Anda Stress Dalam Bekerja Coba Hilangkan Dengan 5 Cara ini

Cara Menghilangkan Stress Dalam Bekerja

Setiap orang pasti pernah mengalami stress entah itu dalam bekerja, berumah tangga, bahkan bertetangga pun bisa mempengaruhi kita menjadi stress. Banyak faktor yang memperngrui tingkat stress seseorang bisa dari marah, sedih ataupun frustasi yang tidak bisa dihindari setiap saat setiap waktu, hal ini memang wajar dialami oleh manusia. Karena memang setiap hari manusia pasti akan menemui problem atau masalah baik itu sekala kecil maupun besar, inilah yang bisa memicu dan penyebab adanya tingkat stress seseorang.

5 Cara Menghilangkan Stress Dalam Bekerja

Terjadinya stress itu biasanya saat kondisi tubuh merasa tidak nyaman terhadap pikiran yang terasa penat yang jika terus dibiarkan maka akan mempengaruhi kondisi mental dan bahkan akan berpengaruh pada kesehatan seseorang. Begitupun saat Anda dalam bekerja hal ini pasti akan sering di jumpai. Pekerjaan apa pun bisa memiliki unsur stres, bahkan jika Anda menyukai apa yang Anda lakukan. Misalnya terget dari atasan, banyaknya jadwal kegiatan, pekerjaan yang belum selesai dan masih banyak lagi yang akan memicu Anda stress dalam bekerja. Bahkan hal-hal kecil pun bisa memicu adanya stress pada diri Anda misalnya tenggat waktu atau untuk memenuhi kewajiban Anda sebagai karyawan. Walaupun tingkatnya macam-macam jika dibiarkan maka juga akan berbahaya bagi kesehatan fisik dan emosional Anda.

Tahukah Anda sebuah survei tahun 2013 oleh APA’s Centre for Organizational Excellence juga menemukan bahwa stres terkait pekerjaan merupakan masalah serius. Lebih dari sepertiga pekerja Amerika melaporkan mengalami stres kerja kronis dan hanya 36 persen mengatakan bahwa organisasinya menyediakan sumber daya yang cukup untuk membantu mereka mengatasi stres tersebut.

Ada beberapa faktor yang memicu terjadinya stres dalam bekerja:

  • Gaji rendah. 
  • Beban kerja yang cukup banyak. 
  • Pekerjaan yang tidak menarik atau menantang. 
  • Masalah pribadi.
  • Tuntutan untuk meningkatkan kehidupan pribadi dan profesional.
  • Kurangnya keamanan kerja.
  • Kurangnya dukungan sosial. 
  • Tidak memiliki cukup kontrol atas keputusan terkait pekerjaan. Permintaan yang bertentangan atau ekspektasi kinerja yang tidak jelas.
  • dll.

Tidak masalah apakah Anda adalah pemilik bisnis, pengusaha maupun karyawan stres memang akan menghampiri oleh siapa saja dan usia muda maupun tua. Untuk itu perlu adanya waktu untuk refreshing sejenak. Jika Anda tidak pernah refreshing maka kemungkinan besar stres akan semakin menupuk pada pikiran Anda. Karena memang setiap kali Anda bekerja pasti akan menjumpai yang namanya persaingan, jam kerja yang panjang, anggaran, tenggat waktu, pelanggan dan pemegang saham. Hal-hal ini, ditambah dengan keputusan berisiko tinggi justru akan membuat masalah Anda semakin bertambah berat. Lebih jauh lagi jika dibiarkan stress ini yang dapat memanifestasikan dirinya secara mental, fisik dan emosional. Kemudian pada akhirnya akan mendapakan hal negative seperti kegelisahan, marah, depresi, putus asa, ketidaksabaran, dan kemurungan sehingga pada akhirnya berdampak pada kesehatan Anda.

Artikel terkait: 6 Tips Efektif untuk Membangun Motivasi Diri

Apapun ambisi atau tuntutan pekerjaan Anda, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk melindungi diri dari dampak stres yang merusak, sehingga jika Anda mampu mengelola dengan baik maka akan meningkatkan kepuasan kerja Anda, dan meningkatkan kesejahteraan Anda di dalam dan di luar tempat kerja. Banyak orang-orang sukses ketika mereka mengalami stres mereka akan mampu mengotrolnya. Jika mereka bisa mengatur tingkat stress mereka, maka kita semua juga bisa.

Berikut ini adalah 5 cara untuk menghilangkan stress dalam bekerja dari para pebisnis sukses :

1). Keep it simple

Senyum memiliki energi positif yang luar biasa oleh karena itu karena stres cenderung memiliki energi negative maka dengan menjaga tetap senyum akan menetralisir stress yang Anda alami. Tersenyum memang saat seseorang merasakan kebahagiaan atau senang hal ini memang lumrah dan biasa dimiliki manusia. Namun coba bayangkan bila ketika saat seseorang sedang mengalami beban pikiran atau misal ditimpa masalah apakah mungkin masih bisa tersenyum jika iya maka hal ini bisa dikatakan luar biasa.

Memang benar ini bisa dilakukan namun untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal ini harus benar-benar dilatih untuk menghilangkan tekanan pikiran. Karena ‘senyum’ dapat mengaktifkan pusat kebahagiaan pada otak. Jadi ketika Anda mengusai teknik ini maka saat mulai merasa ada tekanan dan beban pikiran melanda maka Anda bisa dengan mudah mengontrolnya dengan tersenyum hal ini akan lebih efektik jika energi positif dari tersenyum disalurkan kepada orang-orang terdekat yang Anda cintai dan mulailah tersenyum kepadanya.

2). Fokus pada hal yang penting

Mudah bagi kita untuk terpecah konsentrasi dan bahkan menjadi kewalahan hanya oleh banyak hal yang harus diselesaikan. Membuang waktu dan energy tanpa tujuan yang jelas. Tentu Anda tidak ingin terus menerus berada dalam situasi seperti ini. Salah satu hal termudah yang harus dilakukan adalah terbebani oleh semua hal yang perlu diselesaikan atau belum diselesaikan. Saat kita terbebani, emosi kita menyala. Dan kita mau tidak mau akan mengatasi hal-hal yang berpengaruh pada diri kita.

Sebagian besar dari kita melewati hari dengan menggunakan pendekatan “push, push, push”, berpikir jika kita bekerja delapan sampai 10 jam penuh, kita akan menyelesaikannya dengan lebih baik. Sebaliknya, produktivitas turun, tingkat stres naik dan Anda memiliki sedikit energi yang tersisa untuk keluarga Anda. Maka hal yang terbaik adalah mebuat jadwal atau to-do-list Anda dalam bekerja.
Memprioritaskan hal-hal yang sangat penting bisa mengurangi tingkat stress anda. Jika hal-hal besar anda perhatikan atau berjalan dengan baik, maka di sisi bisnis semuanya akan baik-baik saja.

3). Cobalah untuk mengendalikan situasi

Situasi sangat berpengaruh pada tingkat stres yang Anda miliki maka hal yang perlu dilakukan adalah bagaiman kita bisa mengendalikan situasi yang ada. Situasi ini bisa terjadi dalam pekerjaan misalnya tenggat waktu, pertemuan dengan klien atau investor, atau bahkan memiliki banyak daftar tugas. Maka mau tidak mau pikiran kita akan memiliki beban yang berlebihan hal ini akan menyebabkan Anda menjadi kewalahan, kelambanan dalam bekerja dan kebingungan. Lalu bagaimana cara kita mengatasinya?. Ya Benar dengan cara mengendalikan situasi yang ada.

Melihat dari poin nomer dua tadi kekuatan fokus memiliki peran disini yang memungkinkan anda untuk mampu mengendalikan situasi. Dengan demikian maka mendorong Anda untuk menyelesaikan tugas-tugas berikutnya dan yang akan memberi rasa lega atas pencapaian yang akan Anda dapatkan. Maka dari itu dari fokus ini kan bisa menurunkan tingkat stress A dalam bekerjanda.

“Stress terjadi karena anda tidak mengambil tindakan atas sesuatu yang dapat anda kendalikan. Setelah saya mengidentifikasinya dan melakukan panggilan telepon pertama, atau mengirim email pertama, secara dramatis dapat mengurangi stress saya”.-CEO Amazon Jeff Bezos.

Berikutnya Anda juga bisa mencari mencari hal humor dalam situasi ini. Bila digunakan dengan tepat, humor adalah cara terbaik untuk menghilangkan stres di tempat kerja. Bila Anda atau orang di sekitar Anda mulai menganggap serius, carilah cara untuk meringankan suasana hati dengan berbagi lelucon atau cerita lucu.

4). Take a break

Anda mungkin merasa seperti tidak punya waktu untuk tidur nyenyak. Kualitas tidur Anda akan berpengaruh pada produktivitas, kreativitas, kemampuan memecahkan masalah, dan kemampuan untuk fokus. Semakin baik Anda beristirahat, semakin baik Anda akan menghadapi tanggung jawab pekerjaan Anda dan mengatasi stres di tempat kerja. Banyak yang bilang bahwa waktu adalah uang namun kesehatan Anda lebih berharga daripada uang. Faktanya, 90% pemimpin dalam sebuah survei oleh Center for Creative Leadership melaporkan bahwa mereka berhasil mengatasi stress dengan mengistirahatkan dirinya sendiri, secara fisik dan mental dari sumber stress mereka untuk sementara waktu.

“Saya pikir beristirahat itu sangat penting, dan saya juga menemukan bahwa terkadang anda bisa mendapatkan wawasan yang sangat bagus dengan meluangkan waktu sejenak”. CEO YouTube Susan Wojcicki.

Namun, tak jarang orang yang stres akan sulit tidur malam. Maka trik yang dapat Anda lakukan adalah:

  • Cobalah untuk mematikan telepon seluler Anda.
  • Mematikan lampu kamar tidur.
  • Hindari merokok dan minum kopi pada malam hari.

5). Buatlah rencana ke depan

Unutk mempermudah dalam kehidupan sehari-hari memiliki jadwal akan membuat hidup menjadi teratur. Dengan jadwal inilah kita akan tahu apa yang akan dilakukan setiap hari dalam seminggu, Sehingga membuat rencana kedepan akan membuat tingkat stress akan turun bahkan Anda bisa mengelolanya. Karena semua sudah terperinci dengan baik maka akan dapat meringankan beban kerja jauh lebih baik lagi karena semuanya sudah terperinci. Unuk itu buatlah perencanaan yang sebaik mungkin karena dari perencanaan dan penyerderhanaan kegiatan adalah salah satu strategi manajemen yang efektif unuk Anda. Inilah yang kan mempermudah dan membuat segala hal mencaji lancar yang akan mengurangi tingkat stress yang Anda miliki. Semakin konsisten anda dalam mengatur jadwal anda, maka semakin sedikit stress yang akan anda hadapi.

Baca juga: 5 Cara Untuk Menikmati Kerja Anda

Memang benar kerja keras dan tekad adalah yang membedakan antara orang sukses dan orang yang tidak berhasil. Namun kesehatan Anda adalah aset terpenting dalam hidup Anda. Apalah artinya meiliki uang yang segunung namun kesehatan menjadi di abaikan. Sehat jasmani dan rohani adalah faktor utama yanga akan membawa Anda menuju kesuksesan yang sebenarnya.

Bagaimanapun setiap orang pasti akan mengalami yang namanya stress. Namun yang membedakan dari kebanyakan orang adalah bagaiman mereka bisa mengontrol dan mengelola tingkat stress yang mereka miliki. Yang terpenting jangan biarkan stress malah membat hidup menjadi down..! yang sangat berpengaruh negative pada segala aspek kehidupan Anda.

Sekian pembahasan kali ini tentang Bagaimana Cara Menghilangkan Stress Dalam Bekerja. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kata-Kata Motivasi untuk yang Berjuang Mengejar Mimpi
Inspirasi & Motivasi
Kata-Kata Motivasi untuk yang Berjuang Mengejar Mimpi

Kata-Kata Motivasi untuk Mengejar Mimpi Anda Dapat meraih mimpi rasanya tentu menyenangkan. Tidak jarang untuk mendapatkan motivasi kita melihat orang lain yang sudah lebih dulu mencapai kesuksesan. Kita pun sering mencari kata-kata motivasi di internet yang dapat memicu semangat diri untuk terus berusaha. Namun apakah meraih mimpi sesederhana itu? Bukannya …

Kandungan Berbahaya pada Jajanan di Pinggir Jalan
Inspirasi & Motivasi
Kandungan Berbahaya pada Jajanan Laris di Pinggir Jalan

Kandungan Berbahaya pada Jajanan di Pinggir Jalan Jajanan laris menjadi buronan di semua kalangan, baik anak-anak, remaja maupun dewasa. Karena biasanya dijual menarik, hemat dan pas dikantong mereka. Namun tidak menutup kemungkinan jajanan laris tersebut mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh. Entah bahaya yang muncul pada jangka pendek atau jangka …

Inspirasi & Motivasi
Inilah 8 Kebiasaan Orang-orang Yang Sangat Sukses

Kebiasaan Orang Yang Sangat Sukses Tahukah Anda bahwa sebenarnya kebiasaan seseorang sangat berpengaruh pada kehidupan dan keseharian orang tersebut. Bahkan dari kebiasaan inilah bisa menjadi cerminan dari kesuksesan dan kegagalan seseorang. Ketika orang tersebut melakukan kebiasaan yang positif maka mereka akan cenderung memiliki kehidupan yang sukses dari berbagai hal dan …