Cara Jitu Mengatur Keuangan Pribadi Menggapai Kesuksesan Finansial

Cara Jitu Mengatur Keuangan Pribadi Menggapai Kesuksesan Finansial
Investasi

Mengatur Keuangan Pribadi

Keuangan adalah salah satu aspek yang sangat sangat penting diperhatikan dalam kehidupan finansial seseorang. Karena jika kurang baik dalam mengelola atau mengorganisasi maka akan dapat membahayakan keuangan Anda kedepannya. Maka dari itu penting untuk setiap orang bisa mengatur keuangan pribadi, artinya seseorang tersebut mampu mengatur dan mengelola keuangannya maka hal ini akan berpengaruh pada untuk menggapai kesuksesan finansial. Bukan hanya orang yang berpenghasilan besat dan tinggi namun setiap orang perlu untuk bisa mengatur keuangan mereka. Bahkan orang yang berpenghasilan tinggi sekalipun jika tidak bisa mengatur keuangan pribadi mereka bisa jadi akan mengalami kesulitan baik dimasa sekarang maupun di masa depan. Begitu juga bagi orang yang berpenghasilan yang pas-pasan akan lebih berpengaruh mengalami potensi problem finansial atau masalah-masalah keuangan. Itu artinya bahwa sangat penting untuk bisa mengatur, organisasi, mengelola keuangan secara biak.

Cara Jitu Mengatur Keuangan Pribadi Menggapai Kesuksesan Finansial

 

Mengingat sekarang ini kebutuhan-kebutuhan hidup yang semakinmeningkat yang pastinya akan berpengaruh pada finansial Anda. Untuk itu kita harus bisa membiasakan diri untuk bisa mengaturnya dengan baik baik itu saat masih sendiri maupun ketika sudah berkeluarga nantinya yang nantinya akan lebih banyak kebutuhan yang perlu dipenuhi.

Artikel terkait: 6 Jenis Risiko Investasi Yang Perlu Dipertimbangkan Pada Pasar Modal

Nah berikut ini adalah kebiasaan yang perlu dilakukan dalam mengatur keuangan pribadi yang bisa Anda terapkan:

1). Catat semua pemasukan Anda

Berapa sih pemasukan setiap bulan yang Anda terima? Hal ini perlu untuk mencatat semua pemasukan yang Anda terima atau dapatkan tiap bulannya sehingga akan mempermudah dalam mengatur keuangan pribadi dengan baik. Pemasukan ini bisa berupa haji yang Anda dapatkan sebagai karyawan swasta atau pun sebagai pegawai negeri. Jika Anda memiliki bisnis sampingan misal menjadi guru les, jasa penjahit pakaian, bisnis online, bisnis kuliner, jasa penulis artikel dan lain sebagainya sebagai tambahan dari penghasilan utama juga perlu untuk dimasukkan dalam catatan keuangan Anda.

2). Catat semua pengeluaran

Sedangkan dari segi pengeluaran juga perlu untuk di kendalikan pengeluaran ersebut dengan membuat catatan pengeluaran atau anggaran. Hal ini bisa dilakukan dengan cara membuat daftar belanja seperti bahan makanan, keperluan pribadi, pulsa, listrik dan lain sebagainya. Simpan semua tanda terima atau struk belanja Anda, dan catat setiap pengeluaran. Jangan menjadi salah satu dari orang-orang yang berkata, “Saya tidak tahu kemana uang itu pergi!”. Jangan sampai kita menemukan biaya siluman disitu.

Dalam hal ini anda perlu emgalokasikan pemasukan diatas tersebut ke pos pengeluaran yang akan Anda keluarkan nantinya. Disini saya membagi menjadi 6 pos pengeluaran namun bisa jadi Anda juga memiliki pengeluaran yang lain selain yang saya sebutkan berikut ini:

  • Uang Sedekah

Hal positif yang perlu dilakukan oleh seseorang adalah mengeluarkan sebagaian hartanya untuk berbai kepada orang yang membutuhkan. Memang bersedekah itu kita mengeluarkan sebagian uang namun dalam besedekah tidak akan berpengaruh pada keuangan Anda bahkan tidak akan berkurang harta yang Anda miliki malah justru bisa membersihakn harta yang Anda daptkan. Bagaimana mungkin bisa harta yang kita keluarkan malah bertambah? Secara hitung-hitungan Matematis dan Ekonomis tentunya hal ini tidak mungkin,namun memang faktanya seperti itu.

“Barang siapa meminjami Allah dengan pinjaman yang baik maka Allah melipatgandakan ganti kepadanya dengan banyak. Allah menahan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan.” (QS. Al Baqarah: 245)

Berapa sih besaran untuk bersedekah? Biasanya untuk sedekah sendiri sebesar 2,5% dari penghasilan. Nah taruhlah penghasilan kita 1 juta rupiah. Berarti (2,5% X Rp. 1 juta = Rp. 25.000 ) jadi setiap bulan kita perlu untuk mengeluarkan atau menyisihkan Rp.25.000. Namun jangan khawatir karena setiap sedekah akan dikaliakn 10 kepada Anda semua itu sudah mencakupi kehidupan secara lahir dan batin.

  • Dana darurat

Sediakan dana darurat yang mungkin bisa Adan alami setiap saat misalnya ada acara pernikahan teman, beli obat dan lain sebagainya yang bisa saja berpengaruh pada rencana keuangan Anda!. Untuk itu ada baiknya menyisihkan dana darurat sebesar 10% yang Anda siapakan dari penghsailan atau pendapatan Anda.

  • Kebutuhan rutin

Dalam kehidupan seharai-hari tentu saja akan ada kebutuhan pribadi misalnya perlengkapan dapur, perlengkapn mandi, listrik, air, pulsa dan lain sebagainya. Dari kebutuhan rutin ini ada baiknya Anda perlu menyisihkan dari pemasukan Anda sebesar 10% hal ini memang tidak bisa di prediksi berapa total pengeluaran bisa saja lebih dari 10% tadi namun untuk menjaga keuangan setabil mau tidak mau harus dicukupkan dari besaran tersebut.

  • Tabungan

Menabung adalah kebiasaan yang perlu di tanam sejak dini yang perlu dibiasakan oleh semua orang tapi adalakanya susah untuk kita menyisihkan uang untuk menabung. Tapi tidak ada kata terlambat untuk membiasakan menabung. Untuk itu mulailah menyisihkan uang dari gaji Anda untuk cadangan masa depan. Besaran dana tabungan sebesar 10% dari pemasukan sudah lebih dari cukup.

  • Investasi

Perlu dibedakan antara Investasi dan menabung ini. Karena investasi digunakan untuk jangka menengah dan panjang dengan tujuan jangka waktu 3 tahun keatas yang bisa memberikan hasil/return. Perlu diingat bahwa investasi memiliki resiko yang sedang hingga tinggi mengingat tingginya target return. Semakin panjang jangka waktu maka semakin kecil reisiko yang didapatkan dan sebaliknya.

Berapa sih besaran untuk investasi yang kita bisa keluarkan dari pemasukan atau gaji yang kita peroleh?

Untuk bisa menyisihkan uang yang kita dapatkan dan memulai invesatasi. Anda dapat menyisihakn 10% dari gaji yang Anda daptkan. Dalm bernivestasi ini bisa dilakukan untuk investasi seperti (forex, properti, emas, saham, reksadana, atau lainnya).

Yuk segera mulai belajar menyisihkan minimal 10% dari gaji yang dimiliiki.

  • Biaya liburan atau senang-senang

Siapapun bisa saja mengalami rasa penat dan stress saking padatnya pekerjaan. Stres memang biasa dialami oleh setiap orang bahkan stress ini jika dibiarkan terus menerus pasti akan mengganggu kesehatan yang menciptakan depresi bahkan menimbulkan penyakit serius seperti penyakit jantung dan lain sebagainya. Maka dari itu untuk mengantisipasi perlu mengalokasikan dana untuk liburan untuk besaran dana ini biasanya sekitar 10%.

Baca juga: Pengertian Modal Asing Dan Modal Sendiri Sebagai Pendanaan Perusahaan

Dalam mengatur keuangan pribadi Anda, berikut beberapa TIPS yang perlu Anda ingat:

  • Belanja sesuai kebutuhan.

Terkadang kita tidak bisa membedakan antaran kebutuhan dan keinginan. Apalagi saaj jalan-jalan ke mall misal. Ada papan diskon yang menarik langsung saja mata melotot dan degdegan untuk mendapatkan barang tersebut lantas membeli tanpa mempertimbangkan keuangan saat berbelanja tidak bisa mengerem belanjaan. Hal ini lah yang harus bisa membedakan barang kebutuhan dan keinginan jangan sampai beli barang-barang yang nantinya tidak terpakai, makanya harus bisa membedakan mana kebutuhan mana yang hanya sekedar keinginan. Ingat diskon bisa ada setiap saat namun dana Anda tergantung gaji atau pemasukan Anda.

  • Buat 2 rekening bank.

Gunakan satu akun untuk pengeluaran dan tabungan diskresioner, dan yang lainnya untuk membayar tagihan. Dengan cara ini Anda dapat mencegah diri sendiri dari tidak sengaja menghabiskan uang tagihan.

  • Bayar hutang tepat waktu.

Mungkin saja Anda punya kredit yang perlu di bayar setiap periode. Untuk itu ada baiknya untukmembayar tepat waktu yang akan meminimalisir denda yang akan dikenakan oleh pemberi kredit. Denda ini jika dibiarkan berakibat membengkanya tagihan.

Tentu saja beberapa tips diatas bukan acuan pasti dalam mengatur keuangan Anda, namundari tips diatas bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk bisa mengontrol, mengelola atau mengorganisasi keuangan pribadiAnda. Selain itu Anda tidak harus menggunakan kiat ini, selama Anda  isa memilih sistem organisasi yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan setiap bulan.

Sekian pembahasan kali ini tentang Mengatur Keuangan Pribadi. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Investasi
Warnet Investasi Bisnis yang Sangat Menjanjikan

Investasi Bisnis Warnet Menjanjikan Belakangan ini banyak sekali orang yang berlomba-lomba untuk mencari kesuksesan melaluii jalan bisnis. Hal ini dikarenakan banyak sekali orang-orang yang dulunya tidak menjadi apa-apa dan sekarang menjadi apa-apa dengan jalan bisnis. Banyak orang di luaran sana yang sukses hanya dengan berbisnis. Menjadi seorang pebisnis tidak terlalu …

Investasi
Saham Telkom Dan Astra Turun, Ada Kesempatan Untuk Mengoleksi!

Saham Telkom Dan Astra Turun Saham PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom dan PT Astra International Tbk masuk dalam rekomendasi analis untuk pekan ini. Dalam beberapa waktu terakhir, dua emiten raksasa di Bursa Efek Indonesia (BEI) ini sempat masuk dalam tren penurunan. Namun kini, Analis menyebut pelaku pasar bisa …

Investasi
4 Alasan Kredit Pribadi Berdampak Pada Bisnis Anda

Alasan Kredit Pribadi Berdampak Pada Bisnis Anda Pengertian Kredit adalah suatu fasilitas yang diberikan oleh seseorang ataupun badan usaha yang berguna untuk memfasilitasi keangan untuk tujuan membeli produk dan membayarnya kembali dalam jangka waktu yang ditentukan yang telah disepakati oleh kedua belah pihak. Biasanya dalam melakukan kredit ini lebih kepada …