Blog Campur VS Blog Satu Topik, Mana yang Lebih Anda Pilih?

Blogging

Mending Pilih Blog Gado-gado atau Blog Satu Topik?

Bagi seorang blogger khususnya pemula tentu akan dihadapkan dengan pilihan-pilihan yang bisa saja malah membuat bingung misalnya mau menggunakan platform apa misalnya WordPress, Blogspot, Drupal dan lain sebagainya. Selain itu ada juga yang bingung memilih niche, topik, ataupun bahasa yang akan digunakan. Terutama ketika memilih sebuah topik blog, ini pasti akan sangat membingungkan karena banyak sekali topik yang bisa di kembangkan. Misalnya saja ketika kita memiliki antusias di topik otomotif, kesehatan dan gadget dan lain sebagainya namun terkadang juga tertarik untuk terjun di bidang yang lainnya.

Blog Campuran atau Blog Satu Topik

Namun sebelum itu, hal utama sebelum membuat blog sendiri, kita terlebih dahulu harus menentukan topik apa yang harus dibawakan. Karena dari topik itu sendiri, kita bisa lebih tepat membuat nama domain juga nama blog kita. Topik memang penting. Untuk orang awam, mungkin mereka tidak terlalu mementingkan topik. Hanya sekadar membuat artikel sesuka hati, artikel yang mereka bisa alias isi blog mereka berisi topik campuran. Untuk nama domain blognya sendiri mungkin lebih menggunakan nama mereka. Orang-orang awam memang lebih sering memakai topik campuran dibanding topik yang khsusus. Namun apakah itu salah?

Tidak salah.

Lalu, apakah orang yang membuat blog dengan satu topik dengan nama domain lebih terencana, juga dengan tujuan pasti juga salah?

Tidak salah.

Sebelum memperdebatkan kedua hal di atas. Mari kita lihat beberapa keuntungan dari blog campuran dan satu topik.

Artikel terkait:  9 Tips Ngeblog untuk Blogger Pemula yang ini Jarang diperhatikan

Berikut ini beberapa kelebihannya dari dua jenis topik blog:

  • Blog Campuran / Gado-gado

Kita sudah pasti tahu bagaimana bentuk blog campuran ini. Yaitu blog yang isinya lebih dari satu macam topik.

Contoh blog-blog seperti ini sangat banyak sekali. Sebut saja yang paling terkenal adalah Wikipedia.

Kita pun tahu kalau Wikipedia membahas lebih dari satu topik. Kalau dilihat dari kepopuleran pun Wikipedia sangat populer. Di mata Google saja, Wikipedia sangat dianggap bagus. Dengan tidak terlepas dari kualitas postingannya.

Di lain sisi, blog campuran memiliki banyak kelebihan di antaranya adalah;

  1. Memudahkan penulis mengisi konten di blognya sebab tidak tidak ada batasan topik. Dengan begitu akan lebih mudah memberikan postingan-postingan baru kepada pengunjung.
  2. Mendapatkan banyak pengunjung karena topik yang beragam dan tujuan beragam pengunjung menjadikannya bisa mampir ke blog Anda. Jadi Anda pun dapat menemukan pengunjung baru di tiap harinya.
  3. Blog dapat lebih mudah tampil di halaman utama Google karena beragam topik yang bisa nyangkut di pencarian orang-orang.
  4. Membuat blog campur memperlihatkan pada dunia kalau Anda menguasai bidang apapun.
  5. Karena blog banyak pengunjung maka Anda lebih mudah mendapatkan penghasilan dari iklan. Setidaknya mendapat penghasilan dari iklan setelah 1000 pengunjung.
  • Blog Satu Topik

Blog yang berjenis seperti ini harus pintar memeras otak karena topik yang dibuat harus sesuai dengan topiknya.

Yang menjadi kendala seorang penulis dalam menulis adalah karena terikat topik. Padahal sebenarnya lebih menyenangkan menulis secara bebas, tak ada yang mengganggu Anda, pokoknya bebas sebebas-bebasnya.

Berikut ini kelebihan menggunakan blog dengan satu topik.

  1. Mendapatkan pengunjung setia. Meski pengunjungnya tidak bisa melebihi blog campuran, setidaknya pengunjung akan terus berdatangan saat situasinya membutuhkan untuk membaca artikel Anda.
  2. Memperlihatkan kalau tulisan Anda profesional, pantas dipercayai kebenarannya. Karena biasanya orang yang membuat blog satu topik lebih mendalami apa yang ditulisnya karena sudah ditulis berkali-kali. Ini menambah kepercayaan pengunjung dengan kebenaran artikel Anda.
  3. 3Bayaran iklan menjadi lebih mahal. Khususnya bayaran iklan per klik. Para pemasang iklan menyukai blog yang hanya memiliki satu tujuan, satu fokus, dengan begitu pemasang iklan lebih mudah menempatkan iklannya di blog yang tepat.
  4. Kepopuleran blog bisa mudah didapatkan. Entah itu populer di pencarian Google, maupun di ingatan pembaca.

Persaingan dari blog campuran vs blog satu topik semakin menegangkan.

Supaya lebih lengkap, Anda juga harus mengetahui kekurangan dari masing-masing blog ini.

  • Blog Campuran

  1. Kekurangan yang dimiliki blog campuran lebih kepada ketidak profesionalan blognya. Sebab dengan topik beragam, membuatnya tampak gamang, pengunjung bingung sebenarnya penulisnya benar-benar ahli di semua bidangnya atau tidak. Hingga timbul rasa tidak percaya dengan artikel yang dibacanya.
  2. Susah mendapatkan pengunjung yang setia. Karena sistemnya, setelah mendapatkan artikel yang dicari, maka pengunjung akan pergi. Bukannya menetap.
  3. Bayaran iklan sangat kecil. Ini karena ketidak relevan artikel yang ada di dalam blog Anda.
  4. Potensi orang yang mengeklik iklan juga rendah. Ini disebabkan iklan dan artikel tidak nyambung mengingat isi blog saja campuran.
  • Blog Satu Topik

  1. Penulis akan susah menemukan ide tulisan
  2. Hanya membahas satu topik yang bisa jadi kurang berkembang nantinya
  3. Pengunjung akan bosan jika artikel tidak update secara rutin.

Lalu siapa pemenang di antara blog campuran vs blog satu topik?

Mereka sama-sama hebat. Apapun pilihan Anda, pikirkan dulu sebelum memutuskan sesuatu.

Pikirkan untuk kedepannya.

Baca juga:  Keuntungan Ngeblog Menggunakan Bahasa Inggris

Nah dari sedikit uraian diatas tentu Anda sudah punya gambaran kelebihan dan kekurangan blog campur dan blog satu topik. Dan dari sini Anda sudah bisa mempertimbangkan mana yag terbaik untuk Anda kembangkan nantinya karena sepenuhnya adalah keputusan personal dari diri Anda sendiri.

Blog saya sendiri adalah gado-gado yang tentunya jika dilihat dari nilai bpk/cpc nya relatif kecil namun disini saya lebih nyaman dan leluasa untuk menulis artikel yang saya mau dan tidak ada batasan untuk mengekspresikan apa-apa yang ingin saya tulis.

Namun demikian jika dilihat dari segi kualitas dan bahkan menurut para blogger yang sudah terjun lama di bidang dunia blogging mereka menyarankan untuk membuat blog dengan satu topik atau blog satu niche. Untuk itu sesuaikan pada kemampuan dan topik apa yang telah dikuasai.

Semua jika dilakukan dengan konsisten blog berjenis apapun pasti akan memiliki kelebihan sendiri. Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara kita meningkatkan pengunjung atau visitor ke blog atau website kita. Apalah artinya blog satu topik namun peminatnya tidak ada dan sebaliknya juga dengantopik campuran.

Cukup sekian Jika Anda memiliki pertanyaan atau masukkan terkait Memilih Blog Campur VS Blog Satu Topik, Mana yang Lebih Anda Pilih lainnya, jangan ragu untuk meninggalkan komentar melalui form yang tersedia. Dapatkan juga artikel terbaru kami langsung di inbox email Anda dengan cara Subscribe pada form yang sudah disediakan.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Cara Mendatangkan Trafik Blog Mudah Praktis Efektif
Blogging
9 Cara Mendatangkan Trafik Blog Mudah Praktis Efektif

Mendatangkan Trafik Blog Dengan Mudah Aman Daftar isi Mendatangkan Trafik Blog Dengan Mudah AmanBerikut ada beberapa cara untuk meningkatkan pengunjung atau mendatangkan trafik blog Anda:1). Melakukan SEO On Page dan Off PageBerikut ada beberapa teknik optimasi SEO off page yang dapat digunakan:Melakukan BlogwalkingMenjadi Guest Blogging atau Menjadi Penulis Tamu Web/Blog …

Pengertian Apa Itu WordPress WordPress com dan WordPress org
Blogging
Pengertian Apa Itu WordPress? WordPress.com dan WordPress.org

Apakah yang dimaksud dengan blog WordPress? Daftar isi Apakah yang dimaksud dengan blog WordPress?Apa itu WordPress Blog? Jelaskan apa yang dimaksud dengan blog? Apa saja manfaat dan fungsi WordPress?Sejarah perkembangan WordPressAutomatticPerbedaan WordPress.org dan WordPress.comWordPress.comApa itu WordPress hosting?WordPress.org atau WordPress Self HostedBerikut ringkasan perbedaan dalam penggunaan WordPress.com dan WordPress.org:Fitur dan keunggulan …

Tips Sukses Blogger untuk Pemula Agar Website Ramai Pengunjung
Blogging
Tips Sukses Blogger untuk Pemula Agar Website Ramai Pengunjung

Tips Sukses Blogger Agar Website Ramai Pengunjung Daftar isi Tips Sukses Blogger Agar Website Ramai PengunjungMenentukan Tujuan BlogMengenali Target PembacaKonsisten dengan BlogMengundang PembacaMempromosikan BlogBerani Mengambil Risiko Mengawali blogging mungkin cukup membingungkan kalau Anda masih pemula. Anda pun ingin menerapkan tips sukses blogger agar blog Anda menarik pengunjung. Sehingga dapat menghasillkan …