7 Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Memulai Bisnis

Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Memulai Bisnis
Business

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis

Memulai subuah bisnis memang selalu menjadi perbincangan yang menarik untuk dibahas. Memang benar memiliki sebuah usaha dan bisnis adalah cara yang paling mungkin untuk meraih kesuksesan. Maka dari itu banyak orang berlomba-lomba untuk Memulai Bisnis, membangun dan mengembangkan bisnis mereka. Namun demikian tidaklah mudah untuk menjalankannya karena akan ada banyak tantangan dan hambatan yang mungkin datang kapan saja kepada para pelaku usaha tersebut. Banyak faktor yang menentukan sukses tidaknya sebuah bisnis dari faktor internal maupun faktor eksternal dan yang paling menentukan adalah faktor manusia yang mengelola bisnis itu sendiri yang akan menentukan seberapa sukses bisnis yang dijalankan. Jika sungguh-sunggu dengan motivasi yang kuat maka kesuksesan itupun akan menjadi mungkin. Sehingga keberhasilan akan diraih dan bisnis akan berjalan dengan lancar.

Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Memulai Bisnis

Di era serba canggih saat ini dengan dukungan internet yang memadai sangat berpengaruh pada dunia bisnis saat ini.

Apalagi sekarang ini hampir semua orang memilki smartphone dan bisa online kapanpun selagi ada koneksi internet selain itu harga internet tergolong sangat murah. Tentu saja sebagai pengusaha kita bisa melihat peluang ini untuk dijadikan peluang usaha yang menguntungkan.

Dahulu untuk memulai bisnis itu memerlukan biaya yang sangat mahal namun sekarang dengan adanya internet semua orang bisa memulai bisnisnya secara mudah dengan biaya yang relatif murah namun dengan keuntungan yang sangat besar. Apalagi dengan adanya berbagai macam market place seperti Lazada, Tokopedia, OLX, Bukalapak, Shopee dan masih banyak lagi tentu akan semakin membuka peluang usaha dan bisnis online bagi mereka yang menjalankannya. Bagaimana apakah Anda siap untuk memulai usaha Anda? Pasti Anda memiliki mimpi untuk memiliki sebuah bisnis yang sukses. Oleh karena itu segera wujudkan mimpi Anda tersebut.

Artikel terkait: 5 Cara Menemukan Usaha Apa Yang Cocok Untuk Anda

Anda punya ide bisnis?. Namun, Anda tidak tahu apa langkah apa selanjutnya untuk mengubah mimpi itu menjadi kenyataan. Dalam memulai bisnis memang butuh proses dan tidak akan terjadi dan mudah seperti membalikkan telapak tangan, disana ada tantangan yang pasti akan dijumpai.

Memulai bisnis seperti mendaki gunung, Anda perlu meluangkan waktu untuk fokus pada setiap langkah dan ketika Anda fokus akan usaha dan bisnis yang Anda jalankan maka segera Anda akan mencapai tujuan Anda tersebut yaitu kesuksesan.

Pada artikel ini saya akan membagikan cara untuk merealisasikan ide Anda dengan daftar panduan untuk membantu Anda meletakkan fondasi untuk kesuksesan Memulai Bisnis yang akan Anda jalankan kedepan.

1). Riset pasar (Market research)

Langkah pertama, Anda perlu memastikan bahwa ide bisnis Anda benar-benar praktis. Anda perlu melakukan penelitian dan mencari tahu cara untuk menerapkan dan meningkatkan ide bisnis Anda menjadi lebih baik. Ini untuk menghindari kendala yang bisa saja terjadi. Riset pasar ini sangat penting karena Anda akan mengetahui situasi dan kondisi lingkungan pasar inilah yang akan menentukan laku atau tidaknya produk yang Anda tawarkan kepada pelanggan potensial.

2). Tentukan struktur bisnis Anda

Anda harus mengidentifikasi struktur atau model bisnis dan memutuskan opsi terbaik untuk memulai bisnis Anda. Kemitraan? Freelance? Perusahaan kecil (UKM, UMKM) ? Anda perlu menemukan informasi lebih lanjut tentang berbagai struktur bisnis dan hukum yang berbeda untuk ide Anda. Ketika usaha kecil untuk struktur bisnis ini bukanlah menjadi masalah, namun jika sudah memasuki bisnis yang cukup besar maka Anda akan membutuhkan struktur bisnis yang terorganisasi dengan divisi-divisi yang Anda butuhkan.

Dalam sebuah struktur bisnis ini akan mencerminkan fungsi dan budaya bisnis yang akan mempermudah jalannya suatu bisnis yang akan berjalan lebih menyenangkan, dan lebih menguntungkan bagi setiap orang yang terlibat dalam bisnis tersebut mereka akan lebih mudah dalam menyelesaikan pekerjaan mereka. Beberapa jenis struktur dapat dikombinasikan bersama, preferensi bisnis, tergantung pada kebutuhan bisnis, dan para manajernya.

3). Buat rencana bisnis (Business plan)

Dalam pembuatan rencana bisnsi atau business plan memiliki konsep yang sama dengan membangun rumah. Anda tidak akan membangun rumah tanpa blue print. Untuk bisnis, jika Anda tidak memiliki rencana / strategi, jangan memulainya karena akan beresiko tinggi akan kegagalan dalam bisnis tersebut. Maka dalam hal ini perencanaan yang matang akan semakin mempermudah dalam setiap kegiatan bisnis yang Anda jalankan nantinya. Rencana bisnis yang profesional dan terstruktur dengan baik akan memberi Anda arah yang jelas untuk memulai sebuah bisnis yang Anda jalankan. Singkatnya, Anda harus memiliki semua rencana cadangan untuk semua kemungkinan kejadian tak terduga yang pasti akan di temui dalam setiap bisnis.

4). Beri nama bisnis Anda

Anda tidak dapat menolak pentingnya memilih nama bisnis yang tepat. Nama bisnis yang efektif dan mudah diingat dapat menjadi perbedaan antara kegagalan dan kesuksesan dan harus mencerminkan jenis bisnis yang Anda inginkan. Nama yang bagus adalah awal dari merek yang hebat. Itu harus mudah diingat dan menciptakan perasaan tertentu ketika didengar oleh pelanggan dan konsumen.

5). Mendesain logo

Logo adalah hal penting untuk membuat kesan yang tepat kepada pelanggan dan konsumen potensial Anda. Ini karena logo sering kali menjadi hal pertama yang dilihat calon pelanggan. Anda disarankan untuk mengatur arah Anda, target audiens dan lain-lain, kemudian menerapkan ide dan membuat logo yang relevan dengan bisnis yang Anda miliki

Logo Anda adalah representasi visual dari semua hal yang perusahaan Anda ingin capai. Idealnya, logo perusahaan Anda meningkatkan kesan pertama yang penting bagi calon pelanggan dan mitra bisnis Anda. Logo yang baik dapat membangun kesetiaan antara bisnis Anda dan pelanggan Anda, membangun identitas merek, dan memberikan tampilan profesional perusahaan yang mapan.

6). Daftarkan domain dan buat situs web

Banyak orang berpikir bahwa menawarkan produk atau jasa Facebook atau Instagram lebih dari cukup. Memang benar media sosial saat ini merupakan tempat yang bagus dalam menawarkan bisnis Anda tentu dengan pengguna yang sangat besar akan memberikan peluang bisnis Anda semakin terlihat. Namun, ketika pelanggan ingin menyelidiki lebih banyak tentang Anda di web, terutama pada penelusuran seperti Google. Bing dan lain sebagainya, mereka sulit bahkan tidak dapat menelusuri bisnis Anda karena tidak memiliki domain dan situs web perusahaan Anda. Selain itu, jika Anda membangun situs web dengan antarmuka yang mudah digunakan maka akan membangun komunikasi yang baik antara perusahaan dan pelanggan Anda, Anda juga bisa menghasilkan beberapa bisnis melalui website online yang Anda miliki.

7). Rencana keuangan

Dapatkan sistem akuntansi dan arus kas yang disiapkan dengan sebaik-baiknya. Rencana keuangan ini adalah termasuk dari poin no.3 yaitu rencana bisnsi. perencanaan keuangan ini tidak akan lepas dari dan bagian penting dari sebuah bisnsi hal ini juga menentukan sehat tidaknya bisnis tersebut. Dalam hal ini perlu diperhatikan dalam pencatatan setiap pemasukan dan pengeluaran untuk kemajuan bisnis yang Anda jalankan.

Dalam hal ini jika Anda memiliki bisnis atau usaha dalam bidang apapun jangan sampai mencampurkan keuangan bisnis dengan keuangan pribadi. Karena berbeda dengan rencana keuangan untuk pribadi dan rencana keuangan bisnis, karena jika Anda tidak memisahkan keduannya maka sulit untuk mengontrol keduanya.  Karena setiap keuangan bisnis Anda berperan penting dalam mengambil keputusan harian dalam menjalankan usaha Anda. Bahkan jika dibiarkan akan mengganggu jalannya bisnis tersebut. Disiplin dan komitmen adalah kunci kesuksesan sehingga bisnis bertambah maju. Jadi, perhatikan arus keuangan bisnis kita dengan baik dan teliti.

Baca juga: 5 Bisnis Online yang Paling Laris Dipasaran

Sekian pembahasan kali ini tentang Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Memulai Bisnis. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sering Merasa Repot Ketika Bayar Pajak Bayar Pajak Online Yuk
Business
Sering Merasa Repot Ketika Bayar Pajak? Bayar Pajak Online Yuk

Anda Repot Bayar Pajak? Bayar Pajak Online Yuk Bukan hanya transaksi jual-beli melalui e-commerce, bayar pajak pun sekarang sudah dapat dilakukan secara online. Meski telah diberlakukan sejak dua tahun lalu, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang kebijakan ini. Simak ulasan berikut terkait sistem bayar pajak online yang diberlakukan oleh …

Penjelasan Terbaru Cara Menghitung Denda Pajak Kendaraan Bermotor
Business
Penjelasan Terbaru Cara Menghitung Denda Pajak Kendaraan Bermotor

Cara Menghitung Denda Pajak Kendaraan Bermotor Terbaru Pajak kendaraan bermotor merupakan jenis pajak yang wajib dibayarkan setiap satu tahun sekali. Gunanya tentu saja untuk memperpanjang masa berlaku Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) milik kendaraan Anda. Bila tak mematuhi aturan pajak ini, risiko nomor STNK menjadi hangus hingga mendapat surat tilang …

Cara Mudah Daftar NPWP Online
Business
Baca ini Dulu Sebelum Daftar NPWP Online

Cara Mudah Daftar NPWP Online Warga negara yang baik adalah warga negara yang taat membayar pajak. Pajak itu juga nantinya bermuara pada pembangunan untuk warga. Maka jika sudah memiliki penghasilan, memiliki NPWP itu keharusan. Saat ini pendaftaran untuk mendapat NPWP bisa dilakukan secara online. Berikut cara daftar NPWP Online yang …