7 Cara Mengembangkan Personal Branding yang Menjual

Meningkatkan Personal Branding

Anda tentu tahu yang namanya merek seperti Indomie, McDonald’s, Pizza hat dan lain sebagainya yang kebanyakan orang pasti sudah mengenalnya merek-merek tersebut. Hal ini adalah hasil dari strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan tersebut untuk menancapkan merek dari produk-produk itu ke benak masyarakat luas. Lalu apa hubungannya dengan Personal Branding? Ya karena banyak hal yang memang berkaitan dengan pemasaran. Misalnya mencari pekerjaan, mencari investor, mencari relasi bisnis, bahkan mencari pacar pun juga perlu menerapkan strategi marketing.

Cara Mengembangkan Personal Branding

Apa sih pengertian Personal Branding? Jika ada orang yang berbicara tentang Soekarno apa yang ada dalam pikirang Anda? Tentu saja sebagai bangsa Indonesia kita tahu sosok yang nasionalis, pemberani, serta orator yang ulung, kemudian bagaiman paendapat Anda tentang Steve jobs? yang ikonik mendirikan Apple Computers bersama Steve Wozniak dan memimpin perusahaan tersebut untuk merintis serangkaian teknologi revolusioner, termasuk iPhone dan iPad. Atau ketika mendengar nama Hitler ? tentu setiap orang hampir memiliki pandangan yang sama ketika mendengar nama Hitler. Tokoh berkumis, Otoriter dan masih banyak tokoh lainnya. itulah yang dinamakan Branding.

Menurut (Montoya, 2002), “Personal branding is a strategic process. It is about intentionally taking control of how others perceive you and managing those perceptions strategically to help you achieve your goals”.

Menurut (Haroen, 2014; 13) Personal branding adalah proses membentuk persepsi masyarakat terhadap aspek-aspek yang dimiliki oleh seseorang, diantaranya adalah kepribadian, kemampuan, atau nilai-nilai, dan bagaimana semua itu menmbulkan persepsi positif dari masyarakat yang pada akhirnya dapat digunakan sebagai alat pemasaran.

Untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan maka personal branding ini sangat di butuhkan agar dalam proses mengenalkan atau menggambarkan diri kepada orang lain, mengelola bahkan mempersepsikan diri. Sehingga personal branding ini merupakan persepsi yang dibangun dalam benak orang lain yang tertanan dan terpelihara dari sosok orang yang berkaitan. Personal branding ini memiliki tujuan yaitu bagaimana orang lain mengetahui atau memiliki pandangan yang positif kepada orang yang berkitan sehingga memiliki pemikiran atau persepsi kepercayaan atau trust kepada orang tersebut. Pada pemasaran juga sama memiliki tujuan yaitu pada proses menawarkan barang atau jasa kepada konsumen sehingga mereka yakin bahwa barang yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan konsumen, kemudian karena mereka telah percaya bahwa produk tersebut dapat dipercaya maka akan terjadi proses pembelian atau transaksi penjualan.

Sama halnya dengan pemasaran maka bisa dikatakan bahwa Istilah Personal Branding ini adalah bagaimana Anda akan memasarkan diri Anda sehingga dapat diterima oleh orang yang akan Anda ajak transaksi atau komunikasi.Dalam artian bahwa jika Anda tidak memiliki personal branding orang lain tidak tahu siapa Ada, darimana Anda, Kelebihan apa yang dimiliki, value apa yang ditawarkan, produk apa yang dimiliki, jika tidak memiliki personal banding maka orang lain tidak akan peduli.

Artikel terkait: Bagaimana Membangun Merek Pribadi

Selain itu dari personal branding yang baik inilah Anda akan bisa memiliki beberapa hal sebagai berikut:

  • Banyak yang akan mengenal Anda. Semakin banyak orang yang mengenal diri Anda maka Anda akan bisa menyebarkan kebaikan secara luas kepada orang lain. 
  • Dianggap Ahli dalam bidang tertentu. Artinya, Anda akan dianggap menguasai, tahu, paham tentang bidang tersebut, meskipun sebenarnya belum begitu mahir namun karena image dari personal branding yang dimiliki kuat maka orang lain akan trust percaya dengan kemampuan Anda. Sebagai contoh saat Anda melamar pekerjaan maka apa yang akan Anda sertakan? Pasti beberapa bidang keahlian nah disitu orang lain kan melihat bahwa Anda memiliki kemampuan sedemikian rupa, maka ini adalah sebuah keuntungan untuk Anda.
  • Meningkatkan Nila Jual. Kemudian melihat dari poin kedua tadi setelah Anda memiliki personal branding dan dikenal bahkan dianggap mahir/pakar maka dengan sendirinya Anda akan memiliki nilai jual yang tinggi bahkan perusahaan pun akan berani membayar Anda dengan harga tinggi. Selain itu banyak orang yang percaya kepada Anda sehingga orang lain akan mengajak kerjasama dalam hal yang memiliki nilai tambah dan positif.

Menarik bukan tentang personal branding ini? Tertarikkah anda membangun personal branding yang kuat setelah memahami keuntungannya?

Untuk itu jika ingin membangun bisnis maka personal branding ini akan membantu Anda untuk meningkatkan bisnis yang Anda bangun, dan bahkan akan banyak lagi keuntungan yang akan Anda dapatkan dalam berbisnis.

Berikut Adalah 7 rahasia membngun personal brand

Bagaiman cara membangun personal branding yang baik? Berikut 7 rahasia membangun personal branding Anda:

Step 1). Tentukan Value Anda. Value Anda akan menentukan bagaimana anda bersikap dan menanggapi berbagai masalah. Beberapa value yang seringkali dimiliki pengusaha sukses antara lain Kejujuran, Teman, Komunitas, Ambisi, Spiritual, Belajar, Komitmen, Kebermanfaatan, Keluarga, Produktif, Disiplin dan lain-lain. Value ini adalah hal yang Anda yakini penting dalam cara Anda hidup dan bekerja sebagai pribadi dan menentukan prioritas Anda. Bila menghadapi keputusan sulit, Anda biasanya mengandalkan nilai-nilai terdalam Anda. Value Anda akan menentukan bagaimana anda bersikap dan menanggapi berbagai masalah.

Selain itu dalam dunia bisnis, terutama saat mencari pekerjaan. Jika nilai kandidat sesuai dengan keinginan perusahaan, mereka cenderung dipekerjakan. Memprioritaskan nilai-nilai Anda akan membantu Anda mulai menentukan visi Personal Branding Anda.

Step 2). Mengoptimalkan Kekuatan atau Ciri Utama Anda. Apa yang membantu Anda menonjol dari kebanyakan orang? Unsur-unsur ini adalah sifat unik Anda, dan ini membantu membentuk identitas pribadi Anda. Karena setiap orang tentu memiliki kekuatan dan kelebihan masing-masing, termasuk Anda. Oleh karena itu kenalilah apa yang menjadi kelebihan Anda. Bagaimanca cara mengetahui potensi dalam diri sendiri? Coba tanyakan hal-hal berikut “Ingin seperti apa Anda dikenal”, dan kemudian “Bagaimana orang lain mengenal Anda? jika sudah memiliki jawaban yang sesuai saya rasa sudah cukup bagus unutk dijadikan kriteria Personal Branding baik. Namun jika Anda masih bingung mencari tahu potensi diri, Anda bisa menjawab beberapa pertanyaan sebagai berikut:

  • Apa Passion Anda? Ketahui passion Anda, kegiatan apa yang Anda cintai sukai. Tungkan dalam tulisan jika perlu. Sebagaicontoh Passion profesional mungkin mencakup teknologi, otomasi dan desain, sementara Passion pribadi meliputi kayak, keluarga, dan permainan golf cari tahu bidang aktivitas apa yang Anda cintai. 
  • Apa Keahlian Anda? Saat ini keahlian sangat penting dalam segala hal bahkan saat mencari pekerjaan pun keahlian inilah faktor utama yang akan memberikan personal branding Anda kuat, keahlian atau kualitas adalah mutlak. Maka selagi bisa temukan apa keahlian yang Anda miliki, tidak perlu memiliki banyak keahlian namun cukup satu yang paling utama dan menjadi nilai Anda.
  • Apa Kekuatan Anda? Personal brand Anda mencerminkan siapa Anda. Personal brand ini adalah ciri dan gambaran dari diri Anda jadi bagaimana Anda bisa membuat personal brand jika anda belum mengetahui apa yang menjadi kekuatan diri Anda.

Step 3). Tonjolkan Keunikan. Dalam dunia marketing tahukah Anda tentang USP (Unique Selling Proposition) sama halnya dengan Personal Branding ini. Pada dasarnya setiap orang memiliki ciri khas atau keunikan masing-masing. Keunikan inilah yang akan membangun dan memperkuat Personal Branding diri Anda. Pertanyaannya, seberapa besar keunikan, Seberapa besar  mempercayai keunikan Anda, dan Seberapa kuat personal brand yang Anda miliki.

Step 4). Percantik Tampilan. Ada dua hal yang bisa Anda perhatikan tentang tampilan ini yaitu di kehidupan nyata maupun di dunia maya. jika offline maka penampilan fisik ini akan membuat personal brand Anda berperan penting dalam karir, bisnis, dan kehidupan Anda. Misalnya saja pakaian aksesoris dan lain-lain. Namun jika ingin membangun personal branding dalam dunia online hal itu tidak begitu menjadi sorotan namun sekarang banyak perusahaan melihat langsung dari sosoal media yang Anda miliki dan mereka akan langsung menilai diri Anda dari setiap status yang Anda utarakan misal di facebook, website, twitter, maupun sosial media lainnya. Termasuk desain cover, foto profile, gambar postingan, gaya penulisan, dan lain-lain perusahaan sering menggunakan ini untuk menilai karakter dan kepribadian Anda. Jadi lebih baik untuk menjaga setiap sosial media Anda dari hal-hal negative dan kurang bermanfaat.

Step 5). Asah Kemampuan. Dalam tahap ini, Anda dituntut untuk terus mengasah kemampuan Anda. Caranya? Tiada cara selain belajar terus-terusan dan action gila-gilaan. Setiap akan belajar suatu ilmu, tanyakan, “Apakah ini akan mendukung kekuatan dan kompetensi intiku serta memperdalam kemampuanku?”. Jika tidak, tinggalkan.  Sekarang coba Anda tuliskan, ilmu apa saja yang akan Anda pelajari agar kemampuan Anda semakin terasah? Kepada siapa belajar ilmu tersebut? Dan bagaimana Anda melatihnya? Apa yang Anda lakukan tepatnya?. Silahkan untuk Anda renungkan.

Step 6). Perbanyak Prestasi. Untuk membangun personal branding yang efektif maka perstasi ini cara cepat memperkuat personal branding Anda, misalnya tunjukkan sertivikat, bukti-bukti portofolio dan prestasi tentang brand yang ingin kita bangun.

  • Hal terbaik apa yang Anda miliki?
  • Siapakah diri Anda?
  • Bidang apa yang telah Anda raih?
  • Apa yang terlintas per tama kali di benak orang saat disebutkan nama Anda?
  • Bagaimana cara Anda memperbanyak prestasi Anda.

Step 7). Promosikan Diri. Tidak hanya dalam dunia pemasaran saja promosi ini, namun strategi pemasaran pada personal branding juga sangat penting. Memang kebanyakan orang tidak memperduliakan hal ini yaitu mempromosikan dirinya. Bahkan terkadang ragu, tidak percaya diri dan malu. Seseorang dikatakan memiliki personal brand yang kuat ketika gagasan, sudut pandang, karya, sikap, dan bahkan penampilannya dapat mencuri perhatian khalayak. Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai macam cara misalnya menggunakan blog, jika Anda ingin menerapkan Personal Branding, Anda dapat membuat blog yang profesional dan terpisah untuk masing-masing profil individual Anda. Jika tidak, tidak masalah menggunakan blog korporat Anda dengan profil pengarang individual untuk setiap merek pribadi Anda.

Luangkan waktu untuk membuat konten berkualitas tinggi untuk setiap Personal Branding, yang relevan dengan bidang keahlian. Selanjutnya, pastikan untuk mempromosikan konten itu di saluran sosial masyarakat luas. Sehingga banyak orang yang akan mengenal dan mengetahui siapa Anda.

Baca juga: Panduan Langkah Demi Langkah Dalam Branding Bisnis Anda

Bagaimana siapkah Anda membangun Personal Branding? Membangun Personal Branding mungkin terlihat sederhana, namun perlu memperhatikan detail dan komitmen terhadap strategi jangka panjang dan juga butuh proses dalam membangunnya. Namun, jika Anda telah memilikinya dengan baik (Personal Branding) maka Anda berpotensi berpotensi melipatgandakan jangkauan konten Anda – belum lagi kepercayaan dari pelanggan Anda. Selamat mencoba membangun personal brand Anda.

Sekian pembahasan kali ini tentang Cara Mengembangkan Personal Branding. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan oleh Para Pebisnis Pemula
Business
Anda Pebisnis Pemula Hindari Kesalahan Fatal ini

Kesalahan Fatal Pebisnis Pemula Dalam hidup ini tidak ada satupun manusia yang sempurna. Semua manusia yang hidup di dunia ini tentu pernah melakukan kesalahan, baik kesalahan yang kecil maupun kesalahan yang besar. Kesalahan-kesalahan tidak hanya terjadi di kehidupan biasa, namun juga sering sekali terjadi di dunia bisnis. Ada banyak sekali …

Business
7 Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Memulai Bisnis

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis Memulai subuah bisnis memang selalu menjadi perbincangan yang menarik untuk dibahas. Memang benar memiliki sebuah usaha dan bisnis adalah cara yang paling mungkin untuk meraih kesuksesan. Maka dari itu banyak orang berlomba-lomba untuk membangun dan mengembangkan bisnis mereka. Namun demikian tidaklah mudah untuk …

Business
5 Cara Menemukan Usaha Apa Yang Cocok Untuk Anda

Menemukan Usaha Apa Yang Cocok Menjadi pebisnis merupakan langkah yang tepat untuk meraih kesuksesan. Telah banyak pengusaha yang menjadi sukses bahkan dengan penghasilan hingga ratusan juta perbulannya. Namun hal ini tidaklah terjadi begitu saja mereka telah merintis dari kecil hingga besar sampai saat ini. Memang tidak mudah memulai bisnis itu …