6 Tips Jualan Jajanan Anak SD untuk Bisnis Sampingan

6 Tips Jualan Jajanan Anak SD untuk Bisnis Sampingan
Peluang Usaha

Bisnis Sampingan Jualan Jajanan Anak SD

Ada banyak sekali peluang usaha bagi siapapun yang jeli melihatnya. Termasuk salah satunya dengan berjualan jajanan anak SD. Usaha ini pun terbilang cukup menjanjikan. Karena anak-anak sekolah memang pada dasarnya memiliki hobi jajan. Namun sedikit berbeda dengan menjual makanan biasa.

6 Tips Jualan Jajanan Anak SD untuk Bisnis Sampingan

Jika Anda hendak menjual jajanan untuk anak sekolah bukan cuma rasanya yang enak. Tetapi harganya pun harus murah, jajanannya bergizi dan juga mengenyangkan. Kita berkaca dari pengalaman jajanan yang dijual di sekolah ada yang tidak sehat. Sehingga justru membuat anak-anak yang memakannya jadi sakit.

Artike terkait: 10 Jajanan yang Cocok Dijual di Sekolah SD

Berikut tips-tips bagi Anda yang ingin memulai usaha jajanan untuk anak SD agar dapat menguntungkan.

1. Menentukan ciri khas jajanan

Jika Anda ingin menjual jajanan maka perlu menentukan jenisnya. Dan yang tak kalah penting adalah ciri khas yang menjad keunikannya. Ciri khas jajanan anak SD ini mencerminkan kualitas dari produk jualan Anda. Sebagai contoh dari nama merek jajanan atau kemasannya yang unik.

Ide jajanan tidak ada habisnya. Namun tidak kalah kreatifnya jika Anda punya ide membuat jajanan biasa tetapi disajikan dengan beda. Misalnya saja menjual cilok di kemasan cup dan diberi sendok makan kecil warna merah. Awalnya orang tidak memperhatikan. Namun lama-kelamaan ciri khas ini akan menjadi nilai keunikan pada jajanan Anda.

2. Mempertimbangkan segi manfaatnya

Jajanan sudah pasti untuk disantap dengan lahap. Jadi tujuannya untuk mengisi perut anak-anak sekaligus memanjakan dengan rasa makanan yang lezat. Tetapi dari situlah Anda bisa mengembangkan ide untuk lebih memikirkan konsep manfaat jajanan. Seperti misalnya jajanan anak SD tersebut terbuat dari bahan sayur dan buah yang sehat.

Contohnya kita akan menjual gorengan. Jika selama ini gorengan seringkali menggunakan bahan tempe, tahu, dan pisang maka kali ini Anda coba menambahkan varian. Seperti contohnya brokoli goreng, kentang goreng. Jadi selain menerapkan konsep kekinian bisa Anda buat slogan bahwa gorengan Anda bergizi tinggi.

3. Menentukan kuantitas atau porsi jajanan

Tidak hanya memikirkan kualitas jajanan Anda. Namun tak kalah penting Anda mempertimbangkan porsi jajanan yang akan Anda jual. Seperti yang disebutkan tadi bahwa untuk anak-anak tentu porsinya haruslah pas dan mengenyangkan.

Jadi tidak terlalu banyak namun juga tidak terlalu sedikit. Porsi jajanan ini juga akan membantu Anda menentukan harga makanan yang akan Anda jual nanti. Karena tujuan Anda membuka usaha tentu tidak lain untuk mendapatkan keuntungan, bukan.

4. Memperhatikan betul kebersihannya

Bukan cuma kebersihan dalam hal pembuatan jajanan. Tetapi juga jajanan itu sendiri, lalu kemasannya, kemudian mungkin gerai tempat Anda menjual jajanan. Lingkungan tempat Anda menjual jajanan anak SD tersebut juga sangat penting diperhatikan.

Meskipun Anda menjualnya untuk anak-anak sekolah. Namun jika terlihat gerai Anda nampak kurang bersih ataupun kusam. Tentu dapat mengurangi minat calon pembeli produk jualan Anda. Jika orangtua melihatnya pun bisa-bisa melarang anaknya untuk mencoba jajanan Anda. Jadi biasakan selalu higienis, ya.

5. Menentukan harga dengan tepat

Satu lagi hal terpenting adalah menentukan harga jajanan yang hendak Anda jual. Anda perlu melakukan perhitungan tepat untuk semuanya. Mulai dari pembelian bahan, proses produksi, pengemasan, hingga harga sewa tempat Anda berjualan.

Semua ini penting untuk dihitung dengan cermat dan teliti. Sebab keuntungan yang akan Anda dapatkan berasal dari harga jual jajanan itu sendiri. Pertimbangkan juga kemungkinan jika jajanan Anda penjualannya belum dapat memenuhi target. Bila memang serius dan perlu boleh Anda bicarakan dengan konsultan bisnis atau keuangan terlebih dulu.

Baca juga: Usaha Jajanan Anak Sekolah Modal Kecil

6. Bersikap ramah dan menyenangkan

Tentu saja. Pelayanan dalam bisnis adalah kunci utama. Apapun jajanan anak SD yang Anda jual bila tidak disertai pelayanan yang ramah tentu memengaruhi para pembeli. Apalagi anak-anak terkadang rewel dan juga ingin ini dan itu. Modal untuk jualan tidak hanya produknya saja. Tetapi juga harus mempersiapkan mental sebagai penjual.

Selain banyak tersenyum Anda juga bisa sembari bercanda serta mengajak ngobrol anak-anak yang membeli. Namun jika memang sedang sangat ramai cukup Anda tersenyum biar para pembeli tidak ikut tegang. Atau jika Anda mempercayakan jualan kepada seorang pegawai maka berikan edukasi agar ia terbiasa bersikap ramah dan selalu tersenyum.

Itulah tadi sejumlah tips yang dapat Anda coba terapkan ketika ingin memulai usaha jajanan anak SD. Yang terpenting adalah komitmen dan tetap konsisten dalam berjualan. Semoga berhasil.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Klinik Usaha Kecil Sebagai Wujud Kepedulian Profesi
Peluang Usaha
Klinik Usaha Kecil Sebagai Wujud Kepedulian Profesi

Klinik Usaha Kecil Pada Kepedulian Profesi Daftar isi Klinik Usaha Kecil Pada Kepedulian ProfesiPROFESI DAN KETERPANGGILANBERDIRINYA KLINIK USAHA KECIL IKATAN ALUMNI INDONESIAYANG TELAH DAN AKAN DIPERBUAT OLEH KLINIK USAHA KECIL IKATAN AKUNTAN INDONESIA1. Skill Development2. Accesing3. Kegiatan lainnyaa. Pelatihan para pembina pengusahakecil BUMNb. Penulisan untuk pembinaan pengusaha kecilc. Penyusunan konsep …

Peluang Usaha Modal Kecil Cocok Untuk Bisnis Rumahan
Peluang Usaha
Peluang Usaha Modal Kecil Cocok Untuk Bisnis Rumahan

Peluang Usaha Modal Kecil Bisnis Rumahan Daftar isi Peluang Usaha Modal Kecil Bisnis RumahanSebagai contoh peluang usaha modal kecil yaitu pengrajin Batu Akik Mas Mandor.Peluang Bisnis ofline dan bisnis onlineYuk Pilih Peluang Usaha Modal Kecil Sekarang JugaApakah kekurangan modal kecil menjadi penghambat bagi Anda untuk memulai bisnis yang diinginkan?A. Peluang …

Usaha Kecil Menengah dengan Omset Jutaan Rupiah
Peluang Usaha
Menjalankan Usaha Kecil Menengah dengan Omset Jutaan Rupiah

Usaha Kecil dengan Omset Jutaan Rupiah Daftar isi Usaha Kecil dengan Omset Jutaan RupiahPilihan Usaha Kecil Menengah Terbaik yang Dapat Anda Mulai sebagai berikut:Jasa Cuci Mobil dan MotorGym / Studio LatihanRestoranApakah Usaha Kecil Menengah yang Dapat Kita Mulai Tahun 2019?Makanan Kesehatan Khusus / Makanan OrganikToko Es Krim Hallo sobat pengusaha …