Cara Memaksimalkan Bisnis UKM Anda Menggunakan Blog

Memaksimalkan Bisnis UKM Anda Menggunakan Blog
Strategi Pemasaran

Memaksimalkan Bisnis UKM Anda Menggunakan Blog

Para pelaku usaha saat ini mulai memanfaatkan media internet sebagai penunjang usaha mereka terutama Usaha Kecil Menengah (UKM) karena mudahnya akses internet sehingga membantu UKM meningkatkan omset penjualan mereka, misalnya dengan promosi melalui blog inilah bisa jadi menjadi solusi bagi mereka yang tidak memiliki banyak modal untuk beriklan dan lain sebagainya.

Sekilas kita simak tentang pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia saat ini memang mempunyai peranan penting dan telah banyak memberikan dampak positif terhadap perekonomian Indonesia juga salah satu motor penggerak perekonomian. Tak terkecuali peran pemerintah dalam membantu usaha-usaha mikro ini semakin membuka peluang-peluang yang akan memudahkan para pelaku usaha.

Tak jarang Pemilik Usaha Kecil Menengah sering bertanya-tanya bagaimana cara meningkatkan kualitas usaha yang mereka miliki apakah mereka memilih alternatif seperti blog ini. Blog sendiri adalah media promosi yang gratis dan murah akan tetapi membutuhkan waktu dan pengetahuan tentang blog. Memang benar bahwa dibutuhkan waktu dan usaha untuk membuat blog untuk bisnis Anda, akan tetapi jika Anda memberikan konten yang tepat dan bermanfaat secara konsisten, bisa jadi blog menjadi cara terbaik dan juga murah untuk membantu Usaha Kecil Menengah (UKM) Anda.

Memaksimalkan Bisnis UKM Anda Menggunakan Blog

Artikel terkait: Trends Peluang Usaha Online 2018 Yang Bisa Anda Coba

Penerapan teknologi pada Usaha Kecil Menengah (UKM)

Salah satu kunci sukses yang paling penting adalah bagaimana produk atau layanan Anda dapat di kenal oleh pasar, membuat nama bisnis Anda familiar bagi calon pelanggan adalah salah satu yang paling penting. Nah dari sini dapat di simpulkan bahwa sebuah blog bisa menjadi opsi yang akan membuat nama bisnis Anda dikenal orang banyak dengan jangkauan secara luas.

Apakah tujuan ketika Anda membuat Blog yaitu pengunjung mengeklik di blog Anda, baca posting atau konten, Pengunjung terlibat dengan komenta, membagikan konten Anda. Dengan demikian visibilitas situs web bisnis Anda akan meningkat secara dramatis, dan penjualan produk atau layanan Anda akan semakin dikenal secara luas. Bagaimana Anda membuat orang mengklik, membaca, terlibat, dan berbagi? Gunakan tip berikut :

Gunakan Judul Atau Headline Yang Powerful

Judul adalah hal utama yang perlu diperhatikan karena pada pencarian biasanya yang muncul pertama adalah judul konten maka judul disini sangat berpengaruh pada blog yang di kelola. Jika judul Anda tidak menarik perhatian pembaca, maka mereka tidak akan pernah membaca posting Anda. Pastikan judul utama Anda tidak terlalu panjang akan tetapi tepat untuk pencari. Beberapa pakar menyarankan bahwa judul tidak boleh lebih dari enam kata.

Konten Yang Sesuai Dengan Judul

Dari judul Anda yang akan menarik perhatian pembaca. Konten ini harus sesuai dengan kebutuhan dan minat pembaca Anda. Dengan kata lain, perlunya menulis konten yang bermanfaat tentang bagaimana layanan atau produk Anda dapat membantu pembaca memecahkan masalah tertentu yang mereka hadapi. Ketika pembaca melihat bahwa blog Anda membantu mereka dengan cara yang tidak melibatkan penjualan, Anda akan mendapatkan kepercayaan mereka.

Bagaimana Cara Mendapatkan Komentar

Komentar juga berperan penting pada sebuah blog maka harapannya adalah pembaca mau bersedia sedikit meluangkan waktu mengomentari isi posting yang baru saja mereka baca. Akan tetapi menurut sebuah survei tentang Savage Minds, 95% pembaca mereka tidak pernah atau sangat jarang berkomentar setelah membaca sebuah posting. Solusinya adalah  berikan stetement pada akhir posting, instruksikan pembaca untuk meninggalkan komentar. Akhiri pos Anda dengan sebuah pertanyaan. Pembaca lebih cenderung meninggalkan komentar saat mereka memiliki jawaban sebenarnya yang mereka inginkan. Tanggapi setiap komentar dengan empati tentang situasi spesifik mereka atau dengan referensi yang dapat membantu memberikan solusi kebutuhan pembaca.

Membuat Pembaca Membagikan Konten Anda

Saat pembaca merasa bahwa konten atau artike Anda bermanfaat untuk mereka maka tidak ada salahnya menyarankan pembaca untuk membagikan konten Anda. Maka dengan menyediakan tombol share atau bagi sangat membantu dan memudahkan pembaca untuk berbagi ke orang lain.

Blog memang menarik untuk dijadikan media promosi dengan blog inilah banyak pelaku usaha memanfaatkanya untuk mendongkrak usaha mereka namun dalam mengelola blog tidaklah mudah harus dengan ketekunan dan kesabaran yang tinggi. Akan tetapi ketika blok telah mendapatkan tempat di mesin pencari google maka peluang Anda dalam menawarkan produk atau layanan semakin terbuka tentunya akan memberikan dampak positif bagi usaha yang Anda lakukan.

Baca juga: Pengertian Peluang Usaha Dan Bisnis Tips Untuk Menjadi Sukses

Sekian pembahasan kali ini tentang Cara Memaksimalkan Usaha Kecil Menengah (UKM) Anda. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alat-Alat Promosi Pemasaran yang Perlu Diketahui
Strategi Pemasaran
Alat-Alat Promosi Pemasaran yang Perlu Diketahui

Alat-Alat Promosi Pemasaran Daftar isi Alat-Alat Promosi PemasaranAlat-Alat Promosi Pemasaran Secara Fisik:IklanBrosurReklameBalihoSpandukBackdropAlat-Alat Promosi Pemasaran Non Fisik:1. Sosial media2. Website3. Video marketing4. Direct email Berbicara tentang pemasaran tentunya tidak lepas dengan yang namanya Promosi yang merupakan salah satu strategi pemasaran yaitu bauran pemasaran atau marketing mix yang sangat penting untuk menunjang …

5 Tips Membuat Iklan Baris yang Efektif Sesuai Contoh Iklan di Media Massa
Strategi Pemasaran
5 Tips Membuat Iklan Baris yang Efektif Sesuai Contoh Iklan di Media Massa

Membuat Iklan Baris yang Efektif Iklan di Media Massa Daftar isi Membuat Iklan Baris yang Efektif Iklan di Media Massa1. Fokuskan Pada Satu Hal Saja2. Ketahui Iklan yang Efektif3. Perluas Tujuan Iklan Baris4. Munculkan Rasa Penasaran5. Perhatikan Format Iklan Iklan tak dapat dipisahkan dari kegiatan promosi produk barang dan jasa …

Pengertian Market Share atau Pangsa Pasar
Strategi Pemasaran
Definisi Market Share atau Pangsa Pasar dan Contohnya

Pengertian Market Share atau Pangsa Pasar Daftar isi Pengertian Market Share atau Pangsa PasarApa itu Market Share?Pentingnya Market share atau Pangsa PasarCara Mengukur Tingkat Keberhasilan Perusahaan Dalam Market ShareContoh Pangsa PasarAda beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat keberhasilan pangsa pasar perusahaan yang memang mereka tidak mampu utnuk mencapai target tertentu yaitu:Cara …