Bagaimana Cara Menentukan Harga Pada Produk atau Jasa

Menentukan Harga Pada Produk atau Jasa

Membangun strategi harga yang efektif untuk produk atau layanan Anda adalah kunci untuk penjualan yang sukses. Apakah Anda jelas memahami elastisitas pasar dan harga permintaan (inelasticity)?   Karena harga yang sering menjadi faktor paling penting dalam proses pengambilan keputusan pelanggan Anda.

Ya, jika kualitas Anda baik, pelanggan Anda akan membayar untuk kualitas yang Anda berikan kepada pelanggan atau konsumen.

Ya, jika Anda memiliki layanan yang unik, fitur dan manfaat, pelanggan Anda akan membayar untuk karakteristik tambahan dan keunikan yang Anda berikan .

Tapi berapa banyak lagi mereka akan membayar? Yang benar-benar menjadi pertanyaan kunci.

Strategi Menentukan Harga Pada Produk atau Jasa

Harga hanya salah satu dari empat unsur bauran pemasaran Anda (bersama dengan tiga lainnya: produk, promosi dan tempat) namun harga adalah satu-satunya unsur campuran yang menyediakan pendapatan, unsur-unsur lain yang seperti biaya (ada biaya dalam membangun produk Anda atau layanan, mempromosikan, dan menempatkan atau mendistribusikannya).

Membangun strategi harga pemasaran yang efektif dengan menyelesaikan biaya dan analisis harga untuk setiap produk atau jasa.

Fokus rencana pemasaran bisnis kecil Anda dan rencana penjualan Anda pada strategi harga dan tujuan penetapan harga.

Artikel terkait: Pengertian Merek (Brand) Atau Merek Dagang, Merek jasa, Merek kolektif

Positioning produk

Elemen pertama dari pengaturan harga yang di mana produk atau jasa Anda diposisikan di pasar:

  • Apakah  harga Anda mampu untuk bertahan? Menyadari jika kemampuan bertahan dari banyaknya pesaing adalah tujuan harga Anda, itu adalah strategi jangka pendek – Anda perlu mengembangkan jangka panjang, strategi penambahan nilai bagi bisnis Anda dengan memberikan pelayanan yang prima untuk bertahan dalam bisnis.
  • Apakah Anda pemimpin pasar, dengan pangsa pasar terbesar? Jika demikian, Anda dapat memperoleh skala ekonomi dalam produksi produk Anda, atau dalam distribusi layanan Anda? Jika demikian, strategi harga rendah mungkin menjadi tujuan yang baik bagi Anda untuk fokus. Apakah Anda pengikut pasar dan sebuah produk untuk berada di sana? Kemudian mengikuti pada harga juga. Jika Anda ingin bergerak ke atas dan menjadi penantang pasar, strategi harga Anda akan perlu mencerminkan niat itu.

Harga Elastisitas Dari Permintaan

Elemen berikutnya dari pengaturan harga yang menentukan dari permintaan adalah untuk produk Anda dan memahami elastisitas harga permintaan di pasar Anda.

Jika Anda berpikir tentang harga sebagai pengaturan tingkat harga (untuk produk yang sama) dan jika Anda mampu menguji harga (oleh survei, atau kelompok fokus, atau bahkan di pasar nyata) Anda akan melihat bahwa pada produk Anda memiliki tingkat yang lebih tinggi, permintaan untuk produk yang akan jatuh.

Anda dapat membuat kurva permintaan (menggunakan analisis spreadsheet) untuk menangkap data yang. Biasanya, semakin tinggi harga, semakin rendah permintaan. Pada dasar yang sangat terbatas (untuk prestise atau jenis produk mewah ), harga yang sangat tinggi mungkin sinyal produk yang lebih baik atau lebih diinginkan dan untuk jenis pasar kurva permintaan akan ‘normal’.

Jika perubahan permintaan cukup dengan kenaikan harga / menurun, permintaan elastis. Jika permintaan tidak banyak berubah atau jika harga naik atau turun (ke suatu titik tertentu), maka permintaan inelastis. Apa elastisitas harga dari produk Anda di pasar Anda? Sadarilah bahwa elastisitas harga permintaan terkait erat dengan jumlah, arah (naik atau turun), dan frekuensi perubahan harga.

 Harga Sensitivitas

Sensitivitas harga perlu dipertimbangkan ketika menetapkan harga untuk setiap produk dan layanan; dan perlu terutama dipertimbangkan ketika Anda mengubah harga (kenaikan harga atau penurunan harga).

  • Pelanggan yang kurang peka terhadap kenaikan harga jika produk ini sangat unik dan memiliki nilai yang tinggi.
  • Pelanggan lebih sensitif terhadap kenaikan harga jika mereka dapat dengan mudah menggantikan produk alternatif harga yang lebih rendah.
  • Pelanggan yang kurang peka terhadap kenaikan harga ketika mereka mengalami kesulitan membandingkan kualitas produk alternatif.

Ada banyak pertimbangan sensitivitas dalam menetapkan harga.

Memahami Struktur Biaya Anda Melalui Biaya dan Analisis Harga

Proses penetapan harga atau membangun strategi harga juga harus mencakup pemahaman dan mengetahui struktur biaya Anda.

Anda akan perlu untuk memperkirakan (jika produk baru) atau meninjau data historis Anda (jika produk yang sudah ada) untuk kedua biaya tetap dan variabel. biaya tetap Anda adalah biaya-biaya, seperti sewa, listrik, air, gaji (tidak upah terkait dengan hasil produksi) yang Anda harus membayar apakah Anda menghasilkan satu produk atau banyak. Biaya variabel terikat langsung ke output produksi, seperti upah, bahan, biaya pengiriman.

Untuk tujuan penetapan harga, Anda akan perlu mengetahui bagaimana meningkatkan kapasitas produksi dapat mempengaruhi biaya per unit. Memahami bahwa biaya selalu perlu ditutupi dalam menetapkan harga, kecuali jika Anda menggunakan strategi harga untuk alasan tertentu (misalnya hilangnya pemimpin strategi harga).

Strategi Harga Kompetitif

Selain pemahaman pasar, perilaku pembeli potensial, elastisitas harga, dan biaya Anda, Anda akan perlu memahami strategi dan metode penetapan harga pesaing Anda.

Baca juga: 4 Strategi Produk Dan Cara Menciptakan Peluang Produk

Dengan memahami tujuan penetapan harga mereka, Anda akan dapat mengembangkan strategi kompetitif untuk menanggapi taktik harga mereka (yang paling umum adalah pemotongan harga untuk mendapatkan pangsa pasar – tetapi pendekatan yang paling umum ini sangat mahal untuk pemilik bisnis).

Sekian pembahasan kali ini tentang  Cara Menentukan Harga Pada Produk atau Jasa. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alat-Alat Promosi Pemasaran yang Perlu Diketahui
Strategi Pemasaran
Alat-Alat Promosi Pemasaran yang Perlu Diketahui

Alat-Alat Promosi Pemasaran Berbicara tentang pemasaran tentunya tidak lepas dengan yang namanya Promosi yang merupakan salah satu strategi pemasaran yaitu bauran pemasaran atau marketing mix yang sangat penting untuk menunjang kesuksesan bisnisnya. Promosi dibutuhkan ketika memasarkan suatu barang yang dijual. Oleh karena itu, antara promosi dan pemasaran nyaris tidak dapat …

5 Tips Membuat Iklan Baris yang Efektif Sesuai Contoh Iklan di Media Massa
Strategi Pemasaran
5 Tips Membuat Iklan Baris yang Efektif Sesuai Contoh Iklan di Media Massa

Membuat Iklan Baris yang Efektif Iklan di Media Massa Iklan tak dapat dipisahkan dari kegiatan promosi produk barang dan jasa dan ini merupakan strategi pemasaran yang cukup efektif untuk di terapakan. Dalam membuat iklan memerlukan perencanaan dan teknik yang matang. Hal yang paling penting dari iklan yaitu dapat membuat siapa …

Pengertian Market Share atau Pangsa Pasar
Strategi Pemasaran
Definisi Market Share atau Pangsa Pasar dan Contohnya

Pengertian Market Share atau Pangsa Pasar Apa itu ‘Market Share’? Sebuah perusahaan tentunya harus memiliki gambaran atau ukuran untuk mengetahui potensi pasar mereka. Pengertian Market share sendiri dalam bahasa Indonesia bisa di artiken sebagai Pangsa pasar yaitu suatu indikator utama yang dimiliki perusahaan untuk digunakan dalam mengukur persentase industri, atau …