Apa Pengertian Kepemimpinan Transformasional?

Apa Pengertian Kepemimpinan Transformasional
Kepemimpinan

Pengertian Kepemimpinan Transformasional

Sebelum kita masuk pada pembahasan yaitu Kepemimpinan Transformasional ada baiknya untuk mengetahui beberapa pengertian yang berkaitan dengan kepemimpinan dan pemimpin organisasi sebagai berikut. Apakah Anda pernah berada dalam sebuah kelompok yang mana seseorang mengambil alih situasi dengan menyampaikan visi yang jelas dari tujuan kelompok tersebut, yang memiliki semangat untuk pekerjaannya, dan memiliki kemampuan untuk membuat kelompok merasa lebih semangat dan energic? Orang ini mungkin saja apa yang disebut pemimpin transformasional.

Kepemimpinan transformasional adalah jenis gaya kepemimpinan yang dapat menginspirasi perubahan positif pada mereka yang mengikuti.

Pemimpin transformasional umumnya energik, antusias, dan penuh gairah. Tidak hanya para pemimpin ini memperhatikan dan terlibat dalam proses; mereka juga difokuskan untuk membantu setiap anggota kelompok untuk berhasil juga.

Apa Pengertian Kepemimpinan Transformasional

Sejarah Kepemimpinan Transformasional

Konsep kepemimpinan transformasional awalnya diperkenalkan oleh ahli kepemimpinan dan penulis biografi presiden James MacGregor Burns. Menurut Burns, kepemimpinan transformasional dapat dilihat ketika “para pemimpin dan pengikut membuat satu sama lain untuk maju ke tingkat yang lebih tinggi dengan moral dan motivasi.” Melalui kekuatan visi dan kepribadian mereka, pemimpin transformasional mampu menginspirasi pengikut untuk mengubah harapan, persepsi, dan motivasi untuk bekerja menuju tujuan bersama.

Artikel terkait: Apa Pengertian Kepemimpinan Demokratis?

Kemudian, peneliti Bernard M. Bass Memperluas ide asli Burns untuk mengembangkan apa yang sekarang disebut sebagai Bass ‘Teori Kepemimpinan Transformasional.

Menurut Bass, kepemimpinan transformasional dapat didefinisikan berdasarkan dampak yang telah di peroleh pengikut. Pemimpin transformasional, Bass menyarankan, mengumpulkan kepercayaan , rasa hormat, dan kekaguman dari para pengikut mereka.

Komponen Kepemimpinan Transformasional

Bass juga berpendapat bahwa ada empat komponen yang berbeda dari kepemimpinan transformasional.

  1. Intelektual Stimulasi – Pemimpin transformasional tidak hanya menantang status quo; mereka juga mendorong kreativitas di kalangan pengikut. Pemimpin mendorong pengikut untuk mengeksplorasi cara-cara baru dalam melakukan sesuatu dan kesempatan baru untuk belajar.
  2. Individual Pertimbangan – Kepemimpinan transformasional juga melibatkan dukungan dan dorongan kepada pengikut individu. Dalam rangka mendorong hubungan yang mendukung, pemimpin transformasional menjaga jalur komunikasi tetap terbuka sehingga pengikutnya merasa bebas untuk berbagi ide dan agar pemimpin dapat menawarkan pengakuan langsung dari kontribusi unik dari setiap pengikut.
  3. Inspirational Motivasi – Pemimpin transformasional memiliki visi yang jelas bahwa mereka mampu mengartikulasikan kepada pengikut. Para pemimpin ini juga mampu membantu pengikut mengalami gairah yang sama dan motivasi untuk memenuhi tujuan tersebut.
  4. Ideal Pengaruh – Pemimpin transformasional berfungsi sebagai model peran bagi pengikut. Karena pengikut percaya dan menghormati pemimpin, mereka meniru orang ini dan internalisasi nya cita-cita.

Dalam teks klasik mereka, Kepemimpinan Transformasional, penulis Bass dan Riggio menjelaskan:

Pemimpin transformasional adalah mereka yang merangsang dan menginspirasi pengikut untuk kedua mencapai hasil yang luar biasa dan, dalam proses, mengembangkan kemampuan kepemimpinan mereka sendiri. Pemimpin transformasional membantu pengikut tumbuh dan berkembang menjadi pemimpin dengan menanggapi kebutuhan pengikut individu dengan memberdayakan mereka dan dengan menyelaraskan tujuan dan sasaran dari para pengikut individu, pemimpin, kelompok, dan organisasi yang lebih besar. ”

Baca juga : Budaya Kaizen Budaya Organisasi Jepang

Para peneliti telah menemukan bahwa gaya kepemimpinan ini dapat memiliki efek positif pada kelompok. “Bukti Penelitian jelas menunjukkan bahwa kelompok yang dipimpin oleh pemimpin transformasional memiliki tingkat lebih tinggi dari kinerja dan kepuasan dibandingkan dari kelompok yang dipimpin oleh jenis lain dari pemimpin,” jelas psikolog dan ahli pimpinan Ronald E. Riggio dalam sebuah artikel yang muncul di situs Today Psikologi. Pasalnya, ia menyarankan, adalah bahwa pemimpin transformasional percaya bahwa para pengikut mereka dapat melakukan yang terbaik, anggota kelompok yang mengarah ke merasa terinspirasi dan diberdayakan.

Dalam buku yag berjudul “Improving Organizational Effectiveness Through Transformasional Leadership”

Bass dan Avolio mengemukakan bahwa kepemimpinan transformatif mempunyai empat dimensi. Dimensi yang pertama disebutnya sebagai idealized influence (pengaruh ideal). Dimensi yang pertama ini digambarkan sebagai prilaku pemimpin yang membuat parapengikutnya mengagumi, menghormati, dan sekaligus mempercayainya.

Dimensi yang kedua disebut sebagai inspirational motivasion (motivasi inspirasi). Dalam dimensi ini, pemimpin transformasional digambarkan sebagaipemimpin yang mampumengartikulasikan pengharapan yang jelas terhadap prestasi bawahan, mendemonstrasikan komitmennya terhadap seluruh tujuan organisasi, dan mampu menggugah spirit tim dalam organisasi melalui penumbuhan antusiasme dan optimisme.

Dimensi yang ketiga disebut sebagai intellectual stimulation (stimulasi intelektual). Pemimpin transformasional harus mampu menubuhkan ide-ide baru, memberikan solusi yang kreatif terhadap permasalahan-permasalahan yang dihadapi bawahan, dan memberikan motivasi kepada bawahan untuk mencari pendekatan-pendekatan yang baru melaksanakan tugas-tugas organisasi.

Dimensi yang terakhir disebut sebagai individualized consideration (konsiderasi individu). Dalam dimensi ini, pemimpin transformasional digambarkan sebagai seorang pemimpin yang mau mendengarkan dengan penuh perhatian masukan-masukan bawahan dan secara khusus mau memperhatikan kebutuhan-kebutuhan bawahan dan pengembangan karir.Pemimpin transformasional di sini adalah membimbing atau memotivasi pengikutnya kearah tujuan yang telah ditentukan dengan cara menjelaskan ketentuan-ketentuan tentang peran dan tugas. Pemimpin transformasional memberikan pertimbangan yang bersifat individual, simulasi intelektual, dan memiliki kharisma.

Sekian pembahasan kali ini tentang Pengertian Kepemimpinan Transformasional. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Membangun Komunikasi Bisnis yang Baik, Aktif dan Efektif
Kepemimpinan
8 Tips Membangun Komunikasi Bisnis yang Baik, Aktif dan Efektif

Membangun Komunikasi Bisnis yang Baik, Aktif dan Efektif Daftar isi Membangun Komunikasi Bisnis yang Baik, Aktif dan EfektifPosisikan Komunikasi sebagai Perangkat UtamaPerhatikan Intonasi dan Gaya Bahasa yang DigunakanPerbanyak Mendengar Dari pada BerbicaraUtamakan KejujuranEkspresikan Ide dan GagasanTerbuka Pada Kritik dan SaranHindari Mendekte Komunikasi merupakan  hal penting yang dibutuhkan dan dilakukan dalam kehidupan …

Indikator-Indikator Prestasi Kerja
Kepemimpinan
Anda Seorang Pekerja Ketahui Indikator Prestasi Kerja Berikut Ini

Indikator-Indikator Prestasi Kerja Daftar isi Indikator-Indikator Prestasi KerjaTerdapat beragam faktor yang dapat berpengaruh terhadap prestasi kerja seorang individu. Faktor-faktor yang yang dimaksud, antara lain:Untuk mengadakan penilaian prestasi kerja, tentu dibutuhkan indikator sebagai tolok ukurnya. Adapun indikator dari prestasi kerja antara lain:Selain itu, ada pendapat lain terkait indikator prestasi kerja, yaitu:Adapun …

Cara Untuk Menjadi Pendengar Aktif Yang Lebih Baik
Kepemimpinan
6 Cara Untuk Menjadi Pendengar Aktif Yang Lebih Baik

Strategi Menjadi Pendengar Aktif Yang Baik Daftar isi Strategi Menjadi Pendengar Aktif Yang BaikMendengar pasive dan Pendengar AktifPentingnya KomunikasiJika anda siap untuk menjadi Pendengar Aktif yang baik, lakukan hal-hal berikut : Sebagai makhluk sosial pastinya kita akan selalu berjumpa dengan banyak orang yang memiliki ciri, sifat, dan jarakter masing-masing. Komunikasi …