9 Strategi Memenangkan Kontes SEO Dengan Mudah Dan Aman

9 Strategi Memenangkan Kontes SEO Dengan Mudah Dan Aman

Ketahui, Cara Aman dan Gampang Memenangkan Kontes SEO

Kontes SEO adalah suatu perlombaan yang pemenangnya ditentukan berdasarkan kriteria posisi terbaik, dengan jumlah kata kunci  yang ditentukan pada halaman pencarian Google. Ada pula penilaian lain seperti kualitas artikel yang bisa menjadi salah satu strategi memenangkan kontes SEO.

Strategi Memenangkan Kontes SEO Dengan Mudah Dan Aman

Mengapa Anda Harus Ikut Kontes SEO?

Menjadi peserta dalam kontes SEO tidak berbeda jauh dengan kontes lain. Apalagi dalam mengikuti kontes ini, Anda akan mempelajari hal baru terkait teknik dan tindakan yang tidak boleh dilakukan selama optimasi. Berikut manfaat jika seseorang mengikuti sebuah kontes SEO.

  • Kemampuan diri

Dengan adanya kontes SEO ini, bisa dijadikan sebagai tempat berlatih mengukur kemampuan dari segi pemahaman dan penguasaan teknik SEO. Karena untuk kontes tingkat nasional, jumlah pesertanya bisa mencapai ratusan orang. Jadi Anda harus beradu skill untuk bisa menjadi pemenang.

  • Belajar banyak teknik

Manfaat lain dari mengikuti kontes ini adalah peserta akan “dipaksa” tanggap dan cepat belajar dalam memahami kondisi perlombaan. Secara tidak langsung, Anda akan berusaha menganalisa keunggulan artikel kompetitor, dan teknik apa yang digunakan agar berada di halaman pertama Google.

  • Mencari hadiah

Poin yang tidak kalah pentingnya adalah hadiah. Dalam sebuah kontes SEO akan disediakan beragam jenis hadiah, mulai dari uang tunai hingga tiket liburan. Jenis hadiahnya pun bermacam-macam tergantung dari pihak penyelenggara yang bergerak di bidang apa. Jika berkecimpung di wisata, maka hadiahnya adalah liburan gratis dan sebagainya.

Artikel terkait: Macam-macam Kontes SEO yang Sering Diadakan di Indonesia

Bagaimana Strategi Memenangkan Kontes SEO?

  • Pemilihan level kontes SEO

Bagi Anda yang baru memulai ikut kontes, sebaiknya pilih level kontes SEO dengan tingkat kesulitan menengah ke bawah terlebih dahulu. Hal tersebut dimaksudkan agar terhindar dari kompetisi ketat dengan para blogger yang mahir SEO.

  • Waktu pengerjaan

Disiplin waktu merupakan salah satu hal wajib yang harus dipegang oleh kontestan SEO. Karena semakin cepat Anda membuat artikel lomba maka akan ada banyak waktu untuk melakukan optimasi.

  • Optimasi SEO blog

Optimasi adalah satu diantara banyak strategi memenangkan kontes SEO dan menjadi hal utama yang perlu dilakukan. Caranya dengan melakukan beberapa hal, diantaranya optimasi SEO onpage, menggunakan template blog SEO friendly, maupun dengan mengisi meta description yang berisi kurang lebih 150 karakter.

  • Menyesuaikan tema blog dengan kontes SEO

Setidaknya Anda harus membuat artikel serupa dengan yang dilombakan, dan di-upload per 3 hari. Gunakan juga anchor text yang menuju artikel yang sedang dilombakan dengan jumlah backlink sewajarnya.

  • Submit artikel ke Google Webmaster via Fetch as Google

Setelah artikel SEO Anda selesai di-upload ke website, sebaiknya segera daftarkan ke Google Webmaster. Dulu masih ada fitur search console di mana kita tinggal submit link artikel ke kolom yang tersedia. Namun karena Google sekarang menon aktifkan layanan ini, cara agar cepat terindex adalah dengan mendaftarkan artikel via Fetch as Google. Sudah banyak tutorialnya untuk langkah ini. Selanjutnya biarkan website tersebut di-index oleh Google, hal ini dilakukan agar terhindar dari pinalty atau sandbox Google.

  • Sebaiknya tidak menyebar link di semua artikel website

Penyebaran link yang tidak proporsional pada sebuah website akan berakibat fatal, yang berakibat deindex atau menghilangnya blog dari mesin pencarian. Jangan terjebak pada ambisi kemenangan, yang pada akhirnya melupakan strategi memenangkan kontes SEO yang baik dan benar.

  • Ikut kontes SEO dengan blog baru

Bagi Anda yang ingin mengikuti kontes dengan blog baru, maka akan banyak tugas yang harus dikerjakan seperti membuat backlink dan dummy blog. Untuk melakukan kedua hal tersebut harus dilakukan dengan hati-hati, karena jika terlalu agresif akan dianggap spam dan berakhir dengan deindex juga. Jadi tetap bijak dalam mengikuti peraturan kontes SEO.

  • Ikut kontes SEO dengan blog reputasi bagus

Keuntungan menggunakan blog yang memiliki high page rank adalah Anda akan terhindar dari optimisasi kata kunci yang berlebihan. Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu meningkatkan jumlah backlink dalam waktu 3-7 hari.

  • Menahan diri

Sangat disarankan untuk tidak melakukan Black Hat SEO selama dan menjelang kontes SEO akan ditutup, hal ini untuk mengantisipasi banned Google maupun diblokirnya akun blog Anda.

Baca juga: 9 Tips Optimasi SEO Blog Mendapat Ranking Pertama Google

Kesimpulan

Itulah beberapa langkah mengenai strategi memenangkan kontes SEO dengan mudah. Selamat mencoba dan tetap bijak menggunakan strategi ini agar blog Anda aman serta memiliki high page rank yang diharapkan.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.