Apa Itu Bitcoin dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Apa Itu Bitcoin dan Bagaimana Cara Menggunakannya
Bitcoin

Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Bitcoin

Bitcoin sering dikaitkan dengan sesuatu yang dapat menjadikan pemiliknya kaya. Namun, jika diminta penjelasan lebih lanjut, banyak yang masih bingung. Lalu apa itu Bitcoin sebenarnya? Bitcoin dapat diartikan sebagai sistem transaksi global yang terdesentralisasi.

Bitcoin tidak ditemukan oleh perorangan, melainkan tim yang menamakan diri Satoshi Nakamoto. Bitcoin yang mereka rancang bersifat open manner atau memiliki kode pemrograman yang dapat diperiksa oleh semua pengguna di dunia. Maka di dalamnya tidak terdapat kepentingan tersembunyi.

Apa Itu Bitcoin dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Karakteristik Bitcoin

Bitcoin mempunyai karakteristik utama sebagai sistem pembayaran dan sebagai emas digital yang dapat digunakan untuk berinvestasi. Bitcoin dianggap memiliki nilai setara dengan emas karena jumlahnya yang terbatas dan sulit didapatkan.

Menurut informasi, jumlah Bitcoin hanya ada sebanyak 21 juta di seluruh dunia.  Bitcoin tersebut dipecah menjadi unit-unit kecil sama seperti emas. Untuk satu Bitcoin, nilainya setara 100.000.000 satoshi (unit terkecil Bitcoin, seperti gram pada emas).

Selain itu, teknologi Bitcoin stabil dan aman dari degradasi, serta sulit dipalsukan karena adanya sistem blockchain. Dalam hitungan menit, Anda dapat memindahkan Bitcoin ke mana saja di seluruh dunia.

Dari harga, Bitcoin terus naik dari waktu ke waktu. Pada tahun 2012, Bitcoin dihargai sekitar Rp80 ribu per koin. Sementara di tahun 2017, harganya meningkat menjadi Rp2,5 Miliar per koin.

Artikel terkait: 7 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memilih BTC Wallet

Cara Kerja Bitcoin

Intinya, Bitcoin merupakan jurnal digital yang mencatat kepemilikan beserta jumlahnya. Sebagaimana bank yang memiliki buku tabungan untuk mendokumentasikan transaksi nasabah dan mencatat jumlah uang. Bedanya, Bitcoin tidak disimpan oleh pihak tertentu melainkan disimpan oleh pemiliknya atau siapa saja yang ingin membantu proses transaksi.

Jadi, ketika jurnal digital rusak, Anda masih memiliki cadangan dari pengguna yang lain. Karena setiap pengguna memegang jurnal digital ini, mereka dapat mengetahui jika ada transaksi. Misalnya, Anda ingin melakukan transaksi, dapat meminta catatan dari jaringan untuk melihat isinya. Selanjutnya ketika ada transaksi, seluruh jaringan juga akan mendapatkan pembaruan dalam jurnal.

Kelebihan Bitcoin Dibandingkan Mata Uang Konvensional

Setelah memahami apa itu Bitcoin dan cara kerjanya, Anda perlu mengetahui kelebihan Bitcoin bila dibandingkan mata uang konvensional.

Bitcoin memakai sistem desentralisasi, sehingga semua orang dapat berpartisipasi dalam proses. Artinya, tidak ada pihak yang dapat memutuskan pihak lain atau membuat kebijakan baru yang memberatkan pemiliknya. Di samping itu, Bitcoin memiliki kelebihan lain yaitu:

  1. Cara pembeliannya mudah. Berbeda dengan bank yang memberlakukan syarat-syarat tertentu untuk membuat rekening, Bitcoin dapat dimiliki dalam masa kurang dari 5 menit.
  2. Rahasia terjaga, karena Anda dapat membuat Bitcoin Address tanpa nama dan alamat, langsung berupa rekening aktif.
  3. Di saat bersamaan semua pengguna bisa melihat dan memiliki catatan jurnal.
  4. Pengiriman sangat cepat, tanpa syarat maupun batasan transfer yang ditetapkan.
  5. Biaya transfer rendah, tanpa biaya administrasi.

Cara Memperoleh Bitcoin

Dengan memiliki Bitcoin, Anda bisa melakukan berbagai hal meliputi pembayaran di berbagai merchant yang menerimanya. Tak hanya itu, Anda dapat menggunakan Bitcoin untuk investasi, seperti emas. Karena nilainya fluktuatif, Anda bisa membeli ketika murah dan menjual kembali saat harganya naik.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan Bitcoin? Pertama, Anda bisa membeli Bitcoin dengan menukar mata uang asli. Di Indonesia, beberapa situs yang bisa melayani pembelian Bitcoin antara lain Luno, Bitcoin.co.id, dan CoinBase.

Dari platform tersebut, Anda bisa membeli Bitcoin dengan rupiah. Kedua, Anda dapat memperoleh Bitcoin dengan cara menjadi maintainers dan melakukan verifikasi transaksi. Setiap keberhasilan transaksi, Anda akan memperoleh Bitcoin dari sistem. Ketiga, Anda dapat menawarkan atau membeli produk dari mereka yang menerima pembawaran berupa Bitcoin.

Baca juga: Pengertian, Kelebihan, Manfaat Bitcoin Uang Digital

Legalitas Bitcoin di Indonesia

Di Indonesia, Bank Indonesia sudah melarang penyelenggara jasa sistem pembayaran untuk memberikan fasilitas transaksi dengan mata uang berbentuk virtual (cryptocurrency) termasuk Bitcoin. Larangan ini ditetapkan melalui Peraturan Bank Indonesia Nomor 18/40/PBI/2016. Namun, aturan spesifik yang mengatur uang virtual sebagai komoditas investasi belum diberlakukan. Artinya, transaksi dengan Bitcoin dilarang, tetapi pembelian Bitcoin untuk investasi masih diperbolehkan.

Demikian ulasan yang dapat disampaikan tentang apa itu Bitcoin serta bagaimana memanfaatkannya dalam kehidupan. Semoga bermanfaat bagi Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan atau masukkan terkait Bitcoin lainnya, jangan ragu untuk meninggalkan komentar melalui form yang tersedia. Dapatkan juga artikel terbaru kami langsung di inbox email Anda dengan cara Subscribe pada form yang sudah disediakan.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memilih BTC Wallet
Bitcoin
7 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memilih BTC Wallet

Penting! Hal Diperhatikan Sebelum Memilih BTC Wallet Banyak hal yang harus dipertimbangkan ketika Anda akan memilih BTC Wallet (dompet virtual Bitcoin). Dan memang wallet ini merupakan hal yang wajib dimiliki para pengguna Bitcoin. Sama seperti halnya Bitcoin yang virtual, dompetnya pun tidak berbentuk fisik dan hanya bisa diakses secara online. …

Pengertian, Kelebihan, Manfaat Bitcoin Uang Digital
Bitcoin
Pengertian, Kelebihan, Manfaat Bitcoin Uang Digital

Apa Itu Pengertian Bitcoin Uang Digital Pengertian Bitcoin adalah mata uang virtual yang diciptakan pada tahun 2009 oleh seorang ahli komputer yang tidak dikenal dengan menggunakan alias Satoshi Nakamoto dan dirilis sebagai perangkat lunak open source. Mata uang elektronik yang saat ini didasari oleh teknologi yang paling baru dan mulai menjadi …