8 Tips Membangun Komunikasi Bisnis yang Baik, Aktif dan Efektif

Membangun Komunikasi Bisnis yang Baik, Aktif dan Efektif
Kepemimpinan

Membangun Komunikasi Bisnis yang Baik, Aktif dan Efektif

Komunikasi merupakan  hal penting yang dibutuhkan dan dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, juga merupakan interaksi dasar  untuk memperoleh kesepakatan dan kesepahaman begitu juga dengan sebuah perusahaan, maka perusahaan perlu membangun komunikasi bisnis yang baik. Sementara itu komunikasi bisnis digunakan untuk membangun relasi, memperkenalkan atau mempromosikan produk, gagasan, servis maupun organisasi untuk mendapat nilai dan kesepakatan bisnis.

Membangun Komunikasi Bisnis yang Baik, Aktif dan Efektif

Dan untuk mendapatkan komunikasi yang baik dengan patner bisnis, perhatikan 8 tips membangun komunikasi bisnis yang baik, aktif dan efektif berikut ini:

  1. Posisikan Komunikasi sebagai Perangkat Utama

Dalam suatu usaha atau bisnis, komunikasi merupakan hal penting yang harus diperhatikan untuk mencapai suatu kesepakatan. Oleh karena itu seseorang yang bergelut dibidang tersebut harus membangun pola pikir dan menempatkan komunikasi sebagai perangkat utama. Dimana dengan pemahaman tersebut seorang wirausaha bisa membuka komunikasi dengan klien, maupun mampu membuat kegiatan meeting jauh lebih singkat tapi berbobot.

Artikel terkait: Pengertian Komunikasi Organisasi dan Hubungan Karyawan

  1. Perhatikan Intonasi dan Gaya Bahasa yang Digunakan

Satu hal yang tidak boleh disepelekan dalam membangun komunikasi bisnis dengan klien yaitu menyadari intonasi nada yang digunakan saat berbicara. Saat berinteraksi tidak masalah untuk tampil natural, tapi tetap perhatikan intonasi dan gaya bahasa yang digunakan.

Jika memang penjelasan itu harus terstruktur, gunakan tata bahasa yang jelas dan mudah dipahami. Ketika memang harus ada penekanan nada untuk meyakinkan, gunakan ekspresi yang membuat orang lain langsung mengerti dengan apa yang kita katakan. Tinggi dan rendahnya suara yang digunakan sangat berpengaruh sekali dalam berkomunikasi. Hindari nada yang terlalu tinggi.

  1. Perbanyak Mendengar Dari pada Berbicara

Saat berkecimpung di dunia bisnis, usahakanlah untuk lebih banyak mendengar dan memperhatikan. Biasakan juga untuk melihat lawan bicara, sehingga kita dapat mengerti dan memahami apa yang dimaksud. Disamping itu dalam membangun komunikasi bisnis tidak hanya kuantitas saja yang diperhatikan melainkan juga kualitasnya. Tidak perlu mendominasi dan bicaralah ketika menemukan solusi atau terobosan baru yang perlu dicoba. Dengan begitu komunikasi yang efektif pun dapat tercapai dengan baik.

  1. Perhatikan dan Hargailah Lawan Bicara

Respon dan pendekatan saat berbicara  tentu berbeda-beda antar satu individu. Oleh karenanya memperhatikan lawan bicara merupakan hal penting yang tidak bisa dianggap remeh. Seperti saat berbicara dengan rekan bisnis sebaya atau berbicara dengan atasan. Gaya bahasa, intonasi, mimik dan gerak tubuh pasti sangatlah berbeda. Menyesuaikan sikap dengan lawan bicara juga sangat berguna untuk membangun komunikasi bisnis yang baik.

  1. Utamakan Kejujuran

Kejujuran juga merupakan hal paling penting dalam menjalankan suatu bisnis. Dengan kejujuran seseorang bisa membangun relasi yang baik serta membangun kepercayaan. Satu saja kecurangan dalam bisnis akan sangat berdampak pada reputasi perusahaan. Kejujuran merupakan modal utama untuk membangun kepercayaan antar rekan bisnis atau pun klien.

  1. Ekspresikan Ide dan Gagasan

Salah satu cara membangun komunikasi bisnis yang baik yaitu berani untuk mengekspresikan gagasan. Terlau takut terkadang menjadi alasan suatu ide atau gagasan cemerlang tidak tersampaikan. Padahal tidak masalah jika disampaikan, meski pada akhirnya tidak diterima. Justru dari situlah kita bisa tau apa yang kurang tepat dan perlu diperbaiki. Selain itu juga bisa melatih kita agar lebih  terbuka dalam menghadapi perpedaan pendapat.

  1. Terbuka Pada Kritik dan Saran

Salah satu faktor terjalinnya komunikasi yang baik yaitu keterbukaan terhadap kritik maupun saran. Tanamkan keyakinan dalam diri bahwa kritik serta saran dapat menempa kemampuan kita. Dari kritik dan saran, kita juga bisa belajar untuk berpikir dengan sudut pandang orang lain.

Seorang pengusaha sukses yaitu ia yang mau menerima kritik dan nasihat dari orang lain. Mereka tidak lantas anti pati, tetapi justru mau  mengevaluasi kritik tersebut dan mebandingkan dengan persepsinya; lalu menarik tarik poin penting sebagai batu loncatan.

Baca juga: Anda Seorang Pekerja Ketahui Indikator Prestasi Kerja Berikut Ini

  1. Hindari Mendekte

Hal yang tidak kalah penting yaitu menghindarkan diri untuk mendekte lawan bicara. Dalam membangun komunikasi bisnis tidaklah sama dengan diskusi di bangku kuliah. Jadi akan lebih baik untuk memilih gaya bahasa sederhana dan mudah dimengerti. Sampaikan dengan jelas, sopan dan tanpa mengurui suatu ide, rencana atau strategi bisnis yang akan dikembangkan.

Itulah 8 tips membangun komunikasi bisnis yang baik, aktif dan efektif. Dan dengan menerapkan 8 tips diatas diharapkan dapat membentuk relasi bisnis serta memperoleh kesepakatan yang diharapkan. Semoga berhasil!

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Indikator-Indikator Prestasi Kerja
Kepemimpinan
Anda Seorang Pekerja Ketahui Indikator Prestasi Kerja Berikut Ini

Indikator-Indikator Prestasi Kerja Daftar isi Indikator-Indikator Prestasi KerjaTerdapat beragam faktor yang dapat berpengaruh terhadap prestasi kerja seorang individu. Faktor-faktor yang yang dimaksud, antara lain:Untuk mengadakan penilaian prestasi kerja, tentu dibutuhkan indikator sebagai tolok ukurnya. Adapun indikator dari prestasi kerja antara lain:Selain itu, ada pendapat lain terkait indikator prestasi kerja, yaitu:Adapun …

Cara Untuk Menjadi Pendengar Aktif Yang Lebih Baik
Kepemimpinan
6 Cara Untuk Menjadi Pendengar Aktif Yang Lebih Baik

Strategi Menjadi Pendengar Aktif Yang Baik Daftar isi Strategi Menjadi Pendengar Aktif Yang BaikMendengar pasive dan Pendengar AktifPentingnya KomunikasiJika anda siap untuk menjadi Pendengar Aktif yang baik, lakukan hal-hal berikut : Sebagai makhluk sosial pastinya kita akan selalu berjumpa dengan banyak orang yang memiliki ciri, sifat, dan jarakter masing-masing. Komunikasi …

Kriteria Pemimpin dan Kepemimpinan Dalam Organisasi Yang Ideal
Kepemimpinan
Kriteria Pemimpin dan Kepemimpinan Dalam Organisasi Yang Ideal

Pemimpin dan Kepemimpinan Dalam Organisasi Daftar isi Pemimpin dan Kepemimpinan Dalam OrganisasiUnsur-unsur kepemimpinan :Kepemimpinan di bagi menjadi tiga :Kemauan manusiaKepemimpinan yang baik adalah kepemimpinan yang situasionalJenis-jenis wewenang :Cara memotivasi bawahan atau karyawanCara memberi motivasi kepada bawahan atau karyawan untuk meningkatkan produksi perlu memperhatikan sebagai berikut:1). Tegurlah tapi jangan kasar.2). Pekalah …