8 Tips Masuk BUMN yang Harus Disiapkan Sebelum dan Sesudah Melamar Kerja

8 Tips Masuk BUMN yang Harus Disiapkan Sebelum dan Sesudah Melamar Kerja
Tips dan trik

Tips Masuk Melamar Kerja BUMN yang Harus Disiapkan

Badan Usaha Milik Negara atau biasa disingkat BUMN ini merupakan suatu instansi layanan pekerjaan yang sebagian atau seluruh modalnya berasal dari negara. Bekerja di BUMN juga menjadi impian hampir sebagian lulusan sarjana. Hal itu dikarenakan banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Salah satunya yaitu jenjang karir yang menjanjikan. Hanya saja untuk bisa lolos dan menjadi bagian darinya dibutuhkan usaha yang tidak mudah.

8 Tips Masuk BUMN yang Harus Disiapkan Sebelum dan Sesudah Melamar Kerja

Inilah 8 trik dan tips masuk BUMN yang harus disiapkan sebelum dan sesudah melamar kerja:

  1. Mempersiapkan Mental

Salah satu hal yang perlu disiapkan saat ingin melamar kerja yaitu mental. Dengan persiapan mental yang baik, tentu kita akan lebih siap bersaing dengan ratusan bahkan ribuan pelamar lainnya. Bagaimanapun persaingan antar pelamar tentu sangat sengit, mereka akan berlomba-lomba menarik simpati HRD di perusahaan BUMN yang mereka tuju.

Salah satu cara mempersiapkan mental bisa dilakukan dengan mengenali diri sendiri, perbanyak ibadah dan berdoa. Lalu katakan pada diri sendiri “Kamu Bisa!”, dan perhatikan juga kesiapan fisik dengan rajin berolahraga serta makan makanan bergizi.

Artikel terkait: Ingin Lolos? Simak Tips Pendaftaran CPNS Ini

  1. Melamar Di Situs Resmi BUMN

Setiap perusahaan BUMN memiliki website khusus yang digunakan untuk menyeleksi pelamar kerja. Sebelum melamar pekerjaan melalui situs resmi, sebaiknya tanyakan dulu pada teman, kerabat atau sanak keluarga yang sebelumnya pernah melamar. Hal tersebut dimaksudkan agar nantinya tidak mengalami kekeliruan saat mengisi formulir.

Biasanya pelamar kerja akan diminta untuk mengisi formulir yang disediakan serta melampirkan berkas-berkas yang dibutuhkan. Jangan lupa untuk mempersiapkan dan mengecek berkas yang diminta dengan teliti.

  1. Cari dan Perhatikanlah Info Job Fair

Tips masuk BUMN selanjutnya yaitu mencari info job fair. Biasanya perusahaan-perusahaan BUMN akan membuka job fair. Job fair tersebut biasanya diadakan di setiap kota dan bertempat di kampus-kampus atau balai pertemuan. Nah, carilah selalu info mengenai pengadaan job fair di kotamu sesuai dengan formasi yang dibidik. Apabila baru pertama kali mengikuti job fair, sebaiknya mencari terlebih dahulu apa-apa saja yang perlu dipersipkan.

  1. Persiapkan Semua Persyaratan Administrasi yang Dibutuhkan

Suapaya bisa mengikuti tahap selanjutnya  terlebih dahulu pelamar harus melengkapi persyaratan yang diberikan oleh perusahaan BUMN masing-masing. Perhatikan juga persyaratan umum yang diberikan, seperti halnya batasan umur, kualifikasi pendidikan dan lain-lain. Setelah itu siapkan dokumen-dokumen penting lainnya, seperti surat lamaran kerja, CV atau riwayat hidup, kartu keluarga, SKCK dan lain sebagainya.

Untuk mempermudah dan agar tidak ada yang terlewat, buatlah daftar cek. Daftar cek ini berfungsi untuk mengetahui persyaratan atau dokumen apa yang belum ada.

  1. Mengikuti Seleksi Tulis

Seleksi  tulis ini biasanya diadakan setelah semua persyaratan administratif pelamar lolos seleksi. Seleksi tulis sendiri  meliputi seleksi kompetensi dasar, kompetensi bidang, GAT (General Aptitude Test), serta tes bahasa Inggris. Yang perlu diingat, jangan sekali-kali menggampangkan seleksi online.  Jadi tetap persiapkan semuanya dengan baik; bisa dengan mengikuti pelatihan-pelatihan online, bertanya pada teman, bisa juga belajar sendiri dengan membeli buku panduan.

  1. Persiapkan Tes Wawancara dengan Baik

Tips masuk BUMN yang tidak kalah penting yaitu mempersiapkan diri untuk tes wawancara. Kebanyakan pelamar gugur satu persatu pada saat tes wawancara. Hal itu bisa disebabkan kurang persiapan serta tidak percaya diri. Oleh karena itu usahakan menggunakan intonasi, gaya bahasa, mimik dan gestur yang dapat meyakinkan atasan.

Nah, sebelum mengikuti tes wawancara usahakan untuk mempersiapkan mental dengan baik. Selain itu juga pelajari seluk beluk pekerjaan yang dilamar. Tes wawancara sendiri bisa berbeda-beda antara satu perusahaan BUMN dengan yang lainnya. Pada umumnya pada saat tes wawancara pelamar akan diminta untuk presentasi individu maupun dihadapan direksi. Ada juga yang melakukan tes wawancara melalui forum diskusi.

  1. Menyiapkan Kesehatan Tubuh untuk Tes Kesehatan

Setelah lolos tahap tes tulis selanjutnya pelamar akan diminta untuk melakukan tes kesehatan. Jadi sebelum itu sebaiknya tetaplah menjaga kesehatan tubuh dengan cara berolahraga, makan makanan bergizi dan lain sebagainya.

Baca juga: Indikator-Indikator Prestasi Kerja Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan

  1. Persiapkan Masa Training dengan Maksimal

Sebelum benar-benar menjadi pegawai tetap suatu perusahaan BUMN, pelamar yang sudah lolos terlebih dahulu akan diminta untuk mengikuti masa training dalam beberapa bulan. Disinilah pihak perusahaan akan mengevaluasi kinerja pelamar, apakah mereka layak untuk bekerja seterusnya atau tidak. Jadi usahakan lakukan yang terbaik.

Itulah 8 trik dan tips masuk BUMN yang harus disiapkan saat melamar kerja. Carilah informasi sebanyak-banyaknya dan tetaplah berusaha. Semoga berhasil dan jangan pantang menyerah

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ingin Lolos Simak Tips Pendaftaran CPNS Ini
Tips dan trik
Ingin Lolos? Simak Tips Pendaftaran CPNS Ini

Tips Pendaftaran CPNS Daftar isi Tips Pendaftaran CPNSPerhatikan Persyaratan Administratif dan Siapkan Jauh-Jauh HariPerhatikan Syarat Khusus yang DimintaFormasi yang Dipilih Sesuai dengan Jurusan AndaPilih Formasi yang Memiliki Peluang BesarPilih Waktu Mendaftar yang Tepat Profesi PNS merupakan salah satu profesi yang paling diidam-idamkan oleh masyarakat Indonesia. Untuk memperolehnya tentu saja dibutuhkan …

Tips dan trik
Tips Memilih Harga Genset Rumah Tangga Murah Berkualitas

Cari Genset Rumah Tangga Murah Berkualitas Perlengkapan rumah tangga yang tidak boleh Anda lewatkan saat ini adalah Genset, Ya alat ini sangat dibutuhkan saat terjadi hal yang tidak di inginkan misalnya saja ketika listrik tiba-tiba padam dan saat itu juga membutuhkan daya listrik untuk melakukan kebutuhan kita sehari hari. Saat …

Tips dan trik
Tips Cara Membuat Usaha Kecil Menengah Anda Lebih Sukses

Membuat Usaha Kecil Menengah Lebih Sukses Saat ini Usaha Kecil Menengah (UKM) memiliki peran yang sangat penting untuk motor penggerak perekonomian di Indonesia. Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan penopang  perekonomian di Indonesia. Mengingat pengangguran yang terus meningkat maka dibutuhkan startup pengusaha pemula yang membatu mengurangi pengangguran ini. Kaerena …