6 Tips Memilih Asuransi yang Bagus

Memilih Asuransi yang Bagus

Asuransi merupakan salah satu jenis investasi yang saat ini banyak diminati masyarakat. Investasi memang sesutau yang menggiurkan. Namun dalam kenyataannya banyak oknum yang memanfaatkan maraknya minat masyarakat untuk investasi di bidang asuransi sebagai keuntungan pribadi. Sehingga masyarakat pun tertipu dengan asuransi bodong, alias palsu. Nah, berikut adalah 6 tips memilih asuransi yang bagus untuk Anda dan keluarga.

Asuransi Terbaik

Bergelut di bidang investasi memang bukan tanpa risiko. Klaim kerugian pun menjadi suatu hal yang sangat krusial bagi kedua belah pihak, baik nasabah maupun perusahaan asuransi. Pasalnya, nasabah tentu ingin kerugian yang dideritanya ditanggung dan dilemparkan ke pihak asuransi. Namun di sisi lain, pihak perusahaan asuransi juga tak ingin mendapatkan klaim bodong yang akhirnya merugikan perusahaan. Oleh karena itu, banyak kasus yang terjadi karena adanya kepentingan yang berbeda. Akhirnya berujung di meja hijau dan berkahir di jeruji besi.

Artikel terkait: Penting untuk Diketahui, Inilah 6 Kriteria Asuransi Pendidikan Anak Terbaik

Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum memilih asuransi yang terjamin, bagus dan sesuai dengan keinginan Anda.

1. Reputasi

Saat ini reputasi bisa menjadi tolok ukur agar Anda menentukan mana perusahaan asuransi yang memuaskan dan tidak mengecekan nasabahnya. Dengan melihat reputasi perusahaan asuransi yang akan Anda pilih, tentu akan membuat hati lebih tenang dan siap untuk berinvestasi ke perusahaan tersebut, bukan?

Tentu seseorang akan lebih memilih perusahaan yang mempunyai kredibilitas, dan reputasi yang baik dan jelas. Dengan memilih perusahaan yang demikian, uang yang kita investasikan menjadi tidak sia-sia dan tidak disalahgunakan. Selain itu, Anda pun bisa dengan aman menagih perusahaan asuransi jika kerugian dan/atau kecelakaan menimpa. Untuk itu, carilah terlebih dahulu informasi yang lengkap mengenai perusahaan asuransi yang akan Anda pilih.
Bisa dengan menelusuri jejak digital, mencari informasi dari orang-orang yang terpercaya, mencari tahu informasi tentang perusahaan tersebut dari sisi pretasinya, pengelolaan polis sampai pembayaran klaim nasabah.

2. Premi

Premi atau iuran yang harus dibayarkan oleh nasabah ke pihak perusahaan bisa menjadi acuan untuk memilih asuransi yang bagus. Ingat, asuransi yang bagus bukan hanya terletak pada preminya. Premi mahal belum tentu bagus, karena bisa jadi premi yang ekonomis pun bisa memiliki manfaat yang optimal dan bagus.

Untuk itu, Anda bisa membandingkan premi dari beberapa perusahaan asuransi dengan penawaran pada produk yang sama. Dengan cara itu tentu akan dapat diketahui mana premi dengan harga terjangkau namun memiliki produk dan pelayanan yang bagus dan mana yang tidak. Anda bisa membandingkannya dengan cara menelusuri situs perusahaan tersebut atau dengan membaca brosur dari tiap-tiap perusahaan asuransi.

3. Hak dan Kewajiban

Mungkin hal inilah yang seharusnya pertama kali ditanyakan ke pihak agen atau perusahaan asuransi saat Anda akan memilihnya. Hak dan kewajiban apa saja yang harus dipenuhi antara pihak nasabah dan perusahaan asuransi. Kalau hal ini saja tidak begitu paham, maka nanti ke depannya akan menjadi masalah yang seharusnya tidak pernah terjadi. Anda akan kecewa karena tidak memperolah apa yang diinginkan dan mengalami kerugian yang berlipat.
Untuk itu, telitilah dan pelajari secara mendetail serta pahami apa saja hak dan kewajiban antara nasabah dan pihak perusahaan asuransi. Jika belum paham, tanyakan ke kawan atau pihak yang memang memahami asuransi yang Anda tuju.

4. Kriteria Khusus Perusahaan

Perusahaan asuransi memiliki sebuah criteria khusus yang perlu diketahui. Kriteria khusus yang bernama Rasio Risk Based Capital (RBC) ini bisa menjadi tolok ukur kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajibannya. Seberapa besar dana jaminan, rasio beban klaim, dan cadangan teknis utang klaim.

Misalnya syarat rasio RBC minimal adalah 130%, maka semakin tinggi rasionya, perusahaan tersebut semakin baik keuangannya dan secara tidak langsung menunjukkan kemampuan perusahaan asuransi untuk membayar dan melaksanakan kewajibannya.

5. Usia Perusahaan

Usia perusahaan asuransi juga bisa menjadi patokan yang menentukan. Tentu perusahaan yang lebih lama berdiri akan sangat berbeda jauh kualitas dan pengalamanannya dengan perusahaan asuransi yang baru berdiri satu dua tahun. Namun patokan ini jangan menjadi satu-satunya acuan jika Anda memang ingin memilih asuransi yang bagus. Setidaknya usia suatu perusahaan yang lebih lama memang menunjukkan kepercayaan yang telah terbangun antara nasabah dengan perusahaan dan terbukti beroperasi dengan baik.

Baca juga:  6 Poin Penting yang Harus Diketahui Sebelum Mengambil Polis Asuransi Jiwa

6. Sesuaikan Kebutuhan

Ada banyak perusahaan asuransi dan macam produknya. Tentu tak semua asuransi itu sesuai dengan kapasitas finansial Anda. Jadi, perlu kiranya untuk melihat dan mengukur kemampuan dan kebutuhan agar sesuai dengan asuransi yang dibutuhkan. Sebaiknya pikirkan terlebih dahulu mana asuransi yang paling dibutuhkan dan sesuai dengan keadaan finansial. Setelah terkumpul semua data yang ada barulah cari asuransi mana yang cocok untuk Anda.

Nah, itulah 6 tips memilih asuransi yang bagus yang bisa menjadi pertimbangan untuk menetapkan asuransi mana yang akan Anda pilih nantinya. Selamat memilih.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Asuransi
Cara Menjalankan Prosedur Penyerahan Polis Asuransi Mobil

Prosedur Penyerahan Polis Asuransi Mobil Lagi bingung pelajari isi polis asuransi mobil? BANYAK MENEMUKAN ISTILAH YANG MEMBNGUNGKAN? Bingung nya akan istilah dalam polis asuransi membuat kita malas untuk belajar tentang asuransi mobil. Terus, malas juga ditambah dari cerewetnya dan berbelit-belitnya sama petugas asuransi dalam menjelelaskan istilah-istilah yang rumit itu. Belum …

Asuransi
5 Rekomendasi Perusahaan Asuransi Terbaik Saat ini

Daftar Rekomendasi Perusahaan Asuransi Terbaik Seiring meningkatnya perekonomian masyarakat saat ini tentu mereka juga memperhatikan masadepan diri dan keluarganya. Dengan mengikuti program-program asuransi maka masyarakat tidak lagi khawatir tentang apa yang mungkin saja terjadi di masa mendatang, tentu saja dengan mengikuti asuransi-asuransi yang telah tersedia saat ini sebagai pilihan terbaik …

Asuransi
Apa Saja Kebijakan Produk-Produk Asuransi

Kebijakan Produk-Produk Asuransi Kebijakan Produk-Produk Asuransi “seumur hidup”. Sesuai dengan namanya, asuransi “seumur hidup” dimaksudkan untuk bertahan sepanjang hidup Anda. Ini adalah kebalikan dari polis asuransi jiwa sementara yang mencakup jumlah waktu tertentu seperti jangka waktu 10, 20, atau 30 tahun. Ada banyak alasan bagus untuk membeli kebijakan produk-Produk Asuransi …