Analisis Risiko Usaha Rental Playstation 3 dan PS 2

Analisis Risiko Usaha Rental Playstation 3 dan PS 2

Usaha Rental Playstation 3 dan PS 2

Dunia game memang tidak pernah sepi dari peminat. Mulai dari anak-anak, remaja, sampai dewasa menyukainya. Karena harga dari alat play station ini relatif mahal maka banyak dari pemain game lebih suka menyewa alat ini ditempat penyewaan. Sebuah usaha yang belum banyak digeluti adalah Rental Playstation 2 dan Playstation 3 dimana calon pelanggan yang penulis kira untuk Playstation 3 cukup banyak dan belum banyak orang memiliki konsol ini karena harganya masih relatif mahal. Konsumen yang fanatic dengan konsol Playstation 2 (PS 2) tentunya akan tergiur mencoba fitur game dari konsol generasi terbaru.

Analisis Risiko Usaha

Seiring dengan perkembangan usaha yang biasanya diikuti dengan gaya menejemen, maka pada saat yang sama wirausahawan jasa Rental Playstation 3 dihadapkan pada berbagai risiko. Bagi sebagian wirausahawan pesaing yang memiliki keberanian dan kematangan berfikir, risiko-risiko tersebut mungkin sudah diantisipasi dan dapat dilalui dengan baik. Pada dasarnya ada beberapa risiko yang dihadapi ketika diberikan kesempatan untuk mengembangkan usahanya, risiko ini juga terjadi pada usaha yang kami jalani ini.

Analisis Risiko Usaha Rental Playstation 3 dan PS 2

Beberapa risiko tersebut adalah sebagai berikut :

a.  Risiko real, adalah risiko yang terlihat, bisa dihitung, bisa diantisipasi dan bisa dihindari. Termasuk dalam risiko ini adalah :

  1. Kehilangan modal yang sudah ditanam dan akan ditanamkan kedalam perusahaan.
  2. Perubahan selera konsumen.
  3. Kehilangan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan, dimasa sekarang maupun masa akan datang.
  4. Kehilangan mata pencaharian untuk menutupi kebutuhan sehari-hari.
  5. Munculnya usaha yang sama.
  6. Keadaan alam yang tidak dapat diperkirakan.

Artikel terkait: 5 Tips Mengubah Hobi Menjadi Peluang Bisnis

b. Risiko psikologis, adalah risiko yang tidak terlihat, tidak bisa dihitung, bisa diantisipasi, tetapi belum tentu bisa dihindarkan. Termasuk dalam risiko ini adalah :

  1. Kehilangan reputasi (tercemarnya nama perusahaan).
  2. Kehilangan kepercayaan pada diri sendiri atau orang lain.
  3. Kehilangan jati diri (terutama bagi mereka yang sudah menganggap keberadaan perusahaan sebagai keberadaan dirinya sendiri).
  4. Kehilangan motivasi untuk berjuang.

Dampak utama dari pengabaian risiko tersebut adalah usaha jasa Rental Playstation 3 yang didirikan akan lamban dalam berkembang dan sumber daya yang ada akan tidak efisien. Revenue perusahaan tetap, tetapi cost menjadi lebih tinggi karena adanya investasi baru dan menyebabkan menurunnya keuntungan.

Antisipasi Risiko Usaha

Agar usaha terhindar dari kegagalan, wirausahawan sebaiknya melakukan antisipasi dari risiko usaha. Berikut ini antisipasi dari resiko usaha yang mungkin terjadi :

  1. Dengan modal dan cadangan modal yang besar akan dapat mengatasi ketika perekonomian tidak stabil.
  2. Wirausahawan akan menyesuaikan selera konsumen sesuai dengan tren perkembangan pasar, yaitu dengan mendesain ruangan sedemikian rupa dan memperbaharui peralatan pendukung.
  3. Untuk mengantipasi dalam menghadapi ketidakpastiaan kenaikan keuntungan dapat dilakukan dengan cara menjaga stabilisasi harga.
  4. Untuk mengantisipasi kehilangan mata pencaharian, wirausahawan akan mencari inovasi dalam mempertahankan usaha dengan menjadi perusahaan yang inovatif.
  5. Mengantisipasi munculnya usaha yang sama, wirausahawan akan meningkatkan pelayanan lebih baik dari lawan bisnis lainnya.
  6. Dalam mengantisipasi risiko psikologis, wirausahawan sebaiknya mendekatkan diri kepada keluarga agar mendapat moyivasi lebih yang berasal dari orang-orang terdekat.

Tempat (Sewa/Beli):

merupakan biaya yang dikeluarkan selama berjalan meskipun renovasi seperti pengecetan ulang, pembersihan ruangan, dan menaikkan daya listrik (bila diperlukan). Playstation adalah usaha yang bergerak di bidang jasa penyewaan konsol Playstation 3 dan PS 2.

Usaha Rental Playstation dan PS 3 sebenarnya bukanlah hal yang baru dalam dunia industri di tanah air. Banyak usaha-usaha sejenis yang berkembang pesat dan menghasilkan profit yang cukup besar. Hal tersebut tidak terlepas dari faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan pengelolaan perusahaan, yang secara garis besar dikelompokkan dalam lingkungan eksternal dan internal. Usaha yang akan dijalankan ini merupakan usaha kecil menengah, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk mengembangkan usaha ini menjadi usaha besar. Apabila di dukung dengan modal yang kuat serta sumber daya manusia yang mendukung. Usaha Rental Playstation 2 dan PS 3 akan terus dapat di kembangkan sesuai dengan perkembangan zaman.

Baca juga: 6 Peluang Usaha Sampingan Dengan Modal Kecil Bonus Tips

Target/Segmen Pasar dari suatu usaha merupakan penentuan dari berhasil atau tidaknya pemasaran yang di lakukan terhadap suatu produk. Target/Segmen Pasar dari produk usaha ini para penikmat permainan PS 2 dan PS3 dalam rentan usia 5 sampai 35 tahun. Karena pada umumnya, dalam rentan usia tersebut banyak menggemari game ini. Mengingat murahnya tarif sewa game ini, yaitu hanya Rp. 3000,- per jam, maka semua kalangan ekonomi baik dari kalangan ekonomi menengah kebawah maupun kalangan ekonomi ke atas akan mampu membayarnya.

Selain itu, lokasi yang strategis rental yaitu berada di antara pasar Purwodadi dan Sekolah SMP dan SMA dan tempat keramaian membuat peluang menjadi lebih luas untuk memperoleh konsumen yang tentunya menambah pendapatan usaha cukup besar serta berkelanjutan. Dengan demikian tidak diragukan lagi, pendirian usaha rental playstation ini adalah ide yang sangat baik untuk memperoleh keuntungan.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.