8 Tips Sukses Menjalankan Bisnis Rumahan Modal Kecil

Peluang Usaha

Sukses Menjalankan Bisnis Rumahan Menguntungkan

Salah satu untuk meraih kesuksesan adalah dengan membuka usaha. Saat ini peluang usaha sangat sangat besar bahkan setiap orang bisa menjalankan usaha dengan modal kecil. Banyak Bisnis Rumahan Modal Kecil di Indonesia ini yang bisa di jalankan dan tentunya memiliki keuntungan yang besar misalnya bisnis makanan, bisnis busana, bisnis online dan masih banyak lagi yang bisa medatangkan keuntungan untuk Anda. Salah satunya bisnis rumahan yang menjajikan selain itu juga memiliki prosperk yang bagus. Dengan menjalankan bisnis rumahan dengan modal kecil pun Anda akan mendapatkan banyak manfaat seperti fleksibilitas, kemampuan untuk membuat jadwal sendiri dan bahkan jeda pajak yang relatif tidak membebani. Meskipun memiliki berbagai manfaat akan tetapi untuk merintis dan menumbuhkan bisnis rumahan ini bisa dibilang “gampang-gampang susah”.

Sekecil apapun bisnis rumahan jika di jalankan dengan komitmen dan ketekunan saya rasa akan memiliki untung yang maksimal juga selain itu menjadi pebisnis rumahan tidak berarti memiliki peluang yang kecil untuk sukses namun bisa jadi akan menjadi besar ketika masyarakat sudah mengenal bisnis yang Anda jalankan tersebut. Coba perhatikan beberapa perusahaan paling terkenal di dunia seperti Apple, Hershey’s dan Ford Motor Company pada awalnya mereka memulai bisnisnya mereka mulai sebagai bisnis rumahan. Kemudian, kurang lebih sekitar 68% pengusaha sukses mereka memulai bisnis dari rumah mereka kemudian di bangun dan kembangkan hingga menjadi besar seperti sekarang.

Artikel terkait: Tips Cerdas Buka Usaha Coffee Shop Yang Menguntungkan

Untuk itu mulailah bisnis Anda sekarang juga. Atau mungkin anda memiliki aspirasi yang besar dan mencari cara untuk mengubah ide cemerlang anda menjadi berwujud bisnis yang dijalankan melalui rumah anda, maka anda memerlukan sebuah rencana bisnis yang baik agar nantinya bisa berjalan denagn semestinya.

Untuk itu cobalah di mempertimbangkan tips-tips berikut untuk memulai dan menjalankan bisnis rumahan Anda dan raihlah kesuksesan Anda:

1). Evaluasi tempat tinggal anda

Lokasi yang mendukung dan baik untuk menjalankan bisnis tentunya akan berdampak kepada bisnis yang Anda jalankan. Karena memang dalam menjalankan bisnis bukan berarti semua lokasi bisa di jadikan tempat untuk berbisnis, oleh karena itu tidak berarti rumah Anda adalah lokasi yang ideal. Untuk itu perlu adanya penyesuaian diri atau pentesuaian bisnia yang dijalankan. Dlam hal ini cobalah untuk memikirkan tentang ruang tempat tinggal Anda saat ini dan bandingkan dengan model bisnis yang ada dalam pikiran anda. Jika anda harus bertemu dengan pelanggan atau karyawan, dapatkah anda dengan nyaman mewujudkannya di rumah anda? Apakah rumah anda mudah ditemukan? Apakah anda memiliki tempat parkir yang memadai?

Selain itu, lihatlah apakah zonasi dan undang-undang di lokasi anda saat ini melarang bisnis atau jenis bisnis tertentu. Jika ada penangguhan selama evaluasi ini, pindahlah ke rumah yang lebih sesuai untuk menjalankan bisnis sekaligus hidup dengan nyaman mungkin merupakan langkah awal yang baik.

2). Menyimpan dan Mempersiapkan Persediaan

Karena rumah Anda adalah lokasi untuk bisnis Anda maka segla keperluan dan perlengkapan untuk berbisnis tentunya akan ada pada ruangan Anda. Menyiapkan ruang kantor, ruang untuk persedian, gudang dan lain sebagainya untuk lebih mudah dalam menjalankan segala aktifitas bisnis rumahan Anda untuk itu pastikan anda memiliki area khusus yang sesuai untuk berbisnis. Jika tidak, pertimbangkan untuk membagi area tertentu dari ruangan yang lebih besar, Pisahkan ruangan luas dengan lemari dinding untuk membuat ruangan kantor. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda jangan sampai malah mengganggu rumah tangga dan bisnis Anda. Atau  mungin sebagai alternatif bahkan anda bisa mengubah garasi anda menjadi kantor impian anda, seperti para pebisnis besar yang sudah terkenal saat ini mereka juga melakukan hal seperti itu awalnya.

Kemudian yang perlu di lakukan adalah memikirkan persediaan yang Anda butuhkan untuk berbisnis. Dalam hal ini relatif tergantung anggaran yang Anda miliki segala sesuatu dari perabot sampai perlengkapan kantor harus dipertimbangkan saat anda menganggarkan biaya awal. Periksa apa yang anda perlukan ke depannya, dan carilah cara untuk menabung. Layanan seperti Amazon’s Subscribe and Save memungkinkan pemilik bisnis untuk menyimpan persentase tertentu atas pembelian yang sedang berlangsung, sehingga anda bisa menabung sejumlah besar uang dalam jangka panjang.

Setelah mempersiapkan segala persediaan yang dibutuhkan, maka kemudian membuat merek produk Anda akan seperti apa nantinya, dan kemudian pikirkan merek untuk produk anda. Selain merek hak yang perlu di perhatikan adalah personal branding yang Anda miliki ini sagat penting bagi bisnis rumahan, seperti halnya untuk perusahaan besar yang telah membangun personal branding-nya. Agar lebih mudah dan tak perlu kawatir tentang kualitas bisnis Anda maka konsultasikan dengan perancang untuk Anda bisa yakin harus memulai dari mana.

3). Tetapkan jadwal anda

Untuk pebisnis awal mungkin akan terlihat lebih sulit untuk memliki jadwal, namun jika bisa mengatur waktu Anda maka hal ini akan lebih mudah dalam menjalankan bisnis Anda dan akan fokus pada setiap kegiatang yang dilakukan. Anda mungkin memimpikan fleksibilitas di dalam bisnis anda. Akan tetapi perlu di ingat bahwa saat awal menjalankan bisnis maka akan membutuhkan waktu dan kerjakeras untuk berhasil. Dalam mengatur jadwal, Anda bisa pertimbangkan hal berikut:

  • Berapa jam per hari kah yang di perlukan dalam bisns Anda dan untuk membuat bisnis anda terus berjalan dan berkembang ke arah yang telah di tetapkan.
  • Seperti apa jadwal anda saat ini? Apa yang bisa anda atur ulang, dan apa yang akan anda rencanakan?
  • Ketika anda bekerja paling baik. Are you a morning person or a night owl? Kapan anda merasa bekerja yang paling efisien dan fokus? Bagi kebanyakan orang dewasa, jawaban untuk pertanyaan ini adalah pada pagi hari. Rencanakan anda bekerja pada jam kerja anda yang paling produktif.
  • Ketika pelanggan dan mitra bisnis anda tersedia. Jika anda bekerja paling produktif saat tengah malam, tapi anda harus menghubungi pelanggan atau mitra bisnis utama selama jam kerja normal, mungkin ini akan sulit.
  • Setelah anda mempertimbangkan semua faktor penting yang tercantum di atas, ciptakan jadwal anda yang sebenarnya. Tandai di kalender anda dan bagikan dengan keluarga serta teman anda, agar mereka memahami bahwa anda benar-benar bekerja. Meskipun anda berada di rumah, namun bermanfaat bagi semua orang.

4). Manajemen yang baik dan siapkan buku anda langsung dari hari pertama

Disinilah masalahnya. Dalam menjalankan bisnis meskipun dari rumah anda tentunya akan mendapatkan tax benefits. Oleh karena itu perlu untuk mematuhi undang-undang perpajakan dan  melaporkan tingkat pendapatan yang tepat sesuai dengan jadwal yang telah di tentukan. Memastikan bahwa operasi anda sesuai dengan peraturan pemerintah akan melindungi bisnis anda di masa depan. Dengan demikian Anda tidak perlu kawatir tentang peraturan yang ada.

5). Berkonsultasi dengan pengacara bisnis

Segala bentuk bisnis pasti akan ada resiko yang sewaktu-waktu akan di jumpai. Nah untuk membuat bisnis Anda tetap aman dan nyaman maka Anda harus memiliki konsultan bisnis atau pengacara bisnis hal ini sama seperti peraturan pemerintah, ada banyak undang-undang yang berlaku untuk bisnis rumahan yang perlu di perhatikan jangan sampai bisnis sudah berjalan malah terganjal oleh beberapa peraturan yang ada maka hal ini akan merugikan. Terutama berlaku jika anda akan menggunakan kontraktor atau mempekerjakan karyawan. Salah langkah atau ada kelalaian bisa merusak bisnis anda. Pertimbangkan untuk mencari pengacara hukum bisnis yang handal di wilayah anda dan mintalah konsultasi. Seorang pengacara dapat membantu

  • Menyiapkan struktur yang tepat -> LLC, korporasi, kemitraan atau pilihan lain.
  • Memastikan anda memiliki dokumen yang sesuai untuk setiap karyawan.
  • Menentukan apakah seseorang harus dianggap sebagai kontraktor atau karyawan.
  • Meminta pertanyaan yang tepat dan memberikan masukan untuk memastikan anda bergerak maju sesuai undang-undang.

6). Jaga agar kehidupan pribadi terpisah dengan dunia bisnis anda

Terkadang banyak juga yang mencampur adukan bisnis dengan kehidupan pribadinya. Misalnya jika Anda bekerja di sebuah kantor tentu tidaklah mudah bagi Anda untuk meninggalkan begitu saja pekerjaan yang Anda bisa-bisa akan bermasalah dengan atasan Anda. Nmaun hal ini berbeda dengan bisnis rumahan yang Anda jalankan. Saat bekerja dari rumah, hal itu tidak lagi berlaku. Ingat bahwa anda telah memiliki jadwal yang ditetapkan. Bahkan banyak juga pengusaha yang mencampur adukkan finansial pribadi dengan perusahaan, hal ini akan mengakibatkan kekacauan keuangan Anda maka dari itu perlu adanya perencanaan keuangan yang matang. Kehidupan bisnis dan pribadi tentu harus seimbang jangan sampai malah menggangu mental dan kesehatan Anda. Dalam hal ini cobalah untuk meluangkan waktu sejenak untuk berlibur.

7). Buatlah jaringan

Karena anda akan sebagian besar waktu Anda bekerja dirumah maka untuk meningkatkan bisnis Anda maka perlu adanya  relasi, mitra yang akan membantu Anda dalam mengembangkan bisnis yang di jalankan. Jaringan itu penting karena sebuah bisnis pasti akan melibatkan berbagai elemen masyarakat entah itu saluran distributor, karyawan, konsumen, marketing dan lain sebagainya.

Selain itu perlu dipertimbangkan juga dengan adanya organisasi-organisasi profesional lokal. Karena dari komunitas inilah Anda akan mendapatkan keuntungan yang baik untuk bisnis rumahan Anda. Kemudian coba lihat peluang yang ada dan berusahalah untuk menghadiri acara sosial untuk belajar lebih banyak tentang bisnis anda dan untuk terhubung dengan orang lain di luar sana karena dengan demikian maka Anda akan lebih mudah terhubung dengan berbagai macam jaringan. Hal ini mungkin  bisnis rumahan Anda akan lebih mudah untuk berkembang. Oleh karena itu ini adalah aspek penting lain dalam menciptakan personal branding untuk Anda dan bisnis Anda dan tentunya akan lebih mudah di kenal oleh masyarakat luas.

8). Jangan takut gagal

Pada dasarnya konsep kegagalan itu tidakla ada yang ada hanya belajar atau sukses. Apapun bisnisnya tak terkecuali apalagi usaha kecil menengah UKM pasti akan menemui yang namanya resiko, rintangan, persaingan dll yang akan selalu hadir dalam dunia usaha dan bisnis. Namun yakinlah hal ini akan membuat Anda semakin tangguh untuk kedepannya.

Baca juga: 13 Sikap Pelaku Wirausaha Sukses Yang Harus Dimiliki

Menjalankan bisnis rumahan adalah prospek yang menarik, tapi membuat pekerjaan kita menjadi lebih banyak. Untuk memastikan anda bisa memulai bisnis dengan baik dan ke depannya semakin sejahtera,pertimbangkan tujuh tips di atas. Karena hambatan dan rintangan bisa saja terjadi di tengah perjalanan bisnis anda.

Sekian pembahasan kali ini tentang Sukses Menjalankan Bisnis Rumahan Modal Kecil. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Klinik Usaha Kecil Sebagai Wujud Kepedulian Profesi
Peluang Usaha
Klinik Usaha Kecil Sebagai Wujud Kepedulian Profesi

Klinik Usaha Kecil Pada Kepedulian Profesi Daftar isi Klinik Usaha Kecil Pada Kepedulian ProfesiPROFESI DAN KETERPANGGILANBERDIRINYA KLINIK USAHA KECIL IKATAN ALUMNI INDONESIAYANG TELAH DAN AKAN DIPERBUAT OLEH KLINIK USAHA KECIL IKATAN AKUNTAN INDONESIA1. Skill Development2. Accesing3. Kegiatan lainnyaa. Pelatihan para pembina pengusahakecil BUMNb. Penulisan untuk pembinaan pengusaha kecilc. Penyusunan konsep …

Peluang Usaha Modal Kecil Cocok Untuk Bisnis Rumahan
Peluang Usaha
Peluang Usaha Modal Kecil Cocok Untuk Bisnis Rumahan

Peluang Usaha Modal Kecil Bisnis Rumahan Daftar isi Peluang Usaha Modal Kecil Bisnis RumahanSebagai contoh peluang usaha modal kecil yaitu pengrajin Batu Akik Mas Mandor.Peluang Bisnis ofline dan bisnis onlineYuk Pilih Peluang Usaha Modal Kecil Sekarang JugaApakah kekurangan modal kecil menjadi penghambat bagi Anda untuk memulai bisnis yang diinginkan?A. Peluang …

Usaha Kecil Menengah dengan Omset Jutaan Rupiah
Peluang Usaha
Menjalankan Usaha Kecil Menengah dengan Omset Jutaan Rupiah

Usaha Kecil dengan Omset Jutaan Rupiah Daftar isi Usaha Kecil dengan Omset Jutaan RupiahPilihan Usaha Kecil Menengah Terbaik yang Dapat Anda Mulai sebagai berikut:Jasa Cuci Mobil dan MotorGym / Studio LatihanRestoranApakah Usaha Kecil Menengah yang Dapat Kita Mulai Tahun 2019?Makanan Kesehatan Khusus / Makanan OrganikToko Es Krim Hallo sobat pengusaha …