6 Keuntungan Melakukan Perdagangan Internasional Ekspor Bagi Pengusaha

Keuntungan Perdagangan Internasional Bagi Pengusaha
Strategi Pemasaran

Keuntungan Perdagangan Internasional Bagi Pengusaha

Perdagangan internasional memungkinkan Anda untuk bertukar barang dan jasa dengan menggunakan uang sebagai alat tukar. Kita juga sering mengenal perdagangan lintas negara ini dengan istilah ekspor impor. Selama abad ke-20 perdagangan jenis ini menjadi salah satu pendorong utama pertumbuhan ekonomi.

Melakukan ekspor impor juga meningkatkan persaingan dalam hal penjualan. Bahkan mempengaruhi harga produk yang bersaing di pasaran. Jenis perdagangan yang juga disebut perdagangan global memiliki manfaat dan keuntungan bagi pelaku usaha.

Keuntungan Perdagangan Internasional Bagi Pengusaha

Berikut adalah manfaat perdagangan global yang bisa Anda dapatkan.

1. Memperluas Lingkup Usaha

Menjual barang ke luar negeri berarti dapat meningkatkan potensi pelanggan. Produk usaha Anda lebih dapat dikenal dengan prospek 100 persen, setiap kali Anda berhasil menjual barang. Perdagangan internasional bisa menjadi cara yang lebih mudah untuk mengembangkan bisnis daripada berjualan secara lokal saja.

Apalagi kini berjualan ke luar negeri tidak sesulit dulu. Sekarang untuk memasarkan produk Anda sudah bisa melakukannya secara online. Selain lebih cepat untuk mengenalkan produk Anda cara tersebut juga menekan biaya pemasaran.

Artikel terkait: Pengertian Faktor-faktor pendorong Dan Manfaat Perdagangan Internasional

2. Meminimalisir Risiko Bisnis

Perdagangan secara global juga dapat mengurangi risiko bagi bisnis Anda. Jika berjualan di wilayah lokal saja maka Anda hanya mengandalkan satu pasar. Sehingga Anda pun hanya menggunakan mata uang tunggal dalam berjualan. Hal tersebut bisa lebih berisiko terhadap usaha Anda.

Contohnya ketika terjadi bencana global misalnya tsunami atau kerusuhan seperti di Timur Tengah maka akan berdampak terhadap nilai mata uang dan pasar. Lebih sulit mengantisipasi jika terjadi inflasi. Namun dengan melakukan perdagangan internasional yang menggunakan mata uang asing bisnis Anda akan lebih aman.

3. Menikmati Manfaat dari Negara Asing

Masih terkait dengan poin sebelumnya. Jelaslah ketika menjual barang ke luar negeri Anda menggunakan mata uang asing untuk bertransaksi. Baik itu Dollar, Euro, Yen, Poundsterling. Ini dapat lebih bermanfaat bagi bisnis Anda. Dengan menukar mata uang asing ke mata uang Rupiah.

Jika Anda menetapkan strategi harga yang tepat untuk klien dan pembeli di luar negeri, maka keuntungan yang Anda dapatkan akan lebih besar ketimbang pesaing lokal yang ada di Indonesia. Jadi Anda juga lebih mudah dalam mengembangkan bisnis ke depannya.

4. Pembayaran di Awal yang Aman

Jika kita berbicara tentang perdagangan internasional Anda tentu sudah memiliki metode sendiri. Anda sebagai penjual dengan pembeli di luar negeri akan melakukan transaksi secara aman dan efisien. Salah satu keuntungan yang bisa Anda dapatkan adalah pembayaran di muka.

Pembayaran di awal tentu jauh lebih aman bagi bisnis Anda. Ini juga dapat mengurangi risiko pembayaran seperti pembeli tidak membayar atau hanya membayar setengahnya. Bahkan juga dapat membantu memutar modal usaha Anda dengan lebih cepat.

5. Bisa Menjual Aneka Ragam Barang

Jika Anda menjual produk ke luar negeri jenisnya bisa lebih beragam. Anda pun dapat memanfaatkan peluang menjual barang yang menjadi ciri khas Indonesia. Misalnya seperti kerajinan tangan atau produk makanan. Mungkin di Indonesia produk tersebut sudah banjir kompetitor atau sepi peminat.

Namun jika memasarkan ke luar negeri maka Anda dapat memberikan pilihan yang lebih luas untuk konsumen. Anda tidak hanya menyediakan produk yang bermanfaat untuk dapat meningkatkan kualitas hidup. Namun juga membantu geliat perkembangan ekonomi di Indonesia sendiri.

Baca juga: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perdagangan Internasional

6. Membuka Lapangan Pekerjaan

Ketika melakukan perdagangan internasional maka Anda juga akan membuka lapangan pekerjaan lebih luas. Karena pasar untuk produk Anda juga ikut meluas melalui perdagangan global tersebut. Sehingga Anda akan membutuhkan orang-orang yang berkualifikasi untuk menjadi karyawan Anda.

Melalui penjualan produk ke luar negeri maka Anda membantu menghasilkan lebih banyak lapangan pekerjaan. Karena terbentuknya industri baru yang mengikuti kebutuhan berbagai macam negara. Kebutuhan karyawan kompeten untuk Anda sendiri dapat membantu menurunkan tingkat pengangguran di Indonesia.

Demikian keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menjual produk ke luar negeri. Tidak harus langsung usaha berskala besar. Dengan modal yang terbatas Anda bisa pandai-pandai menuangkan kreativitas.

Yakni dengan menjual barang yang biayanya produksi terlalu besar. Namun bisa dijual dengan harga yang menguntungkan. Boleh juga Anda menjadi distributor yang menjualkan produk orang lain. Yang penting berhati-hatilah agar tidak salah langkah dalam melakoni perdagangan internasional ini.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Pengertian Market Share atau Pangsa Pasar
Strategi Pemasaran
Market share Adalah Salah Satu Indikator Keberhasilan Perusahaan

Market Share atau Pangsa Pasar Market share adalah sebagian dari total permintaan terhadap suatu barang atau jasa yang menunjukkan kelompok konsumen dalam sebuah pasar. Dalam hal ini, konsumen dapat dikelompokkan menurut jenis kelamin, pendidikan, status sosial, tingkat penghasilan, dan usia. Pangsa pasar merupakan bagian yang dikuasai oleh suatu perusahaan dalam …

Strategi Pemasaran
2
Cara Sukses Memasarkan Bisnis Menggunakan Blog

Memasarkan Bisnis Menggunakan Blog Dengan kemajuan teknologi dan informasi saat ini dan dengan dukungan internet memungkinkan berbagai hal bisa dilakukan dengan mudah salah satunya yaitu dalam hal kegiatan bisnis. Saat ini telah banyak bisnis yang juga menggunakan media sosial, termasuk blog, untuk mempromosikan aktivitas bisnis yang mereka miliki, berbagi berita …

Strategi Pemasaran
Apa yang Memotivasi Pelanggan untuk Membeli

Memahami Pelanggan Untuk Membeli Dalam kegiatan bisnis tentu yang harus diperhatikan adalah pemasaran. Perusahaan sekala besar maupun kecil sangat memperhatikan strategi pemasaran yang mereka terapkan, karena hal ini menyangkut sukses dan tidaknya menarik pelanggan atau konsumen yang sebesar-besarnya. Tujan pemasar adalah bagaimana cara memenuhi kebutuhan pelanggan potensial. Oleh karena itu …