuh berbagai cara untuk mendapatkan banyak pengunjung. Namun adakalanya, para blogger di Indonesia ingin untuk mendapatkan pengunjung blog luar negeri guna semakin meningkatkan kualitas …