8 Tips Mendapatkan Harga Promo Tiket Kereta Api

Tips Mendapatkan Harga Promo Tiket Kereta Api
Tips Liburan

Mendapatkan Harga Promo Tiket Kereta Api

Mendapatkan harga promo tiket kereta api memang tidak semudah tiket pesawat. Tidak seperti tiket pesawat yang sering dijual dengan harga murah, harga tiket kereta api cenderung stagnan. Namun masih ada cara yang bisa dilakukan untuk memperoleh tiket kereta api dengan harga lebih rendah dari biasanya. Simak tips berikut.

Tips Mendapatkan Harga Promo Tiket Kereta Api

1. Pesan Jauh-jauh Hari

Seperti tiket pesawat, memburu harga promo tiket kereta api juga harus dilakukan jauh-jauh hari. Tiket sudah disediakan oleh PT KAI (Kereta Api Indonesia) sejak 4 bulan sebelum keberangkatan. Maka sebaiknya Anda memilih waktu 4 bulan kemudian jika memesan tiket saat ini. Semakin jauh jarak pemesanan dengan hari keberangkatan, tiket pun semakin murah harganya.

Artikel terkait: 7 Tempat Wisata Di Jakarta Terbaik Yang Recomended

2. Mencari Tiket di Situs Resmi KAI

Pembelian tiket kereta api dapat dilakukan melalui situs resmi KAI. Dengan mengunjungi situs, Anda bisa langsung memeriksa ketersediaan kursi pada jadwal dan rute yang diinginkan. Pada situs, tersedia tawaran harga yang berbeda-beda untuk setiap kursi meski di kelas yang sama. Maka, ambillah yang termurah. Setelah itu Anda tinggal melakukan pembayaran via ATM atau merchant yang ditunjuk.

3. Pesan Lewat Aplikasi KAI Access

Bagi Anda yang menggunakan Android dan iOS, dapat memanfaatkan aplikasi KAI Access untuk memperoleh tiket promo. Caranya, unduh dan pasang aplikasi ke dalam ponsel Anda, lalu cari tiket dengan harga termurah sesuai tanggal dan rute yang diinginkan.

4. Pesan Tiket Lewat Pusat Informasi

Pusat informasi KAI juga dapat Anda manfaatkan untuk memesan tiket, jauh sebelum waktu keberangkatan. Hubungi nomor 121 atau 021-121 lewat telepon, dan informasikan kepada operator tentang rute perjalanan dan tanggal keberangkatan. Lalu, minta operator untuk mencari harga promo yang paling murah. Setelah mendapatkan harga yang cocok, segera bayar supaya tiket promo Anda tidak hangus.

5. Mencari Informasi di Loket Stasiun

Cara termudah untuk mendapatkan tiket dengan harga promo yaitu bertanya langsung kepada petugas di loket stasiun. Khusus untuk calon penumpang lanjut usia yang membeli tiket via loket, akan mendapatkan potongan harga sebesar 20%. Apabila Anda mewakilkan mereka untuk membeli tiket maka wajib membawa fotokopi KTP untuk mendapatkan diskon tersebut.

6. Membeli Tiket Promo di Minimarket

Anda juga dapat membeli tiket kereta api dengan harga terjangkau di minimarket yang ditunjuk oleh KAI seperti Indomaret atau Alfamart. Kepada kasir, mintalah untuk memeriksa apakah tiket promo kereta api masih tersedia. Setelah mendapatkan tiket yang sesuai, Anda bisa langsung membayarnya di tempat.

7. Membeli Lewat Situs Booking Online

Banyak situs booking online yang menawarkan berbagai tiket sarana transportasi dan penginapan. Karena persaingan yang cukup ketat, mereka pun berlomba-lomba menawarkan tiket kereta api dengan promo menarik. Untuk mendapatkan tawaran ini, rajin-rajinlah mengecek situs sejak jauh-jauh hari agar tidak tertinggal tawaran promo.

Baca juga: Pas! Adalah Rumus Waktu yang Tepat untuk Pergi Liburan

8. Ambil Promo Khusus dari KAI

PT KAI selalu memberikan promo khusus pada momen-momen tertentu. Misalnya untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-73 tahun ini, mereka meluncurkan Promo Merdeka. Promo ini mulai berlaku dari 12 Agustus – 30 Agustus 2018 pada tanggal-tanggal tertentu dengan harga mulai Rp17.000 hingga Rp73.000. Namun, promo ini tak dapat digabungkan dengan promo lain, tak dapat dibatalkan, ataupun diubah jadwalnya.

Untuk mendapatkan harga promo ini, Anda harus membeli tiket melalui aplikasi KAI Access dari ponsel Android atau iOS. Setelah menentukan tanggal dan rute kereta api yang mendapatkan tiket promo, Anda bisa langsung memesannya. Sesudah pembayaran dilakukan, Anda akan mendapat tiket elektronik (e-tiket) yang dikirimkan ke e-mail dari aplikasi KAI Access.

Pada saat keberangkatan, gunakan e-boarding pass yang akan muncul 2 jam sebelum kereta api berangkat. Dengan demikian Anda tidak perlu antre untuk mencetak boarding pass. Promo dari KAI biasanya diberikan pada hari-hari tertentu, sehingga Anda harus rajin mencari informasi kapan mereka akan memberikan promo.

Itulah tadi, 8 tips yang dapat Anda lakukan untuk memburu tiket kereta api dengan harga promo. Semoga artikel ini bisa sedikit membantu.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tips Ampuh Menghindari Mabuk Perjalanan Saat Naik Bus
Tips Liburan
Tips Ampuh Menghindari Mabuk Perjalanan Saat Naik Bus

Tips Agar Anda Tidak Mabuk Perjalanan Daftar isi Tips Agar Anda Tidak Mabuk PerjalananBerikut Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan1.Menghadap Ke depan2.Tidur Pada Saat Perjalan3.Menggunakan Minyak Kayu Putih4.Jangan menggunakan Minyak wangi5.Minum Antimo6.Siapkan Plastik Kalian pasti takut untuk naik bus jikalau kalian suka mabuk perjalanan, mabuk adalah suatu hal yang menjijikan mulai …

Sedang Diet -Berikut 7 Contoh Jajanan Sehat untuk Anda
Tips Liburan
Sedang Diet-Berikut 7 Contoh Jajanan Sehat untuk Anda

Contoh Jajanan Sehat untuk Anda yang Sedang Diet Daftar isi Contoh Jajanan Sehat untuk Anda yang Sedang DietBuah-buahanKacang-KacanganSayuranRujakYoghurtCokelat HitamPopcorn Sebagai hal yang paling penting dalam hidup, maka gaya hidup sehat tentu sangatlah penting. Sudah ada banyak situs yang membahas terkait hidup sehat, salah satunya dengan diet. Ketika sedang diet, godaan …

Peralatan Traveling Paling Aneh saat Berpetualang
Tips Liburan
Peralatan Traveling Paling Aneh saat Berpetualang

Peralatan Traveling Paling Aneh Daftar isi Peralatan Traveling Paling Aneh#1). Wake Up Sleep Alarm#2). Tutup Pentil Ban dengan Indikator#3). Penyiram Tanaman Otomatis#4). Pisau Kartu#5). Dompet Berbentuk Buku#6). Botol Air Mineral Berbentuk Pipih Ada banyak sekali barang dan peralatan kebutuhan yang bisa Anda bawa saat pergi berlibur atau berpetualang. Namun di …