6 Tips Jitu Berbisnis Barbershop Omset Puluhan Juta

Berbisnis Barbershop Omset Puluhan Juta

Berbisnis memang menjadi pilihan yang tepat untuk meraih kesuksesan. Saat ini berbagai bisnis bisa dilakukan dengan mudah karena memang banyak fasilitas dan layanan yang bahkan gratis bisa dimanfaatkan untuk menunjang berbisnis. Akhir-akhir bisnis yang cukup populer dan trend dikalangan anak muda adalah bisnis barbershop Anda pasti tidak asing dengan usaha potong rambut ini bahkan hampir di setiap sudut kota banyak yang kita jumpai usaha ini. Namun dengan semakin tren anak muda yang ingin tampil gaya setiap saat maka usaha potong rambut yang dulunya ditempat yang sempit dan bahkan dibawah pohon atau hanya bermodalkan cermin, gunting, dan sisir, kini seiring berkembangnya zaman beralih ke model yang lebih moderen dan lebih bersih dari segi tempatnya, untuk segi pelayanan dan fasilitas pun semakin lengkap. Selain itu di barbershop para pelanggan bisa mendapat layanan yang nyaman dan gaya rambut yang lebih kekinian. Oleh karena itu bisa dikatakan bahwa bisnis barbershop memang sedang berkembang pesat saat ini.

Bisnis Barbershop Sukses

Jika dulu biaya potong rambut sangat murah dari mulai Rp.5000 sampai Rp.8000 sekarang dengan seiring berkembangnya bisnis barbershop biaya potong dan lain sebagainya bisa sampai puluhan ribu, ini membuktikan bahwa kebutuhan masyarakat moderen kususnya bagi para cowok saat ini penting untuk selalu memperhatikan akan penampilan mereka. Jika kita bisa melihat peluang bisnis barbershop ini tentu saja dengan menggiatnya bisnis barbershop saat ini bahkan dalam dua tahun terakhir di seluruh Indonesia sudah ada ribuan barbershop, hal ini menunjukkan bahwa bisnis yang satu ini sangat menjanjikan kalau digeluti secara serius. Bahkan akan bisa memberikan keuntungan yang cukup besar puluhan hingga ratusan juta perbulannya tentu dengan strategi bisnis yang tepat, karena memang bisnis barbershop akan dibutuhkan kapan pun.

Ada perbedaan mendasar dari pangkas rambut tradisional dan moderen, memang benar pada dasarnya pangkas rambut tradisional dan barbershop sama namun yang membedakan adalah dari segi fasilitas. Jika pangkas rambut tradisional sangat minim bahkan terkesan kurang lengkap maka di barbershop ini lebih lengkap dari segi fasilitas dan peralatan. Pelanggan pun akan merasa lebih puas dan nyaman dengan ruangan yang ber-AC, bersih, dan biasanya tersedia juga produk-produk grooming untuk menunjang tatanan rambut. Jika dilihat memang dari segi potong rambut mungkin sama namun dari segi service atau layanan yang sangat berbeda sebagai contoh misalnya ada layanan mencuci rambut sebelum atau sesudah pangkas . Gaya rambut yang selalu mengikuti trend kekinian sesuai permintaan pelanggan dan masih banyak lagi.

Artikel terkait: Peluang Bisnis Tanpa Modal Namun Bisa Untung Besar

Bagaimana menarik bukan jika menilik bisnis barbershop ini? Nah, jika Anda tertarik membuka bisnis potong rambut atau barbershop  berikut 5 tipsnya:

1). Anda harus pintar menggabungkan tren dan bisnis

Karena tren itu selalu berubah maka perlu diperhatikan dalam strategi bisnis tersebut. Untuk itu perlu terlebih dahulu memahami tentang industri dibidang yang dijakankan. Dalam setiap bisnis itu persaingan akan selalu ada maka barbershop nggak bisa hanya sekedar menjual konsep yang kekinian. Namun lupa bisnis ini bergerak di bidang apa, sehingga mengesampingkan hal yang paling utama yaitu customer service dan end result. Bayangkan saja dari tahun ketahun usaha ini terus berkembang tren yang terus berubah jika tidak memperhatikan tentang jasa yang diberikan maka bisa jadi pelanggan aka beralih ke tempat yang lain.

Namun demikian karena memang teren itu selalu berubah maka jangan sampai menjadikannya hambatan bahkan musuh yang harus di hindari, Maka yang perlu dilakukan adalah mengikuti trend kekinian dan ter-update hal ini akan membantu bisnis Anda terus bisa berinovasi dan memberikan yang terbaik untuk pelanggan Anda. Selalu ingat prinsip seorang barber, “You’re only as good as your last haircut”. Jadi terus ikuti perkembangan model rambut yang lagi tren dan booming dan tawarkan kepada pelanggan Anda.

2). Anda harus mempunyai mental pebisnis

Memang benar berbisnis itu mencari keuntungan yang sebesar-besarnya hal ini memang wajar kalau bisnis itu tujuannya mencari profit. Bisnis itu pasti akan melibatkan banyak orang dari aryawan, pelanggan, ralasi bisnis dan lain sebagainya maka perlu adanya sinergi antara masing-masing pihak yang terlibat didalamnya. Selain itu pasti ada tantangan-tantangan dan kendala yang selalu hadi setiap saat maka mereka yang memiliki keberanian, pantang menyerah, strategi yang baik dan mental yang kuatlah yang akan menjadi pemenangnya. Karena tak jarang juga saat bisnis terkena kendala, pebisnis yang tidak memiliki mental dan karakter yang kuat akan kandas. Maka dari itu peru utnuk memiliki mental pebisnis untuk mempertahankan bisnisnya.

3). Tentukan karakteristik keunikan barbershop Anda

Bisnis yang baik itu pasti mereka memiliki powernya masing-masing dari segi keunikan produk atau jasa yang ditawarkan hal inilah yang membuat pelanggan menjadi loyal terhadap bisnis yang Anda miliki. Bayangkan saja jutaan barbershop yang telah berdiri di Indonesia dari sabang sampai merauke, pasti mereka memiliki power masing-masing. Untk itu ciptakanlah USP dari barbershop Anda inilah yang akan membedakan bisnis Anda sengan kompetitor atau yang lain. Nah, cobalah untuk sejenak memikirkan hal tersebut.

Meskipun banyak barbershop yang baru terus bermunculan, namun ketika Anda sudah memiliki ciri khas yang unik dibandingkan dengan yang lain maka inilah yang akan memberikan nilai lebih dan pembeda dari kompeitor Anda. Kuncinya, kamu harus menentukan gaya barbershop yang jelas dan bisa jadi pembeda dengan barbershop lainnya.

4). Tanamkan mental “pembeli adalah raja”

Ingat bahwa bisnis ini bergerak dalam bidang jasa atau service. Ada yang bilang bahwa pembeli itu adalah raja memang benar juga berlaku untuk prinsip bisnis ini. Karena yang paling utama adalah layanan maka dalam melayani pelanggan harus profesional dan memberikan pelayanan terbaik pada setiap customer yang datang.

5). Berikan pelayanan prima

Bukan hanya pintar memotong rambut sesuai gaya yang sedang tren, para barber (pemangkas rambut) juga dituntut lebih luwes berkomunikasi dengan pelanggan inilah yang akan memberikan dampak yang positif pada setiap pelanggan. Selain itu hal ini dianggap menjadi daya tarik utama barbershop yang sukses. “Selain skill, yang harus dimiliki para barber adalah attitude. Karena ini adalah bisnis service, jadi kalau nggak punya jiwa melayani akan susah,”

6). Promosi dengan media sosial

Setiap bisnis pasti tidak akan terlepas dari yang namanya promosi karena inilah salah satu strategi pemasaran yang baik untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa dari bisnis Anda salah satunya menggunakan media sosial. Mengapa menggunakan media sosial sebagai media promosi? Banyak manfaat yang akan didapatkan darinya misalnya: karena pengguna media sosial ini sangatg besar bahkan hampir semua orang memilikinya maka ini adalah peluang untuk memberitahukan bisnis Anda kepada khalayak luas, Gratis dan mudah digunakan dan masih banyak lagi manfaat yang akan didapatkan. Buatlah group, channel, atau profil dari bisnis Anda dengan mencantumkan alamat, nomer telepon, foto-foto hasil dari pencukuran, layanannya seperti apa dan lain sebagainya sehingga orang banyak yang penasaran dan bahkan tertarik untuk mengunjungi barbershop Anda.

Selain itu penawaran-penawaran juga perlu untuk memastikan pelanggan merasa pusa dengan apa yang di tawarkan misalnya saja adanya periode diskon, jam-jam tertentu, atau penawaran yang lainnya. Hal ini yang akan memberikan nilai tambah pada bisnis barbershop yang Anda miliki.

Baca juga: Peluang Usaha Batagor Omset Hingga Ratusan Juta

Sekian pembahasan kali ini tentang Berbisnis Barbershop Omset Puluhan Juta. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan oleh Para Pebisnis Pemula
Business
Anda Pebisnis Pemula Hindari Kesalahan Fatal ini

Kesalahan Fatal Pebisnis Pemula Dalam hidup ini tidak ada satupun manusia yang sempurna. Semua manusia yang hidup di dunia ini tentu pernah melakukan kesalahan, baik kesalahan yang kecil maupun kesalahan yang besar. Kesalahan-kesalahan tidak hanya terjadi di kehidupan biasa, namun juga sering sekali terjadi di dunia bisnis. Ada banyak sekali …

Business
7 Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Memulai Bisnis

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis Memulai subuah bisnis memang selalu menjadi perbincangan yang menarik untuk dibahas. Memang benar memiliki sebuah usaha dan bisnis adalah cara yang paling mungkin untuk meraih kesuksesan. Maka dari itu banyak orang berlomba-lomba untuk membangun dan mengembangkan bisnis mereka. Namun demikian tidaklah mudah untuk …

Business
5 Cara Menemukan Usaha Apa Yang Cocok Untuk Anda

Menemukan Usaha Apa Yang Cocok Menjadi pebisnis merupakan langkah yang tepat untuk meraih kesuksesan. Telah banyak pengusaha yang menjadi sukses bahkan dengan penghasilan hingga ratusan juta perbulannya. Namun hal ini tidaklah terjadi begitu saja mereka telah merintis dari kecil hingga besar sampai saat ini. Memang tidak mudah memulai bisnis itu …