5 Tips Mengubah Hobi Menjadi Peluang Bisnis

5 Tips Mengubah Hobi Menjadi Peluang Bisnis

Mengubah Hobi Menjadi Peluang Bisnis

Pada dasarnya manusia telrlahir di dunia telah dibekali keunikan sendiri-sendiri, mereka memiliki karakter, minat, bakat, kemampuan, dan lain sebagainya untuk bekal hidupnya. Hal ini bisa terlihat pada hobi yang dimiliki oleh pribadi masing-masing. Terkadang orang memiliki hobi yang unik menarik dan juga hingga nyeneh lain dari biasanya, misalnya saja memelihara reptil, hobi ketinggian dan masih banyak lagi. Bisa dikatakan bahwa hobi-hobi ini terkadang malah memiliki nilai jual yang menguntungkan. Saat ini di zaman serba moderen telah banyak pengusaha sukses yang memulai bisnisnya dari hobi atau kesukaanya, misalnya hobi olahraga mereka jualan peralatan olahraga, hobi memancing mereka jualan ikan atau perelatan pancing, hobi traveling mereka menjadi pemandu perjalanan atau membuka agen travel sendiri. Ada pepatah yang mengatakan What You Love and Love What You Do yang artinya kerjakanlah hal yang Anda sukai, dan sukailah hal yang sedang Anda kerjakan.

Nah jika Anda memulai usaha atau bisnis dengan niat dan didasari dengan minat kesukaan hobi dan Anda menikmatinya tentu pekerjaan seberat apapun akan semakin ringan dan menyenangkan. Itu artinya tidak ada beban yang perlu dipikirkan terlalu berat ketika sedang mengerjakan usaha tersebut. Misalnya saja saya memiliki hobi ngeblog maka dengan sendirinya menekuni bidang blogging ini terasa menyenangkan dengan penghasilan yang alhamdulillah cukup untuk beli esteh hehe.

Tips Mengubah Hobi Menjadi Peluang Bisnis

Kenapa harus dimulai dari hobi?

Ternyata tidak jarang juga yang bekerja namun terasa membosankan jenuh banyak pikiran dan tidak menyukai pekerjaannya. Hal ini didasari dengan tidak sesuainya passion dan keahlian yang dimiliki. Pada akhirnya mereka justru tidak bisa bekerja dengan sepenuh hati bahkan kadang semaunya sendiri asal-asalan dalam mengerjakan pekerjaannya. Jika Anda inin menjadi sukses dibidang apapun ma yang perlu diperhatikan adalah hati merasa senang tentram dan dikombinasikan dengan minat hobi maka semua akan menjadi mudah dijalankan karena dengan memahami hobi Anda, Anda bisa tahu kekurangan dan kelebihan dari bisnis yang dijalankan tersebut.

Jika Anda telah memiliki hobi maka Anda tentu sudah mengerti memahami hobi yang Anda miliki seperti apa tinggal selangkah lagi untuk mengaplikasikannya, mengembangkan dan juga menjalaninya dalam dunia bisnis. Oleh karena itulah mengapa Anda harus segera bisa mengubah hobi yang Anda miliki menjadi peluang bisnis yang menguntungkan, menjanjikan baik itu dari segi finansial maupun pengalaman Anda. Di lain sisi Anda mendapatkan kesenangan dalam hal hobi juga mendapatkan income yang menguntungkan bahkan bisa mendapatkan omset hingga jutaan jika sudah berjalan dengan baik.

Pertanyaannya sekarang yang muncul ialah apakah hobi yang Anda miliki sekarang sudah bisa mendatangkan pundi-pundi Rupiah? Mengapa harus hobi? Sebab hobi adalah kegiatan yang sering Anda kerjakan. Jadi, dalam menjalaninya Anda tidak akan merasa dibebani.

Artikel terkait: 10 Hobi Terbaik yang Menghasilkan Uang Untuk Anda

Bagi yang Anda ingin mendapatkan penghasilan sekaligus bisa menyalurkan hobi Anda, Berikut 5 Cara Mengubah Hobi Menjadi Peluang Bisnis:

Apa hobi Anda?

Apakah hobi Anda memancing atau mengumpulkan gemerincing?

Apakah hobi Anda menyanyi atau melukis?

Apakah hobi Anda bisa menghabiskan uang atau malah bisa menarik uang.

Hayooo coba Anda pelajari hobi yang bisa menjadi peluang bisnis.

cara mengubah hobi Anda menjadi bisnis yang menguntungkan:

  • Pertama, ciptakan peluang.

Maksudnya adalah sebisa mungkin bisnis yang kita rintis bisa menciptakan peluang kerja bagi semua orang. Jadi bermanfaat bagi umat dan masyarakat. Contoh nyata: kita memiliki hobi memelihara ikan gurami. Bermula dari hobi itulah, maka kita merintis kolam gurami, mengedukasi masyarakat tentang cara memelihara gurami, dan kemudian bersama-sama merintis perkampungan atau sentra budidaya gurami.

  • Kedua, berbagilah.

Jangan pelit kalau sudah punya berjuta ilmu dan banyak pengalaman.  Ilmu itu tidak akan hilang karena dibagi, kita tidak akan miskin karena berbagi. Tulislah semua yang kita miliki di milis, di media dan jejaring sosial, serta jangan lupa untuk menulis buku agar ilmu yang kita miliki bisa memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi orang lain. Karena dengan menulis buku, maka kita pasti dianggap orang lain sebagai pakar atau ahli sehingga akhirnya arahan kita dalam buku menjadi panduan orang atau pembaca untuk memulai bisnis yang sama.

  • Ketiga, ikutilah dan selanjutnya ciptakan komunitas.

Pertama kalinya tentu kita bisa bergabung dengan komunitas yang memiliki hobi yang sama dengan kita. Misalnya kita hobi menulis, maka kita bisa bergabung dengan forum menulis yang memiliki reputasi bagus. Alternatif lainnya, kita bisa menciptakan atau mendirikan komunitas menulis tersendiri.

Baca juga: 6 Peluang Usaha Sampingan Dengan Modal Kecil Bonus Tips

  • Keempat, bersilaturahmi.

Bersilaturahmi itu memperluas rejeki dan memperpanjang umur. Dengan bersilaturahmi, maka pikiran kita akan terbuka, ilmu dan pengalaman pun ikut bertambah karena kita berinteraksi dan bergaul dengan banyak orang. Pertemanan dan jejaring adalah kunci sukses untuk mengembangkan bisnis kita nantinya.

  • Kelima, meluruskan niat dan berdoa.

Nah inilah yang tidak boleh kita lupakan, karena semua kesuksesan kita pastilah ditentukan oleh Allah.

Bagaimana menciptakan hobi bisa menjadi hoki. Bagaimana menciptakan sampah bisa berubah rupiah. Begitulah nasihat dari pakar bisnis yang sering kita dengar. Berbicara tentang hobi maka bila kita tekun dan konsisten menekuninya, tidak menutup peluang dan kemungkinan bahwa suatu saat nanti pasti akan menjadi bisnis yang menjanjikan. Nah, berangkat dari pemikiran sederhana inilah, maka banyak sekali para pemula yang serius berburu berbagai bacaan dan buku yang mengupas tentang tips mengubah hobi menjadi peluang bisnis. Apalagi dengan semakin terbukanya era informasi, maka materi seperti itu dengan mudahnya kita dapatkan di internet.

Nah, inilah lima tips mengubah hobi menjadi peluang bisnis. Selamat mencoba. Semoga SUKSES!

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.