Cara Memilih Harga Untuk Produk Atau Jasa Anda

Cara Memilih Harga Untuk Produk Atau Jasa Anda

Harga adalah salah satu “4P” pemasaran, namun bagi banyak pemasar. Harga adalah salah satu elemen yang paling penting dari bauran pemasaran, karena merupakan satu-satunya unsur bauran pemasaran, yang menghasilkan omset bagi organisasi.

  • Harga ini penting untuk pemasar karena merupakan penilaian pemasar ‘dari nilai pelanggan lihat dalam produk atau layanan dan bersedia membayar untuk produk atau jasa.
  • Menyesuaikan harga memiliki dampak yang mendalam pada strategi pemasaran, dan tergantung pada elastisitas harga produk, sering akan mempengaruhi permintaan dan penjualan juga.
  • Harga kontribusi untuk bagaimana pelanggan memandang produk atau layanan.

Harga ini penting untuk pemasar karena merupakan penilaian pemasar ‘dari nilai pelanggan lihat dalam produk atau layanan dan bersedia membayar untuk produk atau jasa. Unsur-unsur lain dari bauran pemasaran (produk, tempat dan promosi) mungkin tampak lebih glamor daripada harga, dan dengan demikian mendapatkan perhatian lebih, tetapi menentukan harga sebuah produk atau layanan sebenarnya salah satu keputusan manajemen yang paling penting. Berikut alasannya.

  •     Sementara produk, tempat dan promosi mempengaruhi biaya, harga adalah satu-satunya elemen yang mempengaruhi pendapatan, dan dengan demikian, keuntungan bisnis ini. Harga dapat menyebabkan kelangsungan hidup suatu perusahaan atau kematian.
  •     Menyesuaikan harga memiliki dampak yang mendalam pada strategi pemasaran, dan tergantung pada elastisitas harga produk, sering akan mempengaruhi permintaan dan penjualan juga. Kedua harga yang terlalu tinggi dan salah satu yang terlalu rendah dapat membatasi pertumbuhan. Harga yang salah juga dapat negatif mempengaruhi penjualan dan arus kas.
  •     Masalah terjadi jika pemasar gagal untuk menetapkan harga yang melengkapi unsur-unsur lain dari bauran pemasaran dan tujuan bisnis, seperti harga kontribusi untuk bagaimana pelanggan memandang produk atau layanan. Sebuah harga yang tinggi menunjukkan kualitas tinggi. Istilah mewah datang ke pikiran. Namun, jika suatu perusahaan ingin memposisikan diri sebagai penyedia murah, itu akan mengenakan harga yang rendah. Sama seperti yang mereka lakukan dengan penyedia high-end, konsumen tahu apa yang diharapkan ketika mereka melihat harga rendah.

Jadi, seperti yang Anda lihat, adalah penting bahwa perusahaan menetapkan harga yang tepat. Keberhasilan Sebuah perusahaan dapat bergantung pada itu. Namun, dengan begitu banyak faktor untuk dipertimbangkan bersama yang akan menunjukkan efek dari perubahan harga, Hal ini tidak begitu mudah dilakukan.

Marga memainkan peran penting dalam psikologi pembeli Anda. Hal ini dapat bekerja untuk meningkatkan posisi dan merek Anda. Berikut adalah dua reaksi umum untuk titik harga yang berbeda:

“Jika itu yang mahal, itu harus menjadi baik.”

“Wow, ini sangat murah. Dapat benar-benar menjadi sebaik yang lain? “

Jika mempertimbangkan bagaimana memilih harga untuk produk atau jasa Anda, pastikan bahwa Anda menyesuaikan harga dengan strategi merek Anda. Hal ini penting, karena harga yang sejajar dengan merek Anda akan menyebabkan konflik di pasar.

Sebagai contoh, jika pada titik harga yang sama seperti Seiko Rolex dari tangan mereka, akan mereka masih memiliki keinginan yang sama? bagian baru dari pasar yang tidak mampu membeli Rolex sebelumnya akan membelinya, tapi pelanggan saat akan pindah ke merek mewah lain dan merek Rolex akan menjadi encer.

Harga untuk Positioning

Keputusan yang paling penting ketika memilih harga adalah sederhana. Pilih harga “bucket” berdasarkan positioning merek Anda:

  • Mewah: harga tinggi
  • Umum: harga yang sama
  • Diskon: harga yang lebih rendah

Ingat, harga tidak harus mencerminkan biaya produk atau layanan. Ini harus mencerminkan apa yang ingin merek Anda berarti untuk pasar Anda. Berikut ini contohnya:

  • Grey Goose Vodka: $ 30 USD per botol
  • Smirnoff Vodka: $ 15 USD per botol

Grey Goose bilang itu yang terbaik mencicipi vodka, tapi Smirnoff umumnya menang tes buta rasa. Apakah Grey Goose benar-benar produk yang lebih baik, layak dua kali harga Smirnoff? Ini diragukan. Tetapi persepsi adalah bahwa hal itu lebih baik, karena titik harga, merek kreatif dan pesan. Persepsi adalah realitas, dan harga yang tinggi dan eksklusivitas dipromosikan dalam pemasaran membuat persepsi yang nyata.

Cara Pilih Harga untuk Positioning Pasar Berbeda

Jika Anda belum memutuskan pada posisi Anda, mengatasi latihan yang pertama. Jika Anda sudah digariskan strategi Anda, mungkin sangat baik mendikte harga. Sepertinya seperti latihan sederhana, tapi itu sangat umum untuk kecil untuk pasar menengah perusahaan untuk misalign harga mereka dan posisi pasar mereka.

Strategi untuk Harga Tinggi

Anda memposisikan merek Anda sebagai mewah atau eksklusif. Karena biaya lebih, itu harus muncul untuk menjadi lebih baik dari kompetisi. Anda menggunakan harga untuk membedakan dari sisa pasar.

Pastikan pemasaran Anda memiliki high-end merasa – desain Anda, copy dan citra. Beberapa bagian dari semua pasar menginginkan high-end, bahkan dalam B2B, sehingga menarik bagi orang-orang ini dan memenangkan mindshare menjadi merek mewah di pasar Anda.

Strategi untuk Harga Mirip

Di sini, Anda mengambil harga dari meja, karena produk atau jasa Anda biaya kira-kira sama seperti kebanyakan dari pesaing Anda. Untuk menghindari komoditas, fokus pada elemen unik dari produk atau layanan, atau mengambil sudut yang berlawanan dari pesaing Anda untuk pendekatan pemasaran Anda. Anda berjuang untuk diferensiasi tanpa menggunakan harga, sehingga Anda harus menanganinya dengan apa yang Anda berkomunikasi ke pasar.

Sebagian besar ini akan terjadi di tingkat kampanye bukan tingkat brand positioning. Anda akan mengubah ini dari waktu ke waktu, yang diperlukan untuk tetap segar dan membuat dampak pada pasar Anda.

Baca juga :  Langkah Dalam Mengelola Dan Mengembangkan Program Bauran Promosi

Strategi untuk Turunkan Harga

Menjadi produk atau layanan termurah bisa menjadi pedang bermata dua: orang suka kesepakatan, tetapi beberapa khawatir tentang kualitas. Jika Anda menjual komoditas benar, maka harga rendah Anda adalah pembeda utama Anda di pasar, dan pemasaran Anda harus menekankan hal itu.

Jika produk atau layanan tidak komoditas benar, maka keseimbangan menekankan harga yang lebih rendah Anda bersama dengan pelanggan senang, atau dengan fitur unik atau manfaat. Bekerja untuk melawan setiap persepsi “kualitas rendah.”

Meluangkan waktu untuk menyelaraskan harga dengan positioning merek Anda mungkin keputusan yang lebih penting yang membuat merek Anda, sehingga memberikan banyak pemikiran dan mendapatkan dukungan dari tim eksekutif Anda.

Ini akan menghemat seluruh perusahaan Anda dari banyak sakit kepala kemudian!

Sekian pembahasan kali ini tentang Cara Memilih Harga Untuk Produk Atau Jasa. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Pengertian Market Share atau Pangsa Pasar
Strategi Pemasaran
Market share Adalah Salah Satu Indikator Keberhasilan Perusahaan

Market Share atau Pangsa Pasar Market share adalah sebagian dari total permintaan terhadap suatu barang atau jasa yang menunjukkan kelompok konsumen dalam sebuah pasar. Dalam hal ini, konsumen dapat dikelompokkan menurut jenis kelamin, pendidikan, status sosial, tingkat penghasilan, dan usia. Pangsa pasar merupakan bagian yang dikuasai oleh suatu perusahaan dalam …

Keuntungan Perdagangan Internasional Bagi Pengusaha
Strategi Pemasaran
6 Keuntungan Melakukan Perdagangan Internasional Ekspor Bagi Pengusaha

Keuntungan Perdagangan Internasional Bagi Pengusaha Perdagangan internasional memungkinkan Anda untuk bertukar barang dan jasa dengan menggunakan uang sebagai alat tukar. Kita juga sering mengenal perdagangan lintas negara ini dengan istilah ekspor impor. Selama abad ke-20 perdagangan jenis ini menjadi salah satu pendorong utama pertumbuhan ekonomi. Melakukan ekspor impor juga meningkatkan …

Strategi Pemasaran
2
Cara Sukses Memasarkan Bisnis Menggunakan Blog

Memasarkan Bisnis Menggunakan Blog Dengan kemajuan teknologi dan informasi saat ini dan dengan dukungan internet memungkinkan berbagai hal bisa dilakukan dengan mudah salah satunya yaitu dalam hal kegiatan bisnis. Saat ini telah banyak bisnis yang juga menggunakan media sosial, termasuk blog, untuk mempromosikan aktivitas bisnis yang mereka miliki, berbagi berita …