6 Tips Efektif untuk Membangun Motivasi Diri

Cara Membangun Motivasi Diri

Dalam berkehidupan sehar-hari setiap orang akan mengalami yang namanya lelah, capek, tidak punya semangat, malas dan lain sebagainya yang akan datang setiap saat. Terkang banyak faktor yang mempengaruhi itu semua misalnya dari lingkungan sosial, pekerjaan yang padat, tekanan dari atasan dan tubuh yang kurang sehat menjadi faktor yang membuat orang menjadi tidak memiliki semangat dalam menjalankan kehidupan sehari-harinnya. Tak jarang jika mereka sampai berlebihan dan mencapai tahap depresi ini sangat berbahaya bisa jadi malah lari ke hal yang negatif. Oleh karena itu kita perlu dorongan untuk menjadi lebih baik dan sukses salah satuny dengan cara memotivasi diri kearah yang baik. Semua orang bisa menjadi sukses tergantung bagaimana mereka memotivasi dirinya sendiri untuk menggapainya. Orang yang tidak mampu memotivasi diri harus puas dengan kondisi mereka yang biasa-biasa saja. Tidak peduli seberapa mengesankan bakat mereka yang lain.

Tips Efektif untuk Membangun Memotivasi Diri

Jika Anda ingin sukses dalam segala hal dan atau lebih unggul dal hidup, maka motivasi diri adalah hal yang paling penting perlu Anda lakukan untuk mendorong Anda ke arah yang luar biasa. Ada banyak cara utnuk bisa memotivasi diri sendiri yang penting Anda tahu caranya bagaimana untuk bisa memotivasi diri Anda sendiri. Dengan begitu Anda akan mampu menjaga semangat hidup tetap tinggi meskipun saat berada dalam situasi yang sulit dan Anda akan bisa mengatasinya tanpa harus strss berat. Maka dari itu jika Anda bisa mengelola dan membangun motivasi ini Anda akan mendapatkan kekuatan yang Anda butuhkan untuk menjalani kehidupan ini dan tentunya mampu mengatasi setiap kesulitan tersebut. Alasanya karena tak jarang mereka yang putus asa di masa-masa sulit maka mereka akan kehilangan rasa percaya diri mereka dan akhirnya mereka menyerah tanpa tujuan yang jelas.

Artikel terkait: Pengertian Contoh Jenis-jenis Motivasi Kerja Dan Motivasi Karyawan

Lalu bagaimana cara Anda memotivasi diri sendiri untuk menjadi lebih baik?. Nah Berikut ini adalah beberapa tips efektif yang bisa Anda jadikan referensi untuk membangun motivasi diri :

1). Memiliki Alasan Yang Kuat

Kenapa alasan yang kuat ini sangat berpengaruh untuk memotivasi diri? Ya karena jika Anda memiliki alasan yan kuat dalam hal yang Anda lakukan maka sesulit apapun akan terus bangkit jatuh bangkit lagi, gagal usaha lagi. Misalnya Anda memiliki Alasan yang kuat untuk menjadi orang kaya maka Anda akan memiliki tekad dan komitmen yang kuat untuk terus berjuang menjadi orang kaya yang berlipahan harta, misalnya lagi Anda memiliki alasan kuat untuk menjadi pengusaha sukses maka seberat apapun persaingan yang ada maka Anda akan mampu menjadi yang terdepan.

Saya tidak bisa menjabarkan, mengapa motivasi merupakan alasan terkuat anda sehingga mampu menghadapi segala rintangan. Akan tetapi jika Anda memiliki motivasi yang kuat inilah yang nantinya akan dapat menginspirasi anda untuk memberikan yang terbaik dalam segala hal yang Anda lakukan atau kerjakan, bahkan ketika Anda mendapatkan kesulitan. Hal ini dapat membuat Anda akan bisa melakukan sesuatu yang jika dilihat mustahil, namun dengan alasan yang kuat inilah ternyata Anda mampu melakukannya.

Sementara alasan lainnya bisa menginspirasi anda hanya untuk sementara. Motivasi merupakan hal penting bagi anda, sesuatu yang dapat menginspirasi anda tanpa batas.

It’s a spring of motivation that will never dry. Whenever you think that you run out of motivation, you can always come to your cause to get a fresh dose of motivation.

Misalnya saat Anda merasa lelah dalam bekerja atau saat Anda sudah mulai lelah dalam menyelesaikan tugs-tugas yang ada saat kuliah Anda maka cobalah mengingat apa saja tujuan Anda. Setiap kali Anda mulai kehabisan semangat dan motivasi maka Anda akan selalu bisa memikirkan apa tujuan Anda “Apa alasan Anda melakukan hal itu”. Dengan memikirkan alasan tersebut maka akan berguna untuk bisa mendapatkan motivasi Anda kembali dan terus berjuang untuk menggapainya.

2). Memiliki Mimpi. Sebuah Mimpi Besar

Memiliki mimpi itu penting karena sulit dimotivasi jika Anda tidak punya tujuan yang jelas. Coba bayangkan tentang permainan sepak bola, apakah mereka akan termotivasi untuk bermain jika tidak ada gawang untuk dituju? Saya tidak berpikir begitu. Mereka membutuhkan sebuah tujuan. Anda membutuhkan sebuah tujuan. Itulah impian Anda.

Only as high as I reach can I grow, as far as I seek can I go, only as deep as I look can I see, as much as I dream can I be. Karen Ravn

Alasan hanya sebuah alasan jika tidak ada tindakan atau action, alasan Anda adalah motivasi untuk diri Anda. Coba bayangkan bagaiman Anda dimasa depan, bayangkan bagaimana orang akan hidup dan bekerja, bayangkan keluarga Anda jika Anda gagal, bayangkan apa yang bisa Anda lakukan utnuk diri Anda dan orang di sekitar Anda.

Akan tetapi jika hanya memiliki mimpi saja tidaklah cukup. Impian dan cita-cita Anda harus besar yang mampu untuk menginspirasi diri Anda. Namun juga harus realistis tapi menantang. Sehingga dalam hal ini Anda perlu untuk bisa mengerahkan kemampuan Anda di luar zona nyaman anda.

Selama ada niat yang sejalan dengan itikad baik untuk menjadi pribadi yang sukses dan tentu saja dengan cara-cara yang baik dan tidak merugikan orang lain. Maka terus berusaha untuk wujudkan setiap mimpi Anda dengan setiap tindakan nyata yang dapat Anda lakukan.

3). Memiliki Keinginan yang Kuat

Orang dengan keinginan kuat untuk sukses pasti tahu ada harga yang harus dibayar untuk menjadi sukses, dan bersedia berkorban serta bekerja keras untuk meraih kesuksesan tersebut.

Wanting something is not enough. You must hunger for it. Your motivation must be absolutely compelling in order to overcome the obstacles that will invariably come your way. Les Brown

Anda harus memiliki keinginan yang benar-benar kuat bukan hanya keinginan semata. Karean jika hanya keinginan tidak akan merubah menjadi lebih baik dan bahkan bisa jadi akan cepat melupakan keinginan utama yang ada dalam diri Anda. Bahkan pada saaat-saat sulit tidak akan bisa menyelesaikan masalah tersebut jika Anda tidak memiliki alasan yang kuat dalam diri Anda. Sebagai contoh dalam permainan sepakbola tim lemah dan tim dengan puncak klasemen tim lemah tersebut karena memiliki keinginan yang kuat akan membuat perbedaan antara keduanya dan pada akhirnya tim yang terlihat lemag justru mampu mendapatkan 3 poin dari tim papan atas.

Lalu bagaimana untuk dapat memiliki keinginan yang kuat tersebut? Jawabannya adalah kembali pada poin ke dua karena pada poin tersebut sudah jelas tujuan utama Anda dan impian inilah yang memang memiliki peran yang sangat besar dalam hidup Anda. Jika anda memiliki alasan dan mimpi besar yang relavan dan berkaitan, maka anda pasti memiliki keinginan kuat di dalam diri anda. Inilah yang akan mendorong Anda menuju kesuksesan.

Ketika Anda mulai kehilangan keinginan untuk melakukan sesuatu maka hal yang perlu Anda lakukan adalah memikirkan kembali apa mimpi Anda dan menghubungkannya dengan alasan kuat Anda dan biarkanlah keduanya menginspirasi Anda dan membawa keinginan kuat Anda kembali.

Terus berusaha dan jangan pantang menyerah. Syukuri setiap pencapaian yang diraih dan tetap menjadi pribadi yang rendah hati dengan pencapaian kesuksesan yang tinggi.

4). Berlombalah dengan Diri Anda Sendiri

Setiap orang memiliki kemampuan yang luar biasa. Menjadi yang terbaik adalah alasan mengapa orang bisa selangkah lebih depan. Jika ada orang lain yang mungki terlihat lebih unggul dari Anda maka yang perlu Anda lakukan janganlah merasa iri yang justu akan menghambat untuk menjadi lebih baik darinya. Satu-satunya pesaing yang anda miliki adalah diri anda sendiri. Satu-satunya yang perlu anda kalahkan adalah diri Anda. Apakah Anda bisa menjadi yang terbaik?

5). Ambil Satu Langkah Lagi

Kesuksesan bukanlah tujuan utama dan kegagalan bukanlah akhir Anda. Namun seberapa beranikan Anda untuk terus melanjutkan kehidupan dan kebahagiaan Anda. Resiko, tantangan, persaingan, kegagalan akan selalu kita jumpai setiap saat dan rintangan itu akan kita jumpai sepanjang jalan, yang mungkin akan membuat kita patah semangat bahkan mungkin ada kecenderungan untuk berhenti tanpa tujuan yang jelas. Bahkan tak jarang banyak yang berfikir bahwa untuk melanjutkan akan terasa berat dan sulit sampai-sampai mungkin kita akan berpikir bahwa impian tersebut tidak mungkin untuk dicapai.

Akan tetapi sebenarnya inilah waktu yang tepat untuk Anda untuk melangkahkan kaki ke arah kesuksesan dan inilah waktu yang tepat untuk Anda. Dimana Anda akan dapat melihat perbedaan antara pemenang dan pecundang. Jika Anda dengan tekad yang kuat kemauan yang kuat maka saya yakin itulah sebenarnya seorang pemenang, namun jika menyerah dan tidak mau melangkah kedepan itulah seorang pecundang. Yang membedakan keduanya adalah bagaiman mereka menghadapi kesulitan yang dihadapi, ada satu hal yang membuat para pemenang berbeda: keberanian untuk melanjutkan.

Ketika Anda berada dalam situasi yang sulit hal yang perlu dilakukan adalah fokus dalam mengambil langkah kedepan. Tidak perlu risau apa yang akan Anda jumpai kedepan, rintangan apa yang menghadang, yang terpenting Anda perlu fokus pada tujuan utama dan kemudian mengambil langkah selanjutnya.

6).  Katakanlah Selamat Tinggal Masa Lalu..!

Agar lebih dekat dengan kesuksesan, orang-orang tersebut membuat daftar yang harus dilakukan dan meninjaunya setiap hari. Daftar tersebut juga bisa diisi dengan tujuan jangka pendek. Apapun yang anda ingin capai, pasti ada hal-hal yang harus dikerjakan terlebih dahulu untuk mencapainya. Hal-hal itulah yang harus diselesaikan setiap hari tanpa alasan. Percayalah, anda telah melakukan apa yang anda bisa.

Jadikan masa lalu menjadi pelajaran berharga pada diri Anda. Terkadang masalalu yang rumit akan menyebabkan diri Anda kehilangan motiasi terbaik. Bahkan masalalu akan memberikan beban pikiran yang akan Anda rasakan dan bahakan  masa lalu dapat menyeret anda sebelum anda menyadarinya.

Oleh karena itu lepaskanlah dan tinggalkanlah beban-beban pikiran yang masih ada dalam pikiran Anda yang terbawa dari masa lalu. Kabar baiknya adalah, beban itu tidak perlu anda bawa. Setiap orang pasti akan pernah mengalami kekecewaan, kegagalan dan lain sebagainya, namun itu hanya masa lalu Anda dan sudah berakhir dan tidak ada yang dapat ubah. Jadikan sebagai pelajaran hidup Anda untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih baik lagi kedepannya.

Kemarin adalah Kenangan – Hari Ini adalah Kesempatan – Esok adalah Harapan. Tidak peduli seberapa buruk masa lalu yang anda lalui, harapan dan kesempatan akan terus ada yang akan membawa Anda menuju masa depan yang cerah dan lebih baik dari kemarin. Jangan biarkan beban masa lalu menghentikan anda mengejar impian anda..!

Some days just pass by and
Some days are unforgettable
We can’t choose the reason why
But we can choose what to do from the day after
So with that hope, with that determination
Let’s make tomorrow a brighter and better day – ONE OK ROCK – Be the light 

Beberapa hari berlalu dan Beberapa hari tak terlupakannKita tak bisa memilih alasan mengapa Tapi kita bisa memilih apa yang harus dilakukan mulai hari berikutnya Jadi dengan harapan, dengan tekad itu Mari kita buat hari esok lebih bersinar dan lebih baik.

Baca juga: Kriteria Pemimpin dan Kepemimpinan Dalam Organisasi Yang Ideal

Jika anda ingin lebih unggul dalam hidup, motivasi diri adalah hal yang paling penting. Anda harus tahu bagaimana cara untuk memotivasi diri anda sendiri.

Sekian pembahasan kali ini tentang Cara Membangun Memotivasi Diri. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kata-Kata Motivasi untuk yang Berjuang Mengejar Mimpi
Inspirasi & Motivasi
Kata-Kata Motivasi untuk yang Berjuang Mengejar Mimpi

Kata-Kata Motivasi untuk Mengejar Mimpi Anda Daftar isi Kata-Kata Motivasi untuk Mengejar Mimpi Anda“Percayalah pada diri sendiri. Yakinlah dengan kemampuan Anda.” –Norman Vincent Peale“Jika Anda bisa memimpikannya, berarti Anda bisa melakukannya.” –Walt Disney“Di mana ada kemauan, di situ pasti ada jalan.” –Pauline Kael“Jangan menunggu; waktunya tidak akan pernah ‘tepat’.” –George …

Kandungan Berbahaya pada Jajanan di Pinggir Jalan
Inspirasi & Motivasi
Kandungan Berbahaya pada Jajanan Laris di Pinggir Jalan

Kandungan Berbahaya pada Jajanan di Pinggir Jalan Daftar isi Kandungan Berbahaya pada Jajanan di Pinggir Jalan Zat Warna TekstilPenyedap yang Berlebihan Formalin Minyak goreng bekas Kandungan Plastik Jajanan laris menjadi buronan di semua kalangan, baik anak-anak, remaja maupun dewasa. Karena biasanya dijual menarik, hemat dan pas dikantong mereka. Namun tidak …

Inspirasi & Motivasi
Inilah 8 Kebiasaan Orang-orang Yang Sangat Sukses

Kebiasaan Orang Yang Sangat Sukses Tahukah Anda bahwa sebenarnya kebiasaan seseorang sangat berpengaruh pada kehidupan dan keseharian orang tersebut. Bahkan dari kebiasaan inilah bisa menjadi cerminan dari kesuksesan dan kegagalan seseorang. Ketika orang tersebut melakukan kebiasaan yang positif maka mereka akan cenderung memiliki kehidupan yang sukses dari berbagai hal dan …