9 Perkembangan Pembaruan Algoritma Google Search Engine

Pembaruan Algoritma Google Dari Waktu Ke Waktu

Hallo sobat blogger dimanapun kalian berada salam sukses untuk kita semua. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Algoritma pada Google yang memang menjadi pembahasan yang cukup menarik untuk di bahas. Kenapa saya tertarik dengan pembahasan kali ini karena memang sebagai pengguna internet pasti tahu pentingnya dari sistem yang digunakan oleh Google ini yang tentunya untuk memberikan keakuratan dari pencarian pengguna. Google sendiri adalah perusahaan raksasa yang sangat populer hingga saat ini yang dimana adalah pelopor dari mesin pencari yang saat ini telah tumbuh dengan pesat menjadi pemilik search engine terbesar saat ini, oleh karena itu mereka akan terus mengembangkan sistemnya dalam memberikan performa terbaik yang akan memberikan pengalaman terbaik pula untuk penggunanya.

Pembaruan Algoritma Google Dari Waktu Ke Waktu

Google akan selalu berusaha menyempurnakan sistem yang dimiliki dari waktu ke waktu untuk menjadi mesin penjelajah di internet dengan memberikan performa yang terbaik. Namun sering kali banyak yang belum tahu bahwa Google telah beberapa waktu merilis atau mengupdate sistem pencarian mereka dalam beberapa periode yang memang dalam periode tersebut telah terjadi beberapa perubahan kecil maupun besar dengan tujuan yang diharapkan. Dari sini yang paling utama dan paling sering di perbaiki adalah pada bagian sistem algoritma-nya.

Artikel terkait:  10+ Faktor SEO Yang Akan Berpengaruh di Tahun 2018

Bagi saya sendiri sebagai blogger tentu perlu memperhatikan tentang perubahan dan Pembaruan Algoritma Google Search Engine ini karena jika tidak maka tidak cuma saya para webmaster akan kualahan untuk bisa bersaing dalam mendapatkan peringkat mesin pencari. Oleh karena itu agar terus mempelajari dan mrngetahui apa saja yang terbaru dari algoritma yang diterapkan dalam mesin pencari Google. Ngomong-ngomong apakah kalian tahu bagaimana Google menampilkan hasil pencarian para pengguna sehingga mendapatkan hasil yang diharapkan sesuai dengan informasi yang memiliki akurasi yang tepat. Coba perhatikan pada saat kita mencari data atau informasi yang kita inginkan dari mesin pencari seperti Google ini, yang menjadi pertanyaan bagaimana bisa Google menampilkan urutan pencarian teratas pada mesin pencari dengan konten yang mayoritas memiliki kualitas yang bagus dan akurat sesuai dengan apa yang kita harapkan?. Nah disinilah peran utama dari algoritma tersebut.

Pembaruan Algoritma Google Search Engine ini tidak langusng jadi seperti sekarang ini ada proses bertahap yang dilalui nah berikut ini beberapa informasi singkat tentang 9 pembaruan algoritme Google utama tentu saja sebenarnya tidak hanya 9 saja seperti yang akan saya sebutkan tentu masih luas lagi namun dari artikel ini semoga sudah mewakili pembahasan kail ini tentang algoritma pencarian Google:

1). Pembaruan Google Panda

Google panda ini pertama kali diperkenalkan pada Februari 2011 yang lalu, pembaruan algoritme Google Panda dirancang untuk mengurangi peringkat situs web berkualitas rendah yang memang situs tersebut tidak memberikan nilai apa pun kepada pengguna yang biasanya artikel yang dimiliki adalah salinan dari beberapa situs yang ada. Namun disisi lain beruntung sekali bagi mereka situs-situs yang memang memiliki konten unik dan berkualitas tinggiyang memiliki relevansi sehingga mesin pencari akan menempatkan pada tempat yang terbaik di mesin pencarian.

2). Pembaruan Google Penguin

Pada tahun 2012, Google meluncurkan “pembaruan algoritme webspam” yang menargetkan spam tautan dan taktik membangun tautan black hat. Pembaruan Algoritma Google Pinguin ini berfungi untuk menilai kualitas backlink yang mengarah pada sebuah situs. Tujuan dari pembaruan ini memiliki kontrol terhadap efektivitas taktik SEO yang salah seperti teknik black hat yang memang sangat banyak webmaster yang menggunakan teknik SEO tersebut pada masa itu.

3). Pembaruan Google Pirate

Pembaruan algoritme Google Pirate diperkenalkan sebagai filter pada Agustus 2012. Pembaruan ini dirancang dengantujuan mencegah agar situs web yang memilikilaporan pelanggaran hak cipta, seperti yang diajukan melalui sistem DMCA Goolge kemudian akan memfilternya dari daftar Google. Filter ini diperbarui secara bertahap atau berkala, mungkin saja situs yang sebelumnya telah lolos dari filter ini mereka bisa memperbaiki konten yang melanggar tersebut.

4). Pembaruan Google Hummingbird

 Pada 26 September 2013, Google telah mengumumkan tentang pembaruan yaitu Hummingbird namun sebenarnya telah di berlakukan atau di terapkan sejak sebelumnya yaitu sebulan sebelum peluncuannya. Pada pembaruan yang ini memiliki efek yang cukup banyak terhadap sebuah situs. Dibandingkan dengan pembaruan Panda dan Penguin yang memiliki efek drastis pada lalu lintas situs web yang berdam[ak pada peringkat situs, namun Hummingbird tidak memiliki efek besar secara global. Pembaruan ini dirancang untuk lebih fokus pada makna di balik kata-kata yang terdapat pada konten sebuah situs yang artinya memang dirancang untuk mengedepankan kecepatan dan ketepatan. Pembaruan algoritma Algoritma Google Hummingbird mencakup seluruh elemen penting dari algoritma terdahulunya yang menyempurnakan algoritma sebelumnya.

5). Pembaruan Google Pigeon

Diluncurkan pada bulan Juli 2014 dan berfokus pada hasil Bahasa Inggris A.S, pembaruan algoritme Pigeon berfokus pada penyediaan hasil penelusuran lokal yang relevan dan akurat yang lebih relevan yang terkait erat dengan sinyal peringkat penelusuran web tradisional. Seperti Google, pembaruan baru ini meningkatkan parameter peringkat jarak dan lokasi mereka. Seperti halnya algoritma yang lainnya fungsi dari Google pigeon ini akan mengontrol website atau blog yang berada di mesin pencari namun tetap fokus bada penelusuran lokal tadi. Disini beberapa pakar seo mengatakan bahwa dampak dari algoritma pigeon ini tidaklah signifikan, yang artinya akan lebih ke optimasi dan penerapan keyword yang paling penting.

6). Pembaruan Mobile Friendly Google (Mobilegeddon)

Perkembangan perangkat seluler saat ini semakin pesat dan didukung mobilitas pengguna dalam mencari sebuah data dan informasi kapan saja dan dimana saja. Pada pembaruan Mobilegeddon dirilis pada April 2015, pembaruan Mobilegeddon dirancang untuk memberikan dorongan besar ke perangkat seluler dari hasil pencarian Google. Pembaruan ini sering juga disebut dalam berbagai nama seperti mobilegeddon, mopocalypse, mobocalypse atau mobilepocalyse. Inilah pentingnya mengoptimalkan website dengan yang mobile friendly tentu saja website yang belum menerapkan mobile friendly ini akan tertinggal dan akan kalah bersaing dengan yang sudah menerapkannya. Dari namanya saja kita tentu tahu bahwa ini diperuntunkan untuk versi mobile atau smartphone.

7). Pembaruan Google RankBrain Algorithm

Diluncurkan pada awal tahun 2015 dan digunakan secara global oleh Google, RankBrain adalah sistem AI machine-learning yang membantu Google memproses hasil pencariannya, khususnya, pertanyaan langka atau one-of-a-kind. Ini terutama difokuskan untuk membantu menyaring pertanyaan yang diproses oleh Google serta membantu halaman web dalam peringkat Google. Bahkan, Google menganggap RankBrain sebagai faktor peringkat paling penting ketiga saat ini.

8). Pembaruan Google Possum

Pembaruan yang belum dikonfirmasi dari Google adalah Possum. Proses algoritma possum adalah menemukan local pack dan local finder. Ini berfokus pada daftar bisnis lokal dalam hasil SERP.

9). Pembaruan Google Fred

Sekitar pertengahan Maret 2017 yang lalu, komunitas SEO beramai-ramai diperbincangkan dengan adanya pembaruan algoritma Google yang baru ini, algortima yang baru ini memang ditujukan untuk menargetkan pengguna yang menerapkan taktik black hat SEO. Dengan adanya pembaruan ini berdampak pada pergeseran yang signifikan bisa dibilang sangat besar dalam peringkat dan lalu lintas untuk situs web yang menerapkan taktik monetisasi black Ad dan dirasa berat untuk pengguna.

Baca juga:  9 Tips Optimasi SEO Blog Mendapat Ranking Pertama Google

Kesimpulan

Sebenarnya dengan adanya pembaruan-pembaruan algoritma yang telah diluncurkan oleh Google ini memiliki tujuan utama yaitu memberikan hasil yang berkualitas kepada para penggunanya dan untuk mencapai tujuan ini, Google merilis berbagai pembaruan yang besar dan pembaruan kecil setiap tahun-nya. Dari pembaruan ini tentu saja akan berdapak pada penerapan SEO para webmaster dan mereka akan berlomba-lomba dalam menerapkan SEO yang berkualitas, sekali lagi tujuannya adalah menghasilkan performa terbaik dengan pengalaman penguuna yang semakin baik juga. Dari pembahasan diatas saya berharaptelah mewakili beberapa informasi mengenai pembaruan algoritma dari Google ini.

Sekian pembahasan kali ini tentang Perkembangan Pembaruan Algoritma Google Search Engine. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

SEO
22 Tips Yang Akan Membawa Blog Anda ke Tingkat Selanjutnya

Kiat sukses Membuat Blog Ke Level Selanjutnya Hallo sobat blogger dimanapun Anda berada pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips dan indormasi yang berkaitan dengan mengoptimalkan Blog agar bisa maju ke tingkat berikutnya dan unggul dalam persaingan. Berbicara mengenai Blog ini pada awal-awal munculnya, blog pada waktu itu sebagian …

SEO
4
4 Cara Jitu Mendapatkan Traffic Blog Tinggi Terbaru

Mendapatkan Traffic Blog Tinggi Selain konten yang berkualitas, traffic blog juga menjadi salah satu syarat seseorang sukses menjadi seorang Blogger. Namun kebanyakan orang di luaran sana tampaknya sangat kesulitan untuk mendapatkan traffic blog yang tinggi. Hal ini dikarenakan mereka tidak tahu dan belum mengerti sepenunhnya untuk mendapatkan traffic blog yang …

SEO
1
9 Tips Optimasi SEO Blog Mendapat Ranking Pertama Google

Mendapat Ranking Pertama Google Penting sebuah blog atau website untuk mendapatkan peringkat Google karena memang akan berpengaruh pada berbagai aspek dan kelangsungan hidup sebuah situs. Sebagai blogger tentu banyak upaya yang dilakukan agar website tampil dihalaman pertama Google ini dari memaksimalkan konten yang berkualitas, menerapkan teknik-teknik SEO, promosi dan lain …