9 Cara Mendatangkan Trafik Blog Mudah Praktis Efektif

Cara Mendatangkan Trafik Blog Mudah Praktis Efektif
Blogging

Mendatangkan Trafik Blog Dengan Mudah Aman

Kita sebagai webmaster atau Blogger Indonesia tentunya sudah paham dan tahu bahwa faktor keberhasilan blog atau website tergantung pada trafik blog semakin trafik blog tinggi maka bisa di katakan blog tersebut sukses. Selain itu salah satu unsur penting bagi para internet marketer dalam meningkatkan penjualannya dengan memperbanyak Leads-nya. Dengan kata lain jika ingin mendapatkan keuntungan yang besar dan juga mendapatkan banyak penjualan pada blog yang dikelola, maka kita harus bisa Mendatangkan Trafik Blog yang telah kita bangun atau kembangkan.

Sebenarnya untuk bisa meningkatkan dan mendatangkan trafik blog ada banyak sekali termasuk optimasi SEO yang akan membantu mendapatkan peringkat pada halaman pencarian mesin pencari seperti Goolge, Bing dan lain sebagainya.

Cara Mendatangkan Trafik Blog Mudah Praktis Efektif

 

Lantas bagaimana cara meningkatkan atau mendatangkan trafik blog dengan mudah, praktis, aman dan bahkan gratis?.

Berikut ada beberapa cara untuk meningkatkan pengunjung atau mendatangkan trafik blog Anda:

1). Melakukan SEO On Page dan Off Page

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk bisa mendatagkan trafik blog adalah dengan menerapkan teknik SEO (Search Engine Optimization). Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa optimasi SEO adalah bagian terpenting dalam membangun trafik blog. Saat seorang blogger atau webmaster tentu harus paham minimal dasar-dasar dari SEO ini karena jika tidak apa yang dilakukan akan sia-sia. Ketika melakukan SEO, sebagai pemilik website akan berupaya mengoptimalakan blog yang di kelola agar blog atau website bisa mendapatkan peringkat yang baik dan maksimal di hasil pencarian di mesin pencari Google. Denagn penerapan SEO yang baik dan optimal akan bisa blog memiliki peringkat pada halaman pertama pencarian, bahkan tembus ranking 1 di Google.

SEO sendiri memiliki dua jenis yang bisa diterapakan yaitu SEO on page dan SEO off page yang memang keduanya sama2 memiliki peran pentung dalam meningkatkan trafik pada blog yang kita miliki. Perbedaan keduanya adalah pada penerapan dan optimasinya yaitu jika SEO on page adalah SEO yang dilakukan dengan mengoptimasi hal-hal yang berkaitan dengan konten atau didalam sebuah website, sedangkan SEO off page dilakukan diluar dalam artian melakuakn optimasi diluar konten pada wibsite atau blog. Pada kesempatan kali ini saya membahas SEO off page karena jika di jelaskan semuanya akan sangat banyak bahkan 3 hari menulis tidak akan selesai saking luasnya teknik SEO ini hehehehe.

Artikel terkait: 10 Cara Mendatangkan Trafik Blog atau Website Anda

Berikut ada beberapa teknik optimasi SEO off page yang dapat digunakan:

  • Melakukan Blogwalking

Blogwalking adalah salah satu cara yang sering digunakan dalam optimasi SEO off page. Blogwalking adalah kegiatan saling berkunjung ke blog atau website orang lain, biasanya ini dilakukan oleh para blogger untuk saling meninggalkan komentar yang relevan dengan isi konten atau masih berhubungan dengan blognya. Untuk teknik ini banyak yang melakukan pertukaran link atau alamat website/blog (menyisipkan) pada komentar namun hal ini biasanya sulit karena pemilik situs yang memperhatikan kesehatan blognya akan menghapusnya. Perlu diingat bahwa teknik SEO semacam ini harus hati2 karena jika berlebihan akan malah merugikan karena di anggap spam oleh Google. Untuk itu melakukan Blogwolking dengan aman harus di perhatikan misalnya dengan mengunjungi konten yang relevan seperti yang saya sebutkan di atas. Misalnya saja Anda memiliki blog bisnis maka sebaiknya untuk mencari situs2 yang berkaitan dengan topik blog Anda.

  • Menjadi Guest Blogging atau Menjadi Penulis Tamu Web/Blog Lain

Guest Blogging ini juga salah satu teknik SEO off page yang efektif utnuk meningkatkan kualitas situs atau website kita. Cara yang bisa dilakukan biasanya dengan menjadi penulis tamu di web atau blog orang lain. Sat menjadi penulis tamu hal yang dilakukan yaitu menulis artikel untuk dipublikasukan di blog/website lain. Dalam artikel yang telah Anda tulis, Anda bisa menyisipkan atau mencantumkan link pada artikel tersebut yang nantinya akan menuju ke blog/website Anda nantinya. Selain itu bisanya Anda pun bisa menampilkan profil singkat Anda.

Salah satu cara untuk melakuakn guest blogging misalnya seperti ini: Anda menulis atau sudah memiliki artikel kemudian mengirimkan artikel tersebut ke salah satu guest blog seperti situs Jefferlysupperclub. Selanjutnaya tulisan Anda akan di publikasikan di situs tersebut. Nah dalam artikel yang Anda kirimkan terebut diperbolehkan menampilkan profil dan link menuju web Anda.

  • Memanfaatkan Situs Social Bookmark

Situs-situs social bookmark juga salah satu cara yang sering dilakukan untuk menerpakan SEO off page oleh para webmaster dalam melakukan optimalisasi. Saat ini telah banyak penyedia situs social bookmark di internet, 15 Daftar Situs Social Bookmarking Gratis Dengan PR Tinggi Anda bisa menggunakan situs tersebut untuk kegiatan SEO off page Anda. Semakin banyak tautan atau link yang Anda bangun maka akan semakin meningkatkan kualitas backlink yang Anda dapatkan yang akan berdampak baik pada SEO off page yang telah Anda lakukan.

Nah itulah beberapa teknik SEO off page yang bisa Anda terapkan untuk mendatangkan trafik blog Anda. Pada intinya teknik SEO off page dilakukan dengan tujuan membangun sebanyak -banyaknya backlink berkualitas yang nantinya akan meningkatkan peringkat situs Anda di mata mesin pencari khususnya Google.

2). Mendatangkan Trafik dari Facebook

Siapa sih yang tidak kenal Facebook semua kalangan pasti sudah tau bahkan ada menggunakan lebih dari satu akun. Populeritasnya yang sangat besar dengan pengguna yang sangat besar tentu saja memiliki manfaat yang besar juga dalam banyak hal salah satunya untuk meningkatkan trafik blog.Ada tiga sarana yang bisa Anda manfaatkan yaitu: Akun pribadi, Halaman facebook, Group facebook.

3). Mendatangkan Trafik dari Twitter

Selain Facebook media yang juga sangat populer adalah twitter. Media sosial satu ini juga sangat efektif untuk mendatangkan trafik blog. Dalam menggunakan twitter ini Anda harus bisa membangun komunitas pembaca blog di twitter. Ada berbagai cara dan strategi yang bisa Anda gunakan dalam memanfaatkan twitter ini namun saya belum bisa memberikan informasi yang lengkap. Untuk itu cobalah mencari sumber tutorial cara memanfaatkan twitter sebagai media promosi website/blog Anda.

4). Memanfaatkan Bebagai Media Sosial yang Lain (Forum)

Diatas telah saya sebutkan dua media sosial yang populer dan efektif utnuk mendatangkan trafik blog, namun saat ini tentu sudah banyak media sosial yang juga sangat membantu untuk meningkatkan trafik misalnya saja:

  • forum.maxmanroe.com
  • bersosial.com
  • ziuma.com
  • forum.rajagame.net
  • salamdakwah.com
  • ceriwis.net
  • forum.wavegame.net
  • polri.org
  • diskusionline.net
  • Dic.im
  • myquran.or.id
  • dsb

Dari beberapa situs diatas sangat berguna selain untuk membangun backlink juga efektif untuk mendatangkan pengunjung blog dan memang salah satu sumber trafik yang banyak di manfaatkan para blogger. Untuk caranya tidak jauh beda dengan guest blog atau pun yang lainnya intinya Anda bisa menusis artikel dengan menyisipkan link ke artikel yang telah ditulis tadi dan mempostinnya. Trntu saja setiap situs memuliki aturan masing-masing yang harus di taati oleh komunitas penggunanya. Oleh karenanya Anda harus mengetahui terlebih dahulu agar lebih aman dan nyaman untuk membangun trafik blog Anda.

5). Memanfaatkan YouTube

YouTube selain media video sharing namun dengan melihat penggunanya yang juga besar kita bisa memanfaatkannya untuk mendatangkan dan mengarahkan trafik ke blog kita. Cara yang bisa dilakukan biasanya dengan membangun channel YouTube dengan membagikan video-video yang berkaitan dengan topik blog kita. Ambil saja contoh Anda membuat tutorial membuat blog dengan menggunakan wordpress nah dalam video bisa Anda promosikan situs web Anda dan juga pada bagian deskripsi untuk menyisipkan link situs Anda.

Ada manfaat lain selain mempromosikan website/blog channel Anda pun jika sudah memenuhi syarat bisa dijadikan monetisasi untuk menghasilkan uang. Semakin banyak video yang di upload semaikin banyak subcriber yang datang alhasil blog dan youtube bisa saling menguntungkan.

6). Membuat Ebook untuk Media Pomosi Blog

Ebook juga salah satu media yang bisa di jadikan untuk mendatangkan trafik dan sarana promosi blog. Cara mempromosikan blog dengan Ebook sangatlah sederhana. Anda cukup membuat Ebook yang berkaitan dengan topik blog Anda, misalnya topik blog Anda adalah blog bisnis maka Ebook yang dibuat adalah Ebook tentang bisnis juga. Dalam Ebook tersebut nantinya Anda bisa menyisipkan link yang akan mengarah pada Blog Anda dengan demikian ketia seseorang membaca mereka akan mengetahui sumber artikel tersebut. Jika mereka merasakan manfaat dari tulisan Anda mereka pasti akan berlangganan menjadi pembaca setia blog Anda.

Promosi lewat Ebook ini merupakan upaya promosi jangka panjang karena ketika Ebook di publikasikan di internet maka Ebook Anda akan selalu ada asalkan tidak dihapus oleh pihak tertentu. Dan link yang di dalamnya pun juga akan mendapatkan backlink tersendiri. Cara yang sederhana adalah Anda kumpulkan artikel-artikel menarik yang memiliki potensi pembaca banyak dan menjadikanya Ebook dan membagikan di internaet.

Baca juga: Seberapa Besar Potensi Finansial Google AdSense

7). Beriklan di Internet

Iklan merupakan strategi promosi yang tidak bisa di pisahkan dalam pemasaran. Dalam kaitan blog sendiri kita bisa mengiklankan situs dengan menggunakan layanan peliklanan di internet. Misalnya saja menggunakan Google Adwords, Facebook Ads, dan msaih banyak lain yang sejenisnya. Namun promosi dengan menggunakan media periklanan ini tentunya akan membutuhkan dana yang lebih yang memang di peruntukan bagi situs-situs yang besar, jika situs kecil melakukan promosi melalui iklan maka akan sangat membebani dan tidak seimbang dengan pendapatan yang di hasilkan nantinya.

8). Beritahu ke Teman-Teman atau Sudara

Memang memberitahu jika Anda memiliki sebuah website mungkin terlihat tidak efektif. Namun promosi seperti ini bisa dilakukan secara gratis. Misalnya Anda adalah berprofesi sebagai guru atau asisten dosen Anda bisa menyampaikan dan menceritakan pengalaman Anda tentang membangun blog yang Anda miliki. Dengan demikian mereka akan tahu dan penasaran akan situs yang Anda miliki dan bahkan beberapa dari mereka langsung mengakses blog Anda. Jika perlu bagikan ke media sosial yang Anda miliki seperti WhatsApp, Line, BBM (Blackbarry Messenger) atau yang lainnya yang akan dibagikan pada daftar kontak Anda.

9). Adakan Kegiatan-Kegiatan Offline

Kegiatan ofline ini mencakup berbagai macam kegiatan misalnya seminar, workshop, perlombaan dan lain sebagainya. Biasanya para webmaster mengadakan perlombaan atau kontes SEO yang nantinya akan membahas tema yang Anda tentukan dengan aturan dan ketentuan yang Anda berikan misalnya memberikan link-link situs Anda dengan hadiah menarik sesuai dengan yang Anda inginkan. Semakin besar hadiah maka semakin besar juga pesreta yang akan mengikuti perlombaan.

Dari sembilan cara diatas tentu saja masih ada banyak lagi yang bisa dilakukan karena ilmu dan strategi dalam mendatangkan trafik blog itu sangat luas dan berbagai macam caranya. Namun selagi tidak melanggar aturan saya rasa itu akan menjadi strategi jangka panjang. Dan pada akhirnya upaya promosi sebuah blog/website itu tujuannya adalah memperkenalkan agar blog/website kita dikenal oleh banyak orang secara luas bahkan di ingat oleh banyak orang. Untuk itu lah berbagai cara termasuk memanfaatkan media sosial sebagai alat yang efektif juga penerapak SEO yang optimal akan mempermudah dalam membangun website agar lebih sukses kedepanya.

Demikian pembahasan kali ini tentang Cara Mendatangkan Trafik Blog Semoga bermanfaat salam sukses untuk kita semua.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Pengertian Apa Itu WordPress WordPress com dan WordPress org
Blogging
Pengertian Apa Itu WordPress? WordPress.com dan WordPress.org

Apakah yang dimaksud dengan blog WordPress? Daftar isi Apakah yang dimaksud dengan blog WordPress?Apa itu WordPress Blog? Jelaskan apa yang dimaksud dengan blog? Apa saja manfaat dan fungsi WordPress?Sejarah perkembangan WordPressAutomatticPerbedaan WordPress.org dan WordPress.comWordPress.comApa itu WordPress hosting?WordPress.org atau WordPress Self HostedBerikut ringkasan perbedaan dalam penggunaan WordPress.com dan WordPress.org:Fitur dan keunggulan …

Tips Sukses Blogger untuk Pemula Agar Website Ramai Pengunjung
Blogging
Tips Sukses Blogger untuk Pemula Agar Website Ramai Pengunjung

Tips Sukses Blogger Agar Website Ramai Pengunjung Daftar isi Tips Sukses Blogger Agar Website Ramai PengunjungMenentukan Tujuan BlogMengenali Target PembacaKonsisten dengan BlogMengundang PembacaMempromosikan BlogBerani Mengambil Risiko Mengawali blogging mungkin cukup membingungkan kalau Anda masih pemula. Anda pun ingin menerapkan tips sukses blogger agar blog Anda menarik pengunjung. Sehingga dapat menghasillkan …

6 Tips Membuat Blog Bule atau blog Luar Negeri Untuk Pemula
Blogging
6 Tips Membuat Blog Bule/Luar Negeri Untuk Pemula

Membuat Blog Bule/Luar Negeri itu Mudah Daftar isi Membuat Blog Bule/Luar Negeri itu MudahTips Membuat Blog Bule/Luar Negeri1. Mengerti Bahasa Inggris2. Memilih Niche yang Tidak Terlalu Banyak Pesaing3. Memilih Tema yang Sesuai Keahlian Anda4. Menggunakan Hosting Server USA5. Buat Artikel Lebih dari 500 Kata6. Gunakan Tools untuk Membantu Menghasilkan Konten …