Begini Cara Membuat Blog WordPress Paling Sederhana

Cara Membuat Blog Wordpress Paling Sederhana
Blogging

Langkah-Langkah Membuat Blog WordPress

Istilah blog tentu tidak asing lagi. Selain sebagai media berekspresi, memiliki blog juga memiliki keuntungan lain, seperti menghasilkan uang. Memang ada ilmu lain yang harus dikuasai agar blog dapat menghasilkan, namun tentu saja langkah pertamanya adalah memiliki blog. Salah satu platform blog yang saat ini banyak digunakan dan gratis dalah wordpress. Lantas bagaimana langkah-langkah untuk membuat blog wordpress itu? Berikut ulasannya.

Untuk membuat blog, saat ini sudah banyak pilihan platform, yang terkenal seperti Blogspot, WordPress, Tumblr, Wix dan lainnya. Kelebihan dan kekurangan dari setiap platform tentu saja ada. Karenanya jika ingin memiliki blog, pertimbangkan dulu tujuan membuat blog tersebut.

Cara Membuat Blog WordPress Paling Sederhana

Blogspot atau Tumblr cocok sebagai blog yang berisi tulisan ringan, atau lebih tepatnya seperti sebuah diary. Sedangkan WordPress lebih cocok untuk memuat berbagai konten professional, seperti artikel dengan tema-tema tertentu. Jika sudah memiliki tujuan dalam pembuatan blog tersebut, maka proses membuat blog dapat dilakukan.

WordPress sendiri saat ini menjadi Content Management System (CMS) yang paling populer. Didirikan pada tahun 2003, WordPress telah mendukung 29% situs, dengan nyaris 60% situs menggunakan CMS. Hingga saat ini, WordPress terus tumbuh menjadi komunitas yang besar.

WordPress dapat digunakan untuk berbagai kepentingan bisnis, seperti menawarkan kursus online, menjual produk digital maupun fisik, memasang iklan, dan sebagainya. Berbagai pilihan template yang menarik dan gratis juga tersedia. WordPress juga memiliki komunitas sendiri, sehingga ketika ada masalah, Anda dapat menanyakan dalam komunitas tersebut.

Artikel terkait: Top 5 Plugin WordPress Untuk Blogging Yang Harus Digunakan

Bagi Anda yang masih pemula dalam dunia blog, berikut cara untuk membuat blog dengan platform WordPress.

  1. Mengakses https://id.wordpress.com/. Setelah berhasil masuk, klik “Buat Situs Web”. Selanjutnya akan terbuka halaman untuk pemilihan nama domain atau blog.
  2. Untuk blog WordPress gratis, alamatnya akan memiliki akhiran “.wordpress.com“. Nama domain ini tidak dapat diubah, namun nama blog masih dapat diubah-ubah lagi.
  3. Pastikan bahwa alamat blog yang dipilih masih tersedia. Jika sudah, klik ”Buat Situs Anda dan Lanjutkan ”.
  4. Ada beberapa pertanyaan yang harus diisi dalam formulir pembuatan WordPress. Beberapa pertanyaan tersebut, antara lain:
  • Nomor satu adalah alamat atau nama blog
  • Nomor dua adalah alamat email
  • Nomor tiga adalah nama akun di WordPress
  • Nomor empat adalah password
  1. Jika semua sudah terisi, selanjutnya klik tombol ”Langkah Berikutnya” dan akan masuk ke halaman ”Cari Alamat Kustom”.
  2. Pada bagian ini bisa memilih tema yang telah tersedia di WordPress.
  3. Setelah mendapat tema yang sesuai keinginan, selanjutnya klik tombol ”Pilih Gratis“. Pada tahap ini, sebenarnya proses membuat blog di WordPress sudah selesai. Namun Anda bisa memilih bagian pengaturan lebih lanjut untuk blog yang baru saja dibuat. Sebelumnya cek email terlebih dahulu untuk melakukan proses aktivasi.

Jika sudah memiliki provider hosting dan domain, berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk membuat blog WordPress.

  1. Instal terlebih dahulu WordPress di Hosting yang telah dimiliki. Caranya, masuk ke dashboard atau cPanel, buka Website, kemudian Auto Installer, dan pilih WordPress. Proses instalasi dimulai dengan mengklik “Install”.
  2. Mengelola pengaturan standar untuk WordPress. Caranya, masuk ke dashboard WordPress, pilih Settings > General , ikuti langkah-langkah selanjutnya. Pada bagian ini atur juga pilihan bahasa dan zona waktu blog Anda. Setelah itu klik “Save Changes”.

Untuk mengaktif/non-aktifkan kolom komentar, pilih Settings > Discussion. Pengaturan ini juga dapat digunakan mengatur pembahasan pada kata kunci tertentu. Simpan semua perubahan yang telah dibuat tersebut.

Kemudian pilih lagi Settings > Permalinks. Bagian ini terbilang penting karena menentukan struktur link dari blog dan perangaruh pada SEO. Pilih opsi “Post Name” lalu klik “Save Changes”.

  1. Agar blog terlihat lebih menarik, maka tema yang dipakai juga harus diatur. Usahakan memilih tema yang memang sesuai dengan topik dari blog. Cara mengaturnya adalah buka lagi dashboard WordPress, pilih Appearance > Themes > Add New. Pilihlah salah satu tema yang memang sudah dipilih di Direktori Tema WordPress. Selanjutnya klik “Install” dan “Activate”.

Baca juga: Top 8 Plugin WordPress Terbaik yang Anda Butuhkan dan Instal

Ada keuntungan yang bisa didapat dari memiliki blog wordpress sendiri, yaitu:

  • Sebagai media untuk menyalurkan hobi
  • Tempat menghasilkan uang. Terkait hal ini, ada lima cara yang dapat dilakukan:
  1. Memasang iklan
  2. Afiliasi marketing, yakni mengiklankan atau menjualkan produk orang lain.
  3. Menjual berbagai produk digital, seperti aplikasi, ebook, plugin, webinar, dan lain sebagainya.
  4. Menjual berbagai produk fisik.
  5. Menjual produk jasa.

Demikian ulasannya, jika Anda memiliki pertanyaan atau masukkan terkait cara membuat blog WordPress lainnya, jangan ragu untuk meninggalkan komentar melalui form yang tersedia. Dapatkan juga artikel terbaru kami langsung di inbox email Anda dengan cara Subscribe pada form yang sudah disediakan.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Cara Mendatangkan Trafik Blog Mudah Praktis Efektif
Blogging
9 Cara Mendatangkan Trafik Blog Mudah Praktis Efektif

Mendatangkan Trafik Blog Dengan Mudah Aman Daftar isi Mendatangkan Trafik Blog Dengan Mudah AmanBerikut ada beberapa cara untuk meningkatkan pengunjung atau mendatangkan trafik blog Anda:1). Melakukan SEO On Page dan Off PageBerikut ada beberapa teknik optimasi SEO off page yang dapat digunakan:Melakukan BlogwalkingMenjadi Guest Blogging atau Menjadi Penulis Tamu Web/Blog …

Pengertian Apa Itu WordPress WordPress com dan WordPress org
Blogging
Pengertian Apa Itu WordPress? WordPress.com dan WordPress.org

Apakah yang dimaksud dengan blog WordPress? Daftar isi Apakah yang dimaksud dengan blog WordPress?Apa itu WordPress Blog? Jelaskan apa yang dimaksud dengan blog? Apa saja manfaat dan fungsi WordPress?Sejarah perkembangan WordPressAutomatticPerbedaan WordPress.org dan WordPress.comWordPress.comApa itu WordPress hosting?WordPress.org atau WordPress Self HostedBerikut ringkasan perbedaan dalam penggunaan WordPress.com dan WordPress.org:Fitur dan keunggulan …

Tips Sukses Blogger untuk Pemula Agar Website Ramai Pengunjung
Blogging
Tips Sukses Blogger untuk Pemula Agar Website Ramai Pengunjung

Tips Sukses Blogger Agar Website Ramai Pengunjung Daftar isi Tips Sukses Blogger Agar Website Ramai PengunjungMenentukan Tujuan BlogMengenali Target PembacaKonsisten dengan BlogMengundang PembacaMempromosikan BlogBerani Mengambil Risiko Mengawali blogging mungkin cukup membingungkan kalau Anda masih pemula. Anda pun ingin menerapkan tips sukses blogger agar blog Anda menarik pengunjung. Sehingga dapat menghasillkan …