5 Langkah Untuk Menjadi Seorang Pengusaha online

Sukses Menjadi Seorang Pengusaha online

Di era yang sangat maju dengan koneksi jaringan yang semakin memadai ini memungkinkan semua orang bisa menjadi pengusaha dan berbisnis melalui media internet sebagai internet marketing. Orang-orang dari semua usia dan latar belakang saat ini banyak yang telah menjadi pengusaha online. Meskipun Anda tidak memerlukan kualifikasi khusus untuk berhasil sebagai pengusaha online sangat penting untuk memiliki pola fikir dan sikap untuk melihat besarnya peluang usaha dan bisnis ini.

Bisnis online merupakan bisnis dengan pertumbuhan yang sangat cepat saat ini. Banyak pengusaha yag telah mendapatkan keuntungan dari bisnis online ini dan tak jarang yang telah meraih kesuksesan dari pemasaran online yang mereka lakukan. Bisnis di bidang ini memang tidak membutuhkan terlalu banyak modal yang terpenting dengan menggunakan smatphone dan koneksi internet sudah bisa memiliki usaha sendiri. Banyak yang bisa dikerjakan dalam bisnis online ini misalnya menjadi dropshiper, afiliasi, jualan online, menjadi publisher periklanan dan masih banyak lagi untuk bisa meraup keuntungan dari bisnis online ini.

Menjadi Seorang Pengusaha online

Jika menyerah sebelum mencobanya tentu itu adalah pertanda bahwa usahanya sudah gagal karena tanpa mencoba pasti sudah gagal terlebih dahulu, ketika mendapatkan kesulitan untuk pertama kalinya dalam usaha dan bisnis dibidang internet ini tentunya sangat bermanfaat untuk lebih mendalami usaha ini. Untuk menjadi pengusaha online banyak sekali refrensi dan pembelajaran yang mungin di butuhkan untuk menjadi pengusaha melalui internet ini.

Di sisi lain, jika Anda pandai, dan bersedia untuk belajar keterampilan baru dan merasa bahwa ada sesuatu yang lebih dari apa yang Anda lakukan dalam pekerjaan Anda saat ini maka Anda dapat berada di jalan yang tepat untuk menjadi pengusaha online.

Artikel terkait: 6 Aplikasi Pendukung Bisnis Online Yang Perlu Anda Miliki

Ada beberapa langkah yang perlu Anda ambil untuk menjadi seorang pengusaha online.

1. Memiliki Tujuan Yang Jelas Untuk Bisnis Anda

Ketika Anda memulai bisnis online, Anda harus memiliki tujuan yang jelas dan spesifik dari tujuan tertentu. Menjadi jelas tentang apa yang Anda ingin capai adalah langkah pertama. Itu penting karene ini lebih dari sekedar datangnya sebuah ide untuk menjadi pengusaha online ini. Anda harus menuliskan tujuan Anda dan tahu bagaimana Anda akan mencapainya.

2. Membuat Rencana

Setelah Anda menetapkan tujuan Anda, Anda harus mengembangkan rencana kedepanya untuk menjadi sukses dalam bidang yang ditekuni. Untuk melakukan hal ini Anda membutuhkan produk atau jasa yang orang akan tertarik dan membeli dari Anda. Anda harus tahu produk dan jasa apa yang akan Anda jual, Anda akan menjualnya kepada siapa, bagaimana Anda akan menjualnya kepada mereka dan berapa banyak Anda akan menjualnya kepada mereka pelanggan dan konsumen.

3. Ambil Tindakan Take Action

Selanjutnya, sekarang saatnya untuk mengambil langkah-langkah tindakan tindakan ini setelah merencanakan produk dan jasa apa yang akan Anda jual, Anda akan menjualnya kepada siapa, bagaimana Anda akan menjualnya kepada mereka dan berapa banyak, kemudian apa manfaat untuk konsumen. Mengumumkan kepada semua orang tentang apa kelebiha dari layanan yang Anda berikan kepada mereka dengan langkah-langkah tindakan Anda dan dengan adanya tanggapan dan testimoni ini akan membatu untuk memecahkan masalah yang mungkin muncul dari usaha dan bisnis online yang Anda kerjakan atau dirikan.

4. Gunakan Outsourcing dan Otomatisasi

Setiap pengusaha online yang sukses tidak melakukan semuanya sendiri. Anda akan perlu untuk melakukan outsourcing tugas-tugas tertentu dan menggunakan perangkat lunak yang dapat mengotomatisasi operasi untuk Anda. Outsourcing membantu Anda untuk menghindari tugas-tugas yang menguras waktu dari hari Anda. Merekrut freelancer dengan berbagai keterampilan yang dimilikinya tentunya akan membantu mempermudah dan memperbanyak konsumen dan pelanggan yang akan terjaring. Dimana mendapatkan Freelancer ini ? banyak sekali seitus-situs yang menyediakan layanan ini dapat ditemukan misalnya di situs-situs seperti Fiverr, Elance dan UpWork.

5. Mengelola Waktu Anda hati-hati dan Teliti

Kadang-kadang, untuk mengembangkan sesuatu yang baru, kita perlu melepaskan sesuatu yang lama. Banyak orang menyukai ide menjadi seorang pengusaha online tapi mereka tidak berpikir waktu yang mereka punya. Jawabannya adalah bukan tentang menemukan lebih banyak waktu, mengelola waktu yang tersedia dan membuatnya bekerja lebih efisien. Ketika Anda membangun bisnis Anda, Anda mungkin harus merelakan jarang menonton televisi, bekerja di akhir pekan atau kurangnya melakukan olahraga favorit Anda atau hobi untuk sementara waktu.

Sukses dalam bisnis adalah sebagian besar tidak lepas dari pemasaran, terutama online. pemasaran yang hebat dapat menjual produk rata-rata tetapi pemasaran yang buruk tidak bisa menjual produk hebat. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang membangun bisnis online yang sukses Anda bisa mendapatkan akses ke GRATIS Pemasaran atau Online Bisnis Video Series yang terdapat di media internet atau buku tentang PEMASARAN ONLINE. Tentunya untuk menjadi pengusaha online yang sukses harus melalui tahap-tahap yang tidak sebentar kuncinya adalah sabar, niat yang kuat, dan ketekunan untuk menjalankan usaha dan bisnis melalui online atau internet sehinggan menjadi pengusaha online yang sukses.

Cara Memulai Bisnis Online yang Menguntungkan Untuk Pemula

Berbisnis online ini sangat menarik utnuk terus dibahas karena memang saat ini bisnis online berkembang sangat pesat karena dukungan internet dan teknologi yang semakin canggih. Bisnis online ini sangat mnguntungkan bagi pelakunua namuntak jarang akan ada yang merasa kesulitan khususnya bagi mereka yang masih pemula, biasanya mereka tidak tahu mau bagaimana, seperti apa, memulai dari mana dan lain sebagainya. Oleh karena itu jiak Anda ingin memulai bisnis online ada baiknya untuk mengetahui atau memahami bisnis online itu sperti apa. 

 
Sebenarnya untuk tutorial atau panduan bisnis online ini sudah banyak yang membahasnya bahkan dari awal sampai akhir sukses juga banyak yang telah mebagikannya. Bisnis online sendiri banyak tipe dan kategorinya tergantung Anda mau memilih yang jenis bisnis online seperti apa nantinya yang ingin di jalanka karena memang model bisnis online itu bermacam-macam tentu saja tingkat kesulitanya juga berbeda namun semuanya pada dasarnya sama.
Sama halnya dengan bisnis konvensional jika kita ingin membangun sebuah bisnis online ini maka yang perlu dimiliki adalah mental positif sperti belajar sungguh-sungguh, bekerja keras, pantang menyerah, impian yang besar dan terukur, berani mengambil resiko.
 
Nah setelah memahami apa itu bisnis online dan memiliki kemauan untuk sukses di usaha dan bisnis onle tersebut maka selanjutnya kita akan lanjut ke pembahasan langkah-langkah untuk memulai bisnis online yang sukses dan menguntungkan dengan jangka panjang tentunya. Disini saya akan mengelompokan menjadi 5 model bisnis online yang mudah-mudahan Anda bisa memilih sesuai dengan keinginan dan kemampuan Anda.
1. Membangun Blog/ Website
 
Cara yang paling mudah untuk bisa berbisnis online jika menurut saya adalah membuat blog atau website. Seperti yang saya lakukan ini juga termasuk bisnis online, caranya sangat mudah bahkan gratis dengan memanfaatkan platform seperti blogger, wordpress dan lain sebagainya kemudian kita bangun sedemikian rupa dengan mengisi artikel atai topik yang kita sukai dan kemudian membagikan kepada pembaca sehingga kita juga berbagi informasi yang bermanfaat juga utnuk mereka. Untuk membangun blog atau website ini sesuaikan juga dengan keahlian, hobi, binat, bakat, atau apapun yang kita sukai untuk di tuangkan pada tulisan.
Nah setelah blog atau website yang kita bangun tadi mendapatkan visitor atau pengunjung yang banyak maka kita bisa memonetize nya sehingga bisa menghasilkan uang nantinya, hal ini bisa berupa menjadi publisher adsense dan lain sebagainya. Publisher disni saat memiliki blog yang siap untuk dimonetize maka bisa di pasang iklan PPC dari Google AdSense, iklan mandiri, afiliasi, menjual jasa artikel review dan tentunya masih banyak lagi. 
Namun perlu di ingat bahwa membangun blog ini tidak langsung jadi begitu saja ada proses yang dilalui. Jika blog atau website Anda sudah berkembang dan memiliki visitor banyak maka ini akan menjadi sumber penghasilan jangka panjang dengan penghasilan jutaan rupiah perbulan.
2. Membangun Toko Online

Saat ini mebuat toko online sendiri bukan lah hal yang sulit karena sudah disediakan platform seperti wordpress untuk bisa digunakan untuk membangun sebuah situs toko online dengan mudah. Apalagi jika Anda sudah paham tentang web developer hal ini pasti akan jauh lebih mudah untuk membuat toko online. Website toko online ini biasanya unutk menjual berbagai produk misalnya busana, aksesoris, sperpart kendaraan, elektronok dan lain sebagainya. 

 
Kemudian saat ini juga telah banyak tersedia market place seperti tokopedia, lazada, bukalapak, sophee dll yang bisa digunakan untuk berjualan. Market place ini sangat mudah dan bahkan gratis bisa digunakan oleh siapa saja.
Lalu bagaimana jika kita tidak punya produk sendiri? Nah jika kita memang tidak memiliki produk yang bisa dijual maka kita bisa bergabung menjadi dropship. Disini kita akan berjualan broduk yang laris di internet kemudian menjualkan barang dari suplier langsung namun kita tidak pelu lagi paking, mikir stok, mikir proses kirim seperti apa atau mengurusi barang tersebut karena sudah di urus oleh suplier. Kita tinggal menjualkan saja. Biasanya kita tinggal menjual barang kemudian suplier akan mengurin dengan atas nama toko online kita.
3. Menjual Produk Digital

Saat ini produk-produk digital sangat ramai dicari oleh konsumen. Apalagi jika kita memang memiliki keahlian dalam membuat eBook, video, atau membership, aplikasi dan lain sebagainya maka ini adalah peluang yang cukup besar juga. Produk digital ini memang potensial karena minat konsumen akan produk digital semakin besar. Misalnya saja kita bisa membuat eBook bisnis nah ini sangat cocok jika bisa menawarkan kepada komunitas pebisnis yang berhubungan dengan bisnis tertentu misalnya eBook internet marketing ini pasti akan laris manis disana. Nah jika Anda memiliki keahlian tersebut segera manfaatkan utnuk di jual online.

4. Menjadi Affiliate Marketer

Seperti pada poin no 1 tadi ketika kita sudah memiliki blog atau website yang sudah memiliki pengunjung yang cukup ramai maka kita bisa menggunakanya untuk bergabung menjadi affiliate marketer. Ini juga berkaitan menjual produk orang lain dengan komisi penjualan tertentu. Produk yang dijual bisa dalam bentuk fisik ataupun dalam bentuk digital, Anda bisa menentukan produk seperti apa yang paling relevan dengan blog Anda. Komisi yang diberikan biasanya 30% 50% 70% dari harga penjualan tergantung kesepakatan dengan pemilik produk.

Program afiliasi sendiri sudah banyak yang bisa kita sesuaikan dengan topik blog atau website kita. Misalnya topik situs kita membahas domain dan hosting maka program afiliasi yang cocok adalah penyedia layanan tersebut, atau website kita membahas produk2 tertentu maka kita bisa bergabung dengan afiliasi dari lazada dan lain sebagainya.

5. Menjadi Penulis Artikel lepas

Jasa artikel saat ini sangat dibutuhkan mengingat minat dan kebutuhan akan artikel saat ini sangat besar. Profesi yang satu ini memang terbilang laris karena memang banyak pemilik blog atau website membutuhkan artikel segar setiap harinya. Bahkan situs-situs besar pun sangat mebutuhkan jasa penulis artikel ini. Apalagi jika Anda memiliki keahlian di bidang menulis maka ini adalah peluang yang sangat potensial untuk dikerjakan. Walaupun bisnis yang satu ini terkesan sulit, cukup banyak yang sukses menjalankan profesi sebagai penulis. Jadi, buat Anda yang punya minat besar dalam menulis, manfaatkan minat dan keahlian menulis tersebut menjadi ladang penghasilan.

Walaupun Anda adalah pemula jangan berkecil hati karena bisnis online ini sangat luas dan besar petensi kesuksesanya. Selain itu banyak tipe bisnis online yang bisa kita kerjakan sesuai dengan kemampuan kita. Saya yakin dengan memulai bisnis ini semua bisa mendapatkan keuntungan yang besar jika dikerjakan dengan sungguh-sungguh.

Cukup sekian Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tips Jitu Sukses Berbisnis Online Shop Omset Jutaan
Bisnis Online
4 Tips Jitu Sukses Berbisnis Online Shop Omset Jutaan

Sukses Berbisnis Online Shop Di luaran sana ada banyak sekali bisnis-bisnis yang dapat dijalankan, baik yang offline maupun yang online. Intinya apapun jenis bisnisnya, strategi dalam berbisnis tetap harus dimiliki. Bisnis juga tidak memandang usia. Tua ataupun muda boleh berbisnis asalkan memiliki niat untuk menjalankannya. Kesuksesan berbisnis juga tidak diukur …

Bisnis Online
1
5 Bisnis Tanpa Modal Dengan Untung Jutaan Rupiah!

Bisnis Tanpa Modal yang Menguntungkan Jutaan Rupiah Zaman yang terus maju memang tak dipungkiri membuat pengeluaran makin banyak. Saat ini manusia memang dituntut untuk bisa kreatif dalam mencari pendapatan tambahan. Bahkan mereka yang terdaftar sebagai pegawai kantoran mulai melirik usaha sampingan agar pendapatan makin besar. Namun sebagian orang enggan jadi …

Bisnis Online
5 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Bagi Pemuda Millennial

Mendapatkan Uang Dari Internet Bagi Kaum Millennial Perkembangan zaman memang sudah begitu maju dan terkendali. Hal ini membuat Anda sudah lazim melihat teknologi yang semakin canggih di berbagai hal. Misalkan saja internet yang dulu cuma digunakan kelompok tertentu, sekarang sudah dipakai oleh siapa saja. Terimakasih pada HP yang makin canggih, …