Keunggulan Memilih Asuransi Syariah yang Penting Diketahui
Asuransi

Keunggulan Asuransi Syariah

Ada berbagai jenis asuransi, salah satu yang menjadi favorit adalah asuransi syariah. Karena memilih Asuransi jenis ini berbasis prinsip syariah Islam. Walaupun begitu, tidak hanya muslim saja yang memanfaatkannya. Akan tetapi, banyak juga non-muslim bergabung dengan asuransi ini. Hal tersebut tidak salah, sebab ditegaskan oleh Taufik Marjuniadi, Ketua Umum AASI yang menyatakan dasar asuransi tersebut terbuka bagi siapa pun atau bersifat universal.

Keunggulan Memilih Asuransi Syariah yang Penting Diketahui

Bagi umat muslim, memilih asuransi berbasis syariah memang sangat diajurkan oleh agama. Tetapi, di luar bidang agama, ternyata ada banyak keunggulan memilih asuransi syariah dibandingkan asuransi konvensional. Keunggulan-keunggulan tersebut sangat menarik dan menggiurkan bagi masyarakat umum.

Artikel terkait: 4 Asuransi Pendidikan Terbaik di Indonesia

Berikut ini poin penting yang dapat membuat Anda tertarik memilih asuransi Syariah ini.

#1). Kemudahan Mencairkan Dana Premi

Tidak seperti sistem asuransi konvensional, dana premi dalam sistem asuransi ini tidak dimiliki oleh perusahaan asuransi. Akan tetapi dana tersebut tetap dimiliki oleh nasabah. Karena dana tersebut dimiliki oleh Anda, Anda dapat mengambilnya kembali. Selain itu, dana tersebut dapat dihibahkan pada orang lain, jika Anda menginginkannya.

Dana tersebut dijamin tidak akan hangus. Sehingga, sangat menguntungkan karena walaupun Anda tidak melalukan klaim, dana tidak akan hilang. Bahkan dalam perjalanan waktu,  jika Anda tidak meneruskan maupun menyelesaikan pembayaran premi, perlindungan tetap berlaku. Namun, Anda harus tetap menaati peraturan dengan melunasi premi di kemudian hari.

#2). Terjamin karena Mendapat Pengawasan dari Pengawas Syariah

Anda tidak perlu khawatir, apakah asuransi yang ditawarkan benar-benar sesuai dengan ajaran Islam atau malah menyeleweng. Termasuk dalam peraturan dan kehalalan dalam sistem asuransi. Karena masalah tersebut sudah mendapatkan pengawasan penuh dari Pengawas Syariah.

Dengan pengawasan tersebut jelas perusahaan tidak akan berani menyeleweng dari aturan yang telah ditentukan. Selain itu, pelanggaran-pelanggan, misalnya penyelewengan dana, dan pelanggaran lainnya. Jika perusahaan asuransi tersebut melakukan pelanggaran tersebut maka sanksi administrasi bahkan sampai pencabutan izin operasi akan diberlakukan.

#3). Prinsip Gotong-Royong yang Meringankan

Sistem yang sangat istimewa dari asuransi syariah adalah prinsip gotong royong. Seperti yang sudah diketahui, gotong-royong merupakan prinsip kehidupan di masyarakat Indonesia, dan diterapkan dalam sistem asuransi ini. Dalam sistem ini, perusahaan asuransi menjadi jembatan perantara antara para nasabah yang saling membantu satu sama lain.

Sederhananya, sesama nasabah dapat membantu nasabah lain yang sedang mengajukan klaim. Sehingga, nasabah tersebut terbantu. Demikian juga ketika Anda mengajukan klaim, bantuan dana dari nasabah lain juga akan Anda dapatkan.

#4). Sistem yang Tidak Tertutup atau Transparan

Tidak ada rahasia-rahasia yang ditutupi oleh asuransi berbasis syariah, sederhananya sistemnya terbuka. Hal tersebut sangat penting, karena Anda sebagai nasabah akan lebih mengetahui lebih jelas mengenai asuransi syariah yang ditawarkan. Keterbukaan sistem ini akan terlihat pada beberapa hal, di antaranya polis dan keuntungan.

Polis akan lebih dikenalkan oleh petugas asuransi dengan menjelaskan sejelas mungkin mengenai program asuransi. Polis ini tidak memberikan informasi yang lengkap. Sedangkan keterbukaan pada keuntungan lebih kepada sistem agama yang mengatur ketat keuntungan yang diperoleh oleh perusahaan.

#5). Memastikan Tidak Ada yang Dirugikan

Untuk memastikan nasabah tidak salah paham, pegawai asuransi syariah akan menjelaskan dengan selengkap dan sedetail mungkin sebelum nasabah mensetujui polis. Dengan demikian, kesalahpahaman nasabah yang mungkin beranggapan dirugikan akan lebih diminimalkan.

Sebab dalam sistem asuransi syariah, perusahaan memastikan tidak akan ada yang dirugikan. Semua nasabah sama-sama diuntungkan. Sehingga, jika Anda belum memahami mengenai penjelasan dari pegawai. Lebih baik untuk ditanyakan kembali, sehingga tidak akan terjadi kesalahpahaman nantinya. Misalnya mengenai sistem pengelolaan dana, dan sebagainya.

Baca juga: Inilah 4 Asuransi Pendidikan Anak Terbaik di Indonesia

Lima poin di atas sungguh sangat menarik, bukan? Sehingga tak salah jika banyak nasabah beralih dari asuransi konvesional ke syariah. Namun, harus diperhatikan dalam memilih perusahaan asuransi. Pastikan perusahaan asuransi yang terpercaya dan terjamin sesuai dengan sistem syariah yang benar.
Agar lebih memudahkan Anda dalam memilih perusahaan asuransi syariah yang terpercaya. Anda harus melihat, apakah perusahaan tersebut telah diakui oleh Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia dan Dewan Pengawas Syariah. Sehingga, jika ada suatu masalah pada Anda, kedua lembaga tersebut dapat dengan sigap membantu.

Sekian pembahasan kali ini tentang Keunggulan Memilih Asuransi Syariah. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Asuransi
Cara Menjalankan Prosedur Penyerahan Polis Asuransi Mobil

Prosedur Penyerahan Polis Asuransi Mobil Lagi bingung pelajari isi polis asuransi mobil? BANYAK MENEMUKAN ISTILAH YANG MEMBINGUNGKAN? Bingung nya akan istilah dalam polis asuransi membuat kita malas untuk belajar tentang asuransi mobil. Terus, malas juga ditambah dari cerewetnya dan berbelit-belitnya sama petugas asuransi dalam menjelelaskan istilah-istilah yang rumit itu. Belum …

Asuransi
5 Rekomendasi Perusahaan Asuransi Terbaik Saat ini

Daftar Rekomendasi Perusahaan Asuransi Terbaik Seiring meningkatnya perekonomian masyarakat saat ini tentu mereka juga memperhatikan masadepan diri dan keluarganya. Dengan mengikuti program-program asuransi maka masyarakat tidak lagi khawatir tentang apa yang mungkin saja terjadi di masa mendatang, tentu saja dengan mengikuti asuransi-asuransi yang telah tersedia saat ini sebagai pilihan terbaik …

Asuransi
Apa Saja Kebijakan Produk-Produk Asuransi

Kebijakan Produk-Produk Asuransi Kebijakan Produk-Produk Asuransi “seumur hidup”. Sesuai dengan namanya, asuransi “seumur hidup” dimaksudkan untuk bertahan sepanjang hidup Anda. Ini adalah kebalikan dari polis asuransi jiwa sementara yang mencakup jumlah waktu tertentu seperti jangka waktu 10, 20, atau 30 tahun. Ada banyak alasan bagus untuk membeli kebijakan produk-Produk Asuransi …