Alat-Alat Promosi Pemasaran yang Perlu Diketahui

Alat-Alat Promosi Pemasaran yang Perlu Diketahui

Alat-Alat Promosi Pemasaran

Berbicara tentang pemasaran tentunya tidak lepas dengan yang namanya Promosi yang merupakan salah satu strategi pemasaran yaitu bauran pemasaran atau marketing mix yang sangat penting untuk menunjang kesuksesan bisnisnya. Promosi dibutuhkan ketika memasarkan suatu barang yang dijual. Oleh karena itu, antara promosi dan pemasaran nyaris tidak dapat dipisahkan. Untuk berpromosi, tentu dibutuhkan alat-alat agar promosi itu berhasil menarik calon pembeli. Berikut ulasan mengenai Alat-Alat Promosi Pemasaran yang perlu diketahui.

Alat-Alat Promosi Pemasaran yang Perlu Diketahui

Pada hakikatnya, promosi adalah suatu komunikasi pemasaran. Maksudnya, aktifitas pemasaran yang berusaha untuk menyebarkan informasi, membujuk, dan/atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya. Tujuannya agar sasaran bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan.

Artikel terkait: Pengertian Market Share atau Pangsa Pasar

Promosi tidak bisa berhenti hanya pada memperkenalkan produk kepada konsumen saja. Promosi juga harus dilanjutkan dengan usaha mempengaruhi agar konsumen menjadi senang dan membeli produk yang ditawarkan.

Alat-Alat Promosi Pemasaran Secara Fisik:

Agar promosi lebih berhasil dalam menarik minat sasaran, ada beberapa Alat-Alat Promosi Pemasaran yang dapat dimanfaatkan berikut ini.

  1. Iklan

Iklan atau yang disebut juga dengan pariwara adalah salah satu bentuk promosi. Hal-hal yang dapat diiklankan, bisa jadi berupa jasa, barang, tempat usaha, hingga ide. Untuk memasang iklan, ada harga yang harus dibayar oleh sponsor.

Manajemen pemasaran sendiri melihat iklan sebagai bagian dari strategi promosi secara keseluruhan. Komponen lain dari iklan ini adalah publikasi, hubungan masyarakat, penjualan, dan promosi penjualan.

  1. Brosur

Brosur merupakan suatu terbitan yang tidak berkala. Biasanya terdiri dari sejumlah kecil halaman dan selesai dalam sekali terbit. Untuk tampilan, umumnya halaman langsung dijadikan satu, memiliki sampul, namun tidak dijilid keras. Isinya berupa informasi tentang suatu produk, fasilitas umum, layanan, profil sekolah, dan lain-lain.

Informasinya ditulis secara padat dan jelas agar bisa dimengerti dalam waktu singkat. Desainnya pun menarik dan biasanya dicetak di atas kertas yang tidak mudah rusak.

  1. Reklame

Secara etimologi, reklame berasal dari kata “reclomos”. Re memiliki arti ulang, dan Clomos memiliki ari panggilan. Jadi reclomos memiliki arti panggilan yang berulang-ulang.

Adapun pengertian umum reklame adalah sebuah media propaganda yang berfungsi dalam rangka memperkenalkan dan menawarkan barang atau jasa kepada masyarakat.

Reklame  juga diartikan sebagai suatu karya seni rupa yang memiliki tujuan untuk menyampaikan informasi. Bukan hanya menyampaikan, reklame juga bertujuan mengajak, menawarkan produk dengan cara yang menarik sehingga sasaran tertarik untuk membeli.

  1. Baliho

Alat promosi satu ini umumnya digunakan di luar ruangan. Baliho merupakan suatu sarana berpromosi dengan unsur memberitakan suatu kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat. Bukan hanya itu, baliho juga dapat digunakan untuk mengiklankan produk baru.

  1. Spanduk

Spanduk adalah suatu kain yang direntangkan yang berisi slogan, propaganda, maupun berita yang perlu diketahui khalayak. Spanduk sering dibentangkan di jalan menggunakan kain. Isi dari spanduk biasanya berupa teks yang berwarna dan disertai bergambar. Spanduk bisanya dibuat menggunakan cat, sablon, maupun dengan cara cat mesin.

  1. Backdrop

Backdrop ditampilkan sebagai latar belakang dari suatu event, acara, pagelaran, pameran, seminar, dan sejenisnya. Backdrop umumnya dipasang dengan cara ditempelkan pada dinding. Namun tidak jarang juga backdrop dibuat dengan menggunakan rangka berbahan kayu, besi, maupun aluminium.

Pembuatan backdrop dianggap berhasil jika backdrop itu mampu membangkitkan suasana yang sesuai dengan acara yang berlangsung. Logo dari sponsor yang dipasang pada backdrop lebih dari satu. Logo-logo tersebut biasanya diberi ruang di bagian bawah backdrop, atau di bagian manapun, tergantung dengan si pendesain backdrop.

Baca juga: Definisi Market Share atau Pangsa Pasar dan Contohnya

Alat-Alat Promosi Pemasaran Non Fisik:

1. Sosial media

Sejak facebook menjadi tren, tidak dapat dipungkiri bahwa kehidupan sangat dipengaruhi sosial media. Hal ini tentu sangat bagus jika dimanfaatkan untuk berpromosi. Segmen pasar yang luas pada media sosial, dapat memudahkan Anda untuk menawarkan produk yang dijual.

2. Website

Bila sudah memiliki website, ada banyak hal yang bisa dilakukan. Mulai dari menjual produk, melakukan promosi dengan menggunakan ilmu terkait SEO. Jika semua itu bisa dimaksimalkan, maka kemungkinan besar pesanan akan masuk pada Anda.

3. Video marketing

Jika Anda memiliki keahlian mengedit video, keahlian itu sangat bisa dimanfaatkan. Anda dapat menggunakan sarana video blog yang diunggah ke youtube untuk mengenalkan produk Anda.

4. Direct email

Pernah menerima surel yang berisi iklan? Selain digunakan dalam berkomunikasi, email juga dapat menjadi alat promosi. Terlebih jika sudah memiliki situs yang sudah ramai pengunjung, Anda bisa merekomendasikan untuk berlangganan melalui email.

Dari sekian Alat-Alat Promosi Pemasaran yang telah diulas, mana yang menurut Anda paling efektif dan efisien namun tetap ekonomis? Selamat berpromosi.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.