6 Poin Penting yang Harus Diketahui Sebelum Mengambil Polis Asuransi Jiwa

Perhatikan Poin Penting Saat ini Mengambil Polis Asuransi Jiwa
Asuransi

Mengetahui Poin Penting Tentang Polis Asuransi Jiwa

Mengetahui Tentang Polis Asuransi Jiwa adalah artikel yang mengulas tentang asuransi jiwa. Polis Asuransi Jiwa yang khas bisa datang dalam banyak bentuk dan ukuran. Jika Anda memilih polis asuransi jiwa untuk pertama kalinya, penting untuk menentukan jenis polis asuransi jiwa yang ideal untuk situasi khusus Anda. Kebijakan asuransi jiwa secara umum dapat dipecah menjadi dua kategori – istilah dan permanen.

Perhatikan Poin Penting Saat ini Mengambil Polis Asuransi Jiwa

Polis asuransi jiwa berjangka, yang bisa menjadi pilihan yang lebih populer, menyediakan cakupan untuk jangka waktu tertentu yang Anda pilih, sementara asuransi jiwa permanen melindungi Anda selama-lamanya. Kami menemukan bahwa asuransi jiwa berjangka tepat untuk banyak orang, tetapi jika Anda memiliki pertanyaan tentang apakah Anda harus membeli asuransi jiwa berjangka atau permanen, Anda selalu dapat menghubungi salah satu agen berlisensi kami untuk meminta bantuan dalam memilih jenis polis asuransi jiwa yang tepat untuk Anda dan keluargamu.

Apa itu Kebijakan Polis Asuransi Jiwa Berjangka?

Kebijakan asuransi jiwa jangka umumnya antara 10 dan 30 tahun panjangnya. Jenis polis asuransi jiwa ini menyediakan baik premi tetap (jumlah yang akan Anda bayarkan) maupun pembayaran tetap (jumlah yang akan kami bayar untuk keluarga Anda). Asuransi jiwa berjangka adalah pilihan yang populer karena menawarkan manfaat yang menarik bagi orang-orang yang paling usia dan situasi. Manfaat-manfaat ini termasuk:

  • Keterjangkauan – Anda tidak hanya membayar tarif yang sama untuk seluruh jangka waktu, tetapi Anda juga dapat memilih jumlah cakupan dan jangka waktu untuk menyesuaikan dengan anggaran Anda.
  • Pemeliharaan rendah – asuransi jiwa berjangka memungkinkan Anda untuk “mengatur dan melupakannya”. Selama Anda membayar premi Anda, kebijakan Anda akan berlanjut selama periode waktu yang ditentukan.
  • Pembayaran Terjamin – Manfaat kematian Anda ditetapkan, yang berarti bahwa penerima manfaat menerima pembayaran yang Anda pilih pada awal masa jabatan Anda. Opsi lainnya – Anda dapat memilih kebijakan jangka dengan batas waktu dan jumlah cakupan yang ideal untuk kebutuhan Anda saat ini dan di masa mendatang.

Artikel terkait: Kenali 7 Jenis Asuransi Utama untuk Perlindungan Diri dan Aset Anda

Setelah Anda memutuskan asuransi jiwa berjangka, Anda harus mempertimbangkan berapa lama Anda akan membutuhkan kebijakan untuk berlaku dan jumlah cakupan yang Anda perlukan.

Untuk Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dimulai dengan mempertimbangkan hal-hal berikut:

Berapa lama saya membutuhkan polis asuransi jiwa?

Jangka waktu kebijakan jangka Anda tergantung pada berapa lama Anda mengantisipasi secara finansial untuk mendukung orang yang Anda cintai. Tanya dirimu sendiri ini :

Apakah saya memiliki hipotek atau utang lain?

Jika Anda memiliki utang, lama waktu yang diperlukan untuk melunasinya dapat menjadi indikator yang membantu dalam jangka waktu polis Anda.

Siapa yang bergantung pada saya? 

Jika Anda tahu berapa lama Anda akan bergantung pada dukungan keuangan dari pasangan atau anak-anak, itu dapat membantu Anda mengidentifikasi lamanya waktu Anda akan membutuhkan kebijakan jangka panjang.

Apa yang bisa saya beli? 

Jumlah uang pertanggungan asuransi jiwa yang Anda butuhkan dapat mempengaruhi jangka waktu Anda. Jika Anda membutuhkan cakupan yang tinggi, Anda mungkin ingin mempertimbangkan jangka waktu yang lebih pendek agar sesuai dengan anggaran Anda.

Berapa banyak cakupan asuransi jiwa yang saya butuhkan?

Beberapa ahli akan memberi tahu Anda bahwa jawabannya adalah antara 7 hingga 10 kali gaji Anda. Tetapi bisa sangat bervariasi berdasarkan kebutuhan pribadi Anda. Ini perlu Anda pahami sebagai orang yang mempunyai asuransi.

Banyak orang yang menganggap bahwa isi polis asuransi jiwa rumit dan sulit dipahami sehingga mereka tidak membaca dengan benar ketika mengambilnya. Padahal dalam polis asuransi terdapat beberapa hal penting terkait layanan yang diberikan oleh perusahaan asuransi.

Ketika Anda membeli asuransi jiwa, sebenarnya seperti membeli uang pertanggungan yang akan digunakan sebagai pengganti pemasukan. Kebutuhan uang pertanggungan dapat Anda perhitungkan sebelumnya agar pembayaran premi tidak terlalu mahal.

Menurut anggapan sebagian orang, asuransi jiwa dapat diharapkan menjadi warisan bagi keluarga atau ahli waris. Namun Anda perlu memperhatikan beberapa kondisi yang dapat diterima oleh perusahaan asuransi untuk pembayaran klaim dalam polis.

Pemahaman terhadap polis asuransi sangat penting, masalah dapat timbul karena adanya salah paham terhadap polis asuransi yang dipilih. Bisa jadi Anda akan mengalami kerugian dalam penggunaan produk asuransi. Hal ini sebenarnya bisa dihindari jika Anda betul-betul memahami isi polis.

Setidaknya 6 poin penting ini harus Anda ketahui sebelum mengambil polis asuransi jiwa.

1. Memahami Isi Polis Asuransi

Perusahaan asuransi sebenarnya memberikan waktu bagi Anda mempelajari isi polis hingga paham. Agar Anda dapat memahami detail polis asuransi perusahaan memberikan waktu sekitar 14 hari. Selanjutnya, jika Anda merasa keberatan dengan isinya, pembatalan pembelian polis asuransi dapat dilakukan.

Sebaiknya, Anda tidak terburu-buru mengambil polis tanpa membaca dan memahami isinya. Hal tersebut bisa berakibat kerugian bagi diri Anda sendiri. Gunakan kesempatan yang diberikan untuk mempelajari isi polis dengan baik agar Anda bisa memperoleh manfaat maksimal.

2. Pengisian Data pada Polis Asuransi

Polis merupakan dokumen resmi yang sangat penting dalam layanan asuransi yang Anda pilih. Pastikan data awal diisi dengan benar dan teliti. Pasalnya, data tersebut akan digunakan untuk berbagai urusan di kemudian hari. Kegunaan nomor polis asuransi sangat penting untuk pengajuan klaim kepada perusahaan.

Data-data tersebut meliputi nama tertanggung, jumlah premi yang harus dibayarkan, nama penerima manfaat atau ahli waris, dan jumlah uang pertanggungan yang akan diterima.

Kesalahan dalam mengisi data awal, akan menyulitkan Anda mengurus berbagai hal terkait asuransi nantinya. Oleh karena itu isi dengan benar dan teliti. Pastikan data yang diisi sudah lengkap dan benar. Setelah itu, lakukan pemeriksaan ulang setelah pengisian data yang diperlukan.

3. Memastikan Manfaat Perlindungan Asuransi

Pastikan manfaat dalam asuransi yang Anda beli sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Cermati beberapa hal berikut terkait manfaat asuransi tersebut:

  • Jumlah pertanggungan yang akan diperoleh ahli waris jika tertanggung mengalami hal yang tak terduga.
  • Jangka waktu pertanggungan yang akan diberikan oleh asuransi kepada tertanggung.
  • Fasilitas tambahan dan manfaat yang akan diperoleh dari layanan tambahan tersebut.
  • Prosedur mengajukan klaim.

4. Premi dan Ketentuan yang Terkait

Perusahaan asuransi menetapkan sejumlah aturan terkait premi. Untuk memahaminya, perhatikan beberapa poin penting seperti berikut:

  • Jumlah premi yang harus dibayar, cara pembayaran, dan jangka waktu pembayaran.
  • Ketentuan terkait keterlambatan pembayaran.
  • Pemulihan polis yang sudah tidak aktif karena tunggakan pembayaran premi.

5. Ketentuan Pengecualian

Ketentuan pengecualian meliputi poin-poin yang dapat menimbulkan penolakan klaim dari perusahaan asuransi bagi pemegang polis asuransi jiwa, antara lain:

  • Meninggal dunia karena bunuh diri yang terjadi dalam waktu 2 tahun setelah polis diterbitkan.
  • Tertanggung meninggal dunia saat menjalankan aksi kejahatan.
  • Tertanggung dieksekusi mati oleh pengadilan.
  • Meninggal karena pembunuhan atau tindak kejahatan oleh pihak yang berkepentingan dalam pertanggungan tersebut.

Baca juga:  Peluang Mencetak Keuntungan dari Menekuni Bisnis Asuransi

6. Ketentuan Pemotongan Biaya

Biaya yang diterapkan dalam layanan asuransi harus dipahami sejak awal. Sebab manfaat yang akan Anda dapatkan dipengaruhi oleh pemotongan biaya.

Beberapa biaya yang mungkin akan dikenakan di antaranya:

  • Biaya pemeliharaan
  • Biaya pertanggungan dasar
  • Biaya perubahan alokasi dana investasi atau switching
  • Biaya administrasi bulanan
  • Biaya pengelolaan dana per tahun

Ada aturan yang berlaku antara Anda sebagai tertanggung dengan perusahaan asuransi. Sehingga Anda mesti menjadi konsumen yang cerdas, dengan memperhatikan dan memahami aturan yang tertulis dalam polis asuransi jiwa. Sebab hal itu akan berpengaruh pada manfaat yang akan Anda dapatkan.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Asuransi
Cara Menjalankan Prosedur Penyerahan Polis Asuransi Mobil

Prosedur Penyerahan Polis Asuransi Mobil Daftar isi Prosedur Penyerahan Polis Asuransi MobilApa fungsi polis asuransi bagi kedua pihak?Ini adalah cara menjalankan Prosedur Penyerahan PolisUnsur-unsur dalam PolisPentingnya memiliki asuransi mobil Lagi bingung pelajari isi polis asuransi mobil? BANYAK MENEMUKAN ISTILAH YANG MEMBINGUNGKAN? Bingung nya akan istilah dalam polis asuransi membuat kita …

Asuransi
5 Rekomendasi Perusahaan Asuransi Terbaik Saat ini

Daftar Rekomendasi Perusahaan Asuransi Terbaik Daftar isi Daftar Rekomendasi Perusahaan Asuransi Terbaik5. Prudential plc4. Berkshire Hathaway Insurance3. China Life Insurance2. Zurich Insurance1. AXA Seiring meningkatnya perekonomian masyarakat saat ini tentu mereka juga memperhatikan masadepan diri dan keluarganya. Dengan mengikuti program-program asuransi maka masyarakat tidak lagi khawatir tentang apa yang mungkin …

Asuransi
Apa Saja Kebijakan Produk-Produk Asuransi

Kebijakan Produk-Produk Asuransi Kebijakan Produk-Produk Asuransi “seumur hidup”. Sesuai dengan namanya, asuransi “seumur hidup” dimaksudkan untuk bertahan sepanjang hidup Anda. Ini adalah kebalikan dari polis asuransi jiwa sementara yang mencakup jumlah waktu tertentu seperti jangka waktu 10, 20, atau 30 tahun. Ada banyak alasan bagus untuk membeli kebijakan produk-Produk Asuransi …