6+ Kunci Bagaimana Menjadi Entrepreneur Yang Sukses

Kunci Entrepreneur Yang Sukses

Banyak yang ingin menjadi pengusaha sukses. Namaun untuk menjadi wirausaha yang sukses itu tidak semudah membalikkan telapak tangan karena akan membutuhkan proses yang  cukup panjang untuk sampai ke titik sukses tersebut. Tak jarang resiko, tantangan, kerugian bahkan kegagalan siap menghadang langkah seorang wirausaha. Kesuksesan seorang entrepreneur dapat diukur dari sebagaimana kesiapan dalam memulai bisnis yang dijalankan. Dan harus memiliki business plan atau rencana bisnis sejak awal untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan natntinya.

Kunci Menjadi Entrepreneur Yang Sukses

Walaupun tidak mudah menjadi entrepreneur siapapun itu jika sudah terjun di dunia usaha dan menekuni dengan tekad dan keyakinan yang kuat saya yakin kedepanya akan menjadi pengusaha yang sukses. “Sembilan dari sepuluh pintu rezeki ada dalam perdagangan”. Pernahkan Anda mendengar ungkapan tersebut? Memang benar untuk menjadi sukses adalah melalui berbisnis salah satunya berdagang itu sendiri. Jika Anda tertarik dan ingin memulai usaha atau bisnis terlebih dahulu perhatikan beberapa kunci menjadi pengusaha yang sukses sebagai berikut:

Menyiapkan Nyali. Akan banyak resiko dan tantangan yang akan di jumpai dalam dunia bisnis, oleh karena itu Anda harus siap menghadapinya yang mungkin saja akan di temui sewaktu-waktu dalam bisnis yang dijalankannya. Bahkan saat mengambil keputusan untuk memulai usahapun tentunya Anda harus berani mengambil resiko yang ada. Keberanian dalam menghadapi setiap masalah inilah yang nantinya akan membawa Anda menuju kesuksesan. Seberapa hebat rencana yang difikirkan dan seberapa baik rencana yang telah dibuat namun tidak memiliki keberanian dalam melakukan tidakan atau action maka tidak ada nilainya sama sekali.

Memilih Bidang Usaha Sesuai Minat, Bakat dan yang Anda Cintai.  Apapun pekerjaan ketika deikerjakan dengan senang maka akan berjalan dengan semestinya tanpa beban. Dalam sebuah bisnis akan lebih menyenangkan untuk dikerjakan dan terkesan tidak akan bosan untuk mengembangkannya jika sesuai dengan minat atau bakat yang dimiliki bahkan jika dilakukan dengan cinta maka seorang seorang entrepeneur akan terbebas dari keragu-raguan dalam pengambilan keputusan. Misalnya Anda memiliki minat atau bakat dalam bidang olah raga maka bisnis yang berkaitan dengan olah raga tentu akan menjadi bisnis yang sangat mudah untuk Anda jalankan.

Memiliki Daya Juang yang Tinggi. Seorang pengusaha yang sukses akan memiliki semangat dan daya juang dalam membangun bisnisnya. Mereka memiliki komitmen kuat untuk terus melangkah kedepan dalam mewujudkan keberhasilan bisnis yang dikerjakan. Dlam dunia bisnis persaingan itu pasti akan dijumpai oleh siapa saja maka dengan adanya daya juang yang tinggi ini menuntut seorang entrepreneur untuk terus berjuang dan berusaha dalam memajukan usaha serta bisa melihat peluang-peluang yang ada. 

Berpikir Positif. Pikiran memiliki peran yang sangat besar dan memang mempengaruhi segala tindakan sehari-hari. Berpikir positif tentunya akan membuat semua hal kehidupan akan menjadi positif juga. Sebagai pengusaha, mental dan mindset positif inilah yang akan menuntunnya kearah yang lebih baik.  Mulailaih berbisnis dengan selalu berpikir positif akan kesuksesan yang bisa diraih. Mengapa demikian karena setiap keputusan-keputusan dan tindakan positif akan menentukan arah tujuan yang jelas dan mendorong bisnisnya menjadi sukses. Hal ini juga akan dapat memotivasi diri untuk bekerja lebih giat dan menjadikan diri tidak mudah putus asa.

Artikel terkait:  6 Tips Fokus Dalam Menjalankan Bisnis Anda

Fokus. Biasanya Fokus yang rendah menjadi salah satu penyebab utama kegagalan suatu bisnis. Pada banyak kasus bisnis, mayoritas orang mulai kehilangan fokusnya di saat mereka sudah mendapatkan rutinitas barunya yang memecah konsentrasi dan perhatian terhadap tujuan. Oleh sebab itu sebagai Entrepreneur fokuslah kepada target yang akan diraih adalah kunci kesuksesan yang harus dipertahankan. Semakin fokus pada hasil yang diperoleh, maka akan mempermudah kemajuan dan kesuksesan pada usaha yang dikelola. Dengan fokus pada satu bidang bisnis, kita akan sepenuhnya berfikir terhadap pengembangan bisnis tersebut.

Kekuatan Tim SDM (Sumber Daya Manusia). Dalam dunia bisnis tentunya tidak bisa Anda lakukan sendirian, Anda akan selalu berhubungan dengan banyak orang mungkin dari karyawan, relasi bisnis, investor, konsumen dan lain sebagainya inilah yang akan menggerakkan roda bisnis yang Anda jalankan. Maka keberadaan tim kerja adalah mutlak dibutuhkan, Terutama pada karyawan atau tim yang Anda miliki. Tim yang baik adalah kunci agar organisasi menjadi efektif  yang terjalin kerjasama dan komunikasi yang baik dan jika tim kerja yang Anda bawahi tidak bisa bekerja dengan maksimal, maka perkembangan bisnis yang Anda kelola pasti mengalami kendala. Tujuh karakteristik kunci menciptakan kinerja tim yang tinggi :

1). Purpose and Value/ Tujuan dan nilai-nilai: Visi dan misi perusahaan harus disampaikan dengan jelas sehingga seluruh karyawan dan yang terlibat dalam perusahaan itu bisa menerapkan untuk mencapai tujuan bersama. Nilai-nilai yang terkandung dalam visi dan misi ini harus bisa di terapkan agar perusahaan berjalan dengan semestinya. Kemuduan dalam mencapai tujuan tersebut perlu adanya sasaran, perencanaan, strategi, dan peran dari tujuan dan nilai-nilai yang disetujui bersama.

2). Empowerment/ Pemberdayaan. Perusahaan harus memiliki suatu kebijakan, peraturan, dan prosedur memudahkan mereka melaksanakan tugas dari setiap bagian masing-masing sehingga pekerjaan dari tiap bagian atau divisi memiliki kinerja yang baik. Pemimpin juga harus bertindak dengn keputusan-keputusan yang mendorong kegiatan bisnisnya semakin berkembang dan maju. Maka dari itu pemimpin harus memilki otoritas bertindak dan mengambil keputusan dan pilihan dengan batasan-batasan yang jelas. Selain itu pemimpin harus fleksibel terhadap situasi dan kondisi yang ada dengan berbagi informasi, pengetahuan dan saling membantu.

3). Relationship and Communication/ Hubungan dan Komunikasi. Sebuah bisnis atau usaha tentunya akan melibatkan banyak orang dari karyawan, marketing, customer service, mitra bisnis dan lain sebagainya, oleh karena itu perlu adanya komitmen untuk berbagi informasi dengan saling  menghormati, menghargai, dan saling peduli. Mendengar lebih penting daripada berbicara, membangun kepercayaan dan penerimaan, peduli dan saling bergantung dengan kebersamaan tinggi. Inilah yang akan membuat tim akan semkin solid dan membentuk cita-cita bersama yaitu kemajuan sebuah bisnis tersebut.

4). Flexibility/ Fleksibilitas. Setiap anggota tentunya memiliki tanggung jawab masing-masing terhadap kinerjanya. Kepemimpinan yang fleksibel inilah yang akan mempermudah dalam pengambilan setiap keputusan yang akan berubah beradasarkan kebutuhan. Kremudian mereka bisa beradaptasi terhadap perubahan kondisi yang bisa berubah setiap waktu atau saat.

5). Optimal productivity/ Produktivitas optimal. Produktivitas adalah bagian terpenting, semakin stabil bahkan meningkatnya produktivutas ini maka pasar tidak akan mengalami kesulitan menemukan barang tersebut. Produktivitas yang optimal tercermin dari jumlah dan kualitas tugas yang diselesaikan. Oleh sebab itu setiap anggota harus memiliki dedikasi dan komitmen untuk memberikan hasil terbaik. SOP juga perlu diterapkan agar standard dan kualitas tinggi dari setiap produksi didapatkan.

6). Recognition and appreciation/ Pengakuan dan penghargaan. Unutk meningkatkan kinerja karyawan maka memotivasi dan memberikan penghargaan ketika kinerjanya baik adalah cara yang ampuh untuk terus mendorong karyawan menyelesaikan pekerjaannya dengan maksimal. Kemudian pemimpin juga perlu memberikan pengakuan terhadap kinerja karyawan untuk meningkatkan perilaku, membangun keyakinan, dan meningkatkan perasaan dihargai dan keberhasilan. Pengakuan ini bisa diberikan dengan secara pribadi atau kepada tim hal ini memang sama pentingnya.

Baca juga:  Pengertian, Tujuan, Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Upah Dan Gaji

7). Morale/ Semangat. Pemimpin yang efektif tahu bagaimana cara memeriksa, menjaga dan bila perlu meningkatkan moral staf. Sehingga Semua anggota antusias melakukan pekerjaan mereka, bangga terhadap hasil yang dicapai, bangga menjadi anggota tim, percaya diri dan optimis akan masa depan.

Sekian pembahasan kali ini tentang  Bagaimana Menjadi Entrepreneur Yang Sukses. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kata-Kata Motivasi untuk yang Berjuang Mengejar Mimpi
Inspirasi & Motivasi
Kata-Kata Motivasi untuk yang Berjuang Mengejar Mimpi

Kata-Kata Motivasi untuk Mengejar Mimpi Anda Dapat meraih mimpi rasanya tentu menyenangkan. Tidak jarang untuk mendapatkan motivasi kita melihat orang lain yang sudah lebih dulu mencapai kesuksesan. Kita pun sering mencari kata-kata motivasi di internet yang dapat memicu semangat diri untuk terus berusaha. Namun apakah meraih mimpi sesederhana itu? Bukannya …

Kandungan Berbahaya pada Jajanan di Pinggir Jalan
Inspirasi & Motivasi
Kandungan Berbahaya pada Jajanan Laris di Pinggir Jalan

Kandungan Berbahaya pada Jajanan di Pinggir Jalan Jajanan laris menjadi buronan di semua kalangan, baik anak-anak, remaja maupun dewasa. Karena biasanya dijual menarik, hemat dan pas dikantong mereka. Namun tidak menutup kemungkinan jajanan laris tersebut mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh. Entah bahaya yang muncul pada jangka pendek atau jangka …

Inspirasi & Motivasi
Inilah 8 Kebiasaan Orang-orang Yang Sangat Sukses

Kebiasaan Orang Yang Sangat Sukses Tahukah Anda bahwa sebenarnya kebiasaan seseorang sangat berpengaruh pada kehidupan dan keseharian orang tersebut. Bahkan dari kebiasaan inilah bisa menjadi cerminan dari kesuksesan dan kegagalan seseorang. Ketika orang tersebut melakukan kebiasaan yang positif maka mereka akan cenderung memiliki kehidupan yang sukses dari berbagai hal dan …