Cara Berjualan Foto Online Sebagai Fotografer Freelance

Cara Berjualan Foto Online Sebagai Fotografer Freelance
Bisnis Online

Berjualan Foto Online dan Menghasilkan Uang Tambahan

Anda memiliki hobi fotografi? Jika benar maka hobi Anda adalah hobi yang sangat berpotensi untuk dijadikan peluang yang menguntungkan tidak hanyak untuk iseng dan disimpan di media penyimpanan namun jika Anda tahu gambar Foto-foto yang Anda miliki bisa jadi punya nilai jual yang lebih menguntungkan. Salah satunya Berjualan Foto Online. Saat ini dunia Fotografi adalah bidang usaha dan bisnis besar yang terus berkembang belakangan ini. Selain itu dukungan berbagai fariasi kamera yang memiliki kualitas semakin canggih tentu akan semakin mempermudah para fotografer mengambil gambar-gambar yang menakjubkan dan sangat kreatif dengan tema yang bermacam-macam.

Cara Berjualan Foto Online Sebagai Fotografer Freelance

Kebutuhan akan foto ini memang sangat besar dipasaran mengingat dari berbagai macam bisnis membutuhkan gambar foto yang sesuai dengan bisnisnya untuk menjunjang bisnis perusahaan. Biasanya dari gambar foto ini digunakan untuk mempromosikan produk atau jasa yang relevan dengan yang ditawarkan oleh perusahaan untuk menarik konsumen potensial agar membeli produknya. Sebagai contoh para Webmaster dan pemilik bisnis sebuah website menggunakan gambar untuk situs web yang mereka kelola yang biasanya digunakan untuk materi pemasaran mereka. Para kolektor gambar foto karya seni juga tertarik untuk membelinya dan tentunya banyak pihak yang membutuhkannya. Sebagai fotografer freelance, Anda memiliki banyak pilihan untuk menjual foto Anda secara online karena memang banyak tempat yang bisa Anda manfaatkan untuk Berjualan Foto Online. Hal ini bisa menjadi cara yang bagus untuk menghasilkan pendapatan pasif (passive income) yang bisa menghasilkan di saat Anda mengerjakan kegiatan yang lain.

Artikel terkait: 5 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Bagi Pemuda Millennial

Jenis Foto seperti Apa yang Ingin dibeli Orang?

Saat ini, salah satu konsumen fotografi online terbesar adalah blogger dan pemilik situs web. Setiap bagian konten yang dibuat dari posting blog ke pembaruan media sosial membutuhkan gambar yang menarik. Berikut beberapa kategori yang diminati.

  • Foto-foto benda (sekrup, obat-obatan, rambu-rambu, buku, komputer, peralatan, tas, kabel, dll)
  • Foto-foto situasi kerja (di kantor, tukang kayu, pramugari, dll.)
  • Foto perjalanan
  • Foto alam
  • Foto kota
  • Foto orang
  • Foto binatang
  • Foto close-up

Banyak bukan yang bisa dijadikan bahan objek untuk gambar foto? Memang semua kategori pasti ada peminatnya. Dan tentu saja tidak terlalu sulit untuk membuat gambar kreatif. Dari segi anggaran akan menyesuaikan dari jensis foto yang akan dibuat misalnya foto perjalanan tentu akan membutuhkan biaya yang lebih. Namun sebagai pemula ada baiknya untuk mengambil gambar foto disekitar kita dengan kreatifitas objek apapun pasti akan memiliki nilai yang tinggi. Saya juga menyarankan Anda terlebih dahulu untuk melihat gambar-gambar paling populer di setiap kategori pada situs-situs untuk Berjualan Foto Online di mana Anda berniat untuk membuat daftar foto-foto Anda di situs tersebut. Tujuannya adalah untuk memberi Anda ide yang nantinya akan membantu dalam menentukan tentang apa yang sedang hangat saat ini.

Menciptakan Gambar Foto Terbaik yang Bisa Anda Buat

Orang-orang atau pembeli tantu saja akan melihat kualitas danseberapa kreatif dari gambar foto yang ada. Semakin bagus bagus maka banyak dari mereka yang menyukainya dan kemudian membeli foto-foto dari Anda. Sama halnya dengan berjualan produk secara konfensional berjualan secara online pun demikian. Coba bayangkan Jika foto Anda tidak menarik secara visual, foto-foto itu tidak akan dijual kan?

Berikut ini beberapa tips untuk mengambil foto yang agar lebih baik

  1. Memiliki perlengkapan yang tepat. Setiap kegiatan tentu saja membutuhkan perlengkapan yang akan mendukung kegiatan tersebut. Anda tidak akan mendapatkan kualitas baik yang Anda butuhkan untuk mendapatkan gambar unik berkualitas dan memiliki nilai jual jika perlengkapan tidak mendukung. Sebenarnya dengan menggunakan smartphone atau ponsel cerdas Anda sudah bisa mendapatkan gambar yang lumayan. Namun kedepanya menyiapkan untuk membeli kamera DSLR adalah investasi yang layak untuk lini bisnis ini.
  2. Memiliki Tripod. Dalam mengambil gambar kualitas sangat diperhatikan maka untuk menjaga fokus kamera tripod Ini akan menjaga kamera Anda tetap stabil saat Anda sedang memotret.
  3. Cadangan data Beckup data. Sudah capek-capetk memotret gambar yang dirasa bagus eh malah tiba-tiba terjadi sesuatu hilang atau rusak misalnya, pasti sangat merugikan dan bahkan bisa emossi pastinya Anda tidak ingin kehilangan semua kerja keras Anda jika terjadi sesuatu di komputer Anda. Oleh karena itu ada bainya untuk menyimpan foto di media online minimal menggunakan Google drive juga sangat membantu.

Berjualan Foto Online di Situs-situs Penyedia Layanan Gratis

Saat ini sebenarnya telah ada beberapa situs web yang menjual foto stok dan gambar vektor ke webmaster dan pemilik bisnis. Dari yang ikut serta pun dari seluruh dunia karena memang kita bisa ikut serta bergabung secara gratis untuk Berjualan Foto Online kita . Bahkan dari foto-foto yang telah kita upload ini dapat dijual berulang kali dan menyediakan pendapatan residual jangka panjang.

  • Shutterstock – Kontributor mendapat 20-30%. Pembayaran dilakukan setiap bulan dengan minimum $ 75. Shutterstock tidak menuntut eksklusivitas.
  • Fotolia – Dapatkan 20-63%. Eksklusivitas tidak diperlukan meskipun beberapa aturan berlaku untuk harga setelah peringkat tertentu tercapai. Pembayaran dilakukan melalui Moneybookers atau PayPal.
  • FreeDigitalPhotos.net – Pertahankan 70% dari pendapatan penjualan Anda. Pembayaran dilakukan melalui PayPal dengan minimum $ 10.
  • Alamy – situs ini menawarkan royalti 50% dan tidak ada klausa eksklusivitas.
  • Dreamstime – Dapatkan 20-60% dari setiap penjualan. Memiliki komunitas yang aktif.
  • iStockphoto – Kontributor mendapatkan 15% dari setiap unduhan. Kontributor Eksklusif mendapatkan 22-45%. Pembayaran dapat diminta hingga dua kali per minggu oleh PayPal, Moneybookers atau Payoneer Mastercard dengan saldo minimum $ 100. Cek dikirim pada tanggal 15 dan 30.
  • Sell ​​Them Yourself – Ada beberapa tema dan perangkat lunak yang akan membuat penjualan foto Anda menjadi mudah tanpa biaya berkelanjutan atau menyerahkan persentase dari setiap penjualan.
  • Bigstock – Dapatkan 30% dari unduhan individual dan hingga $ 0,38 royalti pada penjualan pelanggan. Pembayaran diproses satu kali per minggu berdasarkan permintaan dengan saldo minimum $ 30. Terima pembayaran melalui cek, PayPal atau Moneybookers.
  • Demand Media – menawarkan posisi freelance untuk fotografer. Pembayaran dua kali per minggu. Tarif akan bervariasi berdasarkan tugas. Harus foto eksklusif dan Anda menyerahkan semua hak atas karya yang dijual.

Nah dari daftar diatas tentu saja masih banyak situs yang bisa Anda gunakan untuk Berjualan Foto Online tentu saja mereka memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masih utnuk itu ada baiknya untuk mencari informasi situs-situs tersebut untuk memastikan mana yang cocok untuk ANda gunakan nantinya. Pastikan juga Anda membaca syarat atau pedoman apa yang diperluakan dari masing-masing situs yang menyangkut eksklusivitas (Anda tidak dapat menjual foto Anda di beberapa pasar) dan hak properti.

Baca juga: 4 Tips Jitu Sukses Berbisnis Online Shop Omset Jutaan

Strategi Pemasaran dan Penjualan ketika Berjualan Foto Online

Saat berjualan tentu saja membutuhkan strategi untuk meningkatkan penjualan. Dalam menjual gambar foto juga mengenal optimasi seperti penerapan dan penggunaan tag dan kata kunci hal ini biasanya direkomendasikan oleh situs tersebut tujuannya adalah untuk mempermudah atau membantu pembeli menemukan foto Anda dengan lebih baik. Promosi pun tak boleh ketinggalan ada banyak yang bisa digunakan untuk promosi misalnya Jejaring sosial, forum fotografi dan lain sebagainya yang akan bisa membantu Anda dalam Berjualan Foto Online. Dalam berjualan foto online mungkin tidak akan bisa membuat Anda tiba-tiba kaya, namun bisa memberikan atau menghasilkan pendapatan pasif (passive income) untuk Anda ibaratnya uang eksra lah. Setiap gambar yang banyak peminatnya pasti akan memberikan pemasukan lebih. Lebih banyak gambar = lebih banyak uang yang akan Anda dapatkan.

Ya cukup sekian pembahasan kali ini jika ada kekurangan atau kesalahan saya mohon maaf semoga bermanfaat dan Terimakasih.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tips Jitu Sukses Berbisnis Online Shop Omset Jutaan
Bisnis Online
4 Tips Jitu Sukses Berbisnis Online Shop Omset Jutaan

Sukses Berbisnis Online Shop Daftar isi Sukses Berbisnis Online Shop1. Lakukan Riset Pasar2.Buat Akun Official Sosial Media untu Bisnis Online Shop Anda3.Buat Iklan untuk Mempromosikan Bisnis Anda4.Buat Jaringan Pertemanan yang Luas Di luaran sana ada banyak sekali bisnis-bisnis yang dapat dijalankan, baik yang offline maupun yang online. Intinya apapun jenis …

Bisnis Online
1
5 Bisnis Tanpa Modal Dengan Untung Jutaan Rupiah!

Bisnis Tanpa Modal yang Menguntungkan Jutaan Rupiah Daftar isi Bisnis Tanpa Modal yang Menguntungkan Jutaan RupiahTanpa Modal Juga Bisa Sukses Dropship Penulis Lepas Admin Media Sosial Jasa Desain Grafis Jasa Terjemahan Zaman yang terus maju memang tak dipungkiri membuat pengeluaran makin banyak. Saat ini manusia memang dituntut untuk bisa kreatif …

Bisnis Online
5 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Bagi Pemuda Millennial

Mendapatkan Uang Dari Internet Bagi Kaum Millennial Daftar isi Mendapatkan Uang Dari Internet Bagi Kaum MillennialInternet Jadi Peluang Usaha Menjanjikan untuk generasi Millennial1. Penulis Artikel SEO 2. Juru Foto/Video 3. Online Shop 4. Marketing Kekinian 5. Freelancer Online Perkembangan zaman memang sudah begitu maju dan terkendali. Hal ini membuat Anda …