Anda Lebih Pilih Jadi Karyawan Atau Driver Ojek Online?

Anda Lebih Pilih Jadi Karyawan Atau Driver Ojek Online?

Anda Lebih Pilih Jadi Karyawan Atau Driver Ojek Online?

Apa jawaban yang akan Anda berikan jika mendapat pertanyaan pilih jadi karyawan atau driver ojek online? Kedua profesi tersebut memiliki keunggulan maupun kelemahan masing-masing. Apa sih kelebihan menjadi karyawan? Lantas apa keuntungan menjadi driver ojol? Jika membandingkan keduanya, mana profesi yang lebih baik digeluti? Yuk, simak ulasannya berikut ini! Pilih jadi karyawan atau driver ojek online dapat dijawab dengan mempertimbangkan risiko dan manfaat masing-masing profesi.

Keuntungan dan Kekurangan Menjadi Karyawan Perusahaan

 

Anda Lebih Pilih Jadi Karyawan Atau Driver Ojek Online?

Karyawan adalah sebutan bagi mereka yang bekerja untuk perseorangan, instansi, maupun korporasi. Mereka memiliki hak berupa gaji dan kewajiban untuk memenuhi job deskripsi sesuai posisi mereka. Lalu apa keuntungan menekuni profesi tersebut sehingga membuat orang-orang lebih memilih jadi karyawan?

  • Mendapatkan penghasilan tetap melalui gaji pokok, belum termasuk tunjangan bulanan.
  • Mudah untuk mendapatkan kredit karena profesinya dapat dijadikan jaminan.
  • Ada jenjang karir yang dapat terus menanjak.
  • Terdapat kontrak sehingga tidak bisa dilakukan penghentian kerja sama sepihak tanpa alasan jelas.

Lantas apa kelemahan ketika menjadi pegawai yang membuat pertanyaan pilih jadi karyawan atau driver ojek online membuat memilih profesi terakhir?

  • Terikat jam kerja dan beban kerja yang padat.
  • Agak sulit mendapatkan izin libur apalagi cuti kerja meskipun sejatinya hal itu merupakan hak karyawan.
  • Setiap perusahaan pasti memiliki serangkaian aturan yang kadang terlalu mencekik pegawai.
  • Harus memiliki ijazah pendidikan tertentu dan jika ingin karir naik juga wajib melanjutkan sekolah.

Keunggulan dan Kelemahan Menjadi Driver Ojek Online

Driver ojek online merupakan sebutan yang berlaku untuk pengemudi motor maupun mobil. Belakangan ini, profesi pengemudi ojol memang banyak dipilih. Apa keunggulan pekerjaan tersebut?

  • Tidak terikat jam kerja yang padat (fleksibel) sehingga bisa dijalani sebagai pekerjaan sampingan.
  • Hasil pendapatan bisa lebih tinggi dibandingkan karyawan, bahkan beberapa dapat meraup penghasilan 2x lipat dibandingkan seorang manajer perusahaan. Pendapatan itu berasal dari biaya jasa, bonus dari perusahaan, dan tip dari penumpang.
  • Prosedur bergabung tidak rumit, juga tidak ada standar latar belakang pendidikan yang tinggi.

Lantas apa bahan pertimbangan atau dengan kata lain kelemahan jika memilih jadi driver ojek online?

  • Tidak ada jenjang karir, hanya ada perbedaan antara pengemudi prioritas dengan driver biasa.
  • Kelangsungan karir sangat bergantung pada penilaian konsumen.
  • Sering terjadi pemutusan kerja sepihak atau skorsing, hanya didasarkan pada komplain konsumen tanpa kroscek lebih jauh dari pihak perusahaan.
  • Kemungkinan untuk mengajukan kredit, terutama untuk hunian, memang sulit. Sebab, pengemudi ojek onlinedianggap belum termasuk pada profesi yang mapan dan memiliki jaminan.

Baca juga: Tips Aman Mengatur Keuangan untuk Driver Online

Karyawan vs Pengemudi Ojek Online

Lalu, setelah mengetahui keunggulan dan kelemahan masing-masing profesi, Anda akan pilih jadi karyawan atau driver ojek online? Untuk mengambil keputusan tersebut, hal itu tergantung pada kebutuhan dan keinginan Anda :

  1. Jika menginginkan pekerjaan yang pasti, baik dari segi incomedan jenjang karir, maka menjadi karyawan merupakan pilihan yang tepat. Menjadi pegawai relatif lebih stabil dan memiliki banyak kemudahan dibandingkan menjadi pengemudi ojek online.
  2. Bila Anda seseorang yang menyukai tantangan, maka profesi sebagai driver ojek onlinelebih cocok. Anda bisa mendapatkan penghasilan yang besar dengan jam kerja fleksibel. Namun, tentunya tidak meninggalkan kekhawatiran akan risiko pekerjaan yang sangat bergantung pada kepuasan konsumen ini.

Kalau Anda sudah memahami risiko dan manfaat kedua profesi di atas, maka tidak akan lagi bingung harus pilih jadi karyawan atau driver ojek online. Sebab, baik menjadi pegawai maupun pengemudi ojol sama-sama merupakan profesi yang baik untuk ditekuni.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.